√ Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 205 206 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 205 206 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa

Dalam pelajaran IPA Anda akan mempelajari beberapa Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204, 205,206 Semester 1 seperti sistem gerak benda dan makhluk hidup, sistem rangka dan otot, serta sistem pencernaan manusia.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204-206

Ada beberapa lembar kerja yang berisi mengenai uji kompetensi dalam latihan bab 4 yang dapat diberikan oleh seluruh siswa. Para peserta didik nantinya tidak perlu khawatir lagi dengan adanya uji kompetensi.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak lupa dengan materi yang sudah dipelajari, selain itu para siswa bisa menyelesaikan masalah mengenai sistem pencernaan manusia dengan adanya soal latihan.

Kunci jawaban yang sudah ada dilengkapi dengan gambar dan penjelasan yang membuatnya semakin menarik. Dalam mengerjakan soal uji kompetensi tentang bab sistem pencernaan manusia ini akan memudahkan para siswa kelas 8.

Soal-soal tersebut biasanya terdiri dari 30 nomor yang biasanya diberikan dengan soal yang berbeda. Biasanya soal dari nomor 1 hingga nomor 20 termasuk soal pilihan ganda dan untuk uraian biasanya dari 1 sampai 10.

Para siswa sudah disediakan kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204, 205,206 Semester 1 agar lebih dipahami dan ada juga penjelasan dengan gambar. Hal ini akan membantu para siswa untuk menyelesaikan berbagai macam soal.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204-206 Semester 1

Pembahasan bab 4 ini, akan menjelaskan mengenai soal dan pembahasan yang ada di dalam materi sistem pencernaan manusia. Secara sengaja materinya difokuskan kepada bab sistem pencernaan manusia yang dibuktikan dengan adanya halaman 204, 205,206.

Lihat Juga :

Adanya soal-soal yang memang lebih banyak membahas mengenai sistem pencernaan manusia yang jauh lebih jelas. Dengan mempelajari kunci jawaban para peserta didik bisa lebih terstruktur dalam mengerjakannya.

Para siswa bisa mempelajari mengenai bab sistem pencernaan manusia, kembali seperti tujuan awal dari adanya jawaban ini. Dengan adanya tambahan latihan soal yang ada di halaman pastinya akan membuat pemahaman anda lebih jelas tentang materi yang ada. Materi sistem pencernaan manusia ini sudah disusun dan dipersiapkan dengan baik.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 205 206

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Pilihan Ganda
A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan ....
A. vitamin dan air
B. air dan mineral
C. protein dan mineral
D. karbohidrat dan protein
Jawaban : D

2. Ketika melakukan uji makanan dengan Biuret, tampak muncul warna ungu pada bahan makanan. Hal ini menunjukkan ....
A. makanan mengandung lemak
B. makanan mengandung protein
C. makanan mengandung cukup air
D. makanan tidak mengandung karbohidrat
Jawaban : D

3. Ketika Siti membeli makanan di warung, penjualnya membungkus dengan menggunakan kertas, ternyata pada kertas tampak noda yang membuat kertas jadi terlihat transparan. Hal ini dapat terjadi karena ....
A. karbohidrat dari makanan bereaksi dengan kertas
B. lemak dalam makanan tersebut mengubah sifat kertas
C. kertas tidak cocok untuk pembungkus makanan berprotein tinggi
D. makanan tersebut sudah kedaluwarsa karena mengubah sifat kertas
Jawaban : B

4. Seseorang yang hanya mengonsumsi nasi saja dalam menu makanannya menjadi tidak sehat, karena ....
A. dalam jumlah banyak, nasi akan merusak sistem pencernaan
B. nasi tidak mengandung cukup protein dan lemak untuk tubuh
C. nasi termasuk bahan yang tidak dapat dicerna dengan sempurna
D. nasi tidak mengandung cukup karbohidrat untuk aktivitas normal tubuh
Jawaban : B

5. Pada saat masa pertumbuhan sebaiknya seorang anak mendapat asupan bahan makanan yang banyak mengandung ....
A. lemak
B. protein
C. mineral
D. karbohidrat
Jawaban : B

6. Saat berpuasa kadar gula dalam darah menjadi rendah. Makanan yang paling cocok untuk segera memulihkan kondisi tubuh adalah ....
A. daging
B. putih telur
C. air gula
D. kuning telur
Jawaban : C

7. Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah ...
A. usus
B. mulut
C. lambung
D. kerongkongan
Jawaban : D

8. Organ pencernaan yang bersifat sangat asam, bertugas untuk membunuh bakteri dan mencerna protein adalah ....
A. mulut
B. lambung
C. usus halus
D. usus besar
Jawaban : D

9. Pencernaan pada tubuh manusia meliputi pencernaan ....
A. biologis dan kimiawi
B. mekanis dan kimiawi
C. mekanis dan biologis
D. kimiawi dan enzimatis
Jawaban : B

10. Proses pemecahan karbohidrat dalam tubuhmu terjadi pada ....
A. mulut dan lambung
B. mulut dan usus halus
C. lambung dan usus halus
D. usus halus dan usus besar
Jawaban : B

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut!

Jawaban :

  • Jika muncul warna ungu pada saat diuji Biuret berarti mengandung Protein, contoh makanannya adalah telur
  • Jika tidak ada perubahan pada saat diuji Lugol berarti tidak mengandung Amilum, contoh makanannya adalah tahu
  • Jika muncul warna Merah Bata pada saat diuji Benedict berarti mengandung Zat Gula, contoh makanannya adalah Donat

2. Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!

Berikut urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir
Mulut ==> kerongkongan ==> lambung ==> usus halus ==> usus besar ==> rektum ==> anus.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna berbeda-beda di antaranya adalah kandungan bahan makanan yang berbeda, perbedaan struktur organ pencernaan, ukuran panjang setiap organ berbeda, dan enzim yang dihasilkan pada tiap organ yang berbeda.

3. Makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut?

Pada manusia organ yang dapat membunuh bakteri adalah organ lambung, karena di lambung menghasilkan HCl. HCl merupakan asam yang dapat membunuh bakteri.

4. Apabila seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi?

Organ yang berperan ialah organ lambung karena pada daging ayam mengandung protein dan lambung menghasilkan enzim pepsin yang dapat mengubah protein menjadi proteosa. Usus halus, tripsinogen yang dihasilkan pankreas masuk ke usus halus. Tripsinogen mengubah protein menjadi polipeptida. Dinding usus halus menghasilkan enzim enterokinase yang mengubah tripsinogen menjadi tripsin.

5. Apa yang akan terjadi pada proses pencernaan makanan, jika pankreas tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan enzim-enzimnya ke dalam usus halus?

Jika pankreas tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan enzim-enzimnya ke dalam usus halus maka tidak akan terjadi pencernaan kimiawi oleh getah pankreas. Amilum tidak dicerna oleh Enzim Karbohidrase menjadi maltosa atau disakarida lainnya. Emulsi lemak tidak diubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh enzim lipase, protein tidak diubah menjadi polipeptida oleh tripsin, dan amilum tidak diubah menjadi maltosa oleh amilase.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204-206

Anda dapat mencari kunci jawaban melalui internet dan memperoleh materi tentang soal dan jawaban dari halaman 204, 205, 206 semester 1. Sebelumnya, Anda bisa langsung mengunjungi website yang menyediakan file uji kompetensi (Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia) dan mencari jawabannya dengan format pdf agar lebih mudah dan lancar.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 123kb

Anda dapat mengunduh file soal dan kunci jawaban yang ada di handphone atau komputer. Selain itu, Anda tidak harus menggunakan kuota yang banyak untuk bisa mendapat filenya.

Lihat Juga :

Dalam mengerjakan semua jenis soal yang berhubungan dengan bab 4 sistem pencernaan manusia, diharapkan bisa memudahkan para siswa dengan adanya penjelasan didalamnya. Soal sistem pencernaan manusia jauh lebih sulit untuk siswa yang tidak mau belajar jadi akan lebih sulit untuk menyelesaikannya.

Manfaat mempelajari kunci jawaban IPA yakni : dapat menemukan berbagai macam cara untuk memecahkan permasalah dan menjelaskan berbagai macam sistem pencernaan manusia. Selain itu, dapat mengembangkan ide-ide mengenai sistem pencernaan manusia isekitar dan merawat serta melerstarikan alam.

Anda juga bisa banyak belajar dengan adanya kunci jawaban IPA. Selain itu, Anda bisa mengrmbangkan berbagai macam idr dan memecehakan soal-soal yang ada di kunci jawaban.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 205 206 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa"