√ Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62 63 64 65 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62 63 64 65 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 11 halaman 62 63 64 65 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 4 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Kami menyediakan jawaban ini supaya teman-teman siswa bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah, sehingga tugas tersebut dapat segera dikumpulkan kepada guru kelas.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang para siswa menemukan atau mendapati saol-soal yang sulit. Meskipun tidak semua soal, namun jika ada beberapa soal yang belum bisa dijawab, maka tentu tugas tersebut belum bisa diselesaikan dan belum dapat dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62-65

Untuk bisa mendapat nilai yang bagus, teman-teman harus bisa menjawab semua soal-soalnya dengan jawaban yang benar. Namun jika ada soal-soal yang sulit yang jawabannya belum bisa ditemukan di buku pelajaran, maka sudah pasti pupus harapan untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Jika hal tersebut terjadi, tentu siswa akan mencari solusi terbaik dengan mencari jawaban diluar buku pelajaran. Dan sudah pasti alternatif jawaban yang tersedia di internet menjadi tujuan utama para siswa. Dan wajar, karena memang sekarang ini tak sedikit blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Begitupun dengan kami, kami menyediakan kunci jawaban PAI kelas 11 halaman 62 63 64 65 ini agar teman-teman siswa yang kesulitan dalam menjawab sebagian soal pada tugas sekolah bisa terbantu. Dengan begitu tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan tepat waktu, dan tugas-tugas tersebut dapat dikumpulkan kepada guru.

Namun demikian, kami harap teman-teman selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan untuk selalu mengecek jawaban yang kami sediakan sebelum disalin ke buku tugas. Karena kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62 Sampai 65

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa sebagian besar tugas sekolah diambil dari saol-soal latihan dan evaluasi pada buku pelajaran. Pada akhir penyampaikan materi, biasanya seorang guru akan memberikan tugas, yang berupa soal-soal latihan pada buku, terkait dengan materi pelajaran yang telah disampaikan.

Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, kita semua tahu bahwa guru akan lebih banyak memberikan tugas individu kepada siswanya untuk nantinya dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembal kepada guru tersebut agar bisa dikoreksi dan diberikan nilainya.

Setiap siswa tentu sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksima. Nilai yang bagus akan sangat membantu teman-teman dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester nantinya. Dengan begitu tidak menutup kemugkinan teman-teman bisa lulus dengan predikat terbaik.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat langsung jawaban yang sudah kami sediakan. Cari jawaban yang diperlukan dan kemudian jawab soal-soalnya, lalu kumpulkan tugas tersebut kepda guru masing-masing. Dan semoga jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman maraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62 Pilihan Ganda

Evaluasi
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari ....
a. syarat khutbah
b. rukun khutbah
c. sunnat khutbah
d. syarat khatib
e. orang beriman
Jawab : D

2. Apabila ada orang yang mengatakan, “Saya nanti saja kalau sudah tua baru bertobat dan akan menjalankan ajaran agama secara maksimal. Sekarang saya belum bisa menjaga diri.” Hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. membiarkan saja karena itu urusan dia, biar dia sendiri yang menanggungnya
b. membujuknya untuk bertobat sekarang
c. mengingatkan bahwa kematian seseorang tidak ada yang tahu
d. segeralah bertobat sebelum terlambat
e. memberikan tausiah tentang kisah-kisah teladan
Jawab : A

3. Ketika khatib sedang berkhutbah, temanmu berbicara atau ngobrol. Hal yang kamu lakukan adalah ...
a. mengatakan kepadanya kalau berbicara saat khatib sedang berkhutbah dapat membatalkan pahala salatnya
b. memberitahukan kepada orang tuanya kalau anaknya suka bercanda saat salat Jumat berlangsung
c. menjauhinya karena takut kita terpengaruh oleh perilaku-perilaku tercelanya
d. membiarkan dia ngobrol sendiri karena saya sedang khusyuk mendengarkan khutbah
e. memberi isyarat kepada temannya agar tidak berbicara dan ngobrol
Jawab : E

4. Seorang da’i hendaklah memulai dakwahnya atas dirinya sendiri. Istilah ungkapan tersebut adalah ...
a. amar ma’ruf
b. nahi munkar
c. ib’da binafsik
d. haqqul yaqin
e. uswatun hasanah
Jawab : C

5. Salah satu metode dakwah Rasulullah saw. adalah “al-Maui§atul hasanah” artinya ...
a. dengan kata-kata yang jelas
b. tutur kata yang sopan
c. dengan gaya yang menarik
d. nasihat/pengajaran yang baik
e. memberi hadiah
Jawab : D

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 63 64 65 Isian & Tugas Kelompok

B. Jawablah soal-soal berikut sesuai dengan pernyataan!
1. Mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah?

Umat Islam diwajibkan untuk berdakwah karena dakwah dapat mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat dan mendapat riḍa dari Allah Swt.

2. Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah!

Perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah adalah :
Dari pelaksanaannya :
Khutbah dilaksanakan pada waktu tertentu, seperti pada salat Jumat, salat Idul Fitri, Idul Adha. Sedangkan tablig dan dakwah dapat dilaksanakan kapan saja.

Dari ketentuannya :
Terdapat syarat dan rukun pada khutbah. Sedangkan tablig dan dakwah tidak ada rukun. Hanya ada syarat saja, yaitu: Islam, ballig, berakal, dan mendalami ajaran Islam.

Dari segi waktu :
Pada khutbah, waktunya dibatasi. Sedangkan balig dan dakwah, waktu penyampaiannya tidak dibatasi.

Dari segi sebutan :
Orang yang melaksanakan khutbah disebut khatib. Orang yang melaksanakan balig disebut mubaligh atau mubalighot. Orang yang melaksanakan dakwab disebut da’i.

3. Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw.?

Cara berdakwah Nabi Muhammad Saw. adalah dengan berbagai cara, seperti melalui lisan, tulisan dan perbuatan.

4. Bagaimana cara berdakwah di lingkungan yang memang sudah jauh dari nilai-nilai ajaran Islam?

Cara berdakwah di lingkungan yang memang sudah jauh dari nilai-nilai ajaran Islam yaitu :

  • Dengan memberikan mauiẓatul hasanah atau nasihat yang baik
  • Dengan uswatun hasanah atau memberi contoh yang baik 
  • Dengan mujādalah atau berdiskusi atau bertukar pikiran dan menghargai pendapat orang lain

5. Apa yang kamu lakukan ketika melihat orang Islam yang perilakunya tidak sesuai dengan apa yang ada dalam ajaran Islam?

Yang saya lakukan ketika melihat orang Islam yang perilakunya tidak sesuai dengan apa yang ada dalam ajaran Islam adalah apabila saya mampu menghentikannya, saya akan menghentikannya. Apabila saya tidak mampu menghentikannya, saya akan menasihati orang Islam yang perilakunya tidak sesuai tersebut. Apabila saya tidka mampu menghentikan dan menasihatinya, saya akan diam saja.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad saw. :
Dari Abi Said al-Khudri ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya. apabila tidak mampu maka dengan hatinya (tidak mengikuti kemungkaran tersebut), dan itu selemah-lemahnya iman. (HR. Muslim)

C. Tugas Individu

Untuk tugas individu nomor 1, 2, 3 silahkan teman-teman isi sesuai dengan pemahaman sendiri. Jawab sesuai dengan keadaan dan kemampuan teman-teman saat ini.

4. Buatlah teks khutbah, dakwah, atau tablig (pilih salah satu) dengan tema bebas!

Untuk tugas ini, kami sudah menyediakan sebuah teks khutbah, dakwah atau tablig yang nantinya dapat teman-teman jadikan sebagai rujukan. Kami menyediakannya dalam format file PDF, yang bisa teman-teman simpan. Silahkan Unduh Disini untuk menyimpan filenya.

D. Tugas Kelompok

  1. Buatlah kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik di kelasmu. (Maksimal lima orang satu kelompok).
  2. Susunlah acara dalam suatu kegiatan dengan pembagian tugas: MC, pembaca al-Qur’an, sambutan, ceramah, dan doa.
  3. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi.

Untuk tugas kelompok ini, silahkan teman-teman lakukan sesuai dengan petunjuk soalnya. Lakukan pembagian tugas seperti yang tertera diatas.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62-65

Mempelajari soal-soal latihan yang telah dilengkapi jawaban dan bahasannyapun tentu sangat efektif buat teman-teman. Maka dari itu, kami disini juga sudah menyediakan file PDF yang mana soal-soal diatas kami sajikan dalam file tersebut. Teman-teman nantinya dapat menyimpannya di ponsel atau mencetaknya untuk kemudian mempelajarinya lagi sebagai persiapan dalam mengikuti kegiatan penilaian. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 182kb

Dalam mengerjakan tugas sekolah, memang jawaban menjadi hal yang paling menentukan sekali, apakah nantinya teman-teman bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tidak. Dan pastinya setiap siswa berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang mereka kerjakan.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 77 78 79

Namun kita semua tahu, jika ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka teman-teman siswa harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat, sehingga nilai yang diperoleh bisa bagus. Namun untuk mencari jawaban yang benar bukanlah hal yang sepeleh, apalagi jika soal-soalnya sulit.

Nah dengan adanya alternatif jawaban ini, kami berharap teman-teman bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang belum terselesaikan. Dan dengan jawaban yang kami sediakan ini, semoga harapan teman-teman untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus bisa tercapai, sehingga nilai tersebut nantinya dapat membantu teman-teman dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Namun tentu nilai dari tugas sekolah bukanlah segalanya, masih ada beberapa kegiatan penting lainnya yang harus teman-teman ikuti. Dan teman-teman sangat perlu sekali persiapan, agar nantinya bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut.

Teman-teman tentunya bisa memanfaatkan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 11 halaman 62 63 64 65 ini sebagai bahan belajar. Kami yakin tidak semua materi pada soal-soal ini langsung bisa teman-teman pahami. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyimpan dan mempelajari kembali soal-soal ini. 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 62 63 64 65 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa"