√ Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31 32 Evaluasi Bab 2 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31 32 Evaluasi Bab 2 Semester 1 Buku Siswa

Berikut ini kami bagikan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 31 32 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Jawaban ini kami sediakan sebagai alternatif bagi teman-teman yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Dengan adanya jawaban ini, semoga tugas-tugas sekolah dapat segera teman-teman selesaikan.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa mendapati soal yang sulit, karena jawabannya mungkin tidak ditemukan pada buku pelajaran atau karena memang soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman atau pendapat sendiri. Maka tentu siswa tersebut akan mencari jawaban diluar buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31 32

Mengerjakan tugas-tugas sekolah sudah menjadi kewajiban dan keharusan bagi setiap siswa. Karena dengan mengerjakan tugas sekolah, siswa telah menjalankan tugasnya sebagai seorang siswa, dan dari tugas tersebut siswa bisa mendapatkan nilai-nilai tugas harian.

Sesulit apapun tugas yang siswa hadapai, tidak bisa menjadi alasan untuk tidak dikerjakan tugas tersebut. Siswa harus berusaha maksimal mencari jawaban agar bisa menjawab soal-soal tersebut. Karena dengan begitu tugas sekolah dapat diselesaikan dan bisa dikumpulkan kepada guru.

Maka tentu yang akan siswa lakukan untuk menjawab soal-soal yang dianggap sulit tersebut adalah mencari jawabannya diluar buku pelajaran. Dan sudah pasti internet menjadi tujuan utama para siswa dalam mencari alternatif jawaban. Kenyataannya, sekarang ini jika kita mencari kunci jawaban di internet untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran, maka akan kita temukan banyak blog pendidikan yang menyediakannya.

Maka tak heran jika kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 31 32 seperti ini akan sangat membantu teman-teman siswa, terutama yang kesulitan dalam menjawab soal-soalnya. Dengan begitu sudah pasti tugas-tugas sekolah bisa teman-teman selesaikan tepat waktu.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31-32

Namun meskipun demikian, tentu mengerjakan sendiri soal-soal pada tugas sekolah jauh lebih baik untuk teman-teman. Karena dengan mengerjakan sendiri, teman-teman pasti mau tidak mau akan membaca materi-materi pada buku pelajaran untuk menemukan jawaban yang tepat dalam menjawab soal-saolnya.

Hal tersebut juga akan sangat membantu teman-teman dalam memahami materinya. Dan sudah pasti akan menambah pemahaman teman-teman yang nantinya bisa menjadi bekal dalam menghadapi kegiatan-kegiatan penilaian, baik penilaian harian, akhir semester maupun penilaian akhir tahun.

Bisa mendapatkan nilai yang tinggi dari tugas-tugas sekolah merupakan sebuah prestasi bagi siswa. Karena nilai yang didapatkan dari tugas sekolah juga akan sangat membantu teman-teman dalam meningkatkan dan memperbaiki nilai pada raport semester nantinya. Untuk itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan.

Dan semoga kunci jawaban seperti ini bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan, khususnya untuk teman-teman siswa yang memang memerlukan alternatif jawaban agar soal-soal yang dianggap sulit dapat dijawab, dan tugas sekolah bisa diselesaikan untuk kemudian dapat dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31 Isian

Evaluasi
A. Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan memanjangkan jilbab hingga ke dada lengkap dengan artinya.

Ayat yang dimaksud adalah surat an-nur ayat 31 :
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

artinya : Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Namun jika jilbab yang dimaksud adalah jubah (orang indonesia bilang jubah) maka surat al-ahzab ayat 59 lah yang dimaksud :
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

2. Tulislah salah satu Hadis tentang batasan pakaian wanita lengkap dengan artinya.

Pakaian wanita
Ayarat pakaian wanita :

  • Tidak tipis
  • Potongannya tidak ketat
  • Menutup aurat, seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan

Dalil naqli tentang batasan pakaian wanita :

  • Surat an-nur ayat 31
  • Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh abu dawud
Bunyi haditsnya :
قَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلاَّ هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ
artinya : Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita, apabila telah balig (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya). (HR Abu Dawud).

3. Tuliskan beberapa manfaat menggunakan jilbab.

Beberapa manfaat menggunakan jillbab adalah

  • Mengikuti dan menjalankan perintah agama.
  • Mencegah dan menghindari dari tatapan mata pria dan godaan- godaan dari kaum adam sebagai bentuk perendahan derajat dan pelecehan.
  • Wanita yang menutup aurat akan lebih disegani dan dihormati oleh kaum adam.
  • Jilbab mampu melindungi kulit wanita yang sensitif dari sengata sinar ultra violet.
  • Kulit wanita akan senantiasa sehat dan terhindar dari kanker kulit.
  • Dengan memakai jilbab, mampu menjaga kesehatan rambut baik dari polusi, matahari, debu, dan sebagainya.

4. Sebutkan sikapmu yang harus ditunjukkan ketika terlihat oleh mata ada kemaksiatan.

Sebagaimana dalam al-hadits , jika kita melihat kemaksiatan maka kita harus menghentikan kemaksiatan itu dg tangan kita , maksudnya dengan kekuatan kita , jika kita mampu , namun jika kita tdk mampu menghentikannya dg tangan kita , maka hendaklah kita menghentikannya dg lisan kita , kita beri nasehat kepada orang yang melakukan kemaksiatan itu , tapi bila kita juga tdk mampu menghentikannya dengan lisan , maka kita dianjurkan menghentikannya dg hati kita , maksudnya dg berdo'a agar Allah membukakan pintu hati org yg berbuat maksiat itu agar bertaubat.

5. Tuliskan 3 (tiga) dampak negatif akibat membuka aurat.

Dampak negatif membuka aurat bagi seorang wanita yang tidak menutup auratnya yaitu :

  • Mendapat dosa.
  • Terancamnya keselamatan.
  • Turunnya harga diri.
  • Merusak keimanan.
  • Disukai setan dan iblis.
  • Tidak bisa mencium bau surga.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 32 Refleksi

B. Refleksi
Berilah tanda checklist ( ✔) yang sesuai dengan dorongan hatimu untuk menanggapi pernyataan-pernyataan berikut.

Pernyataan :

  1. Saya merasa malu jika terlihat aurat saya oleh orang lain yang bukan mahrom. = Sering
  2. Saya berbusana muslimah atas kesadaran sendiri sesuai perintah agama Islam. = Sering
  3. Saya mengajak teman-teman wanita saya untuk mengenakan busana muslimah yang sesuai syari’at. = Sering
  4. Saya menghindari temanteman yang sering mengunjungi tempat-tempat hiburan. = Jarang
  5. Saya berdiskusi tentang ajaran agama Islam tentang berbusana perintah menutup aurat. = Sering
  6. Saya tidak keluar rumah kecuali mengenakan busana muslimah. = Sering
  7. Saya merasakan ketenangan ketika keluar rumah dengan mengenakan busana muslimah. = Sering
  8. Saya menghindari tontonan yang dengan sengaja mengumbar aurat wanita dan pria. = Sering
  9. Saya merasakan kegelisahan yang sangat besar ketika melihat teman-teman sesama wanita yang tidak berbusana muslimah. = Sering
  10. Saya merasakan diskriminasi dan olok-olok dari teman-teman dengan busana muslimah yang saya kenakan. = Jarang

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31-32

Belajar merupakan kegiatan yang harusnya teman-teman lakukan untuk persiapan dalam mengikuti kegiatan penilaain nantinya. Nah soal-soal diatas dapat teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar di rumah. Untuk itu kami juga sudah menyediakan soal-soal diatas dalam format file PDF yang nantinya dapat teman-teman simpan pada ponsel atau dicetak untuk dipelajari kembali. Berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 181kb

Tak bisa dipungkiri jika kunci jawaban seperti ini sangat membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Karena kita tahu bahwa dalam mengerjakan tugas sekolah, terkadang siswa akan mendapati soal-soal yang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran. Soal tersebut harud dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44 45

Maka sebagian siswa terkadang masih bingung dan ragu untuk menjawab soal-soal seperti itu. Solusinya tentu siswa akan mencari alternatif jawaban, dan kebanyakan mereka cari di internet. Dan memang pada kenyataannya, sekarang ini sudah cukup banyak blog yang menyediakan jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Mengerjakan tugas dengan memanfaatkan alternatif jawaban memang sangat dimudahkan. Akan tetapi kami selalu mengingatkan dan menyarankan kepada teman-teman, agar terlebih dahulu berusaha dulu mencari jawabannya di buku pelajaran. Jikapun nantinya tidak juga bisa menjawab soal-soal tersebut, barulah memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Dan tak lupa kami ingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajarnya. Apalagi jika teman-teman sudah akan memasuki kegiatan akhir semester. Maka sudah harus serius dalam belajar, untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan penilaian akhir semester.

Teman-teman juga tentunya dapat memanfaatkan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 31 32 ini sebagai bahan belajar di rumah nantinya. Karena belajar dengan memanfaatkan soal-soal latihan juga sangat efektif. Dan semoga teman-teman bisa mendapatkan nilai terbaik pada setiap tugas yang dikerjakan.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 31 32 Evaluasi Bab 2 Semester 1 Buku Siswa"