Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 77 78 Latihan 3.1 Buku Siswa

Kali ini ada beberapa topik pembahasan yang dijadikan pilihan materi untuk pembelajaran siswa bagi mata pelajaran matematika. Diantaranya adalah materi mengenai memahami notasi, domain, range, dan grafik suatu fungsi.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 77-78

Materi cukup banyak dan bisa dibilang agak panjang. Karena, pembagian pembahasan materi haruslah sesuai dengan tingkat kesulitannya. Baru setelah itu, siswa mengerjakan latihan 3.1 berdasarkan kunci jawaban matematika kelas 10 halaman 77, 78.

Selain itu, pembagian pembahasan pun harus sesuai dan bertahap. Agar siswa bisa mengerti dengan baik. Dimana ada 4 pembahasan yang dibagi dalam dua tahap pada dua halaman. Sehingga, dibuatlah pemahaman notasi dan domain pada bagian pertama dan rage serta grafik fungsi yang berikutnya.

Dengan begitu, pembahasan tidak akan berat sebelah. Setelah pemahaman materi melalui penjelasan teori, diikuti dengan soal-soal latihan yang tersedia mengikuti penjabaran kunci jawaban.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 77 Sampai 78

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa tahap pertama terdapat pembahasan mengenai pemahaman notasi dan domain. Maka dalam dua materi ini akan dijelaskan dengan singkat dan jelas dalam satu pembahasan. Setelah itu, diperjelas dengan pemberian soal-soal untuk diselesaikan.

Lihat Juga:

Ikuti kunci jawaban matematika kelas 10 halaman 77, 78 untuk mendapatkan pemahaman yang maksimal. Karena, melalui kunci jawaban ini semua akan lebih jelas termasuk pendalaman materi yang langsung dipraktekan pada soal tersebut.

Hanya dalam satu halaman, semua soal yng disertai lembar jawaban sudah mewakili semua pertanyaan soal yang membahas notasi dan domain tadi. Oleh karena itu, perlu pemahaman lebih dalam melalui soal latihan untuk dapat menguasai materi ini.

Lakukan dan kerjakan sejumlah soal dalam lembar latihan beserta jawaban yang disediakan, setelah itu coba kerjakan soal latihan tanpa menggunakan kunci jawaban. Anda bisa melihat kemmapuan dalam menguasai dan menyelesaikan materi ini sudah sejauh mana dengan soal-soal tersebut. Pastikan Anda tidak mempelajari dengan cara tidak urut.

Kunci Jawaban MTK Kelas 10 Halaman 77 78

1. Tentukanlah daerah asal dan daerah hasil fungsi yang disajikan pada grafik berikut.

Untuk menentukan daerah asal dari suatu grafik, perhatikan batas-batas atau ujung-ujung, serta nilai-nilai ekstrim grafik sepanjang sumbu x.

Untuk menentukan daerah hasil dari suatu grafik, perhatikan batas-batas atau ujung-ujung, serta nilai-nilai ekstrim grafik sepanjang sumbu y.

a. Daerah asal = {x | x ∈ bilangan real}
Daerah hasil = {y | 0 < y ≤ 5, y ∈ bilangan real}

b. Daerah asal = {x | x ∈ bilangan real}
Daerah hasil = {y | y ≥ -2, y ∈ bilangan real}

c. Daerah asal = {x | -2 < x ≤ 8, x ∈ bilangan real}
Daerah hasil = {y | 1 < y ≤ 6, y ∈ bilangan real}

d. Daerah asal = {x | x ∈ bilangan real, x ≠ 4}
Daerah hasil = {y | y ∈ bilangan real, y ≠ -1}

e. Daerah asal = {x | x ≥ -3, x ∈ bilangan real}
Daerah hasil = {y | y ≥ -5, y ∈ bilangan real}

f. Daerah asal = {x | x ∈ bilangan real, x ≠ -3, x ≠ 3}
Daerah hasil = {y | y ∈ bilangan real, y ≠ 0}

2. Tentukanlah daerah asal dan daerah hasil fungsi berikut.

E. Daerah asal= {x € R }
(x adalah elemen bilangan riil)

f. Daerah asal= {x € R | x =/ 0}
(x adalah elemen bilangan riil, x tidak boleh sama dengan 0}

g. Daerah asal= {x € R | x > 8}
(x adalah elemen bilangan riil, x lebih besar dari sama dengan= 8}

h. Daerah asal= {x € R | x > 2}
(x adalah elemen bilangan riil, x lebih besar dari 2}

i. Daerah asal diatas = {x € R | x >= 0}
(x adalah elemen bilangan riil, x lebih besar dari sama dengan 0)
Daerah asal dibawah= {x € R | x =/ 4}
(x adalah elemen bilangan riil, x tidak boleh sama dengan 4)

j. Daerah asal= {x € R}

Download Soal dan Kunci Jawaban MTK Kelas 10 Halaman 77-78

Apakah Anda menginginkan soal-soal materi pembahasan ini bisa dimiliki dan dipelajari sendiri. Maka unduhlah materi dan kunci jawaban matematika kelas 10 halaman 77, 78 ini dengan baik secara format PDF. Pastinya akan membuat siswa menjadi mudah untuk mencerna materi dalam waktu singkat, karena belajar mandiri dari unduhan tersebut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 146kb

Setelah pembahasan mengenai notasi dan domain, sisanya akan dibahas mengenai range dan grafik fungsi. Semuanya saling berhubungan dan berkaitan, hanya saja tahapannya dimulai dari awal hingga akhir materi.

Lihat Juga:

Pembahasan ini terdapat pada halaman 78, setelah teori langsung pada soal latihan yang mengukur siswa terhadap peguasaan materi. Range adalah pembahasan mengenai angka rata-rata sebuah bilangan.

Dalam penyelesaian soal untuk materi range, hanya membutuhkan intensitas dalam mengerjakan soal. Sehingga, siswa terlatih untuk berhadapan dengan soal setelah menguasai teori lebih dulu tentunya. Setelah mampu menyelesaikan sejumlah soal dengan tingkat kesulitan berbeda-beda, maka siswa bisa berpindah pada materi lainnya yang berhubungan.

Materi lain yang masih berhubungan adalah membuat grafik fungsi. Sedangkan, untuk grafik fungsi sendiri mulai dipelajari setelah tiga materi sebelumnya sudah dikuasai karena akan menggunakan grafik tersebut. Yang perlu dilakukan adalah mempelajari cara menggambar grafik tersebut, barulah siswa bisa melanjutkan mengerjakan soal-soal.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 77 78 Latihan 3.1 Buku Siswa"