√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Soal Evaluasi Buku Siswa Kurikulum 2013 - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Soal Evaluasi Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci jawaban soal evaluasi pengetahuan pilihan ganda dan essay PJOK kelas 4 halaman 26, 27, 28 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan buku siswa kurikulum 2013 revisi 2019. Jawaban ini kami sediakan untuk memudahkan teman-teman dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Kami menyadari jika kunci jawaban ini cukup dibutuhkan oleh siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Karena tidak semua soal pada tugas sekolah bisa dijawab oleh siswa. Meskipun siswa tersebut sudah berusaha mencari jawaban dengan membaca dan mencoba memahami materi pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26-28

Maka, hal yang siswa lakukan tentunya mencari jawaban diluar buku pelajaran agar soal-soal tersebut bisa dijawab dan tugas sekolah bisa diselesaikan. Hal inilah yang menjadi alasan kami untuk turut dalam menyediakan apa yang sedang siswa perlukan.

Dalam hal ini adalah kunci jawaban PJOK kelas 4 halaman 26, 27, 28. Kami berharap jawaban ini bisa membantu teman-teman semua dalam menjawab soal-soal latihan pada buku pelajaran di halaman tersebut, yang mungkin saja saat ini menjadi tugas sekolah teman-teman.

Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, banyak sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajarnya secara daring atau online. Tentu hal ini juga akan berdampak kepada siswa. Guru pastinya akan lebih banyak memberikan tugas-tugas kepada siswanya untuk dikerjakan di rumah.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 48 49 50

Banyaknya tugas sekolah, terkadang membuat siswa jadi malas untuk mencari jawaban sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, kenapa siswa banyak memanfaatkan alternatif jawaban. Tak heran jika sekarang ini banyak blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban.

Jawaban yang kami sediakan ini bersumber dari buku pelajaran siswa, dan juga dari situs pendidikan lainnya. Kami mencari dan memilih jawaban terbaik yang kami anggap jawaban tersebut tepat dan benar. Maka dari itu, silahkan teman-teman manfaatkan dengan baik jawabannya.

Kunci Jawaban Soal PJOK Kelas 4 Halaman 26, 27, 28

Mengerjakan dan menjawab sendiri soal-soal yang menjadi tugas sekolah tentu sangat kami sarankan sekali. Dengan membaca dan memahami materi pada buku pelajaran, teman-temanpun bisa menjawab soal-soalnya. Akan tetapi, kami juga memahami bahwa tidak semua siswa bisa menjawa soal-soalnya.

Nah berikut ini adalah soal dan kunci jawaban PJOK kelas 4 halaman 26-28 untuk soal-soal latihan pada buku siswa. Silahkan teman-teman lihat dan manfaatkan jawabannya dengan baik.

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Pada permainan sepak bola terdapat variasi gerak dasar nonlokomotor. Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola adalah...
A. berdiri dan menarik kaki
B. melangkah dan menggiring bola
C. menggiring dan menendang bola
D. berdiri dan menghentikan bola
Jawab : D

2. Variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola adalah...
A. sikap berdiri dan mengayunkan kaki
B. menggulirkan dan mengoper bola
C. melangkah dan berlari berkelok-kelok
D. menekuk dan menarik kaki
Jawab : B

3. Bayu bermain sepak bola bersama Martin. Bayu menggiring dan menendang bola ke arah Martin. Kegiatan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar...
A. lokomotor
B. manipulatif
C. nonlokomotor
D. nonmanipulatif
Jawab : A

4. Dalam permainan sepak bola, terdapat variasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Contoh variasi gerak nonlokomotor dalam permainan sepak bola adalah...
A. melangkah dan berlari ke samping
B. menggulirkan dan menggiring bola
C. meliukkan badan dan mengayun lengan
D. menendang dan mengumpan bola
Jawab : C

5. Amatilah gambar dibawah ini!

Gambar tersebut menunjukkan gerak dasar...
A. manipulatif
B. lokomotor
C. nonlokomotor
D. nonmanipulatif
Jawab : C

6. Perhatikan gerakan dalam permainan bola voli berikut!
1) Kedua kaki dibuka selebar bahu.
2) Posisi kedua lutut ditekuk sedikit.
3) Kedua lengan lurus ke depan.
4) Kedua tangan dirapatkan.
5) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas.

Keterangan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar...
A. lokomotor
B. manipulatif
C. nonmanipulatif
D. nonlokomotor
Jawab : D

7. Yuda belajar permainan bola voli. Yuda melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor. Gerak yang dilakukan Yuda adalah...
A. menekuk kedua lutut dan meluruskan kedua lengan
B. mengayunkan kedua lengan dari bawah ke atas
C. memantulkan bola atas kepada temannya
D. melompat sambil memantulkan bola dengan kedua tangan
Jawab : B

8. Nana bermain bola basket bersama Maya. Mereka melakukan variasi gerak dasar manipulatif, yaitu...
A. berjalan dan berlari
B. berlari dan melompat
C. berdiri dan mengayun lengan
D. melempar dan menangkap bola
Jawab : D

9. Sinta berjalan dan berlari melewati pembatas saat bermain bola basket. Dilihat dari gerakannya, Sinta melakukan variasi gerak dasar...
A. nonmanipulatif
B. nonlokomotor
C. lokomotor
D. manipulatif
Jawab : C

10. Yola dan Dian berdiri dalam formasi berbanjar. Mereka bersiap melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan bola basket. Contoh gerakannya adalah...
A. berlari dan melompat
B. berjalan dan berlari berkelok-kelok
C. menekuk kaki dan mengayun lengan
D. menggiring bola dan menembak bola
Jawab : C

B. Jawablah dengan benar!

1. Bagaimana cara melakukan gerak menekuk kaki dan menarik kaki dalam permainan sepak bola?

Cara melakukan gerak tersebut:

  • Buka kaki selebar bahu.Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang
  • Ayunkan kaki kanan ke depan.pandangan ke arah depan
  • Lakukan gerakan mengayun dengan kuat.Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Pada permainan sepak bola terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Berikan contoh gerak lokomotor dalam permainan sepak bola!

Berikut contohnya:

  • Gerak lokomotor : berlari, berjalan, melompat.
  • Gerak non lokomotor : menoleh, membungkuk, memutar sendi kaki.
  • Gerak manipulatif : menangkap bola, melempar bola, dan menendang bola.

3. Dini bermain bola voli dengan temannya di lapangan. Dini melakukan gerakan memantulkan dan memvoli bola dengan lengan atas. Jelaskan caranya!

Dengan melempar bola voli tersebut ke udara dan memukulnya ketika bola voli tersebut sudah berada hampir dekat dengan tangan kita dan bola voli itu akan memantul ke atas.

4. Bagaimana cara melakukan variasi gerak berjalan dan meloncat dalam permainan bola basket?

Variasi dan Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Basket meliputi gerak. Dilakukan dengan cara berdiri dan kedua lutut agak rendah. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari termasuk kombinasi gerak lokomotor.

5. Wulan dan Siti bermain bola basket. Kedua anak ini melakukan variasi gerak menggiring dan menembak bola. Jelaskan cara melakukan variasi gerak manipulatif tersebut!

Variasi menggiring bola di lakukan dengan memantul mantulkan bola ke lantai. Lalu lakukan gerakan menggiring bola basket menuju ring lalu tembakan bola ke ring.

Evaluasi Keterampilan
Unjuk Kerja

  1. Praktikkan variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola secara berpasangan.
  2. Praktikkan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli secara berpasangan.
  3. Praktikkan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola basket secara berpasangan. Lakukan dengan semangat dan percaya diri.

Untuk tugas Evaluasi Keterampilan diatas, silahkan teman-teman lakukan dengan praktek langsung di lapangan!

Refleksi

Kamu telah mempelajari materi variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. Setelah mempelajari materi tersebut, kamu dapat mengetahui pentingnya pembelajaran gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

1. Apa manfaat mempelajari gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar?

Manfaat gerak lokomotor :
  • Melatih kecepatan dan ketepatan melangkah
  • Melatih kaki agar siap dan sedia menghadapi rangsang.
  • Memperbaiki postur tubuh.

Manfaat gerak non lokomotor: 

  • Mengembangkan kesadaran tentang suatu keberadaan tubuh di dalam ruang.
  • Melatih kecepatan dan ketepatan melangkah.
  • Melatih keseimbangan.

Manfaat gerak manipulativf adalah Memperbaiki postur tubuh, kesehatan dan kesegaran jasmani.

2. Apa materi yang paling berkesan menurutmu? Apa alasannya!

Semua materi yang saya pelajari membuat saya terkesa. Karena materi tersebut memberikan pengetahuan baru bagi saya yang sebelumnya tidak tahu sama sekali.

3. Apa sikap positif yang dapat kamu petik dari pembelajaran materi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar?

Sikap positif yang saya petik yaitu, dalam bermain bola besar atau bermain permainan apapun, sangat penting bagi kita untuk tahu berbagai gerak dalam permainan tersebut agar menghindari dari hal yang tidak diinginkan, misalnya cidera.

Download Soal Evaluasi PJOK Kelas 4 Halaman 26, 27, 28

Untuk memudahkan teman-teman dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah, kami juga menyediakan soal dan kunci jawaban diatas dalam bentuk file dokumen pdf, yang bisa teman-teman download pada link berikut.

soal-pjok-kls-4.pdf 134kb

Dengan adanya kunci jawaban ini, teman-teman pastinya akan sangat terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Maka dari itu, kami selalu berusaha untuk menyediakan jawaban terbaik. Karena kami tahu, pastinya teman-teman juga berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas tersebut.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi hal yang sangat baik sekali. Karena kita tahu bawa nilai-nilai dari tugas sekolah juga akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Maka dari itu, selalu kerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksiaml.

Lihat juga : Kunci Jawaban Soal Evaluasi PJOK Kelas 5 Halaman 24, 25, 26, 27

Dan meskipun kami disini sudah menyediakan kunci jawaban, namun teman-teman juga harus selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan sebelum menyalin jawabannya, teman-teman sudah mengecek dan memastikan jawaban tersebut sudah sesuai dengan soal.

Dan kami juga mengingatkan teman-teman, untuk selalu giat belajar. Karena selain tugas sekolah, ada beberapa kegiatan lain yang mesti teman-teman ikuti. Kegiatan tersebut yaitu penilaian harian, penilaian akhir semester dan juga penilaian akhir semester.

Untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, teman-teman harus memahami materinya. Untuk itu persiapkan diri dari sekarang, perbanyak belajar di rumah dan manfaatkan juga soal-soal latihan pada buku pelajaran sebagai bahan belajar teman-teman.

Sekian ulasan kami untuk postingan kali ini yang membahas tentang kunci jawaban PJOK kelas 4 halaman 26, 27, 28, buku siswa semester 1. Gunakan kunci jawaban diatas untuk menyelesaikan tugas sekolah teman-teman. Dan semoga teman-teman bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Soal Evaluasi Buku Siswa Kurikulum 2013"