√ Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66 67 68 69 70 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66 67 68 69 70 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA Kelas 8 halaman 66 67 68 69 70 semester 1 - Di era perkembangan teknologi, proses belajar menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Dengan berbekal teknologi seperti hp android, kalian bisa menggunakan aplikasi atau download materi dengan cukup mudah. Khususnya, kalian bisa melakukan download materi dan kunci jawaban dari sebuah soal dengan cukup mudah.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66-70

Kemudahan mendownload soal test bisa dilakukan secara mudah. Cukup menggunakan hp android, kalian bisa memperoleh soal-soal ipa dengan mudah. Ipa menjadi mata pelajaran yang cukup diminati oleh banyak orang, karena kunci suksesnya pembelajaran adalah terletak pada rajinnya membaca. Jadi, kalian bisa memperoleh pengetahuan dari proses membaca dengan intensif.

Membaca merupakan aktifitas yang bisa menjadi alternatif seseorang menjadi lebih paham, khususnya ketika kalian belum memahami sesuatu. Mapel ipa menjadi kalian kuasai karena proses membaca yang mendalam. Disisi lain, ipa adalah mapel yang belum tentu bisa memberikan kalian nilai bagus. Dikarenakan, banyak sekali siswa yang lemah pada berfikir tentang ipa.

Sebagai seorang siswa yang ingin berprestasi, kalian perlu banyak membaca dan mendalami materi yang ada. Misalkan mapel ipa yang sering diujikan oleh sekolahan pada ulangan akhir semester. Dalam ujian, kalian bisa memilih mapel ini untuk menyumbangkan nilai terbaik. Terlebih lagi saat sekolah di SMA, kalian akan mendapatkan mapel ipa dengan beragam varian, ada biologi, fisika dan kimia.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66-70 Semester 1

Manfaat pembelajaran ipa bagi siswa yaitu mengajarkan mengenai makhluk hidup dalam lingkungan sekitar. Banyak sekali kalau kita jabarkan tentang berbagai macam makhluk hidup, ada manusia, hewan dan tumbuhan. Jika bicara spesifik tentang makhluk hidup, tentu akan semakin luas. Menjabarkan komponen yang ada pada manusia saja akan semakin kompleks.

Lihat Juga :

Misalnya, mengenai bagaimanakah manusia ini bernafas? Tentunya berbeda dengan makhluk yang lain. Manusia bernafas menggunakan hidung dan paru-paru. Berbeda jika kita bicara terkait dengan cara bernafas ikan, jawabannya akan berbeda karena ikan bernafas menggunakan ingsang. Sehingga meskipun di air, ikan bisa bernafas dengan baik.

Dalam ranah inilah, pembelajaran ipa mengajak manusia untuk berfikir filosofis. Tentunya ini akan menambah wawasan dan menumbuhkan kekuatan berfikir seseorang. Kalian akan di ajak berfikir ilmiah (rasional dan empiris) pada mapel ipa ini. Tentunya, kalian akan menjadi semakin dewasa dan menambah wawasan tentang makhluk hidup.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66 67 68 69 70

Kunci Jawaban Pilihan Ganda Halaman 66

1. B. tulang rusuk dan tulang tengkorak
2. C. otot bisep dan otot jantung
3. D. sendi engsel
4. D. higroskopis
5. D. merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan
6. C. (1), (3), dan (4)
7. A. 2,0
8. C. C – D
9. D. F2 dan F3 , karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling berlawanan
10. C. sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan

Kunci Jawaban Esai Halaman 69-70

1. Perhatikan gambar ketiga jenis otot manusia berikut ini.

Jelaskan nama masing-masing otot tersebut dan lokasinya dalam tubuh manusia, serta sebutkan satu (1) ciri yang nampak dari otot tersebut!

a) Nama otot: otot rangka,
lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak.
ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga otot ini disebut dengan otot lurik.

b) Nama otot: otot jantung,
lokasi otot: jantung.
ciri-ciri: memiliki garis-garis seperti otot rangka.

c) Nama otot: otot polos,
lokasi otot : organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll.)
ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong.

2. Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari?

Karena, pada pagi sinar matahari menghasilkan sinar Ultraviolet yang berguna untuk membantu tubuh dalam mengubah provitamin D yang terdapat pada jaringan kulit menjadi vitamin D yang diperlukan tubuh dalam proses pengerasan tulang.

3. Jelaskan perbedaan prinsip gerak yang dilakukan oleh burung, ikan, dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya!

Prinsip gerak pada burung
Prinsip gerak pada burung adalah dengan terbang menggunakan sayapnya, di mana otot sayap pada burung sangat kuat serta terbentuk dari rangka yang ringan yang sangat memudahkan burung ketika terbang.

Prinsip gerak pada ikan
Prinsip gerak pada ikan adalah berenang menggunakan sirip. Saat ikan bergerak dan berenang di dalam air, ikan tidak menemui hambatan karena otot-otot ikan memberi bentuk stream line dan dibantu sirip yang kuat dan lentur memudahkan untuk melakukan manuver di dalam air.

Prinsip gerak pada kuda
Prinsip gerak pada kuda adalah dengan cepat berlari. Kuda dapat dengan cepat berlari dikarenakan memiliki otot dan rangka yang kuat sehingga tidak menemui kendala ketika berlari dengan cepat di darat.

4. Perhatikan gambar grafik berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas,
a. Apa yang terjadi pada kecepatan mobil yang berada pada jarak di antara 2,6 km sampai 2,8 km?
b. Manakah dari gambar A, B, C, D, dan E berikut yang menunjukkan lintasan gerak mobil balap yang terekam pada grafik di atas?

a) Yang terjadi pada kecepatan mobil dengan jarak antara 2,6km - 2,8km tersebut adalah mengalami pertambahan kecepatan.
b) Gambar lintasan gerak mobil yang sesuai dengan grafik tersebut ditunjukkan pada Gambar E.

5. Seorang peloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara.
a. Berapakah besar gaya yang dikerjakan tanah (F´) terhadap peloncat? Apakah F´=w, F´>w, atau F´
b. Berapa pula besar F’ dibandingkan F? Apakah F´=F, F´>F, atau F´

Lebih besar dari w dan sama dengan F, karena peloncat harus mampu mengimbangi gaya beratnya namun gaya tekan pada tanah nilainya sama dengan gaya yang diberikan tanah kepada peloncat (gaya aksireaksi).
a. Besar gaya pada tanah (F') terhadap peloncat adalah F' > W
b. Jika dibandingkan Besar F' dengan F adalah F' = F

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66-70

Soal dan kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 66, 67, 68, 69, 70 semester 1 yang bisa kalian download ini berbentuk pdf, maka di hp kalian perlu di beri aplikasi yang support dengan format pdf. Agar saat mendownload kunci jawaban dalam format pdf ini bisa dibuka. Kalian yang hendak melakukan pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 165kb

Terlepas dari harapan agar seorang siswa memiliki pemikiran yang mendalam setelah berlajar ipa, mapel ini juga perlu kalian kuasai. Karena mapel ini sering diujikan dalam ujian sekolah atau ujian nasional. Sementara, sebagai siswa kelas 8, akan menunggul waktu untuk bisa mengikuti ujian akhir sekolah. Nah, mapel ipa ini harus kalian kuasai dengan baik.

Lihat Juga :

Untuk menguasai mapel ini, kalian perlu berlatih banyak soal khususnya tentang kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 66, 67, 68, 69, 70 semester 1 agar lebih mendalam memahami materi ipa yang bisa didownload dengan mudah. Kalian bisa mendownload uji kompetensi (bab 1 gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar) dengan hp android yang kalian miliki.

Belajar mendalami soal ipa, bisa kalian lakukan kapan saja. Kalian bisa berupaya secara mendalam, membaca buku referensi agar bisa berjalan dengan baik. Nilai dalam ujian sangat berpengaruh pada kenaikan kelas atau kelulusan, maka pembelajaran ipa ini sangat penting dikuasai. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 66 67 68 69 70 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa"