√ Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77 78 79 80 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77 78 79 80 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal PAI kelas 9 halaman 77 78 79 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri ayo berlatih bab 4 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Kunci jawaban ini kami sediakan untuk membantu teman-teman siswa, khususnya yang memang kesulitan dalam menjawab soal-saol pada tugas sekolah.

Kami menyadari, kalau dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang sulit. Soal-soal tersebut mungkin belum bisa siswa temukan jawabannya di buku pelajaran. Atau memang soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman sendiri, sehingga membuat sebagian siswa kesulitan menjawabnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77-80

Hal tersebut tentu wajar-wajar saja, karena pastinya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, ada soal-soal yang sulit yang memerlukan waktu lebih untuk mencari jawabannya. Namun bagi sebagian siswa, tentu akan memilih mencari alternatif jawabannya, baik di buku lainnya atau di internet.

Dan kita semua tahu kalau sekarang ini internet menjadi tujuan utama siswa dalam mencari apapun yang mereka perlukan, teruatama dalam kegiatan persekolahan. Dan kalaupun kita mencoba mencari kunci jawaban di internet, maka akan kita temukan banyak sekalu blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban tersebut.

Hal tersebut wajar, karena memang sekarang ini banyak siswa yang memanfaatkan internet. Inilah yang menjadi salah satu alasan kami untuk turut serta menyediakan kunci jawaban soal PAI kelas 9 halaman 77 78 79 80 ini. Kami berharap jawaban ini bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Namun begitu, kami tetap mengingatkan teman-teman untuk selalu mengecek jawabannya sebelum disalin ke buku tugas. Karena kami juga tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat. Maka dari itu selalu teliti dan cek jawaban sebelum digunakan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77 Sampai 80

Mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini tentu akan sangat membantu teman-temans siswa. Namun kami selalu mengingatkan dan menyarankan, agar sebelumnya teman-teman siswa tetap berusaha emncari sendiri jawabannya di buku pelajaran.

Setidaknya teman-teman tetap berusaha, jangan sampai sepenuhnya bergantung dengan kunci jawaban saja. Manfaatkan kunci jawaban seperti ini untuk menjawab soal-soal yang sulit saja yang mungkin jawbannya belum teman-teman temukan di buku pelajaran atau memang soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman sendiri.

Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, raih nilai terbaik pada setiap tugas yang teman-teman kerjakan. Karena nilai dari tugas sekolah akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester nantinya.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak jawaban yang telah kami sediakan. Kami berharap teman-teman juga dapat memanfaatkan jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah, sehingga nantinya teman-teman punya persiapan untuk mengikuti kegiatan penilaian.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77 78 79 Soal Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat!

1. Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Arti dari zakat adalah ....
a. menghapuskan
b. menyisihkan
c. menyucikan
d. memberikan
Jawab : C

2. Zakat yang wajib dikeluarkan bagi setiap jiwa/orang muslim menjelang salat Idul Fitri disebut ....
a. zakat fitrah
b. infak
c. shadaqah
d. zakat mal
Jawab : A

3. Waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah pada bulan ....
a. Zulhijjah
b. Muharram
c. Safar
d. Ramadhan
Jawab : D

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Bab 4 Halaman 78 Pilihan Ganda
4. Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah ....
a. menyucikan jiwa dari sifat tercela
b. membersihkan harta benda
c. meningkatkan rasa persaudaraan
d. menghapuskan dosa-dosa
Jawab : A

5. Orang yang wajib membayar zakat dinamakan ....
a. mustahik
b. muzakki
c. muallaf
d. garim
Jawab : B

6. Salah satu jenis zakat adalah zakat mal. Yang dimaksud dengan zakat mal yaitu ....
a. zakat jiwa
b. zakat harta
c. amal jariyah
d. zakat benda
Jawab : B

7. Perhatikan daftar jenis harta berikut ini!
1) emas dan perak
2) harta perniagaan
3) peternakan
4) hasil pertanian
Jenis harta yang nisabnya setara dengan emas 93,6 gram adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
Jawab : C

8. Salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah muallaf, maksudnya adalah ....
a. orang yang hutangnya banyak
b. budak yang perlu dimerdekakan
c. orang yang baru saja masuk Islam
d. orang yang tidak mempunyai pekerjaan
Jawab : C

9. Syarat wajib seseorang mengeluarkan zakat mal antara lain ....
a. profesional
b. mustahik
c. Islam
d. muzakki
Jawab : D

10. Batas minimal jumlah harta yang dimiliki oleh seseorang sehingga harta itu wajib dikeluarkan zakatnya disebut ....
a. kadar
b. nisab
c. zakat
d. barang
Jawab : B

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 79 80 Isian

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini!
1. Jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal!

Zakat Fitrah :
Zakat fitrah yaitu zakat berupa sedekah yang wajib dibayarkan seorang muslim pada saat bulan ramadhan untuk menyempurnakan ibadah puasa ramadhannya.

Zakat Mal :
Zakat mal yaitu zakat dari harta seorang muslim yang dibayarkan bila seorang muslim memenuhi syarat –syaratnya. Yaitu memiliki harta itu secara sempurna, harta yang dimiliki merupakan harta yang sempurna, telah mencapai nishobnya ( jumlahnya seusai syariat yang wajib dizakatkan), telah mencapai haulnya ( yaitu bertahan selama satu tahun), hartanya kelebihandari kebutuhan pokoknya.

2. Apa yang dimaksud dengan delapan ashnaf !

Ashnaf dalam bahasa arab berarti adalah orang-orang yang dianggap layak untuk menerima zakat. Yang berhak menerima zakat :

  • Fakir atau Al Fuqara
  • Miskin
  • Amil
  • Muallaf
  • Riqab
  • Gharimin
  • Fisabilillah
  • Ibnu sabil

Jadi seperti itulah maksud dari delapan orang yang termasuk golongan ashnaf, mereka adalah orang-orang yang harus dibantudengan diberikan zakat.

3. Sebutkan syarat-syarat muzakki!

Muzakki adalah istilah yang menunjuk pada orang-orang yang dikenai kewajiban untuk membayar zakat atas harta yang mereka miliki. Adapun syarat-syarat Muzakki ini antara lain adalah:

  • Islam
  • Berakal sehat
  • Baligh
  • Merdeka
  • Harta telah haul
  • Harta cukup atau mencapai nishab
  • Harta dimiliki dengan sempurna
  • Hidup berkecukupan atau bahkan kaya

4. Sebutkan hikmah zakat?

Hikmah zakat adalah membersihkan harta, menumbuhkan kasing sayang , mewujudkan kesejahteraan sosial dan mencegah kejahatan. Zakat adalah harta pribadi yang wajib dikeluarkan seorang muslim bila telah memenuhi syarat waktu dan jumlahnya. Yang mana zakat merupakan perintah ALLAH dan salah satu rukun islam.

5. Pak Rafli mempunyai tabungan deposito sebesar 150 juta rupiah. Berapakah zakat yang harus dikeluarkan setiap tahunnya?

Jumlah harta yang harus dikeluarkan untuk zakat oleh pak rafli adalah Rp. 3.750.000,00-,. Jumlah harta yang dikeluarkan oleh pak rafli teersebut sesuai dengan kadar zakat yang wajib dikeluarkan yaitu 2,5 %. Hal ini karena harta tabungan dopsito termasuk dalam zakatmal.

Perhitungan zakat yang wajib dikeluarkan oleh pak rafli
Diketahui : Kadar harta yang wajib dikeluarkan zakat adalah 2,5 % dari harta
Jumlah harta yang kena zakat : Rp. 150.000.000,00-,
Ditanya : Berapakah total harta yang wajib dikeluarkan zakat .?

Jawab :
Total harta yang wajib dikeluarkan zakat = total harta harta kena zakat x 2,5 %
= Rp. 150.000.000,00-, x 2,5 %
= Rp. 3.750.000,00-,

C. Tugas

  1. Lakukanlah wawancara dengan panitia zakat dilingkungan sekitarmu (minimal 3 orang dengan tempat berbeda). Tanyakanlah pengalamanpengalaman mereka dalam mengelola zakat!
  2. Salah satu teman sekelasmu tergolong mustahiq zakat. Dia merasa kecil hati karena dilahirkan dari keluarga miskin. Namun dia tergolong siswa yang pandai. Masalah yang ia hadapi adalah kesulitan biaya sekolah, buku, dan transportasi. Sebagai teman, apa yang bisa kamu lakukan untuk meringankan bebannya?
  3. Carilah di internet, koran, atau buku tentang kisah inspiratif seseorang yang rajin berzakat, infaq, dan sedekah. Kemudian tulislah nilai-nilai yang bisa diteladani dari kisah tersebut!

Secara garis besar, berikut ini jawaban yang bisa kami berikan :
  • Pada saat bulan ramadhan ada seseorang yang menzakatkan oramg yang sudah meninggal
  • Pada saat bulan ramadhan ada muzakki yang tak mau melafalkan niat
  • Panitia terkadang belum hafal tentang tata cara zakat

Silahkan teman-teman tambahkan sendiri jawabannya agar lebih lengkap penjelasannya.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77-80

Teman-teman dapat menyimpan soal-soal diatas dalam format dokumen PDF. Kami sudah menyediakan filenya berikut ini. Nantinya teman-teman dapat menyimpan atau mencetaknya, untuk kemudian dipelajari kembali. Karena mempelajari soal-soal latihan juga sangat efektif sekali. Nah silahkan teman-teman unduh filenya melalui link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 135kb

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, setiap siswa pasti berusaha untuk mencari jawaban yang tepat dan benar dalam menjawab soal-soalnya. Karena untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, sudah pasti harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 102 103 104

Kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat, namun kami selalu berusaha menyediakan jawaban terbaik yang kami ambil dari berbagai sumber. Dan kami selalu mengingatkan teman-teman untuk selalu mengecek jawaban dan memastikannya sendiri, sebelum disalin ke buku tugas.

Kalaupun ternyata nantinya masih teman-teman temukan jawaban yang kurang tepat, maka kami selalu menyarankan untuk mencari jawaban lain saja yang lebih tepat. Atau teman-teman dapat menyampaikannya kepada kami, agar kami dapat mengecek dan memastikan jawaban tersebut.

Dan manfaatkan juga jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah, sebagai persiapan untuk mengikuti berbagai kegiatan penilaian nantinya. Karena untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan penilaian, teman-teman harus memahami materinya.

Kami berharap kunci jawaban soal PAI kelas 9 halaman 77 78 79 80 ini bisa teman-teman manfaatkan dengan baik, bukan hanya untuk menyelesaikan tugas sekolah, namun juga bisa dimanfaatkan untuk bahan belajar di rumah nantinya. Dan semoga kunci jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam meraih nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 77 78 79 80 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa"