√ Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4 7 8 11 12 13 15 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4 7 8 11 12 13 15 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 12 halaman 4, 7, 8, 11, 12, 13, 15 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini sebagai alternatif bagi teman-teman siswa, terutama untuk menjawab soal-soal sulit pada tugas sekolah.

Kita semua pasti setuju, jika dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, pasti akan mendapati soal-soal yang dianggap sulit, yang jawabannya tidak ditemukan pada buku pelajaran. Sehingga siswa harus mencari jawaban diluar buku pelajaran agar soal-soal tersebut bisa dijawab dan tugas sekolah dapat diselesaikan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4, 7, 8 - 11, 12, 13, 15

Kami mendapati jika akhir-akhir ini memang ada peningkatan data pencarian di internet untuk kunci jawaban soal-soal latihan pada buku pelajaran siswa. Kami sadar jika banyak siswa yang mencari alternatif jawaban tersebut untuk membantu mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Jika kita lihat, memang sekarang ini cukup banyak blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban, sehingga siswa sangat terbantu dalam mencari kunci jawaban untuk soal-soal pada tugas sekolah. Begitupun dengan kami. Kami mencoba menyediakan kunci jawaban yang sedang siswa butuhkan.

Dalam kesempatan ini, kami menyediakan kunci jawaban PAI kelas 12 halaman 4, 7, 8, 11, 12, 13, 15 yang nantinya bisa teman-teman lihat dan manfaatkan untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Dan kami harap, dengan jawaban ini teman-teman bisa meraih nilai yang lebih bagus lagi.

Meskipun jawaban yang kami sediakan ini memudahkan teman-teman dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah, namun kami selalu berpesan agar teman-teman menggunakan jawaban ini dengan bijak. Pastikan teman-teman sebelumnya tetap berusaha dulu mencari jawaban di buku pelajaran, kalaupun tidak menemukan jawaban yang benar, barulah memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4-15

Dalam masa pembelajaran seperti saat ini, dimana kita tahu mungkin hampir semua sekolah, baik di kota maupun di desa, masih banyak menerapkan kegiatan belajarnya secara daring atau online. Maka tentu hal tersebut akan berdampak kepada para siswa.

Diantaranya, siswa dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan pembelajaran yang ada. Siswa dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam belajar. Selain itu, guru akan lebih banyak memberikan tugas-tugas mandiri kepada siswanya untuk dikerjakan di rumah.

Terkadang, dengan alasan banyaknya tugas yang harus dikerjakan, membuat sebagian siswa memilih untuk memanfaatkan sepenuhnya alternatif jawaban, agar tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan tepat waktu. Namun hal tersebut tentu kurang bagus bagi teman-teman.

Teman-teman setidaknya harus tetap berusaha sendiri dalam mencari jawabannya di buku pelajaran. Dengan membaca materi yang ada pada buku siswa, kami yakin, setidaknya teman-teman dapat menjawab sebagian soal pada tugas sekolah, dan juga bisa lebih memahami materinya.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak kunci jawaban soal PAI kelas 12 halaman 4-8, 11-13 yang telah kami sediakan. Kalaupun ada jawaban yang masih teman-teman ragukan, maka silahkan cari jawaban lain saja yang lebih tepat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4

Aktivitas Siswa
Cermati masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kalian, berkaitan dengan keimanan kepada Hari Akhir. Kemudian, tanggapi dengan kritis dari sudut pandang kalian!

Beberapa masalah sosial yang ada di sekitar kita, diantaranya :
1. Maraknya perzinaan, seperti pacaran, pergaulan bebas, hingga hubungan pra nikah.
Tanggapan : banyaknya anak muda yang sekarang menganggap Pacaran (Zina) sebagai hal biasa bahkan dianggap halal, merupakan salah satu tanda kiamat kecil. Hal ini sepertinya sepele, namun kenyataanya, pacaran merupakan gerbang awal seseorang sebelum memasuki perzinaan yang lebih dalam.

2. Menyebarnya minuman keras.
Tanggapan : beberapa ciri kiamat ialah merebaknya minuman keras, dimana sekarang kita ketahui banyak orang yang menjual, mengedarkan, bahkan mengkonsumsi minuman keras. Hal seperti ini merupakan tindakan tercela serta sangat sedikit mendatangkan kebaikan.

3. Merajalelanya alat-alat musik dan penyanyi perempuan.
Tanggapan : Pada zaman sekarang, hampir setiap orang memiliki alat musik, bahkan hampir setiap orang di handphone memiliki musik-musik. Terlepas dari musik positif maupun negatif, alangkah lebih baik kita menghindari itu semua, agar tidak terkesan makhluk yang sombong karena menghalalkan musik.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 7

Aktivitas Siswa

  1. Carilah ayat-ayat al-Qur’ãn dan hadis selain yang sudah ada di buku yang menjelaskan peristiwa hari kiamat!
  2. Pahami maksud ayat-ayat al-Qur’ãn dan hadis tersebut dengan bantuan buku-buku tafsir dan buku-buku hadis!
  3. Presentasikan hasil kajian kalian di depan kelas!

Surah Al-'Araf ayat 187
Penjelasan:
Surah Al-'Araf ayat 187, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,". (QS. Al-'Araf: 187).

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 8

Aktivitas Siswa

  1. Temukan fenomena alam lainnya yang menguatkan bukti kebenaran hari kiamat, baik dalam bentuk video maupun gambar!
  2. Presentasikan di hadapan kelompok lain untuk mendapat tanggapan!

Berikut tanda-tanda kiamat lainnya:

  • Saling berlomba-lomba meninggikan bangunan
  • Terjadinya banyak pembunuhan
  • Waktu yang berlalu terasa semakin singkat
  • Sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tanah longsor dan lain sebagainya.
  • Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam
  • Orang Yang Baik Berkurang Sedang Yang Jahat Bertambah Banyak
  • Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam supaya kelihatan muda
  • Negara Arab menjadi padang rumput & sungai
  • Pria menyerupai wanita dan wanita menyerupai pria
  • Bulan sabit terlihat besar

Untuk menguatkan jawaban, teman-teman dapat menambahkan bukti foto-foto. Silahkan teman-teman cari di internet sesuai dengan tanda-tanda kiamat yang tersebut diatas.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 11

Aktivitas Siswa

  1. Cermati kembali tahapan Hari Akhir di atas. Kemudian, tulislah sebuah renungan singkat (dalam bentuk puisi religius atau yang lain) yang memuat doa agar Allah Swt. memberikan kemudahan dalam melalui tahapantahapan Hari Akhir sehingga berakhir dengan surga!
  2. Bacakan hasil kerja kalian di depan kelas!

Ketika kehidupan dunia telah hancur total, siapkah aku menghadapi perjalananku menuju alam Baqa'?

Melalui Yaumul Ba'ats, Yaumul Hasyr, pembacaan perbuatan oleh Eaqib dan Atid, Yaumul Hisab, kemudian melalu As-Sira. Ya Allah, sungguh kecil hamba-Mu di dunia ini. Bergelimbangan dosa dan kufur syukur atas nikmatMu. Ya Allah, berilah hamba kesempatan untuk memperbaiki diri, untuk menyiapkan pertemuanku denganMu, wahai penciptaku. Bantulah aku agar bisa melalui semua tahapan-tahapan itu, agar aku bisa menikmati surgaMu bersama saudara-saudaraku.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 12

Aktivitas Siswa

  1. Carilah ayat-ayat al-Qur’an dan hadis selain yang sudah ada di buku ini yang memuat perintah beriman kepada Hari Akhir!
  2. Pahami baik-baik ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis tersebut dengan bantuan berbagai buku tafsir atau buku hadis yang kalian dapatkan!
  3. Presentasikan temuan kalian di depan kelas untuk ditanggapi!

Firman Allah swt dalam Q.S Al-Hajj ayat 7:
Artinya: “Sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur” (QS Al-Hajj: 7)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas, sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah dari setiap seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata: Semoga akulah orang yang selamat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 13

Aktivitas Siswa
… Untuk penjelasan soalnya dapat teman-teman lihat pada buku pelajaran siswa halaman 13 pada aktivitas siswa. Dikarenakan terlalu panjang, maka tidak kami sertakan!

Bagaimana kalian menghabiskan hari-hari kalian? Apa yang kalian lakukan pada perjalanan waktu 24 jam setiap hari?

Bagaimana jawaban kalian tentang manajemen waktu? Coba beri tanggapan beserta alasannya!

Manajemen waktu harus di lakukan dengan tepat karena hal ini berkaitan dengan waktu yang sifatnya tidak dapat disewa, dipinjam, dibeli, tidak bisa berubah, tidak bisa disimpan, dan dikumpulkan, serta tidak ada penggantinya.

Kita harus selalu memperhatikan waktu yang kita punya. Kita juga harus merefleksikan bagaimana kita menghabiskan waktu, kapan kita mengahabiskan waktu dengan sia – sia, serta mengetahui bagaimana kita harus produktif.

Untuk menghabiskan waktu, kita harus merencanakannya dengan baik. Misalnya dengan membuat jadwal harian, jadwal mingguan, jadwal bulanan dan jadwal tahunan. Selain itu kita juga harus menentukan target dan mimpi kita dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 15

Kegiatan Kelompok

  1. Buatlah lima kelompok diskusi, 1 kelompok terdiri atas 6-7 orang!
  2. Diskusikan manfaat iman kepada Hari Akhir dalam lima kelompok tersebut!
  3. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!

Hikmah atau manfaat dari percaya adanya hari akhir yaitu:

  • Mendorong kepada setiap orang muslim untuk selalu memperbanyak amal kebaikan
  • Mendorong kepada setiap orang muslim untuk membelanjakan hartanya dijalan Allah , dan tdk kikir
  • Mendorong kepada setiap muslim untuk selalu bersyukur kepada Allah dan tidak merasa iri jika ada yg mendapat rejeki lebih
  • Mendorong kepada setiap muslim untuk berlomba lomba dalam kebaikan
  • Menentramkan hati apabila mendapat perlakuan yang tidak adil , karena yakin besok di hari ahir akan mendapat keadilan.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4-15

Untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman di rumah, sebagai persiapan dalam mengikuti kegiatan penilai, kami sudah menyiapkan soal-soal dan kunci jawaban diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa teman-teman unduh langsung melalui link berikut ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 167kb

Seperti yang sering kami sampaikan kepada teman-teman, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah memang kunci jawaban cukup berperan penting bagi siswa. Karena bisa saja siswa menemukan soal-soal yang dianggapnya sulit, sehingga belum bisa dijawab sendiri.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17-19

Maka disitulah pentingnya alternatif jawaban seperti ini, agar nantinya teman-teman dapat menjawab soal-soal tersebut, sehingga tugas sekolah dapat diselesaikan tepat waktu dan bisa segera dikumpulkan kepada guru untuk nantinya dikoreksi tugas dan dinilai.

Nilai-nilai dari tugas sekolah cuku penting sekali bagi teman-teman. Karena nilai dari tugas-tugas sekolah akan guru catat pada nilai, dan pada akhir semester nilai-nilai tersebut akan akumulasikan beberapa persen untuk kemudian nantinya ditambahkan kedalam nilai raport semester.

Dalam menentukan kelulusan sekolah memang nilai menjadi hal utama, tak hanya nilai dari tugas-tugas sekolah saja, namun ada beberapa kegiatan lainnya yang juga sangat penting bagi teman-teman, dan nilai yang nantinya diperoleh dari kegiatan tersebut akan sangat menentukan sekali kelulusan teman-teman.

Apalagi kalau bukan nilai dari kegiatan penilaian, baik penilaian harian, akhir semester, akhir tahun, bahkan dari nilai peraktek. Teman-teman perlu meraih nilai maksimal dari kegiatan-kegiatan tersebut, agar nantinya bisa memenuhi syarat kelulusan sekolah.

Demikain postingn kami untuk kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 12 halaman 4, 7, 8, 11, 12, 13. Kami harap teman-teman dapat memanfaatkan jawaban ini dengan bijak. Dan semoga nilai yang didapat dari setiap tugas sekolah yang teman-teman kerjakan bisa maksimal.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4 7 8 11 12 13 15 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"