√ Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2 3 4 6 7 8 9 10 11 12 13 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2 3 4 6 7 8 9 10 11 12 13 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 11 halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13 Pendidikan Agama Islam bab 1 semester 1 buku siswa. Kami menyediakan alternatif jawaban ini, agar teman-teman siswa yang saat ini tengah kesulitan menjawab soal pada tugas sekolah dapat terbantu, sehingga tugas sekolah tersebut bisa diselesaikan.

Dalam mengerjakan tugas sekolah, para siswa memang tidak bisah dipisahkan dengan yang namanya alternatif jawaban. Karena kita tahu bahwa dalam mengerjakan tugas sekolah, tidak semua siswa mampu menjawab soal-soalnya, pasti ada soal-soal yang siswa anggap sulit.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2, 3, 4 - 11, 12, 13

Meskipun sebelumnya siswa tersebut sudah berusaha membaca materi pada buku pelajaran untuk mencari jawaban yang tepat. Namun pasti akan siswa dapati soal-soal yang sulit, yang mungkin saja jawabannya memang tidak ada pada buku pelajaran, sehingga mengharuskan siswa mencari jawaban diluar buku pelajaran.

Dan sudah pasti internet menjadi tujuan utama siswa tersebut. Siswa akan mencari alternatif jawaban di internet agar bisa menjawab soal-soal yang sulit pada tugas sekolah, sehingga tugas tersebut bisa diselesaikan tepat waktu lalu dikumpulkan kepada guru.

Melihat hal tersebut, maka tak heran jika sekarang ini banyak kita temukan di internet, blog yang membahas tentang kunci jawaban. Begitupun dengan yang kami sediakan ini, kami menyediakan kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 11 halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13 ini agar teman-teman terbantu dalam menjawab soal-soal, sehingga tugas sekolah dapat diselesaikan.

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kunci jawaban yang kami sediakan ini adalah kunci jawaban pilihan. Kami mencari jawaban dari berbagai sumber, baik itu dari buku siswa, internet maupun pemahaman kami sendiri. Sehingga nantinya terpilih jawaban terbaik yang kami yakin benar dan tepat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2-13

Namun meskipun jawaban ini akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Kami tetap menyarankan, agar teman-teman tetap berusaha sendiri dalam mengerjakan soal-soalnya sebelum memutuskan untuk menggunakan alternatif jawaban ini.

Hal tersebut, agar teman-teman tidak sepenuhnya bergantung dengan alternatif jawaban. Karena kami yakin, jika teman-teman mau berusaha, setidaknya teman-teman bisa menjawab soal-soalnya. Barulah jika ada soal-soal yang sulit, teman-teman manfaatkan kunci jawaban seperti ini.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 16 17

Selain tugas sekolah, tentu guru juga akan memperhitungkan nilai dari berbagai kegiatan lainnya, seperti penilaian harian, akhir semester, dan penilaian akhir tahun, serta tugas-tugas peraktek. Untuk itu jika teman-teman ingin naik kelas dengan nilai terbaik, maka persiapkan diri dari sekarang, perbanyak belajar di rumah.

Nah teman-teman, berikut ini adalah kunci jawaban soal PAI kelas 11 halaman 2, 3, 4-11, 12, 13 yang sudah kami siapkan untuk membantu teman-teman mengerjakan tugas-tugas sekolah. Silahkan lihat dan cari jawaban yang dibutuhkan sesuai dengan halaman tugasnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2

Aktivitas Siswa:
Setelah kamu mengamati gambar di atas, coba berikan tanggapanmu tentang pesan-pesan yang ada pada gambar tersebut.

Pesan-pesan yang terkandung dalam gambar tersebut antara lain adalah:

  • Kita harus mengajarkan cara membaca al qur'an kepada semua peserta didik yang beragama islam bukann hanya mengejarkan ilmu pengetahuan umum aja
  • Salah satu amalan yang paling mulia adalah mengajarkan cara membaca al qur'an kepada orang lain
  • Membaca al qur'an harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta didik harus diajak untuk selalu membiasakan diri membaca kitab suci al qur'an

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 3

Aktivitas Siswa:
Carilah hadis-hadis yang berkaitan dengan pentingnya membaca al-Qur’an!

Hadis dari Sahl bin Muadz Al Juhani dari ayahnya bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an dan melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya (mengamalkannya), maka kedua orang tuanya pada hari kiamat nanti akan dipakaikan mahkota yang sinarnya lebih terang dari pada sinar matahari di dalam rumah rumah di dunia, jika matahari tersebut ada di antara kalian, maka bagaimana perkiraan kalian dengan orang yang melaksanakan isi Al Qur'an?" (H. R. Abu Daud)

Telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafa'at kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. (H. R. Muslim)

 “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (H R. Tirmidzi no. 2915. Dinilai shahih oleh Al Albani)

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 4

Aktivitas Siswa:
Tanggapi tiga peristiwa di atas di lembar kerja atau kertas folio, dengan menyertakan alasan-alasan serta dokumen yang memperkuat.

Yang pertama, pada hakikatnya adanya bulan Ramdhan sebagai percepatan amal dengan segala fadhilahnya yang luar biasa ini ada sebagai sarana latihan bagi kita semua, harapannyaadalah dengan mengetahui fadhilah yang besar maka kita akan semakin semangat untuk beribadah, termasuk membaca dan mengkaji Al Quran.

Kedua, sudah jadi perkara yang pasti bahwa Al Quran dan hukum-hukumnya merupakan solusi masalah kemanusian, bila manusia taat dan faham isi Al Quran maka kemaksiatan pasti akan menurun, begitupun sebaliknya. jadi pernyataan diatas merupakan hal yang wajar bila manusia meninggalkan hukum Al Quran. Solusinya adalah dengan memperkenalkan Al Quran kepada anak-anak sedini mungkin, agar generasi selanjutnya dapat menajdi generasi Qurani.

Ketiga, betul demikian, Allah berfirman yang makfumnya hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang, dan didalam Al quran sendiri ada ayat-ayat syifa, atau ayat-ayat penyembuh dimana banyak sekali riwayat yang menyampaikan fadhilah kesembuhan bila dibacakan ayat-ayat ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 6

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah ayat-ayat yang mendukung keberadaan kitab-kitab sebelum al-Qur’ān.
  2. Jelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam ayat yang kamu temukan tersebut!

Ayat yang menjelasakan tentang kitab  taurat adalah surah ali imran  ayat 50 . Ayat yang menjelasakan tentang kitab zabur adalah surah ali imran ayat 184. Ayat yang menjelasakan tentang kitab  injil adalah surah ali imran ayat 3.

Aktivitas Siswa:

  • Carilah penjelasan tentang ṡuḥuf-ṡuḥuf selain ṡuḥuf Nabi Ibrahim as. dan Nabi Musa as.
  • Jelaskan isi ṡuḥuf-ṡuḥuf yang kamu temukan itu.
  • Hubungkan pesan-pesan ṡuḥuf dengan isi al-Qur’ān, apakah bertentangan atau tidak.

Selain suhuf Nabi Ibrahim as. Dan Nabi Musa as, Allah juga menurunkan beberapa suhuf, diantaranya yang dijelaskan dalam kitab" adalah :

  • Suhuf nabi adam as 10 suhuf
  • Suhuf nabi syits as 50 suhuf
  • Suhuf nabi idris as 30 suhuf
  • Suhuf nabi Ibrahim as 10 suhuf
  • Suhuf nabi musa as 10 suhuf

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 7

Aktivitas Siswa:

  • Carilah keberadaan Kitab Taurāt, baik melalui literatur-literatur Islam maupun yang lainnya.
  • Jelaskan tanggapanmu tentang keberadaan kitab suci tersebut, dan bandingkan dengan isi al-Qur’ān.

