Soal Ujian UT Manajemen EKMA4413 Riset Operasi Dilengkapi Kunci Jawaban

Loading...
Soal UT Manajemen EKMA4413 Riset Operasi disertai dengan kunc jawaban kami bagikan untuk teman-teman UT yang tak lama lagi akan mengikuti Ujian Akhir Semester. Pada artikel yang lalu kamipun telah berbagi Soal UT Manajemen Semester 4 yaitu Soal Ujian UT Manajemen EKMA4216 Manajemen Pemasaran yang juga bisa teman-teman lihat.

Kita tahu bahwa kegiatan UAS tak lama lagi akan dimulai, sudah menjadi keharusan Mahasiswa untuk belajar, ini bertujuan untuk mendalami materi dan mempersiapkan diri mengikuti UAS nantinya. Untuk mendapatkan nilai yang bagus memang perlu persiapan yang matang, agar nantinya bisa menjawab setiap soal yang ada.

Nah salah satu solusi Anda dalam belajar ialah dengan mempelajari Soal UT yang kami bagikan ini. Dengan mempelajari soal-soal seperti ini akan jauh lebih efektif ketimbang Anda membaca keseluruhan materi pada modul kuliah Anda.

Perhatian: Kami mengacu pada struktur kurikulum terbaru, jadi kemungkinan di setiap semesternya ada mata kuliah yang berbeda. Struktur kurikulum ini berlaku bagi yang melakukan registrasi mulai 2016/2017.2 (2017.1) dan seterusnya. Jika Anda Mahasiswa yang melakukan registrasi di bawah masa registrasi yang dimaksud, Anda bisa melihat keseluruhan mata kuliah pada artikel kami Soal Ujian UT Manajemen, silahkan cari soal-soal yang Anda perlukan.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 4 Lainnya:

Dan tak jarang Soal UT Manajemen yang kami bagikan ini akan keluar nantinya pada saat UAS. Ini tentunya sudah dibuktikan oleh teman-teman UT sebelumnya, tak jarang dari mereka berhasil mendapatkan nilai yang bagus.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4413 Riset Operasi

Soal UT Manajemen Riset Operasi

Soal Manajemen ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya, dan untuk menyimpan soal-soal ini kami telah menyiapkan filenya dalam bentuk dokumen pdf yang bisa Anda unduh pada akhir artikel.

Soal UT Manajemen EKMA4413 dilengkapi Kunci Jawaban

1.  Pemilihan alternatif dalam proses pengambilan keputusan adalah....       
A.  menganalisis data yang terkumpul agar bisa diketahui pemecahannya
B.  melakukan penelitian pendahuluan untuk mengetahui masalah yang timbul
C.  melaksanakan alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah yang timbul
D.  memilih salah satu alternatif-alternatif yang paling cocok untuk mengatasi masalah
Jawab:
D.  Benar, Pemilihan alternatif dalam proses pengambilan keputusan adalah memilih salah satu alternatif-alternatif yang paling cocok untuk mengatasi masalah

2.  Dalam mengitung probabilitas dengan pendekatan teoritik mempunyai keunggulan karena....       
A.  menghasilkan probabilitas dengan tepat kalau pengumpulan datanya akurat
B.  menghasilkan probabilitas dengan tepat kalau populasi yang digunakan semakin sedikit
C.  menghasilkan probabilitas dengan tepat kalau penelitian dan pengolahan datanya teliti
D.  menghasilkan probabilitas dengan tepat kalau sampel yang digunakan semakin banyak
Jawab:
C.  Benar, Pendekatan teoritik mempunyai keunggulan karena menghasilkan probabilitas dengan tepat kalau penelitian dan pengolahan datanya teliti

3. Suatu kecamatan terdapat 8.000 orang penduduk dewasa. Probabilitas seorang penduduk memiliki bibit penyakit malaria = 0,001. Berapa probabilitas terjadi 5 orang penduduk yang memiliki bibit penyakit malaria?     
A.  0,0816
B.  0,0916
C.  0,8160
D.  0.9160
Jawab:
B.  Benar



4.  Suatu perusahaan akan meningkatkan volume penjualan dengan melakukan promosi berikut



Dengan menggunakan pengukuran relatif maka promosi yang memberikan keuntungan paling besar, yaitu....
A.  advertensi
B.  potongan harga
C.  undian berhadiah
D.  personel selling
Jawab:
B.  Benar



5.  Dalam pengendalian persediaan, yang dimaksud dengan biaya pemeliharaan barang adalah….     
A.  biaya yang dikeluarkan setiap kali perusahaan melakukan pemesanan barang
B.  biaya yang dikeluarkan perusahaan karena melakukan penyimpanan barang
C.  biaya yang dikeluarkan perusahaan karena melakukan pembelian barang
D.  biaya yang dikeluarkan setiap kali perusahaan melakukan pengiriman barang
Jawab:
B.  Benar, Biaya pemeliharaan barang adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan melakukan penyimpanan barang. Besarnya biaya ini tergantung pada banyaknya barang yang disimpan serta lamanya waktu penyimpanan. Contoh dari biaya ini adalah biaya asuransi, sewa gedung yang didasarkan pada volume atau berat dan lama penyimpanan, penyusutan/berkurangnya barang yang disimpan (apabila persentase susutnya tergantung pada lamanya penyimpanan)

6.  Sebuah toko sepatu setiap tahun diperkirakan bisa menjual 18.000 sepatu. Biaya pemeliharaan sepatu itu dalam penyimpanan Rp 400 per tahun dan biaya pesan setiap kali pembelian Rp 25.000. Berapakah jumlah pembelian yang paling ekonomis?     
A.  1350
B.  1400
C.  1450
D.  1500
Jawab:
D.  Benar

7.  Sebuah toko sepatu setiap tahun diperkirakan bisa menjual 18.000 sepatu. Biaya pemeliharaan sepatu itu dalam penyimpanan Rp 400 per tahun dan biaya pesan setiap kali pembelian Rp 25.000. Berapa lamakah jangka waktu antara pesanan satu dengan pesanan berikutnya agar pemesanan ekonomis?     
A.  25 hari
B.  30 hari
C.  35 hari
D.  40 hari
<b>Jawab:</b>
B.  Benar



8.  Dalam pengendalian persediaan, cara menentukan besarnya safety stock adalah….       
A.  tergantung keadaan permintaan dan penawaran barang
B.  tergantung kebijakan manajemen masing-masing perusahaan
C.  tegantung harga dan ketersediaan barang di pasar
D.  tergantung keinginan pimpinan masing-masing perusahaan
Jawab:
B.  Benar, Cara menentukan besarnya safety stock adalah tergantung kebijakan manajemen masing-masing perusahaan

9.  Dalam riset operasi, pengertian linear programming secara luas adalah….     
A.  suatu cara alokasi sumber daya yang tak terbatas jumlahnya secara maksimal untuk melaksanakan berbagai aktivitas yang memerlukan sumber daya tersebut
B.  suatu cara alokasi sumber daya yang tak terbatas jumlahnya secara optimal untuk melaksanakan berbagai aktivitas yang memerlukan sumber daya tersebut
C.  suatu cara alokasi sumber daya yang terbatas jumlahnya secara maksimal untuk melaksanakan berbagai aktivitas yang memerlukan sumber daya tersebut
D.  suatu cara alokasi sumber daya yang terbatas jumlahnya secara optimal untuk melaksanakan berbagai aktivitas yang memerlukan sumber daya tersebut
Jawab:
D.  Benar, Pengertian linear programming secara luas adalah suatu cara alokasi sumber daya yang terbatas jumlahnya secara optimal untuk melaksanakan berbagai aktivitas yang memerlukan sumber daya tersebut

10. Suatu perusahaan menghasilkan 2 macam produk yaitu X dan Y. Setiap unit produk X memerlukan bahan baku A = 3 kg dan bahan baku B = 3 kg. Setiap unit produk Y memerlukan bahan baku A = 4 kg dan bahan baku B = 2 kg. Jumlah bahan baku A yang bisa disediakan perusahaan sebanyak 9.000 kg dan bahan baku B sebanyak 6.000 kg. Sumbangan terhadap laba setiap unit produk X Rp 2.000 dan setiap unit produk Y Rp 1.000. Formulasi fungsi tujuan model linear programming tersebut….     
A.  Z = X + 2Y
B.  Z = 2X + Y
C.  Z = 3X + Y
D.  Z = 4X + 2Y
Jawab:
B.  Benar, Untuk kasus di atas tujuannya adalah memaksimumkan seluruh nilai sumbangan terhadap laba, setiap unit produk X dan produk Y masing-masing sebesar Rp 2.000 dan Rp 1.000, maka fungsi tujuan (dalam ribuan) sebagai berikut.
Maksimumkan Z = 2X + Y

11. Suatu perusahaan menghasilkan 2 macam produk yaitu X dan Y. Setiap unit produk X memerlukan bahan baku A = 3 kg dan bahan baku B = 3 kg. Setiap unit produk Y memerlukan bahan baku A = 4 kg dan bahan baku B = 2 kg. Jumlah bahan baku A yang bisa disediakan perusahaan sebanyak 9.000 kg dan bahan baku B sebanyak 6.000 kg. Sumbangan terhadap laba setiap unit produk X Rp 2.000 dan setiap unit produk Y Rp 1.000. Tentukan batasan fungsional untuk bahan baku A dan bahan baku B….     
A.  4X + 3Y = 9.000 dan 2X + 3Y = 6.000
B.  4X + 3Y = 6.000 dan 2X + 3Y = 9.000
C.  3X + 4Y = 9.000 dan 3X + 2Y = 6.000
D.  3X + 4Y = 6.000 dan 3X + 2Y = 9.000
Jawab:
C.  Benar, Kasus di atas memiliki dua batasan, yaitu bahan baku A dan bahan baku B. Bahan baku A dibutuhkan oleh setiap unit produk X sebanyak 3 kg dan oleh setiap unit produk Y sebesar 4 kg. Jadi banyaknya kebutuhan setiap unit produk X akan bahan baku A (3 kg) ini dikalikan dengan jumlah produk X yang dihasilkan (X) ditambahkan dengan kebutuhan produk Y akan bahan baku A (4 kg) dikalikan dengan jumlah produk Y yang dihasilkan (Y) merupakan kebutuhan bahan baku A untuk berproduksi. Ini tidak boleh melebihi 9.000 kg sehingga formulasi batasan bahan baku A ini sebagai berikut.
3X + 4Y = 9.000
Demikian pula untuk bahan baku B, dengan logika yang sama dapat disusun persamaan sebagai berikut.
3X + 2Y = 6.000

12.



A.  (0 ; 2.250)
B.  (2.000 ; 0)
C.  (1.000 ; 1.500)
D.  (1.500 ; 1.000)
Jawab:
B.  Benar



13. Dalam linear programming metode grafik, suatu masalah yang memiliki pemecahan optimal lebih dari satu titik apabila….       
A.  gambar fungsi tujuan sejajar dengan salah satu fungsi batasan yang dilalui oleh garis fungsi tujuan kalau digeser sejajar
B.  gambar fungsi tujuan tidak sejajar dengan fungsi batasan yang dilalui oleh garis fungsi tujuan kalau digeser
C.  gambar fungsi tujuan melalui titik potong dua fungsi batasan yang dilalui oleh garis fungsi tujuan kalau digeser
D.  gambar fungsi tujuan sejajar dengan salah satu fungsi batasan yang dilalui oleh garis fungsi tujuan diluar daerah feasible
Jawab:
A.  Benar, Suatu masalah yang memiliki pemecahan optimal lebih dari satu titik apabila gambar fungsi tujuan sejajar dengan salah satu fungsi batasan yang dilalui oleh garis fungsi tujuan kalau digeser sejajar

14. Dalam linear programming metode simpleks, maksimumkan fungsi tujuan Z = 2X1 + X2 diubah menjadi fungsi bertanda sama dengan (=) adalah….       
A.  Z – 2X1 + X2 = 0
B.  Z + 2X1 – X2 = 0
C.  Z + 2X1 + X2 = 0
D.  Z – 2X1 – X2 = 0
Jawab:
D.  Benar, Fungsi tujuan diubah sedemikian rupa sehingga semua variabel yang belum diketahui nilainya berada di sebelah kiri tanda sama dengan (=),
Maksimumkan   Z = 2X1 +  X2 diubah menjadi
Maksimumkan   Z – 2X1 – X2 = 0

15.



A.  3X1 + 4X2 + S1 = 9.000 dan 3X1 + 2X2 – S2 = 6.000
B.  3X1 + 4X2 – S1 = 9.000 dan 3X1 + 2X2 + S2 = 6.000
C.  3X1 + 4X2 – S1 = 9.000 dan 3X1 + 2X2 – S2 = 6.000
D.  3X1 + 4X2 + S1 = 9.000 dan 3X1 + 2X2 + S2 = 6.000
Jawab:
D.  Benar



16.



A.  S1
B.  S2
C.  X1
D.  X2
Jawab:
C.  Benar, Untuk menentukan kolom kunci, pilih kolom pada baris Z yang mempunyai nilai negatif terkecil (yang paling negatif). Ternyata nilainya pada kolom X1 sebesar -2, maka kolom kunci adalah X1

17.



A.  S2
B.  S1
C.  S1 dan S2
D.  Z
Jawab:
A.  Benar, Untuk menentukan baris kunci terlebih dahulu mencari indeks tiap-tiap baris dengan cara sebagai berikut.
Indeks baris = nilai pada kolom NK                          nilai pada kolom kunci
Pada baris batasan pertama nilai pada kolom NK sebesar 9.000 dan nilai pada kolom kunci = 3 sehingga indeksnya 9.000/3 = 3.000
Baris batasan kedua nilai pada kolom NK sebesar 6.000 dan nilai pada kolom kunci = 3 sehingga indeksnya 6.000/3 = 2.000
Baris kunci adalah baris yang mempunyai indeks positif terkecil yaitu baris batasan kedua (S2)

18. Dalam linear programming metode simpleks bila batasan dengan tanda lebih besar atau sama dengan (=) maka solusi pemecahannya adalah….     
A.  diberi slack variable yang bertanda negatif (-S)
B.  diberi slack variable yang bertanda positif (+S)
C.  diberi artificial variable yang bertanda negatif (-R)
D.  diberi artificial variable yang bertanda positif (+R)
Jawab:
A.  Benar, Bila batasan dengan tanda lebih besar atau sama dengan (=) maka solusi pemecahannya adalah diberi slack variable yang bertanda negatif (-S)

19.



A.  580.000.000
B.  590.000.000
C.  600.000.000
D.  610.000.000
Jawab:
A. Benar



20.



A.  330.000.000
B.  350.000.000
C.  370.000.000
D.  390.000.000
Jawab:
D.  Benar



21. Bila ada masalah dan penyimpangan alokasi hasil produksi, jumlah kebutuhan melebihi kapasitas berarti….     
A.  jumlah dari baris paling bawah melebihi jumlah baris paling atas
B.  jumlah dari baris paling bawah melebihi jumlah kolom paling bawah
C.  jumlah dari kolom paling kanan melebihi jumlah baris paling atas
D.  jumlah dari kolom paling kanan melebihi jumlah baris paling bawah
Jawab:
D.  Benar, Bila jumlah kebutuhan melebihi kapasitas berarti jumlah dari kolom paling kanan melebihi jumlah baris paling bawah

22.



A.  I = 37 ; II = 0 ; III = 14 ; IV = 42
B.  I = 0 ; II = 14 ; III = 33 ; IV = 21
C.  I = 33 ; II = 19 ; III = 0 ; IV = 12
D.  I = 32 ; II = 22 ; III = 12 ; IV = 0
Jawab:
C.  Benar, Tabel penugasan di atas diubah menjadi opportunity cost matrix dengan cara yaitu nilai tiap-tiap baris dikurangi nilai terkecil dari baris itu.
Untuk baris A, nilai biaya terkecil 16 maka semua nilai baris itu dikurangi 16. Kolom I mula-mula berniali 49 menjadi 33, kolom II yang mula-mula 35 menjadi 19, kolom III dan IV masing-masing menjadi 0 dan 12

23.



A.  I = 37 ; II = 0 ; III = 14 ; IV = 42
B.  I = 0 ; II = 14 ; III = 33 ; IV = 21
C.  I = 33 ; II = 19 ; III = 0 ; IV = 12
D.  I = 32 ; II = 22 ; III = 12 ; IV = 0
Jawab:
B.  Benar, Tabel penugasan di atas diubah menjadi opportunity loss matrix dengan cara yaitu mengurangi nilai-nilai keuntungan pada tiap baris dengan nilai terbesar dari baris itu.
Untuk baris A, nilai keuntungan terbesar 49 maka semua nilai baris itu dikurangi 49. Kolom I mula-mula bernilai 49 menjadi 0, kolom II yang mula-mula 35 menjadi 14, kolom III dan IV masing-masing menjadi 33 dan 21

24. Dalam model-model antrian, yang dimaksud dengan disiplin antrian adalah….   
A.  aturan mengenai urutan pelayanan
B.  keseluruhan dari pelayanan yang diberikan kepada masukan
C.  sifat dari kedatangan masukan yang memerlukan pelayanan
D.  kumpulan dari masukan yang menunggu pelayanan
Jawab:
A.  Benar, Pengertian disiplin antrian adalah aturan mengenai urutan pelayanan

25. Dalam model-model antrian, yang dimaksud dengan distribusi kedatangan adalah….       
A.  distribusi kemampuan pelayanan bisa bersifat tidak pasti, atau mengikuti distribusi probabilitas, atau distribusi binomial
B.  distribusi kemampuan pelayanan bisa bersifat pasti, atau mengikuti distribusi poisson, atau distribusi erlang
C.  distribusi kedatangan masukan bisa bersifat tidak pasti, atau mengikuti distribusi probabilitas, atau distribusi binomial
D.  distribusi kedatangan masukan bisa bersifat pasti, atau mengikuti distribusi poisson, atau distribusi erlang
Jawab:
D.  Benar, Pengertian distribusi kedatangan adalah distribusi kedatangan masukan bisa bersifat pasti, atau mengikuti distribusi poisson, atau distribusi erlang

26. Untuk memudahkan penyusunan jaringan kerja harus memperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut….       
A.  dua buah kejadian (events) hanya bisa dihubungkan oleh satu anak panah (kegiatan) saja
B.  dua buah kejadian (events) bisa dihubungkan oleh lebih dari satu anak panah (kegiatan)
C.  satu anak panah (kegiatan) hanya bisa dihubungkan oleh satu buah kejadian (event) saja
D.  satu anak panah (kegiatan) bisa dihubungkan oleh lebih dari satu buah kejadian (event)
Jawab:
A.  Benar, Salah satu ketentuan dalam penyusunan jaringan kerja adalah dua buah kejadian (events) hanya bisa dihubungkan oleh satu anak panah (kegiatan) saja

27.  Suatu proyek memiliki kegiatan, seperti pada tabel berikut ini



Gambar jaringan kerjan proyek tersebut adalah….
A.


B.


C.


D.


Jawab:
B.  Benar, Gambar jaringan kerjan proyek tersebut adalah

28.



A.  A – B – D – F
B.  A – B – C – D – F
C.  A – C – D – F
D.  A – C – E – F
Jawab:
D.  Benar, Untuk menentukan jalur kritis hitung dulu panjang masing-masing jalur
Jalur A – B – D – F = 3 + 4 + 4 = 11 hari
Jalur A – B – C – D – F = 3 + 2 + 4 + 4 = 13 hari
Jalur A – C – D – F = 4 + 4 + 4 = 12 hari
Jalur A – C – E – F = 4 + 5 + 5 = 14 hari
Maka jalur kritis adalah A – C – E – F

29. Dalam analisis jaringan kerja pengertian waktu selesai paling lambat adalah…. 
A.  waktu yang paling lambat untuk memulai suatu kegiatan dalam keadaan normal tidak mengganggu kelancaran penyelesaian kegiatan yang lain
B.  waktu yang tercepat untuk bisa menyelesaikan kegiatan dalam keadaan normal dan tidak mengganggu kelancaran kegiatan yang lain
C.  waktu paling lambat untuk menyelesaikan suatu kegiatan secara normal dan dengan tidak mengganggu kelancaran kegiatan yang lain
D.  waktu tercepat untuk bisa memulai suatu kegiatan dalam keadaan normal dengan tidak mengganggu kelancaran penyelesaian kegiatan yang lain
Jawab:
C.  Benar, Pengertian waktu selesai paling lambat adalah waktu paling lambat untuk menyelesaikan suatu kegiatan secara normal dan dengan tidak mengganggu kelancaran kegiatan yang lain

30.



A.  strategi 1
B.  strategi 2
C.  strategi 3
D.  strategi 4
Jawab:
D.  Benar
Andaikata perusahaan B menempuh strategi 1
Kalau perusahaan A menempuh strategi 1 akan bisa merebut tambahan konsumen 2.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 2 akan bisa merebut tambahan konsumen 3.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 3 akan kehilangan konsumen 1.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 4 tidak bisa menarik konsumen baru

Andaikata perusahaan B menempuh strategi 2
Kalau perusahaan A menempuh strategi 1 tidak bisa menarik konsumen baru
Kalau perusahaan A menempuh strategi 2 akan bisa merebut tambahan konsumen 1.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 3 akan bisa merebut tambahan konsumen 3.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 4 akan bisa merebut tambahan konsumen 2.000 orang

Andaikata perusahaan B menempuh strategi 3
Kalau perusahaan A menempuh strategi 1 akan bisa merebut tambahan konsumen 3.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 2 akan kehilangan konsumen 2.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 3 tidak bisa menarik konsumen baru
Kalau perusahaan A menempuh strategi 4 akan bisa merebut tambahan konsumen 1.000 orang

Andaikata perusahaan B menempuh strategi 4
Kalau perusahaan A menempuh strategi 1 akan kehilangan konsumen 1.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 2 tidak bisa menarik konsumen baru
Kalau perusahaan A menempuh strategi 3 akan bisa merebut tambahan konsumen 1.000 orang
Kalau perusahaan A menempuh strategi 4 akan kehilangan konsumen 2.000 orang

Untuk perusahaan A ternyata strategi 4 didominasi oleh strategi 1, artinya dalam keadaan bagaimanapun (perusahaan B menempuh strategi 1, 2, 3 dan 4) hasil yang diperoleh oleh strategi 1 perusahaan A (2.000, 0, 3.000 atau -1.000) akan lebih baik dari strategi 4 (hanya 0, 2.000, 1.000 atau -2.000). Dengan demikian strategi 4 dihilangkan dari perusahaan A sehingga perusahaan A hanya memiliki 3 strategi.

Download Soal UT Manajemen Riset Operasi

Soal-soal di atas tidak bisa di copy paste, namun kami telah menyiapkan soal-soal di atas ke dalam file dokumen pdf yang bisa Anda unduh langsung melalui link berikut ini.


Sekian postingan yang bisa kami sampaikan untuk teman-teman terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4413 Riset Operasi dilengkapi Kunci Jawaban. Belajarlah yang giat di rumah agar nantinya Anda bisa lulus dengan nilai yang bagus. Jika Anda memiliki pertanyaan atau mau reques soal-soal lainnya, silahkan hubungi kami melalui form Contact, terima kasih.
Loading...