√ Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130 131 132 Ayo Berlatih Bab 6 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130 131 132 Ayo Berlatih Bab 6 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal PAI kelas 9 halaman 130 131 132 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ayo berlatih bab 6 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Kami menyediakan jawaban ini untuk teman-teman siswa, terkhusus untuk siswa yang saat ini kesulitan dalam menjawab soal-soal yang menjadi tugas sekolah.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, pasti setiap siswa memiliki pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda. Ada siswa yang dengan mudah bisa menjawab dan menyelesaikan tugas-tugasnya, namun ada juga siswa yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130-132

Hal tersebut tentu wajar, karena pastinya akan kita temukan pada setiap tugas sekolah soal-soal yang sulit yang belum bisa dijawab oleh siswa, karena mungkin belum menemukan jawabannya di buku pelajaran. Atau memang soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman sendiri, sehingga mengharuskan siswa mencari alternatif jawaban.

Maka untuk menyelesaiakn tugas-tugas tersebut dan menjawab soal-soal yang sulit tersebut, tentu sebagian siswa akan mencari alternatif jawaban. Dan kita tahu bahwa internet menjadi tujuan utama para siswa dalam mencari kunci jawaban dan mencari apapun yang mereka perlukan dalam kegiatan persekolahan.

Hal inilah yang menjadi alasan kami untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 9 halaman 130 131 132 ini. Karena kami tahu, dari semua siswa, pasti ada yang memerlukan kunci jawaban untuk tugas ini. Dan dengan adanya kunci jawaban ini, pastinya teman-teman siswa akan sangat dimudahkan.

Lihat Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8

Namun begitu, meskipun teman-teman dimudahkan dengan adanya kunci jawaban ini, kami tetap menyarankan, agar teman-teman selalu berusaha dalam menjawab soal-soalnya. Setidaknya jadikan alternatif jawaban ini sebagai pilihan terakhir, ketika teman-teman belum juga menemukan jawaban yang tepat di buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130 Sampai 132

Setiap siswa tentunya ingin mendapatkan nilai yang abgus dari setiap tugas yang dikerjakannya. Namun kita semua tentu tahu, bahwa untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal, setiap siswa harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat.

Kami cukup yakin, jika nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat, karena memang kami mencari jawaban ini dari berbagai sumber. Kami memilih jawaban yang menurut kami tepat, untuk kemudian kami sediakan dalam satu postingan lengkap, agar teman-teman dimudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah.

Kami juga menyarankan, agar teman-teman memanfaatkan soal-soal ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena bukan hanya tugas sekolah saja yang harus teman-teman kerjakan. Namun teman-teman juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah untuk persiapan dalam mengikuti berbagai kegiatan penilaian nantinya.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak kunci jawaban yang telah kami sediakan. Piliha jawaban yang dibutuhkan dan kerjakan soal-soal yang belum teman-teman selesaikan. Dan semoga jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130 131 Soal Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat!

1. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama...
a. Kristen
b. Hindu-Budha
c. Kong Hu Cu
d. Katolik
Jawab : B

2. Islam masuk di Nusantara melalui cara...
a. penjajahan
b. peperangan
c. damai
d. penipuan
Jawab : C

3. Berikut ini yang bukan termasuk teori masuknya Islam ke Nusantara adalah ...
a. teori Mekah
b. teori Indonesia
c. teori Gujarat
d. teori Cina
Jawab : B

4. Kerajaan Aceh mencapai puncak keemasan pada masa pemerintahan...
a. Sultan Iskandar Muda
b. Sultan Alaudin Riayat Syah
c. Sultan Ali Mughayat Syah
d. Sultan Malik Al-Saleh
Jawab : A

5. Para mubalig yang menyebarkan Islam di Nusantara dengan menjalin tali silaturahmi, membaur dengan masyarakat. Hal ini merupakan cara menyebarkan melalui...
a. perkawinan
b. pendidikan
c. kesenian
d. hubungan sosial
Jawab : D

6. Sultan Demak Bintoro yang pertama adalah...
a. Sultan Trenggono
b. Raden Patah
c. Adipati Unus
d. Sunan Prawoto
Jawab : B

7. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kebesarannya pada masa pemerintahan...
a. Sultan Agung Hanyakrakusuma
b. Panembahan Senopati
c. Prabu Hanyokrowati
d. Pangeran Benowo
Jawab : A

8. Kerajaan Makasar merupakan gabungan dari dua kerajaan, yaitu...
a. Kerajaan Gowa-Ternate
b. Kerajaan Ternate-Tidore
c. Kerajaan Bone-Wajo
d. Kerajaan Gowa-Tallo
Jawab : D

9. Sunan Gunung Jati berjasa besar dalam mendirikan Kerajaan Banten. Nama asli Sunan Gunung Jati adalah...
a. Umar Said
b. Syarif Hidayatullah
c. Ja’far Shadiq
d. Raden Rahmat
Jawab : B

10. Raja terakhir Kerajaan Banjar adalah...
a. Sultan Muhammad Seman
b. Raden Samudra
c. Sultan Muhammad Said
d. Sultan Jamaluddin
Jawab : A

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 132 Isian

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini !
1. Jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara!

Sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara :
Awal mula proses masuknya Islam yang terjadi di Indonesia diiringi dengan adanya proses perdagangan antara penduduk pribumi dengan orang-orang asing (Arab, Gujarat, India, Persia, dan lain-lain) yang berlayar di Nusantara dan melakukan interaksi serta menetap sementara di suatu wilayah Nusantara kemudian orang-orang tersebut sambil menyebarkan ajaran agama Islam yang telah dipelajarinya kepada penduduk pribumi.

2. Bagaimana cara-cara para mubalig menyebarkan Islam di Nusantara?

Cara-cara para mubaligh menyebarkan Islam di Nusantara adalah :

  • Perdagangan
  • Perkawinan
  • Pendidikan
  • Politik
  • Dakwah
  • Seni Budaya

3. Bagaimana cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran?

Cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran adalah dengan membangun pesantren. Para lulusan dari pesantren diwajibkan untuk mengajari kembali pengetahuan yang didapatkan kepada penduduk sekitarnya. Sehingga pada akhirnya penduduk sekitarnya akan memeluk agama Islam.

4. Ceritakan sejarah berdirinya Kerajaan Samudera Pasai!

Sejarah berdirinya kerajaan Samudera Pasai adalah Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh Nizamuddin Al Kamil (pemimpin angkatan laut Mesir) tahun 1267. Kerajaan Samudra Pasai berpusat di pesisir pantai utara pulau Sumatera dekat Lhokseumawe didirikan dengan tujuan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah (terutama lada). Kerajaan Samudra Pasai runtuh tahun 1521 karena dikuasai Portugis.

5. Sebutkan prestasi besar Sultan Agung selama memerintah Kerajaan Mataram!

Prestasi besar Sultan Agung selama memerintah kerajaan Mataram adalah

  • Memperluas wilayah kekuasaan meliputi Pulau Jawa-Madura (kecuali Banten dan Batavia), Jambi, Palembang, dan Banjarmasin.
  • Mengatur dan mengawasi wilayahnya yang sangat luas langsung dari pemerintah pusatnya (Kota Gede).

C. Tugas

  1. Carilah di internet atau buku tentang biografi tokoh-tokoh sebagai berikut: Sultan Agung Tirtayasa, Panembahan Senopati, Sultan Baabullah, Sultan Iskandar Muda, Raden Patah!
  2. Misalnya ada salah seorang teman kamu yang membenci salah seorang ustaz, padahal kamu kenal dekat dengan ustaz tersebut, dan dalam pandangan umum ustaz tersebut adalah ustaz yang baik dan patut diteladani. Sebagai seorang teman, apa yang harus kamu lakukan?
  3. Setiap muslim wajib berdakwah menyebarkan Islam. Rumuskanlah cara-cara dakwah yang efektif dan efisien di zaman sekarang!

1. Sultan Agung Tirtayasa (1631-1692).
Sultan Ageng Tirtayasa dikenal sebagai raja kesultanan Banten. Beliau dikenal gigih melakukan perlawanan terhadap penajajah Belanda.

2. Panembahan Senopati (1584-1601)
Panembahan Senopati awalnya bernama Danang Sutawijaya. Beliau merupakan anak dari Ki Ageng Pamanahan (yang masih keturunan dari Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Majapahit) dan Nyai Sabinah (yang memiliki garis keturunan dari Sunan Giri).

3. Sultan Baabulah (1528-1583)
Sultan Baabullah, juga ditulis Sultan Babullah atau Sultan Baab adalah sultan dan penguasa Kesultanan Ternate ke-24 yang berkuasa antara tahun 1570 - 1583.

4. Sultan Iskandar Muda (1583-1636)
Sultan Iskandar Muda adalah putra dari Puteri Raja Indra Bangsa, keturunan keluarga Raja Darul Kamal dan ayahnya adalah Sultan Alauddin Mansur Syah yang merupakan putra Sultan Abdul Jalil bin Sultan 'Alaiddin Ri'ayat Syah Al-Kahhar.

5. Raden Fatah (1455-1518)
Raden Patah atau Praba atau Raden Bagus Kasan alias Jin Bun bergelar Senapati Jimbun atau Panembahan Jimbun adalah pendiri dan sultan Demak pertama dan memerintah tahun 1500-1518.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130-132

Untuk mempermudah teman-teman dalam menyimpan soal-soal diatas, guna nantinya untuk dipelajari kembali. Kami sudah menyiapkan soal-soal diatas dalam format file dokumen PDF yang nantinya bisa teman-teman simpan di ponsel atau bisa dicetak untuk dipelajari kembali. Nah berikut ini, silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 134kb

Kami menyadari, dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, kunci jawaban seperti ini akan sangat membantu sekali bagi teman-teman siswa yang memang kesulitan mencari jawaban yang tepat di buku pelajaran. Atau memang terkadang ada soal yang jawabannya tidak ada di buku pelajaran.

Maka bagi siswa yang kesulitan dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah akan mencari jawaban alternatif. Dan sudah pasti tujuan utama para siswa adalah internet. Jikapun kita mencoba untuk mencari jawaban di internet, maka akan kita temukan banyak sekali blog pendidikan yang menyediakannya.

Dengan tersedianya kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran, maka tentu akan sangat membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Terutama dalam menjawab soal-saol yang sulit yang jawabannya belum ditemuakn di buku pelajaran.

Tak lupa juga kami ingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajar. Karena bukan hanya tugas sekolah saja yang mesti teman-teman kerjakan, namun teman-teman juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan penilaian yang sewaktu-waktu akan guru adakan.

Silahkan teman-teman gunakan dengan bijak kunci jawaban PAI kelas 9 halaman 130 131 132 ini. Dan manfaatkan juga soal-soal ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena mempelajari soal-soal latihan juga akan sangat efektif sekali. Dan semoga jawaban ini bisa menjadi sebab teman-teman mendapatkan nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 130 131 132 Ayo Berlatih Bab 6 Semester 1 Buku Siswa"