Kita tidak bisa mengetahui atau mendapatkan keberadaan kitab taurat yg autentik , karena kitab taurat yg beredar saat ini sdh ada campur tangan manusia , sudah dirubah sesuai kemajuan jaman dan hati ummatnya, karena keaslian atau kemurniannya tdk dijamin oleh Allah , namun jika kita mencarinya dalam al-qur'an untuk mengetahui secara garis besar ajarannya masih dapat kita peroleh seperti pembahasan tentang kitab TAURAT. Kitab Taurat dibahas dalam kitab suci al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 44.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 8

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah keberadaan Kitab Zabūr, baik melalui literatur-literatur Islam maupun yang lainnya.
  2. Jelaskan tanggapanmu tentang keberadaan kitab suci tersebut, dan bandingkan dengan isi al-Qur’ān.

Keberadaan kitab asli  dan Zabur saat ini diragukan kebenarannya, karena  kitab tersebut, bersama injil sebenarnya sudah dilebur dan disempurnakan oleh Allah, Tuhan YME, dalam Al Quran. , begitu juga dengan kitab Zabur, yang diklaim sebagian orang masih ada saat ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 9

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah keberadaan Kitab Injil, baik melalui literatur-literatur Islam maupun yang lainnya.
  2. Jelaskan tanggapanmu tentang keberadaan kitab suci tersebut dan bandingkan dengan isi al-Qur’ān.

Kita tidak bisa mengetahui atau mendapatkan keberadaan kitab injil dan taurat yg autentik , karena kitab injil dan taurat yg beredar saat ini sdh ada campur tangan manusia, sudah dirubah sesuai kemajuan jaman dan hati ummatnya, karena keaslian atau kemurniannya tdk dijamin oleh Allah, namun jika kita mencarinya dalam al-qur'an untuk mengetahui secara garis besar ajarannya masih dapat kita peroleh seperti pembahasan tentang kitab TAURAT. Kitab Taurat dibahas dalam kitab suci al-qur'an surat al-maidah ayat 44.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 10

Aktivitas Siswa:
Bandingkanlah isi kitab suci al-Qur’ān dengan kitab-kitab lainnya.

Salah satu keutaaan al qur'an dengan kitab-kitab lainnya adalah Al qur'an kitab yang suci dan berlaku mulai dari Allah turunkan kepada Nabi Muhammad saw. hingga kimat kelak.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 11

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah ayat-ayat al-Qur’ān yang mengandung nama-nama tersebut di atas.
  2. Jelaskan arti kata tersebut yang kamu temukan sesuai dengan terjemahannya.
  3. Jelaskan hubungan antara kata tersebut dan isi al-Qur’ān secara umum.

Penjelasan arti :

  • Al-Hudaa : Al-Hudaa berarti petunjuk, sebagaimana dalam QS Al-Jin ayat 13.
  • Al-Furqan : Al-Furqan berarti pembeda, sebagaimana dalam QS Al-Furqan ayat 1.
  • Asy-Syifa : Asy-Syifa berarti penyembuh, sebagaimana dalam QS Al-Isra ayat 82.
  • Adz-Dzikr : Az-Zikr berarti peringatan, sebagaimana dalam QS Al-Hijr ayat 9.
  • Al-Kitab : Al-Kitab berarti buku, sebagaimana dalam QS Al-Baqarah ayat 2.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 12

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung penjelasan tentang aqidah,'ibadah, akhlaq, mu’amalah, dan qissah!
  2. Jelaskan pesan yang terkandung pada ayat yang menjelaskan aqidah, 'ibadah, akhlaq, mu’amalah, dan qissah!

Dalil al qur'an yang mengandung penjelasan tentang aqidah adalah surah an nisa ayat 136:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Penjelasan tentang aqidah adalah :

  • Kewajiban untuk beriman kepada Allah
  • Kewajiban beriman kepada Al qur'an
  • Kewaiban beriman kepada kitab sebelum Al qur'an
  • kewajiban beriman kepada malaikat Allah
  • Kewajiban beriman kepada hari kiamat

Dalil al qur'an yang mengandung penjelasan tentang ibadah  adalah surah al baqarah ayat 183

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ
Penjelasan tentang ibdah adalah : Ayat ini dalil kewajiban untuk melakukan ibadah puasa

Dalil al qur'an yang mengandung penjelasan tentang akhlak adalah surah al ahzab ayat 21

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّـهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّـهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّـهَ كَثِيرًا
Pejelasan tentang akhlak : Ayat ini menjelaska bahwa nabi muhammad memiliki akhlak yang sangat baik dan merupakan  contoh kita dalam berakhlak.

Dalil al qur'an yang mengandung penjelasan tentang muammalah  adalah potongan ayat 275 surah al baqarah

وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ
Penjelasan tentang muammalah adalah : Allah menghalakan jual beli. Akan tetapi Allah mengharamkan jual beli yang mengandung unsur riba.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 13

Aktivitas Siswa:

  1. Carilah ayat-ayat yang menjelaskan tentang keistimewaan al-Qur’ān sebagaimana penjelasan di atas (lihat keistimewaan al-Qur’ān).
  2. Jelaskan pesan yang terkandung pada ayat yang kamu temukan tersebut.
  3. Jelaskan tentang keistimewaan tersebut dengan kitab-kitab lainnya.

Diantara Keistimewaan Al-Qur'an:

1.  Al-Qur’an terpelihara dari tahrif (perubahan) dan tabdil (penggantian) sesuai dengan firman Allah surat al-hijr ayat 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
Pesan yg terkandung : al-qur'an tdk ada yg perlu kita ragukan keautentikannya , maka dari itu kita harus yakin dan berusaha menegakkan al-qur'an (mengamalkannya).

2. Al-Qur’an mudah untuk dihafal berdasarkan firman Allah surat al-qamar 32 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
Pesan yg terkandung : tdk ada alasan buat kita untuk malas menghafal al-qur'an , krn al-qur'an itu mudah untuk dihafalkan.

3. Al-Qur’an sebagai penawar (obat) hati dari penyakit syirik, nifak dan yang lainnya sesuai firman Allah surat yunus 57

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
Pesan yg terkandung : jika dalam hati kita ada penyakit (syirik , nifak dll) maka bacalah al-qur'an dan maknanya , niscaya penyakit hati kita akan sembuh.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2-13

Mempelajari soal-soal latihan yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya tentu sangat efektif sekali. Untuk itu, kami juga menyediakan pembahasan dari soal-soal dan kunci jawaban diatas dalam format file dokumen PDF. Teman-teman dapat menyimpan pada ponsel atau mencetaknya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 290kb

Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh teman-teman untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, terutama untuk menjawab soal-soal yang sulit. Selain itu, kami juga menyarankan teman-teman untuk memanfaatkan soal-soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Mengerjakan tugas sekolah memang menjadi tanggung jawab siswa. Namun kami tahu pada kenyataannya tidak sedikit juga para orang tua terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas-tugas sekolah. Nilai tugas sekolah juga sangat penting bagi siswa, karena guru juga akan memperhitungkan nilai tersebut untuk kemudian dimasukkan kedalam nilai raport semester.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 4, 7, 8, 11, 12, 13, 15

Maka dari itu, kerjakanlah dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan. Cari jawaban terbaik, baik dari buku pelajaran maupun dari alternatif jawaban seperti ini. Dan selalu cek setiap jawabannya sebelum teman-teman salin ke buku tugas, agar tidak ada kesalahan.

Selain itu, kami juga mengingatkan teman-teman untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Pelajari materi-materi yang belum teman-teman kuasai. Dan manfaatkan juga soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah.

Demikianlah postingan kami kali ini, semoga kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 11 halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, -12, 13 ini dapat membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan semoga jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman untuk meraih nilai yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2 3 4 6 7 8 9 10 11 12 13 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"