√ Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 58 59 60 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 58 59 60 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal evaluasi pilihan ganda dan essay PAI kelas 12 halaman 57 58 59 60 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 3 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini untuk membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terutama untuk menjawab soal-soal yang sulit.

Sebagaimana yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa kunci jawaban seperti ini memang cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Itu artinya siswa masih kesulitan dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57-58

Kita semua pasti setuju, jika setiap siswa memiliki pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitupun dalam halnya mengerjakan tugas-tugas sekolah. Ada sebagian siswa yang menganggap soal-soal pada tugas sekolah mudah untuk dikerjakan. Namun ada juga sebagian siswa yang menganggap soal-soal tersebut cukup sulit, sehingga belum bisa untuk diselesaikan.

Disinilah peran dari alternatif jawaban, dimana siswa akan memanfaatkan alternatif jawaban yang tersedia di internet. Jika kita mencari kunci jawaban di internet, maka kita akan menemukan ada banyak blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban tersebut. Tentu hal tersebut sangatlah membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Itulah yang menjadi alasan kami untuk menyediakan kunci jawaban PAI kelas 12 halaman 57 58 59 60 ini. Karena kami tahu jika kunci jawaban seperti ini akan sangat membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan tak jarang juga teman-teman siswa berhasil meraih nilai terbaik dari tugas sekoah yang dikerjakan.

Untuk itu, kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan kepada teman-teman siswa. Manfaatkan dengan baik jawaban yang kami sediakan ini. Selesaikan soal-soal yang belum bisa teman-teman jawab sendiri. Dan semoga jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 Sampai 60

Mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah tentu jauh lebih baik bagi teman-teman. Dengan cara membaca materi pada buku pelajaran, membuka kembali catatan belajar dan mencoba memahaminya, kami yakin teman-teman juga bisa mengerjakan dan menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Meskipun mungkin tidak semua soal-soal dapat teman-teman jawab, namun sebagian besar soal pasti bisa teman-teman kerjakan. Maka untuk soal-soal yang belum bisa dijawab sendiri oleh teman-teman, barulah memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini, agar tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan.

Kami selalu memotivasi teman-teman untuk selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan berusaha untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus. Karena nilai yang bagus akan sangat membantu teman-teman dalam meningkatkan dan memperbaiki nilai akhir di raport semester.

Maka dari itu kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap tugas yang guru berikan, dan manfaatkan juga alternatif jawaban seperti ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah. Kami yakin teman-teman nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 Pilihan Ganda

Evaluasi
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat!

1. Pada lafal terdapat hukum bacaan Mad...
a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib Muttasil
d. Jaiz Munfasil
e. ‘Arid Lissukun
Jawab : A

2. Perhatikan potongan ayat berikut!
wahh tilafill laiyli wannahari
Potongan ayat di atas artinya...
a. penciptaan langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan pergantian malam dan siang
d. orang-orang yang mengingat Allah Swt.
e. dalam keadaan berdiri dan duduk
Jawab : C

3. Arti “ulil albab” ialah...
a. umat Islam
b. orang yang dewasa
c. umat-umat terdahulu
d. generasi muda Islam
e. orang yang berakal sehat
Jawab : E

4. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Quran adalah...
a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha
Jawab : E

5. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil albab yang tercantum dalam Q.S. Ali ‘Imran/3:191 yaitu...
a. Merenungkan ciptaan Allah Swt.
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring
Jawab : B

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 58 59 60 Isian

II. Kerjakan soal berikut dengan benar dan tepat!
1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tentang fenomena alam? jelaskan!

Hal yang harus dilakukan oleh umat islam terhadap ayat yang menjelaskan tentang fenomena alam adalah memahami isi kandungan ayat tersebut, mengenal kebesaran Allah dari fenomena alam yang terjadi dan mengkaji ayat yang menjelaskan tentang fenomena alam tersebut sebagai sumber ilmu pengetahuan.

2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!

Beberapa manfaat semut :

  • Semut Bermanfaat untuk menjaga kebun dari serangan hamadan penyakit, karena semut dapat memangsa hama yang secara langsung merusak tanaman ataupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semut jenis Rangrang dapat memangsa berbagai jenis hama tanaman seperti: Hama kepik hijau, Ulat pemakan daun, Ulat pemakan buah dan berbagai jenis kutu-kutuan pada tanaman coklat, mete dan jeruk.
  • Semut Bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa semut ampuh untuk mengobati penyakit Kanker, Kolesterol, Maag, dan Asam Urat.
  • Semut Bermanfaat untuk memberikan kita pelajaran berharga

3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!

Makna nyamuk yang bisa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang adalah rezeki telah diatur oleh Allah Swt.

4. Jelaskan karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw.!

Karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah SAW adalah orang Mukmin yang paling banyak mengingat mati serta paling baik persiapannya guna menghadapi kehidupan selanjutnya setelah mati.

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas!

Sikap dan prilaku umat islam yg sejalan dg pola pikir kritis dan cerdas adalah  selalu berfikir sebelum bertindak , berfikir apakah tindakannya nanti itu ada tuntunan apa tidak , berfikir apakah akibat dari tindakannya nanti.

III. Berilah tanda checklist (✔) pada kolom di bawah ini sesuai kemampuanmu dalam membaca dan menghafal ayat dan hadis berikut dengan tartil!

Untuk tugas pada bagian III ini, silahkan teman-teman jawab dengan cara checklist pada kolom pilihan sesuai dengan pemahaman teman-teman saat ini.

IV. Salinlah lafal-lafal yang mengandung hukum tajwid pada Q.S. Ali Imran/3:190-191 ke dalam tabel berikut dan jelaskan hukum bacaannya!

Tajwid Surat Ali-Imran ayat 190:
إِنَّ → ghunnah karena ada nun ditasydid
فِي → mad thobi'i karena ada kasroh diikuti ya' suku
خَلْقِ السَّمَاوَاتِ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu salah satu huruf syamsyiyah yaitu huruf sin, dan mad thobi'i karena da fathah diikuti alif
وَالْأَرْضِ → idhar qomariyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu alif
وَاخْتِلَافِ → mad thobi'i karena ada fayhah diikuti alif
اللَّيْلِ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu lam
وَالنَّهَارِ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu nun dan mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
لَآيَاتٍ لِأُولِي → idghom bila ghunnah karena ada tanwin bertemu lam
الْأَلْبَابِ → idhar qomariyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu alif, dan mad arid lis sukun karena sebelum waqaf ada mad thobi'i

Tajwid Surat Ali-Imran ayat 191 :
الَّذِينَ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu lam
يَذْكُرُونَ → mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu sukun
اللَّهَ → tafhim karena ada lam jalalain didahului fathah
قِيَامًا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
قِيَامًا وَقُعُودًا → idghom bighunnah karena ada tanwin bertemu wawu tidak dalam satu kalimah
وَقُعُودًا → mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu sukun
وَقُعُودًا وَعَلَىٰ → idghom bighunnah karena ada tanwin bertemu wawu tidak dalam satu kalimah
جُنُوبِهِمْ → mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu suku
جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ → idhar syafawi karena ada mim mati bertemu dengan salah satu huruf idhar syafawi yaitu huruf wawu
يَتَفَكَّرُونَ → mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu sukun
فِي → mad thobi'i karena ada kasroh diikuti ya' sukun
السَّمَاوَاتِ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu salah satu huruf syamsyiyah yaitu huruf sin, dan mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
وَالْأَرْضِ → idhar qomariyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu alif
رَبَّنَا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
مَا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
خَلَقْتَ → qolqolah sughro karena ada salah satu huruf qolqolah bertanda baca sukun atau asli mati
هَٰذَا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
بَاطِلًا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
بَاطِلًا سُبْحَانَكَ → ihfa' karena ada tanwin bertemu salah satu huruf ihfa' yaitu huruf sin
سُبْحَانَكَ → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
فَقِنَا → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
عَذَابَ → mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif
النَّارِ → idghom syamsyiyah karena ada alif lam (lam ta'rif) bertemu nun, dan mad arid lis sukun karena sebelum waqof ada mad thobi'i

V. Berilah tanda checklist (✔) pada kolom yang sesuai dengan pilihan sikap kalian!

  1. Ayat-ayat al-Quran harus dikaji secara ilmiah untuk mendapatkan makna lebih dalam. = SS
  2. Umat Islam harus meluangkan waktu secara rutin untuk mengkaji ayat-ayat al-Quran bersama para pakar. = S
  3. Umat Islam perlu menindaklanjuti informasiinformasi dari ayat al-Quran dengan penelitian untuk menemukan jawaban secara ilmiah. = S
  4. Jika hasil penelitian berbeda dengan informasi al-Quran tentang masalah tertentu, maka ayat al-Quran yang harus ditafsirkan sesuai dengan temuan ilmiah tersebut. = S
  5. Kita harus bersiap-siap menghadapi kematian dengan mengumpulkan bekal akhirat sebanyak-banyaknya. = SS

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57-60

Soal-soal yang menjadi tugas sekolah seperti diatas dapat juga teman-teman jadikan sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami pemahaman terkait materi yang ada pada buku pelajaran. Maka dari itu, untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman, kami sudah menyediakan soal-soal diatas dalam bentuk format file PDF yang nantinya dapat teman-teman simpan atau cetak untuk dipelajari kembali. Berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 221kb

Setiap guru pasti akan memberikan tugas-tugas sekolah, yang mana tugas tersebut biasanya dikerjakan di sekolah atau dijadikan sebagai PR. Dan teman-teman selaku siswa wajib mengerjakannya agar nantinya bisa mendapatkan nilai dari tugas yang dikerjakan.

Lihat Juga : Kunci Jawaban Evaluasi PAI Kelas 12 Halaman 79 70 81

Tugas-tugas yang diberikan guru kepada siswanya biasanya bersumber dari soal-soal latihan yang ada di buku pelajaran. Dan kebanyakan tugas yang diberikan adalah tugas individu yang nantinya harus dikerjakan sendiri oleh siswa kemudian dikumpulkan kembali ke guru untuk dikoreksi dan dinilai.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan tentu menjadi harapan setiap siswa. Nilai yang bagus akan sangat membantu teman-teman siswa dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester. Maka dari itu, kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap tugas yang guru berikan, raih nilai terbaik dari tugas tersebut.

Selain mengerjakan tugas sekolah, teman-teman juga dapat memanfaatkan soal-soal diatas sebagai bahan belajar di rumah. Karena nantinya ada kegiatan-kegiatan rutin yang wajib teman-teman ikuti. Dan nilai dari kegiatan tersebut akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan teman-teman.

Kami berharap kunci jawaban evaluasi PAI kelas 12 halaman 57 58 59 60 ini, benar-benar dapat dimanfaatkan teman-teman untuk menyelesaikan semua tugas sekolah. Sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan bisa dikumpulkan kepada guru kelas. Dan yang lebih penting lagi, semoga nilai yang diperoleh bisa bagus dan maksimal.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 58 59 60 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa"