√ Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148 149 150 Buku Siswa Kurikulum 2013 - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148 149 150 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 148 149 150 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini sebagai alternatif bagi teman-teman siswa yang belum bisa menjawab sendiri soal-soal pada tugas sekolah, dengan begitu tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148 149 150

Kami menyadari jika kunci jawaban seperti ini masih cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa, sebagai alternatif untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Dengan adanya alternatif jawaban ini, teman-teman siswa yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah akan terbantu.

Seperti yang teman-teman tahu, jika pelajaran Bahasa Indonesia ini menjadi salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah. Pada setiap akhir kegiatan belajar, biasanya guru akan memberikan tugas berupa soal-soal latihan.

Dan kebanyakan soal-soal yang diberikan bersumber dari buku pelajaran. Maka dari itu, kami menyediakan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 ini untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148-150

Namun demikian, bukan berarti jawaban yang kami sediakan ini semuanya benar dan tepat. Kami tidak bisa menjamin hal tersebut, karena mungkin saja masih ada jawaban yang keliru. Oleh karena itu, kami selalu berpesan dan mengingatkan teman-teman untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, pastikan untuk mengecek jawabannya sebelum disalin ke buku tugas.

Bisa mendapatkan nilai yang tinggi dan bagus dari tugas-tugas sekolah tentu menjadi sebuah prestasi yang yang baik bagi siswa. Karena nilai dari tugas-tugas sekolah juga akan diperhitungkan oleh guru untuk menentukan nilai akhir di raport semester nantinya.

Maka dari itu, kerjakan dengan sungguh-sungguh semua tugas yang guru berikan. Nah berikut ini adalah jawaban yang telah kami siapkan, silahkan dilihat dan digunakan dengan bijak.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148

Tugas 2

  • Bacalah pola pengembangan teks laporan hasil observasi pada kotak info di atas!
  • Telaalah teks Terumbu Karang berikut dan tentukan bagian mana yang belum ada!
  • Daftarlah informasi apa saja yang akan kamu cari!
  • Cari informasi yang relevan pada ensiklopedi atau internet atau buku pengetahuan yang relevan!

Pembahasan:

1. Bacalah pola pengembangan teks laporan observasi pada kontak info di atas (pada halaman 145)
2. Telaahlah teks terumbu karang berikut dan tentukan bagian mana yang belum ada. ⇒ Bagian yang belum ada adalah jenis terumbu karang dari segi tempat tumbuh
3. Daftarlah informasi apa sama yang akan kamu cari yaitu:

  • Manfaat terumbu karang secara ekologi maupun ekonomi
  • Pengelompokkan terumbuu karangberdasarkan tempat tumbuh

4. Cari informasi yang relevan pada ensiklopedia atau internet atau buku pengetahuan yang relevan.

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Manfaat terumbu karang secara ekologi adalah sebagai penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. Serta sebagai pelindung pasir dan pesisir dari abrasi, dan mengurangi pemanasan global dengan mengubah CO2 menjadi zat kapur yang bahan baku terumbu.

Terumbu karang dikelompokkan berdasarkan tempat tumbuh. Berdasarkan letak tumbuh terdapat jenis terumbu karang tepi dan karang penghalang. Terumbu karang tepi adalah jenis terumbu karang paling sederhana dan paling banyak ditemui di pinggir pantai yang terletak di daerah tropis dan berkembang di mayoritas pesisir pantai. Perkembangannya bisa mencapai kedalaman 40 meter dengan pertumbuhan ke atas dan ke arah luar menuju laut lepas.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 149-150

d) Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf
Bacalah teks berikut! Carilah kalimat yang tidak padu pada tiap paragraf!

Manakah paragraf yang tidak padu pada teks di atas! Jelaskan alasanmu!

1).Paragraf yang tidak padu terletak pada paragraf 1 kalimat ke 3 yaitu : "Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi".
Dari kalimat tersebut, dapat kita lihat bahwa kalimat tsb memiliki gabungan kata yang tidak padu yaitu " bersifat fatal bagi ".
Jika kalimat tersebut diubah / diperbaiki , maka akan menjadi kalimat seperti berikut . " Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi manusia".

2). Paragraf yang tidak padu terletak pada kalimat pertama paragraf ke 5 yaitu : "Memang lebah bermanfaat dalam berbagai bidang".
Seharusnya kalimat tersebut tidak menggunakan kata " memang " . Jika diperbaiki ,maka kalimat tersebut menjadi : " Lebah bermanfaat dalam berbagai bidang".

e) Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi

Carilah pada berbagai sumber penggunaan kalimat yang tidak tepat. Perbaikilah kalimat tersebut sesuai dengan kaidah penyusunan paragraf dan penyusunan kalimat efektif!

1) Mesin cetak ditemukan oleh Gutenberg yang lahir di tahun 1398
Perbaikan : Gutenberg (1398 - 1468) merupakan penemu mesin cetak.

2) Radio ditemukan pada tahun 1929 oleh guglielmo marconi.
Perbaikan : Guglielmo Marconi menemukan radio pada tahun 1929.

3) Marconi lahir di palazzo marescalchi, 25 april 1874
Perbaikan : Marconi lahir di Palazzo Marescalchi pada tanggal 25 April 1874.

Kami sudah menyediakan soal-soal dan jawaban diatas dalam file PDF. Kami maksudkan agar teman-teman dapat menyimpannya pada ponsel atau dicetak untuk kemudian dipelajari kembali sebagai bekal dalam mengikuti berbagai kegiatan penilaian sekolah. Berikut ini silahkan diunduh pada link yang telah kami sediakan.

file-extension.pdf 250kb

Kami menyadari jika kunci jawaban seperti ini akan sangat membantu dalam menjawab soal-soal yang teman-teman siswa anggap sulit karena jawaban belum ditemukan. Dengan begitu semua soal bisa diselesaikan dan tugas sekolah dapat dikumpulkan kepada guru.

Lihat Juga :

Semua siswa pasti berharap bisa mendapatkan nilai yang maksimal dari tugas yang mereka kerjakan. Kami tidak menjamin, akan tetapi kami cukup yakin jika nantinya kunci jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai tersebut.

Tak lupa kami juga ingin mengingatkan kepada semua teman-teman siswa, agar memanfaatkan soal-soal latihan yang telah dilengkapi kunci jawaban seperti ini, untuk bahan belajar di rumah. Karena masih banyak kegiatan lainnya yang perlu temna-teman ikuti, seperti kegiatan penilaian.

Nah itulah postingan kami untuk kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 148 149 150. Semoga apa yang teman-teman harapkan dapat terwujud dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148 149 150 Buku Siswa Kurikulum 2013"