√ Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21 22 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21 22 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 21, 22 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti soal pelajaran 2 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kunci jawaban ini kami bagikan untuk teman-teman siswa kelas 4 yang sekarang ini sedang sibuk-sbuknya mengerjakan soal-soal latihan pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian besar tugas-tugas sekolah yang guru berikan kepada siswa, bersumber dari buku pelajaran siswa. Guru memberikan tugas kepada siswanya berupa soal-soal latihan yang bisa saja dikerjakan langsung di sekolah atau dijadikan tugas rumah.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi tanggung jawab teman-teman selaku siswa. Tugas sekolah menjadi salah satu alat penilaian guru dalam melihat kemampuan siswanya dalam memahami materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tentu tidak semua siswa dapat menjawab sendiri soal-soalnya. Terjadang sebagian siswa harus mencari alternatif jawaban, baik di buku pendidikan lainnya atau di internet, agar soal-soal yang dianggap sulit bisa dijawab, sehingga tugas sekolah dapat diselesaikan.

Kami menyadari jika kunci jawaban cukup membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan faktanya, sekarang ini cukup banyak siswa yang mencari alternatif jawaban di internet. Tak heran jika sekarang ini banyak blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban tersebut.

Melihat hal tersebut, kamipun ingin turut serta dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 21, 22 ini. Dengan harapan, semoga jawaban ini dapat teman-teman manfaatkan dengan baik untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, sehingga teman-teman bisa segera mengumpulkan tugas sekolah.

Namun meskpun begitu, kami selalu mengingatkan teman-teman untuk tetap berusaha dulu mencari dan menjawab soal-soalnya. Kalaupun nantinya teman-teman tidak bisa menjawab beberapa soal pada tugas sekolah, maka barulah teman-teman manfaatkan jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21-22

Mengerjakan tugas sekolah, dan bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi sebuah prestasi bagi siswa. Tak menutup kemungkinan jika teman-teman sering mendapatkan nilai yang bagus, teman-teman nantinya bisa meraih prestasi, misalnya juara kelas.

Kami berusaha untuk selalu menyediakan jawaban terbaik, yang kami cari dari berbagai sumber, baik buku pendidikan, maupun dari internet, serta pemahaman kami sendiri. Kami cukup yakin, jika jawaban ini nantinya dapat mengantarkan teman-teman meraih nilai yang bagus dan maksimal.

Namun demikian, kami tetap menyarankan teman-teman untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan untuk selalu mengecek jawaban yang kami sediakan, sebelum teman-teman menyalinnya ke buku tugas. Dengan begitu, setidaknya teman-teman akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Nah berikut ini silahkan teman-teman lihat dan manfaatkan dengan bijak jawaban-jawaban yang telah kami sediakan. Silahkan jawab soal-soal yang belum selesai, kerjakan dengan sungguh-sunggu setiap tugas yang guru berikan. Dan semoga jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa maksud beriman kepada Allah melalui alam semesta? Jelaskan!

Yang dimaksud dengan beriman kepada Allah SWT melalui alam semesta adalah Meyakini, Membenarkan dan Mempercayai bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa melalui apa-apa yang Ia ciptakan di sekeliling kita baik lewat fenomena alam atau pun fenomena sosial.

2. Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci? Jelaskan!

Maksud dari beriman kepada Allah melalui kitab suci, yaitu mempercayai dan meyakini tanpa ada keraguan sedikitpun bahwa seluruh kitab yang disampaikan oleh rasul - rasul-Nya merupakan kalam ( ucapan atau perkataan ) Rabb seluruh alam semesta.

3. Apa maksud beriman kepada Allah melalui asma’-Nya? Jelaskan!

Beriman kepada ALLAH melalu asmanya berarti meyakini bahwa ALLAH Azza Wa Jalla memiliki nama dan sifat yang sesuai dengan nama-namanya yang indah, yang terdapat dalan kitab AL Quran, dan kita meyakini bahwa sifat-sifat itu benar menggambarkan ALLAH Azza wa Jalla.

4. Bagaimana kita bisa yakin bahwa Allah itu ada, padahal Allah tidak bisa dilihat oleh mata manusia?

Kita dapat meyakini bahwa Allah SWT itu memang ada, walaupun tidak bisa dilihat oleh mata manusia, yaitu dengan mengetahui bukti-buktinya. Beberapa bahwa bukti Allah itu memang ada, antara lain:

  • Adanya keberadaan manusia dan alam semesta di dunia ini, dimana setiap keberadaan suatu hal pasti ada Sang Pencipta.
  • Doa-doa kita yang dapat terkabul walaupun kita tidak pernah mengutarakan kepada orang lain maupun bersuara ketika berdoa.
  • Ada rasa cinta kita terhadap Allah SWT walaupun kita belum pernah melihatnya.
  • Adanya rasa takut akan balasan dan pertanggung jawaban atas seluruh dosa kita.
  • Banyak fenomena-fenomena alam yang akhirnya memunculkan tulisan lafadz Allah, dsb

5. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-Basir? Jelaskan!

Terdapat sejumlah guna atau manfaat yang kita dapatkan dengan mengetahui sifat Allah SWT Al-Bashir, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menjadikan diri lebih mawas dalam arti menahan diri dari segala perilaku tercela dan berusaha melaksankaan semua perintah Allah SWT.
  • Menjadikan diri lebih sabar atas ketetapan Allah SWT sebab sesungguhnya Allah SWT melihat kondisi umat-Nya sebagai mana yang disebutkan dalam Surah At-Thur ayat 48.
  • Menjadi motivasi dalam meluruskan niat dalam beribadah dan beramal shaleh karena sesungguhnya Allah SWT Maha Melihat, baik yang jauh yang dekat juga yang terang benderan dan yang tersembunyi rapat di dalam kalbu.
  • Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Memperoleh kebaikan dunia juga kebaikan akhirat berupa pahala sebab mengetahui asmaul husna Allah SWT adalah salah satu kewajiban umat islam.

6. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘Adl? Jelaskan!

Al-Adl merupakan salah satu asma Allah yang memiliki arti "Yang Maha Adil'. Ini berarti bahwa Allah merupakan Dzat yang keadilannya bersifat tetap dan tidak bisa diganggu oleh siapapun.
Beberapa contoh sikap meneladani sifat Al-Adl yaitu sbb :

  • Bersikap adil dalam memutuskan segala perkara.
  • Tidak berperilaku pilih kasih kepada anggota keluarga.
  • Berbuat adil terhadap diri sendiri.

Dengan meneladani sifat Allah seperti contoh di atas, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat di antaranya menjadikan hati lebih tenang dan tentunya mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah.

7. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘Azim? Jelaskan!

Manfaat mengetahui sifat Allah yaitu Al-Azim adalah menjadi keimanan kita bertambah kuat kepada Allah SWT, menjadi teladan untuk senantiasa berhati besar, menjadi pribadi yang agung (baik) meski tidak sesempurna Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

8. Bagaimana kita bisa meyakini adanya rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Cara meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT adalah dengan membaca kisah mereka di dalam Al-Quran, mempelajari peninggalan-peninggalan mereka seperti kuburan, bangunan yang mereka bangun juga kisah-kisah mereka di luar Al-Quran yang dikemukakan oleh ahli sejarah yang kebenarannya tidak bertentangan dengan syariat.

9. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Pengertian iman kepada rasul Allah adalah mempercayai bahwa rasul Allah adalah orang yang diutus dan ditugaskan oleh Allah swt untuk menerima wahyu dan kemudian menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

10. Sebutkan sepuluh nabi dan rasul yang kamu ketahui.

10 nama Nabi dan Rasul adalah : Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yaqub.

B. Isilah kolom setuju (S), tidak setuju (TS) dan tidak tahu (TT) dengan tanda (ü) berikut alasannya!

Untuk tugas pada bagian B, silahkan teman-teman jawab sesuai dengan pilihan masing-masing, dan sertakan alasan teman-teman.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 22

C. Tugas kelompok
Buat kelompok dengan teman-temanmu dan diskusikan serta sampaikan hasil diskusi kalian tentang hal-hal berikut.
1. Ciri-ciri orang yang beriman kepada Allah.

Ciri-ciri orang yang beriman kepada Allah diantaranya:

  • Punya Rasa Takut Terhadap Allah SWT
  • Khusyuk saat Melaksanakan Sholat
  • Menjauhkan Diri dari Kegiatan yang Sia-sia
  • Senang Mendengar Bacaan Ayat Al-Qur’an
  • Menunaikan Zakat
  • Meneladani Rasul
  • Tawakal
  • Sabar
  • Punya Akhlak yang Baik
  • Selalu Bersyukur

2. Ciri-ciri orang yang beriman kepada rasul Allah.

Diantara ciri-ciri orang beriman kepada rasul Allah yaitu:

  • Mempercayai keberadaan Rasul
  • Mempercayai Rasul adalah manusia pilihan
  • Percaya mukjizat Rasul
  • Mengikuti ajaran Rasul
  • Meneladani sifat dan sunnah Rasul
  • Teguh memegang agama
  • Selalu bershalawat untuk Rasul

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21-22

Belajar dengan mempelajari soal-soal latihan yang telah dilengkapi kunci jawaban tentu cukup efektif. Maka dari itu kami juga menyediakan soal-soal diatas dalam file dokumen PDF, agar nantinya bisa teman-teman simpan di ponsel atau dicetak untuk dipelajari kembali. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 131kb

Kami berusaha semaksimal untuk untuk selalu menyediakan jawaban-jawaban terbaik. Karena kami tahu, teman-teman pasti berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat, sehingga bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang bagus.

Kami mencari jawaban dari berbagai sumber, baik dari buku pelajaran, dari internet dan pemahaman kami sendiri. Kami cukup yakin, jika jawaban ini nantinya dapat menjadi jawaban yang benar. Namun meskipun begitu, kami tetap menyarankan agar teman-teman periksa lagi jawabannya sebelum disalin ke buku tugas.

Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban, namun kami tidak bisa menjamin jawaban-jawaban ini pasti benar dan tepat. Karena semua itu kembali kepada guru teman-teman ketika mengoreksi tugas tersebut. Untuk itu teliti kembali, jikapun ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan cari jawaban lain yang lebih tepat.

Teman-teman juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Karena selain tugas-tugas sekolah, teman-teman juga harus mengikuti beberapa kegiatan lainnya, seperti penilaian harian, akhir semester, penilaian akhir tahun dan kegiatan peraktek sekolah.

Sekian ulasan kami untuk kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 21, 22 ini. Kami yakin teman-teman bisa mengerjakan dan menyelesaiakn semua tugas yang guru berikan. Dan semoga teman-teman nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah yang dikerjakan.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 21 22 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa"