Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4215 Manajemen Operasi dan Kunci Jawaban

Soal UT Akuntansi EKMA4215 Manajemen Operasi disertai dengan kunci jawabannya kami bagikan untuk teman-teman UT Akuntansi yang saat ini sedang menempuh pendidikanya di semester 3 dan tak lama lagi setelah kegiatan tutorial berakhir akan melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester atau UAS. Pada postingan kami sebelumnya kami telah banyak berbagi Soal UT Akuntansi Semester 2, terakhir yang kami share yaitu Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4112 Ilmu Alamiah Dasar yang bisa Anda pelajari jika memang mata kuliah tersebut Anda ulang si semester ini.

Seperti yang telah kami singgung di atas terkait UAS, ya kita tahu bersama bahwa setelah kegiatan tutorial berakhir, baik tutorial tatap muka maupun online, selanjutnya Mahasiswa akan menghadapai Ujian Akhir Semester atau UAS. Yang biasanya UAS ini akan dilaksanakan seminggu setelah kegiatan tutorial berakhir. Disinilah kesempatan teman-teman belajar yang giat jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam UAS nantinya. Karena nilai UAS merupakan salah satu nilai yang sangat diperhitungkan dalam menentukan kelulusannya.

Perhatian: Perlu Anda perhatikan, bahwa disini kami mengacu atau berpatokan pada struktur kurikulum UT terbaru, jadi kemungkinan ada mata kuliah yang tidak sesuai dengan mata kuliah di masa registrasi sebelumnya. Jangan khawatir, Anda bisa melihat keseluruhan mata kuliah di artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi. Silahkan cari dan pelajari soal-soalnya.

Soal Ujian UT Akuntansi Semester 3 Lainnya:

Maka dari itu sangat penting sekali Mahasiswa membekali diri dengan materi-materi yang ada pada modul agar pada saat ujian nantinya tidak kebingungan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Dan dalam belajarpun haruslah punya strateginya, jangan sampai Anda menghabiskan banyak waktu untuk membaca materi pada satu modul saja, sementara modul yang lainnya Anda abaikan. Nah dengan mempelajari Soal UT yang kami bagikan ini kami berharap bisa menjadi solusi untuk Anda dalam belajar nantinya.

EKMA4215 Manajemen Operasi

Soal UT Akuntansi EKMA4215 Manajemen Operasi

Mempelajari Soal UT Akuntansi yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan seperti ini akan sangat efektif untuk Anda. Dan perlu Anda ketahui bahwa semua soal-soal ini bersumber dari situs resmi UT yang mana tentunya semua soal-soal ini merupakan soal-soal latihan. Jadi silahkan Anda pelajari dengan sungguh-sungguh soalnya.

Soal UT EKMA4215 Manajemen Operasi

1.  Produksi dilakukan dengan proses konversi dari input menjadi output. Produksi dapat diukur melalui....
A.  jam karyawan
B.  standar penggunaan bahan
C.  metode grafik
D.  peralatan
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, produksi dapat diukur melalui jam karyawan, khususnya karyawan langsung, yang melakukan proses konversi.

2.  Alat yang membantu perusahaan untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja langsung disebut....
A.  unit input
B.  unit output
C.  tabel penyelesaian kerja
D.  standar penggunaan bahan
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, tabel penyelesaian kerja sangat membantu perusahaan untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja langsung dan kebutuhan karyawan langsung dapat segera dihitung apabila rencana produksi telah ditetapkan.

3.  Bisnis yang dioperasikan dengan mencari kombinasi antara benefit bisnis skala global dengan benefit pertanggung jawab:
Jawaban lokal disebut....
A.  bisnis internasional
B.  bisnis multinational
C.  bisnis transnasional
D.  bisnis global
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena bisnis transnasional adalah bisnis yang dioperasikan dengan mencari kombinasi dari benefit bisnis skala global dengan benefit pertanggung Jawaban lokal.

4.  Salah satu metode untuk melihat perbandingan persepsi pelanggan terhadap produk yang berbeda secara visual adalah dengan menggunakan....
A.  peta perseptual
B.  kemasan produk
C.  service atau layanan
D.  kuantitas produk
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena dengan mengunakan peta perseptual kita akan dapat lebih mudah membaca keinginan pelanggan dan menterjemahkannya kepada produk yang akan dibuat.

5.  Ditemukannya rumus abc untuk mencari akar persamaan kuadrat. Merupakan contoh dari penelitian....
A.  pasar
B.  terapan
C.  produk
D.  murni
Jawab:
D.  Jawaban anda benar,  karena penelitian murni adalah penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

6.  Pada machine life cycle (MLC), percobaan terhadap mesin dan peralatan produksi yang baru merupakan tahap....
A.  persiapan dan intalasi
B.  produksi percobaan
C.  produksi normal
D.  pemberhentian
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena tahap produksi percobaan merupakan percobaan terhadap mesin dan peralatan produksi yang baru.

7.  Mendukung kebijakan pemilihan wujud proses yang akan dilaksanakan dalam perusahaan merupakan sudut pandang proses dalam....
A.  manajemen proses
B.  penjadwalan proses
C.  nilai tambah proses
D.  aliran proses
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena Sudut pandang nilai tambah proses digunakan untuk mendukung kebijakan pemilihan wujud proses yang akan dilaksanakan dalam perusahaan.

8.  Pertambahan biaya variabel yang jumlahnya lebih besar dari pada pertambahan jumlah unit kegiatan disebut biaya variabel....
A.  progresif
B.  proporsional
C.  degresif
D.  tetap tunai
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karenA.  biaya variabel progresif adalah biaya variabel yang pertambahan jumlahnya lebih besar dari pada pertambahan jumlah unit kegiatan.

9.  Layout untuk perusahaan yang memproduksi produk dengan varian tinggi dan volume rendah sehingga Banyaknya varian produk mengakibatkan proses produksi yang dilaksanakan dalam perusahaan menjadi sangat beragam disebut dengan ....
A.  layout proses
B.  layout kantor
C.  layout produk
D.  layout layanan atau eceran
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena Layout proses atau dikenal dengan nama layout fungsional adalah layout untuk perusahaan yang memproduksi produk dengan varian tinggi dan volume rendah. Banyaknya varian produk mengakibatkan proses produksi yang dilaksanakan di dalam perusahaan menjadi sangat beragam.

10. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi berkaitan dengan keputusan lokal adalah....
A.  sumber tenaga
B.  perpajakan daerah
C.  tersedianya material
D.  tenaga kerja lokal
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena perpajakan daerah merupakan faktor yang perlu untuk dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi. Dalam hal ini perpajakan daerah sudah selayaknya dipertimbangkan karena pajak akan berpengaruh langsung terhadap laba bersih sesudah pajak bagi perusahaan yang bersangkutan.


11. Keputusan lokal dapat disusun analisisnya dengan membuat keputusan tapak. Hal yang layak untuk dipertimbangkan dalam keputusan tapak adalah....
A.  komunitas lingkungan
B.  regulasi lingkungan
C.  jaringan transportasi
D.  pemenuhan persyaratan teknis
Jawab:
D.  Jawaban anda benar, karena persyaratan teknis merupakan hal yang dipertimbangkan dalam keputusan tapak. Sebuah perusahaan yang beroperasi mempunyai berbagai macam persyaratan teknis yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh perusahaan. Apabila lokasi yang dipilih ternyata tidak mampu memenuhi persyaratan teknis yang diperlukan, maka lebih baik alternatif lokasi tersebut dihilangkan saja.

12. Maksimum output per periode dalam kondisi ideal disebut....
A.  luas perusahaan
B.  luas produksi
C.  kapasitas desain
D.  kapasitas efektif
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena kapasitas desain merupakan maksimum output per periode dalam kondisi ideal. Contonnya : sebuah kendaraan bermotor telah didesain untuk mempunyai konsumsi bahan bakar yang sedemikian hemat.

13. Perusahaan selalu menambah kapasitas sebelum permintaan naik melebihi kapasitas yang tersedia dalam perusahaan. Hal tersebut dalam strategi ekspansi disebut....
A.  demand leading strategy
B.  demand trailing strategy
C.  demand matching strategy
D.  steady expansion strategy
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena dengan menggunakan strategi ini perusahaan selalu menambah kapasitas sebelum permintaan naik melebihi kapasitas yang tersedia dalam perusahaan.

14. Berikut data penjualan perusahaan SEJAHTERA tahun 2008:



Apabila manajemen perusahaan menggunakan lima bulan rata-rata bergerak, berapa peramalan permintaan produk perusahaan pada akhir bulan juni 2008....
A.  1.990 unit
B.  1.350 unit
C.  1.860 unit
D.  1.230 unit
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena lima bulan rata-rata bergerak, maka peramalan permintaan pada akhir bulan juni 2008 ( 1.500 + 1.700 + 1.750 + 1.800 + 2.000) / 5 = 1.350 unit

15. Tabel berikut ini digunakan untuk menjawab soal no 15 dan 16!
Berikut persiapan perhitungan trend garis lurus perusahaan JAYA



Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa besarnya ?X adalah 0, dengan demikian maka besarnya nilai a dan b adalah....
A.  Y = 3.046,15 + 277,47 X
B.  Y = 39.600 + 50.500 X
C.  Y = 39.600 + 182 X
D.  Y = 50.500 + 182 X
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena nilai a adalah 39.600 / 13 = 3.046,15. nilai b adalah 50.500 / 182 = 277,47. sehingga persamaan trend garis lurus adalah Y= 3.046,15 + 277,47 X

16. Berdasarkan tabel pada soal no 15 berapakah peramalan untuk tahun 2010....
A.  2.306,45
B.  3.432,09
C.  4.988,44
D.  5.860,45
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena data pada tahun 2009 dengan indeks X = 6, maka untuk peramalan pada tahun 2010 maka indeks X = 7. sehingga di dapat dari hasil nilai a dan b yaitu Y = 3. 046,15 + 277,47 (7) = 4.988,44

17. Fitur dan karakteristik produk yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan serta cocok untuk digunakan dan mempunyai makna yang sangat luas disebut....
A.  kualitas
B.  kapasitas desain
C.  luas perusahaan
D.  luas produksi
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, kualitas adalah fitur dan karakteristik produk yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan serta cocok untuk digunakan dan mempunyai makna yang sangat luas. Segala macam fitur produk yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas.

18. Pengendalian kualitas produk dengan penekanan pengendalian kualitas yang cukup besar kepada proses produksi yang dilaksanakan merupakan pedekatan kualitas pada....
A.  proses
B.  bahan baku
C.  produk akhir
D.  perbaikan produk
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena pendekatan proses adalah pengendalian kualitas produk dengan penekanan pengendalian kualitas yang cukup besar kepada proses produksi yang dilaksanakan

19. Perkembangan manajemen kualitas mengalami evolusi. Pada tahap yang paling awal manajemen kualitas berada pada tahap....
A.  operator
B.  supervisor
C.  inspektur
D.  kualitas total
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena pada tahap yang paling awal sering disebut dengan tahap operator. Baik buruknya kualitas produk perusahaan sangat tergantung kepada operator yang mengerjakan atau terkait dengan proses pembuatan produk.

20. Persoalan yang timbul dalam manajemen kualitas apabila tidak diperhatikan dengan cermat maka akan terjadi kesulitan yang cukup mengganggu dalam perusahaan. Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk melihat permasalahan dan penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah....
A.  analisis distribusi pareto
B.  diagram tulang ikan
C.  biaya pencegahan
D.  biaya kualitas
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena salah satu alat yang di manfaatkan untuk melihat permasalahan dan penyebab terjadinya permasalahan adalah diagram tulang ikan. Dengan menggunakan diagram tulang ikan kita dapat mengurai berbagai penyebab yang mengakibatkan terjadinya produk gagal

21. Perusahaan akan membedakan pelayanan kepada para konsumen berbasis kepada masing-masing segmen pasar yang adA.  Hal tersebut merupakan strategi segmentasi pasar dalam....
A.  undifferentiated marketing
B.  differentiated marketing
C.  concntrated marketing
D.  rush order
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena dalam differentiated marketing perusahaan akan membedakan pelayanan kepada para konsumen berbasis kepada masing-masing segmen pasar yang ada.

22. Bahan utama yang digunakan sebagai input untuk proses produksi dinamakan....
A.  persediaan barang jadi
B.  barang setengah jadi
C.  bahan pembantu
D.  bahan baku
Jawab:
D.  Jawaban anda benar, karena bahan baku adalah bahan utama yang digunakan sebagai input untuk proses produksi. Karena namanya bahan baku utama, maka ketiadaan bahan baku akan mengakibatkan proses produksi menjadi terhenti.

23. Persediaan yang jumlah fisiknya tidak terlalu banyak tetapi nilai rupiahnya cukup tinggi dalam kelompok persediaan merupakan jenis....
A.  kelas A
B.  kelas B
C.  kelas C
D.  kelas D
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena persediaan kelas A adalah persediaan yang jumlah fisiknya tidak terlalu banyak atau boleh dikatakan sedikit saja, tetapi nilai rupiahnya cukup tinggi.

24. Biaya yang jumlahnya tergantung kepada jumlah unit bahan baku yang disimpan di dalam persediaan disebut biaya....
A.  order
B.  tetap persediaan
C.  penyimpanan
D.  pemesanan
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena biaya penyimpanan adalah biaya yang jumlahnya tergantung kepada jumlah unit bahan baku yang disimpan di dalam persediaan

25. Kebutuhan bahan baku selama satu periode (satu tahun) adalah 160.000 unit. Biaya bongkar ditetapkan sebesar Rp 3.000,00 per unit bahan. Jika perusahaan membeli dua kali dalam satu tahun, maka biaya bongkarnya adalah sebesar....
A.  Rp 210.000.000
B.  Rp 220.000.000
C.  Rp 230.000.000
D.  Rp 240.000.000
Jawab:
D.  Jawaban anda benar.
160.000 unit : 2 kali = 80.000 unit
80.000 unit x Rp 3.000 per unit bahan = Rp 240.000.000
Jadi biaya bongkar dua kali per tahun adalah sebesar Rp 240.000.000

26. Berikut biaya pemesanan dan biaya penyimpanan PT Wijaya:



Jumlah kebutuhan bahan baku selama satu periode sebagai berikut: ABC-234 sebesar 60.000 unit, ABC-578 sebesar 50.000 unit dan ABC-095 sebesar 40.000 unit. Dengan menggunakan perhitungan EOQ berapakah frekuensi pembelian untuk bahan baku ABC-234....
A.  10 kali
B.  20 kali
C.  30 kali
D.  40 kali
Jawab:
B.  Jawaban anda benar.
Bahan baku ABC – 234 adalah :
EOQ = v(2 x 30.000 x 60.000/400) = 3.000 unit
F = 60.000/3.000 = 20
Jadi frekuensi pembelian untuk bahan baku ABC – 234 adalah 20 kali

27. Pengurangan ragam proses produksi yang tidak memberikan nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen atau hanya memperbesar biaya produksi namun tidak mempunyai nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen disebut....
A.  afval
B.  jarak tempuh
C.  simplifikasi proses
D.  simplifikasi produk
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena simplifikasi proses adalah pengurangan ragam proses produksi yang tidak memberikan nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen atau hanya memperbesar biaya produksi namun tidak mempunyai nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen.


28. Menyusun penjadwalan proses produksi harian dalam jumlah yang kecil tetapi dalam jenis yang lebih banyak disebut....
A.  level schedules
B.  ordering cost
C.  push system
D.  pull system
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena level schedules digunakan untuk menyusun penjadwalan proses produksi harian dalam jumlah yang kecil tetapi dalam jenis yang lebih banyak

29. Pelayanan yang diberikan hanya satu tahap saja, tetapi penyelenggaraan pelayanan menyiapkan beberapa titik pelayanan. Hal tersebut merupakan fasilitas pelayanan....
A.  tahap tunggal jalur tunggal
B.  tahap ganda jalur tunggal
C.  tahap tunggal jalur ganda
D.  tahap ganda jalur ganda
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena pada tahap tunggal jalur ganda pelayanan yang diberikan hanya satu tahap saja, tetapi penyelenggaraan pelayanan menyiapkan beberapa titik pelayanan

30. Sebuah perusahaan membeli mesin foto copy sebesar Rp 30.000.000,00 per unit. Umur ekonomis mesin lima tahun sedangkan nilai residu sama dengan nol. Dengan demikian, berapakah besarnya biaya depresiasi per tahun....
A.  Rp 30.000.000,00
B.  Rp 40.000.000,00
C.  Rp 50.000.000,00
D.  Rp 60.000.000,00
Jawab:
D.  Jawaban anda benar
(Rp 30.000.000,00 – 0) dibagi 5 tahun = Rp 6.000.000 per tahun
Jadi besarnya depresiasi per tahun adalah Rp 6.000.000

31. Sistem pelayanan dengan prinsip bahwa pekerjaan pelayanan yang memerlukan waktu paling singkat akan dilayani pertama.hal tersebut merupakan sistem pelayanan jenis....
A.  first come first serve
B.  shortest processing time
C.  longest procesing time
D.   earliest due date
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena shortest processing time adalah sistem pelayanan dengan prinsip bahwa pekerjaan pelayanan yang memerlukan waktu paling singkat akan dilayani pertama.

32. CV. PUTRA yang mempunyai karyawan, tugas dan waktu penyelesaian tugas sebagai berikut.



Dengan melihat tabel diatas maka hasil pengurangan per baris pada baris K1 adalah....
A.  3,2,4
B.  4,6,8
C.  5,7,9
D.  6,6,0
Jawab:
A.  Jawaban anda benar, karena angka terkecil adalah 5 dan dengan demikian seluruh angka pada K1 dikurangi 5. sehingga hasil pengurangan per baris adalah 3,2 dan 4.

33. Setiap pekerjaan di dalam proyek akan di cari waktu yang berhubungan dengan masing-masing pekerjaan. Waktu yang paling akhir untuk bisa di mulainya sebuah pekerjaan di sebut....
A.  earliest start
B.  earliest finish
C.  latest start
D.  latest finish
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena latest start merupakan waktu yang paling akhir untuk bisa dimulainya sebuah pekerjaan. Waktu ini menunjukkan kapan suatu pekerjaan dalam proyek dapat dimulai seakhir mungkin tanpa menimbulkan gangguan bagi pekerjaan yang lain.

34. Berikut data proyek pengembangan produk



Berdasarkan data pada tabel diatas, berapakah waktu penyelesaian untuk pekerjaan B....
A.  1 hari
B.  2 hari
C.  3 hari
D.  4 hari
Jawab:
C.  Jawaban anda benar, karena untuk menghitung waktu penyelesaian dalam proyek pengembangan produk adalah W = (O + 4 S + P )/ 6 sehingga perhitungan untuk pekerjaan B adalah ( 2 + 4 x 3 + 4 ) /6 = 3
Jadi waktu penyelesaian pekerjaan B adalah 3 hari

35. Pada hari yang sama kemungkinan besar terdapat lebih dari satu pekerjaan yang dapat diselesaikan. Untuk melihat pekerjaan yang dikerjakan pada hari yang sama, dapat dilihat dengan menggunakan....
A.  slack time
B.  gantt chart
C.  demand matching strategy
D.  steady expansion strategy
Jawab:
B.  Jawaban anda benar, karena untuk melihat pekerjaan yang dikerjakan pada hari yang sama, dapat dilihat dengan menggunakan gantt chart. Melalui gantt chart proyek pengembangan produk dapat diketahui rencana penyelesaian pekerjaan dari masing-masing pekerjaan yang ada dalam proyek.

Download Soal UT Akuntansi EKMA4215 Manajemen Operasi

Soal-soal di atas tidak bisa di copy, namun untuk memudahkan Anda menyimpannya, kami telah menyiapkan semua soal-soal di atas ke dalam bentuk file dokumen pdf yang bisa Anda unduh langsung melalui link berikut ini.


Sekian artikel terkait Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4215 Manajemen Operasi dan Kunci Jawaban. Dengan adanya soal-soal Universitas Terbuka di atas, kami berharap bisa menjadi salah satu sumber belajar yang baik untuk teman-teman Mahasiswa, sehingga bisa menambah pemahaman dan dapat mempersiapkan diri mengikuti UAS yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Jangan lupa untuk saling berbagi, dan jika Ada memiliki pertanyaan, silahkan samapaikan pada kami melalui laman Contact, terima kasih.