√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Evaluasi Pelajaran 1 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Evaluasi Pelajaran 1 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban evaluasi PJOK kelas 4 (IV) halaman 26, 27, 28 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan evaluasi pelajaran 1 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan kunci jawaban ini agar teman-teman siswa kelas 4 yang sekarang ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dapat terbantu sehingga dapat segera menyelesaikan tugasnya.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terkadang memang alternatif jawaban seperti ini diperlukan oleh sebagian siswa untuk menjawab soal-soal yang dianggap sulit, yang belum ditemukan jawabannya di buku pelajaran. Oleh sebab itu, kunci jawaban seperti ini akan sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28

Kami melihat bahwa memang sekarang ini pencarian untuk kunci jawaban di internet masih cukup tinggi. Artinya, sebagian siswa masih sangat membutuhkan alternatif jawaban untuk membantu menjawab soal-soal pada tugas sekolahnya, sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan.

Kalaupun kita mencoba mencari kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran siswa di internet, maka akan kita temukan banyak blog pendidikan yang menyediakannya. Jadi wajar jika para siswa sangat terbantu dengan adanya kunci jawaban ini.

Begitupun dengan kami, disini kami menyediakan kunci jawaban PJOK kelas 4 halaman 26 27 28 ini dengan harapan, semoga jawaban ini bisa membantu teman-teman siswa yang memang sekarang ini memerlukan jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

Karena kita semua tahu, bahwa pelajaran PJOK atau Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ini tidak hanya mengajarkan peraktek lapangan saja. Namun pada buku pelajarannya juga terdapat materi teori dan soal-soal latihan yang mungkin menjadi tugas sekolah teman-teman saat ini.

Namun meskipun begitu, kami selalu menyarankan kepada teman-teman semua untuk tetap mengutamakan berusaha sendiri dalam menjawab soal-soalnya. Pastikan teman-teman tetap berusaha sendiri mencari jawabannya di buku pelajaran sebelum memutuskan untuk memanfaatkan jawaban ini.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 Sampai 28

Dengan membaca materi pada buku pelajaran dan memahaminya, kami yakin teman-teman juga dapat menemukan jawaban yang tepat dan bisa menajwab soal-soal pada tugas sekolah. Meskipun mungkin nantinya tidak semua soal bisa dijawab. Namun setidaknya teman-teman sudah berusaha.

Mengerjakan tugas sekolah, dan bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu sebuah prestasi yang baik sekali. Namun tnilai dari tugas sekolah bukan menjadi syarat utama dalam kenaikan kelas nantinya. Masih ada beberapa kegiatan lainnya yang harus teman-teman ikuti, seperti penilaian dan kegiatan peraktek.

Dan untuk bisa mengerjakan dan menjawab soal-soal pada kegiatan tersebut, teman-teman harus bisa memahami materinya. Teman-teman tidak bisa bergantung pada alternatif jawaban seperti ini, karena pastinya soal-soal yang guru berikan pada kegiatan tersebut tentu berbeda.

Maka dari itu, giatlah dalam belajar. Manfaatkan waktu teman-teman sebaik mungkin. Pelajari materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Dan manfaatkan juga soal-soal ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah nantinya.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26-27 Pilihan Ganda

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Pada permainan sepak bola terdapat variasi gerak dasar nonlokomotor. Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola adalah...
Jawab : D. berdiri dan menghentikan bola

2. Variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola adalah...
Jawab : B. menggulirkan dan mengoper bola

3. Bayu bermain sepak bola bersama Martin. Bayu menggiring dan menendang bola ke arah Martin. Kegiatan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar...
Jawab : A. lokomotor

4. Dalam permainan sepak bola, terdapat variasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Contoh variasi gerak nonlokomotor dalam permainan sepak bola adalah...
Jawab : C. meliukkan badan dan mengayun lengan

5. Amatilah gambar dibawah ini!


Gambar tersebut menunjukkan gerak dasar...
Jawab : C. nonlokomotor

6. Perhatikan gerakan dalam permainan bola voli berikut!
1) Kedua kaki dibuka selebar bahu.
2) Posisi kedua lutut ditekuk sedikit.
3) Kedua lengan lurus ke depan.
4) Kedua tangan dirapatkan.
5) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas.
Keterangan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar...
Jawab : D. nonlokomotor

7. Yuda belajar permainan bola voli. Yuda melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor. Gerak yang dilakukan Yuda adalah...
Jawab : B. mengayunkan kedua lengan dari bawah ke atas

8. Nana bermain bola basket bersama Maya. Mereka melakukan variasi gerak dasar manipulatif, yaitu...
Jawab : D. melempar dan menangkap bola

9. Sinta berjalan dan berlari melewati pembatas saat bermain bola basket. Dilihat dari gerakannya, Sinta melakukan variasi gerak dasar...
Jawab : C. lokomotor

10. Yola dan Dian berdiri dalam formasi berbanjar. Mereka bersiap melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan bola basket. Contoh gerakannya adalah...
Jawab : C. menekuk kaki dan mengayun lengan

Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 28 Isian

B. Jawablah dengan benar!
1. Bagaimana cara melakukan gerak menekuk kaki dan menarik kaki dalam permainan sepak bola?

Cara melakukan gerak tersebut:

  • Buka kaki selebar bahu.Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang
  • Ayunkan kaki kanan ke depan.pandangan ke arah depan
  • Lakukan gerakan mengayun dengan kuat.Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh, maaf kalo salah terimakasi

2. Pada permainan sepak bola terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Berikan contoh gerak lokomotor dalam permainan sepak bola!

Berikut contohnya:

  • Gerak lokomotor : berlari, berjalan, melompat.
  • Gerak non lokomotor : menoleh, membungkuk, memutar sendi kaki.
  • Gerak manipulatif : menangkap bola, melempar bola, dan menendang bola.

3. Dini bermain bola voli dengan temannya di lapangan. Dini melakukan gerakan memantulkan dan memvoli bola dengan lengan atas. Jelaskan caranya!

Dengan melempar bola voli tersebut ke udara dan memukulnya ketika bola voli tersebut sudah berada hampir dekat dengan tangan kita dan bola voli itu akan memantul ke atas.

4. Bagaimana cara melakukan variasi gerak berjalan dan meloncat dalam permainan bola basket?

Variasi dan Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Basket meliputi gerak. Dilakukan dengan cara berdiri dan kedua lutut agak rendah. Menggiring bola dengan berjalan atau berlari termasuk kombinasi gerak lokomotor.

5. Wulan dan Siti bermain bola basket. Kedua anak ini melakukan variasi gerak menggiring dan menembak bola. Jelaskan cara melakukan variasi gerak manipulatif tersebut!

Variasi menggiring bola di lakukan dengan memantul mantulkan bola ke lantai. Lalu lakukan gerakan menggiring bola basket menuju ring lalu tembakan bola ke ring.

Refleksi

Kamu telah mempelajari materi variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. Setelah mempelajari materi tersebut, kamu dapat mengetahui pentingnya pembelajaran gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

1. Apa manfaat mempelajari gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar?

Manfaat gerak lokomotor :

  • Melatih kecepatan dan ketepatan melangkah
  • Melatih kaki agar siap dan sedia menghadapi rangsang.
  • Memperbaiki postur tubuh.

Manfaat gerak non lokomotor: 

  • Mengembangkan kesadaran tentang suatu keberadaan tubuh di dalam ruang.
  • Melatih kecepatan dan ketepatan melangkah.
  • Melatih keseimbangan.

Manfaat gerak manipulativf adalah Memperbaiki postur tubuh, kesehatan dan kesegaran jasmani.

2. Apa materi yang paling berkesan menurutmu? Apa alasannya!

Semua materi yang saya pelajari membuat saya terkesa. Karena materi tersebut memberikan pengetahuan baru bagi saya yang sebelumnya tidak tahu sama sekali.

3. Apa sikap positif yang dapat kamu petik dari pembelajaran materi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar?

Sikap positif yang saya petik yaitu, dalam bermain bola besar atau bermain permainan apapun, sangat penting bagi kita untuk tahu berbagai gerak dalam permainan tersebut agar menghindari dari hal yang tidak diinginkan, misalnya cidera.

Download Soal Evaluasi PJOK Kelas 4 Halaman 26-28

Soal-soal diatas dapat teman-teman manfaatkan sebagai materi belajar di rumah. Mempelajari soal-saol latihan yang sudah dilengkapi kunci jawabannya tentu cukup efektif untuk memahami materi di buku pelajaran. Nah berikut ini kami telah menyediakan soal-soal diatas dalam fotmat file dokumen PDF, silahkan teman-teman unduh pada link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 134kb

Kami menyadari jika kunci jawaban seperti ini akan sangat membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terutama untuk menjawab soal-soal yang sulit yang belum ditemukan jawabannya pada buku pelajaran. Atau memang soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri.

Sesulit apapun soal-soal pada tugas sekolah, tidak bisa menjadi alasan bagi teman-teman untuk tidak mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi kewajiban bagi bagi siswa. Dengan demikian, guru bisa mengambil nilai tugas dari siswanya.

Dan seperti yang teman-teman ketahui, bahwa nilai tugas cukup penting dalam memperbaiki dan meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Dalam menentukan nilai akhir di raport, nilai tugas menjadi salah satu nilai yang diperhitungkan. Guru akan merekap semua nilai tugas, lalu kemudian mengambil beberapa persen dari nilai tugas tersebut untuk kemudian ditambahkan kenilai lainnya.

Namun selain nilai tugas, tentu ada beberapa nilai dari kegiatan lainnya yang juga sangat penting bagi teman-teman, seperti nilai penilaian dan tugas peraktek. Dan untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan penilaian, baik penilaian harian, akhir semester dan penilaian akhir tahun, teman-teman harus bisa memahami materinya.

Oleh karena itu, giatlah dalam belajar, perbanyak mempelajari materi-materi yang belum teman-teman pahami dengan baik. Dan manfaatkan pula soal-soal seperti ini sebagai bahan belajar di rumah. Dan kami harap kunci jawaban PJOK kelas 4 halaman 26 27 28 ini dapat membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 26 27 28 Evaluasi Pelajaran 1 Semester 1 Buku Siswa"