√ Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 115 116 Latihan 2.4 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 115 116 Latihan 2.4 Buku Siswa

Di pelajaran matematika terdapat banyak sekali keterangan yang menjelaskan tentang fungsi kuadrat. Adanya artikel tentang kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 115, 116 Semester 1 ini diharapkan mampu memudahkan para peserta didik dalam meningkatkan kemampuan dan juga minat belajar yang pasti.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 115-116

Secara garis besar, fungsi kuadrat ini sering diketahui sebagai persamaan dari suatu variabel yang memiliki pangkat tertinggi dua. Maka dari itu, tak heran jika fungsi yang satu ini saling berkaitan dengan persamaan kuadrat.

Di halaman ke 115 dan juga 116 ini, nantinya akan disediakan berbagai macam lembar kerja untuk melatih siswa agar mampu menentukan fungsi kuadrat. Di mana soal-soal yang bermunculan tersebut digambarkan ke dalam koordinat kartesius. Dengan begitu dapat diperoleh sebagai suatu grafik pada fungsi kuadrat.

Penjelasan jawaban yang ada di dalam materi ini diharapkan bisa memperjelas pemahaman yang ada pada soal di halaman 115,116 kelas 9 semester 1. Oleh karenanya, pastinya kunci jawaban akan sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi fungsi kuadrat.

Pada soal fungsi kuadrat yang dikerjakan terdapat pembahasan yang akan dijabarkan ke dalam beberapa gambar yang sudah tertera. Nantinya kunci jawaban tersebut akan menggunakan lebih banyak menggunakan gambar fungsi kuadrat di dalamnya.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 115-116

Pada dasarnya, soal yang ada di materi fungsi kuadrat tidak mempunyai cukup variasi. Atau dapat dikatakan bahwa pembahasan ini cenderung fokus ke dalam fungsi kuadrat saja. Maka dari itu, siswa pun mampu memahami dengan lebih mudah dengan kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 115, 116 Semester 1 ini.

Lihat Juga:

Selain itu, jangan salah jika nantinya materi ini kebanyakan hanya membahas tentang fungsi kuadrat saja. Apalagi semuanya akan terlihat lebih jelas karena telah dilengkapi dengan berbagai rumus yang telah dijabarkan di dalamnya.

Di sisi lain, jangan kaget juga jika dalam beberapa soal tersebut ada yang mempunyai kasus seperti soal cerita. Namun meskipun begitu penjabaran mengenai rumus fungsi kuadrat tersebut justru malah tidak sepenuhnya rumit lho!

Intinya, pembuatan kunci jawaban ini mempunyai tujuan agar para peserta didik mampu menentukan fungsi kuadrat. Selain itu, diharapkan juga para peserta didik nantinya akan langsung mempraktekkan materi tentang menentukan fungsi kuadrat tersebut dalam latihan soal-soal yang telah disajikan di dalam halaman ini.

Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 115 116

1. Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya melalui titik koordinat (–1, 1), (0, –4), dan (1, –5).

f(x) = 2x2 – 3x – 4

2. Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada titik koordinat (4, 0) dan (–3, 0) serta melalui titik koordinat (2, –10).

f(x) = x2 –x – 12

3. Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada koordinat (–2, 0) dan memiliki titik puncak pada koordinat (2, –16).

f(x) = x2 – 4x – 12.

4. Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-y pada koordinat (0, 4), melalui titik koordinat (–1, –1) dan memiliki sumbu simetri x = 2.

f(x) = -x2+ 4x + 4.

5. Tantangan. Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya melalui (12, 0), (0, 3), dan (0, –2).

Tidak ada fungsi kuadrat yang memenuhi, karena tidak mungkin fungsi kuadrat memotong sumbu-y dua kali.

6. Untuk suatu bilangan bulat p, tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya melalui titik koordinat (p, 0) dan (–p, 0), dan (0, p).

f(x) = (–1/p)x2 + p

7. Tentukan semua titik potong grafik fungsi linear y = x – 1 dengan fungsi kuadrat y = x2 – 5x + 4.

Titik potong = (1, 0) dan (5, 4)

8. Tentukan semua titik potong grafik fungsi kuadraty = x2 – 6x + 4 dengan fungsi kuadrat y = x2 – 8x.

Titik potong = (–2, 20)

9. Tantangan. Tentukan nilai a dan b agar grafik fungsi linear y = ax + b memotong grafik fungsi kuadraty = x2 – 4x + 2tepat pada satu titik koordinat yakni (3, –1). (Kalau diperlukan dapat menggunakan grafik).

10. Dari fungsi kuadraty = 2x2 – 12x + 16akan dibuat suatu segitiga. Titik-titik sudut segitiga tersebut merupakan titik potong sumbu-x dan titik puncak. Tentukan luas segitiga tersebut.

2x2 – 12x + 16 = 2(x2 – 6x + 8)
= 2(x – 2)(x – 4)
Maka diperoleth titik potong sumbu-x pada koordinat (2,0) dan (4,0).

x = -b/2a = 12/4 = 3.
y = (b²-4ac)/-4a
= {(-12)² - 4.2.16}/-4.2
= (144 - 128)/-8
= -2
Maka diperoleh titik puncaknya adalah (3,-2).

Dari koordinat-koordinat titik potong dan titik puncak maka diperoleh, sisi segitiga = 2 satuan dan tinggi = 2 satuan.
Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi
= 1/2 x 2 x 2
= 2 satuan
Jadi, luas segitiga tersebut adalah 2 Satuan.

Download Soal dan Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 115-116

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan materi yang di dalamnya termasuk soal dan juga kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 115, 116 Semester 1 ini maka Anda bisa mencarinya di website dengan mengetikkan kata kuncinya disertai format pdf.

Tentunya hal ini mampu mempermudah Anda ketika akan mengunduh materi tersebut. Selain itu, akan ada banyak sekali pilihan soal yang bisa Anda unduh ke dalam format tersebut bukan?

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 139kb

Adanya pembuatan kunci jawaban atau pembahasan ini pun juga mampu membantu memperjelas para peserta didik dalam mengerjakan seluruh soal-soal yang berkaitan dengan materi fungsi kuadrat ini.

Lihat Juga:

Oleh karenanya, dengan adanya kunci jawaban materi yang merangkum soal-soal pada latihan 2.4 tentang menentukan fungsi kuadrat ini para peserta didik pun mampu mengerjakan soal lainnya yang lebih rumit.

Di samping itu, tujuan pembuatan kunci jawaban pada soal matematika di halaman 115 dan juga 116 ini mampu meemberikan secara detail dan langkah demi langkah agar mampu dipahami oleh para peserta didik nantinya. Apabila mereka kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut, maka mereka pun tinggal mengulangi lagi langkah yang ada di bagian awal pada kunci jawaban tadi.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 115 116 Latihan 2.4 Buku Siswa"