√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51 52 53 54 Evaluasi Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51 52 53 54 Evaluasi Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban evaluasi pelajaran 2 PAI kelas 6 halaman 51 52 53 54 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kunci jawaban ini kami sediakan untuk membantu teman-teman siswa, khususnya para siswa yang sekarang ini kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah karena belum menemukan jawaban yang tepat di buku pelajaran.

Seperti yang sering kami utarakan kepada teman-teman, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah tentu tidak semua siswa mampu untuk menjawab soal-soalnya. Pasti ada sebagian siswa yang kesulitan menjawab beberapa soal pada tugas sekolah, sehingga tugas belum dapat diselesaikan.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51-54

Kita semua tahu jika setiap siswa memiliki pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka wajar jika dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahpun ada siswa yang mampu dan tidak mampun menjawab soal-soalnya. Untuk siswa yang belum bisa menjawab sendiri soal-soalnya, pasti akan mencari alternatif jawaban di internet.

Pada kenyataannya, memang sekarang ini kunci jawaban cukup banyak dicari oleh para siswa di internet. Itu arinya, kunci jawaban memang cukup dibutuhkan sekarang ini. Melihat antusias siswa akan kunci jawaban, menjadi dorongan kami untuk turut menyediakan kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 51 52 53 54 ini.

Kami yakin teman-teman siswa juga sangat membutuhkan kunci jawaban ini. Oleh karena itu kami selalu berusaha untuk menyediakan jawaban-jawaban terbaik, yang nantinya semoga bisa membantu teman-teman menyelesaikan tugas sekolah. Dan semoga jawaban ini dapat mengantarkan teman-teman siswa untuk meraih nilai yang bagus.

Namun meskipun begitu, kami selalu menekankan teman-teman untuk tetap berusaha dengan maksimal menjawab sendiri soal-soal pada tugas sekolah. denagn membaca materi pada buku pelajaran dan memahaminya. Kami cukup yakin, teman-teman juga dapat menjawab semua soal-soalnya.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51 Sampai 54

Menjawab sendiri soal-soal pada tugas sekolah tentu sangat baik buat teman-teman. Namun kami tahu, tentu akan teman-teman dapati soal-soal yang sulit pada tugas-tugas sekolah, sehingga belum bisa menjawab soal-soalnya, dan tugas sekolapun belum bisa diselesaikan.

Maka solusinya tentu siswa akan mencari kunci jawaban diluar buku pelajaran, seperti buku pendidikan dan juga internet. Kami berharap kunci jawaban yang kami sediakn ini bisa turut berperan penting dalam membantu teman-teman mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Selain mengerjakan tugas-tugas sekolah, kami harap teman-teman juga meluangkan waktu untuk tetap belajar di rumah. Karena ada beberapa kegiatan lain yang harus teman-teman ikuti, seperti kegiatan penilaian dan kegiatan peraktek lapangan. Nilai-nilai yang didapat dari kegiatan tersebut akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan teman-teman nantinya.

Dan kami juga berharap kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 51 52 53 54 ini dapat teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar di rumah. Karena soal-soal seperti ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51, 52, 53 Pilihan Ganda

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Andi dan teman-temannya bermain kasti di halaman sekolah. Variasi dan kombinasi gerak manipulatif dan lokomotor dalam permainan kasti yang dilakukan Andi ialah...
A. berjalan dan berlari dengan menangkap bola
B. berdiri dan berhenti dengan menangkap bola
C. membungkuk dan mengayun dengan melempar bola
D. berdiri dan membungkuk dengan melempar bola
Jawab : A

2. Tiwi melakukan variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dalam melempar bola melambung. Gerak dasar yang dilakukan Tiwi ialah melempar bola dengan...
A. melangkah dan berlari
B. melangkah dan mengayun lengan
C. melompat dan mengayun lengan
D. berdiri dan mengayun lengan
Jawab : C

3. Danar dan teman-teman bermain kasti. Bola yang dipukul Danar menyusur tanah. Bona menangkap bola dengan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif, yaitu...
A. menekuk kaki dan berjongkok dengan menangkap bola
B. melangkah kaki dan menekuk kaki dengan menangkap bola
C. berjalan dan berlari dengan menangkap bola
D. membungkuk dan melangkah dengan menangkap bola
Jawab : A

4. Tania dan Indah berlatih gerakan melempar dan menangkap bola kasti. Tania berjalan dan berlari dengan menangkap bola kasti yang dilempar Indah. Dilihat dari gerakannya, Tania melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar, yaitu...
A. lokomotor dan manipulatif
B. nonlokomotor dan manipulatif
C. lokomotor dan nonlokomotor
D. manipulatif dan nonlokomotor
Jawab : D

5. Deni dan Ardi berdiri saling berhadapan sejauh 7 meter. Deni melempar bola kasti melambung ke arah Ardi. Selanjutnya, Ardi akan menangkap bola tersebut dengan melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif, yaitu...
A. berjalan dan berlari dengan menangkap bola
B. berjalan dan menekuk tangan dengan menangkap bola
C. menekuk kaki dan menarik tangan dengan menangkap bola
D. menekuk kaki dan mengayun lengan dengan menangkap bola
Jawab : C

6. Didi dan Doni berlatih melempar bola rounders secara mendatar. Didi melakukan lemparan bola dengan ayunan bola...
A. ke atas depan
B. menyusur tanah
C. ke samping badan
D. lurus ke depan
Jawab : A

7. Perhatikan gambar gerakan melempar pada permainan rounders berikut!

Kombinasi gerak yang ditunjukkan pada gambar adalah...
A. mengayun tangan dan melempar bola mendatar
B. membungkuk dan melempar bola bawah
C. meliukkan badan ke belakang dan melempar bola melambung
D. menekuk kaki dan melempar bola menyusur tanah
Jawab : D

8. Dalam permainan rounders, pemukul melakukan pukulan tanpa ayunan. Teknik pukulan ini bertujuan...
A. mematahkan taktik lawan
B. mengelabui regu penjaga
C. memecah konsentrasi regu penjaga
D. memberi kesempatan teman menuju base
Jawab : B

9. Fandi bermain rounders bersama teman-temannya. Fandi bersiap melakukan pukulan bola. Kombinasi gerakan yang tepat saat melakukan gerakan ini adalah menarik tongkat ke belakang dan...
A. meletakkan tongkat di tanah diayunkan lurus ke bawah
B. mengayunkan tongkat dari atas kepala diayunkan di samping badan
C. mengayunkan tongkat dari samping mengarah ke bola diayunkan lurus ke depan dada
D. menghindari bola yang dilempar di atas bahu dan samping kepala
Jawab : C

10. Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders. Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola. Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar...
A. nonlokomotor dan lokomotor
B. nonlokomotor dan manipulatif
C. lokomotor dan manipulatif
D. lokomotor dan nonlokomotor
Jawab : D

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 53, 54 Isian

B. Jawablah dengan benar!
1. Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif dalam melempar bola kasti?

Melempar bola dalam permainan kasti termasuk variasi gerak dasar manipulatif. Gerakan ini untuk mengumpan kepada pemain pemukul, mengoper kepada teman satu kelompok, atau mematikan kelompok pemukul. Gerak nonlokomotor saat meluruskan tangan, sedangkan gerak manipulatif saat melempar bola mendatar.

2. Siti dan Dahlia berlatih memukul bola kasti. Jelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif saat Siti memukul bola kasti!

Saat memukul bola, harus memperhatikan arah bola. Ayunkan tongkat pemukul tepat mengenai bola. Pukulan yang benar menghasilkan pantulan bola yang sulit dijangkau kelompok penjaga. Setelah memukul bola, ikuti gerakan berlari menuju tiang hinggap.
Penjelasan:
Gerakan memukul bola dapat mengombinasikan gerak nonlokomotor, manipulatif, dan lokomotor. Gerak manipulatif saat memukul bola, gerak nonlokomotor saat menekuk lengan, dan gerak lokomotor saat berlari menuju tiang hianggap.

3. Ratna berlatih menangkap bola melambung. Bagaimana cara Ratna melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menangkap bola?

Cara Ratna melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menangkap bola yaitu, menendang bola, mengiring bola, menyundur bola.

4. Jelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam melempar bola rounders!

Memukul bola rounders nya. Karena memukul bola menggunakan tongkat (manipulatif) dan tidak pula berjalan ataupun berlari (nonlokomotor).

5. Jelaskan cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam memukul bola rounders!

Melambungkan bola. Rounders merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua kelompok. Setiap kelompok bertujuan mencetak angka dengan memukul bola dan berlari dari base pertama hingga base terakhir dalam tujuh babak/inning. Permainan rounders membutuhkan koordinasi, reaksi cepat, serta penguasaan teknik melempar dan menangkap bola.

Refleksi
Kamu telah mempelajari materi variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil. Setelah mempelajari materi tersebut, kamu dapat mengetahui pentingnya pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil. Dapatkah kamu menerapkan pembelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

1. Apa manfaat mempelajari materi variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil?

Manfaatnya yaitu:
  • Meningkatkan ketangkasan.
  • Meningkatkan kekompakan regu maupun individu pemain.
  • Timbulnya rasa solidaritas dan persahabatan antar sesama.

2. Apa materi yang paling berkesan menurutmu? Berikan alasannya!

Materi yang berkesan bagi saya adalah ketika memperaktekkan gerakan variasi dan kombinasi dalam permainan tersebut.

3. Apa sikap positif yang dapat kamu petik dari pembelajaran materi variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola kecil?

Sikap positif yang dapat saya ambil dari pembelajaran tersebut yaitu:
  • Mempelajari dasar gerakan sangat penting, agar terhindar dari kesalahan dan cidera.
  • Tumbuhnya rasa solidaritas dalam tim dan kekompakan.
  • Mendapatkan ilmu dan skill baru dalam permainan tersebut.

Download Soal PJOK Kelas 6 Halaman 51-54

Soal-soal latihan dan sudah ada jawaban dan pembahasannya soalnya dapat teman-teman jadikan sebagai bahan belajari di rumah untuk mendalami materi pada buku pelajaran. Kami telah menyediakan file dokumen PDF untuk soal-soal diatas. Teman-teman dapat menyimpan atau mencetaknya, untuk kemudian dipelajari kembali. Berikut ini silahkan diunduh langsung.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 133kb

Kami memahami akan penting kunci jawaban seperti ini bagi sebagian siswa. Karena kami tahu, dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak semua siswa mampun untuk menjawab soal-soalnya, meskipun sudah berusaha mencari jawabannya di buku pelajaran.

Pasti ada sebagian siswa yang kurang memahami materi pada buku pelajaran, sehingga belum bisa menjawab soal-soalnya. Atau memang terkadang ada soal-soal yang jawabannya harus dijawab dengan pemahaman sendiri, sehingga sebagian siswa belum yakin untuk bisa menjawab soal-soalnya.

Kalau sudah demikian, maka tentu siswa akan mencari alternatif jawaban. Dan kita semua tahu kalau internet menjadi tujuan atau rujukan para siswa dalam mencari alternatif jawaban. Dan jikapun kita mencoba mencari kunci jawaban di internet, maka kita akan mendapati banyak blog pendidikan yang menyediakannya.

Hal tersebut sudah pasti akan membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Terlebih dalam menjawab soal-soal yang dianggap sulit pada tugas-tugas sekolah. Sehingga nantinya tugas-tugas sekolah tersebut dapat diselesaikan untuk kemudian dikumpulkan kepada guru kelas.

Demikian ulasan kami untuk kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 51 52 53 54 ini. Kami berharap teman-teman dapat memanfaatkan semua jawaban ini dengan bijak. Dan teman-teman juga dapat memanfaatkan soal-soal diatas sebagai bahan belajar di rumah nantinya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 51 52 53 54 Evaluasi Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa"