√ Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12 13 14 15 Ayo Berlatih Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12 13 14 15 Ayo Berlatih Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban ayo berlatih PAI kelas 7 halaman 12, 13, 14, 15 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan kunci jawaban ini untuk membantu teman-teman siswa yang kesulitan dalam menjawab soal-soal latihan pada buku siswa yang saat ini menjadi tugas sekolah.

Sebelumnya kami juga sudah cukup banyak memposting kunci jawaban, selain mata pelajaran PAI, kami juga menyediakan kunci jawaban untuk mata pelajaran lainnya. Jika teman-teman memerlukan jawaban untuk tugas-tugas mapel lainnya, silahkan cari postingan kami sebelumnya pada blog ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12-15

Seperti yang kita ketahui, bahwa tugas sekolah memang menjadi hal yang sering siswa jumpai. Pada akhir kegiatan penyampaian materi pembelajaran, seorang guru hampir selalu memberikan tugas kepada siswanya. Tugas-tugas tersebut bisa saja dikerjakan di sekolah atau menjadi tugas rumah bagi siswa.

Dan kebanyakan guru akan memberikan tugas individu kepada siswa. Dimana tugas-tugas tersebut biasanya akan diambil dari buku pelajaran siswa, seperti soal-soal latihan atau uji kompetensi. Dan tugas-tugas tersebut harus segera siswa kerjakan, lalu kumpulkan kembali kepada guru untuk bisa dikoreksi dan diberikan nilai.

Dalam masa pembelajaran yang dilaksakan secara daring seperti ini, tugas menjadi hal yang sering guru berikan kepada siswanya. Maka tak heran jika kami menjumpai ada siswa yang mengeluh karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan.

Melihat hal tersebut, sudah pasti siswa akan banyak memanfaatkan kunci jawaban di internet dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Maka dari itulah kami disini hadir untuk menyediakan kunci jawaban soal PAI kelas 7 halaman 12, 13, 14, 15 ini. Kami berharap dengan adanya jawaban ini, teman-teman siswa bisa terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Namun meskipun kami disini menyediakan alternatif jawaban yang nantinya dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, kami tetap menyarankan agar teman-teman sebelumnya berusaha sendiri mencari jawaban di buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12 Sampai 15

Kami yakin, tanpa alternatif jawabanpun sebenarnya teman-teman bisa menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Dengan membaca materi dan memahaminya, kami yakin teman-teman bisa menemukan jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soalnya.

Namun jika sebelumnya teman-teman sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jawaban yang tepat di buku pelajaran, dan belum juga bisa menemukan jawabannya, maka tentu tidak ada salahnya jika memanfaatkan alternatif jawaban ini, agar tugas sekolah dapat diselesaikan.

Nilai dari tugas sekolah juga tentunya sangat penting bagi teman-teman. Karena nilai tugas juga sangat diperhitungkan dalam menentukan nilai akhir pada raport semester. Untuk itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan. Cari jawaban yang tepat di buku pelajaran dan di sumber lainnya, seperti buku pendidikan dan internet.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan cari jawaban yang diperlukan. Kerjakan dengan maksimal dan manfaatkan jawaban ini dengan bijak. Semoga dengan memanfaatkan jawaban ini, teman-teman bisa meraih nilai yang lebih baik lagi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12-13 Pilihan Ganda

II. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D!

1. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari...
A. iman
B. islam
C. ihsan
D. takwa
Jawab : A

2. Fatimah disuruh membeli minyak goreng di sebuah warung. Ketika menerima uang kembalian, ia tahu bahwa jumlahnya lebih dari seharusnya, lalu ia mengembalikannya. Ia sadar bahwa Allah Swt. selalu mengawasi perbuatannya, karena Allah Swt. bersifa...
A. al- Alim
B. al-Khabir
C. as-Sami
D. al-Basir
Jawab : B

3. Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya. Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang. Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha...
A. Mengetahui
B. Teliti
C. Mendengar
D. Melihat
Jawab : B

4. Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. senantiasa mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan dari keyakinannya bahwa Allah Swt. Bersifa…
A. al- Alim
B. al-Khabir
C. as-Sami
D. al-Basir
Jawab : C

5. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al- Alim adalah…
A. rajin dalam menimba ilmu
B. berusaha menghindari kemungkaran
C. bersikap dermawan kepada sesama
D. bersikap pemaaf kepada sesama
Jawab : A

6. Allah Swt. sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan. Allah Swt. Maha Mengetahui merupakan makna dari...
A. al- Alim
B. al-Khabir
C. as-Sami
D. al-Basir
Jawab : A

7. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah…
A. suka berbagi pengalaman dan pengetahuan
B. senang menolong orang yang sedang susah
C. menjadi suri teladan bagi orang lain
D. bersemangat dan kreatif dalam segala hal
Jawab : A

8. Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar merupakan makna dari...
A. al- Alim
B. al- Khabir
C. as-S ami
D. al - Basir
Jawab : C

9. Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di langit. Allah Maha Melihat merupakan makna...
A. al- Alim
B. al-Khabir
C. as-Sami
D. al-Basir
Jawab : D

10. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah...
A. introspeksi diri untuk kebaikan
B. amar ma’ruf nahi munkar
C. menjadi suri tauladan bagi orang lain
D. mau mendengarkan nasihat guru
Jawab : A

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 14-15 Uraian, Individu & Kelompok

III. Uraian
Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan!

Iman secara bahasa berarti percaya. Pengertian iman menurut ilmu tauhid adalah meyakini dalam hati, mengucapkan apa yang kita yakini dalam hati tadi dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan sehari-hari apa yang sudah kita yakini dalam hati dan sudah kita ucapkan dengan lisan
Rukun iman ada 6:

  • Iman kepada Allah
  • Iman kepada malaikat Allah
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Nabi dan Rosul-Rosul Allah
  • Iman kepada hari akhir
  • Iman kepada qadha' dan qadar Allah

2. Mengapa Allah Swt. itu indah nama-nama-Nya?

Karena Allah itu indah dan suka terhadap keindahan, makanya nama-nama Allah pun juga indah, sebagaimana matan hadits:
إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ
Artinya : Sesungguhnya Allah Swt itu Maha-Indah dan menyukai keindahan.

3. Mengapa Allah itu al- Alim? Sebutkan bukti-buktinya!

Karena Allah mengetahui baik yang dhohir maupun yang bathin' bukti bahwa Allah itu al-alim terdapat dalam surat al-an'am ayat 59.

4. Mengapa Allah itu al-Khabir? Sebutkan bukti-buktinya!

Karena Allah sangat teliti, bahkan amalan sebesar biji sawipun Allah mengetahui bukti bahwa Allah itu al-khobir terdapat dalam surat Al-Mulk ayat 14.

5. Mengapa Allah itu as-Sami’? Sebutkan bukti-buktinya!

Karena Allah selalu mendengarkan keluh kesah hambahnya , bukti bahwa Allah itu As-Sami terdapat dalam surat al-an'am ayat 59.

6. Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Karena Allah selalu mengawasi tiap gerak gerik hambahnya, bukti bahwa Allah itu al-bashir, terdapat dalam surat yusuf ayat 108.

7. Berikan 2 contoh perilaku al- Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

Dua contoh perilaku Al-Alim:

  • Rajin dalam menimbah ilmu baik ilmu agama maupun ilmu dunia
  • Berusaha menguasai ilmu yang disampaikan guru

8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

Bentuk perilaku Al-Khobir:

  • Suka berbagi pengetahuan dan pengalaman baik pengetahuan tentang agama maupun pengetahuan tentang ilmu dunia
  • Memberi-penjelasan teman yang belum mengerti pelajaran yang sudah kita mengerti

9. Jelaskan arti al- Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!

Arti al- Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir:

  • Al-Alim artinya Maha Mengetahui. Allah Maha Mengetahui, mengetahui yang nampak maupun yang tidak nampak, cara menteladani sifat Allah (Al-Alim) adalah dengan cara belajar dan merenungi ciptaan-Nya, tanpa kenal waktu, tanpa kenal usia.
  • Al-Khabir artinya Maha Mengetahui kadang juga diartikan Maha Waspada. Al-khabir berarti maha mengetahui secara detail, jadi tingkatan al-alim dengan al-khabir lebih tinggi al-khabir, karena ada tingkatan secara detainya, sebagaimana yang terdapat dalam surat al-mulk ayat 14.
  • As-Sami' artinya Maha Mendengar, Allah Maha Mendengar, pendengaran allah berbeda dengan pendengaran makhluqNya.
  • Al-Bashir artinya Maha Melihat, secara harfiyah al-bashir artinya melihat, namun dalam al-qur'an al-bashir ada juga yg diartikan bukti yang sangat jelas dan nyata, sebagaimana surat Yusuf ayat 108.

10. Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan Yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut?

berarti teman kita tersebut belum mengerti dan belum memahami tentang asmaul husna, kita yang sudah mengerti dan memahami selayaknya memberitahu teman kita itu agar mereka juga mengerti dan memahaminya.

IV. Tugas Individu
Setelah kalian mempelajari empat al-Asmau-al-Husna, amatilah perilaku-perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani sifat tersebut di lingkungan di mana kalian tinggal!

Beberapa contoh perilaku atau contoh cara meneladani, antara lain:

  • Mensyukuri atas segala kelebihan dan kekurangan fisik yang diberikan oleh Allah SWT.
  • Tidak menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di muka bumi walaupun kita adalah makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna.
  • Tidak bersikap putus asa ketika belum dikaruniai sang buah hati.

V. Tugas Kelompok

  • Buatlah kelompok sesuai jumlah peserta didik di kelas (Maksimal 5 orang per kelompok)!
  • Carilah cerita atau kejadian nyata tentang al-Asmau-al-Husna, al- Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!
  • Presentasikan hasil tugas kelompok tersebut kelompok lain memberikan tanggapan!

Untuk tugas kelompok ini, silahkan teman-teman kerjakan sesuai dengan perintah atau petunjuk soal. Kami disini hanya mengulas beberapa contoh cerita yang yang teman-teman paparkan lagi, diantaranya:

  • Al Alim: Tsunami Aceh pada tahun 2004, Allah Swt. telah mengetahuinya sebelum kejadiannya
  • Al Khabir: Allah teliti dalam menciptakan Alam Semesta agar tidak saling bertabrakan antar planet
  • As Sami: Jika kita berdo'a, Allah selalu mendengar apa yang kita ucapkan dalam do'a tersebut walaupun itu didalam hati
  • Al Bashir: Allah melihat segala perbuatan yang kita lakukan

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12-15

Mempelajari soal-soal yang sudah dilengkapi kunci jawabannya tentu sangat efektif sekali. Maka dari itu, untuk membantu teman-teman dalam belajar, kami sengaja menyediakan kunci jawaban diatas dalam format file dokuemn PDF. Nantinya dapat teman-teman simpan pada ponsel atau dicetak. Berikut ini silahkan unduh filennya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 180kb

Dalam mengerjakan tugas sekolah, ada soal-soal yang mudah untuk dijawab, namun ada juga soal-soal yang sulit untuk dijawab. Dan terkadang ada soal-soal yang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, sehingga siswa harus mencari alternatif jawaban diluar buku pelajaran.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 27 28 29 30

Dan kebanyakan siswa pasti akan mencari jawaban dari soal-soal tersebut di internet. Maka tak heran jika sekarang ini kunci jawaban menjadi bagian penting bagi sebagian siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Jikapun kita mencari kunci jawaban di internet, maka akan kita dapati banyak blog pendidikan yang menyediakannya.

Tugas sekolah memang menjadi bagian dalam kegiatan belajar siswa di sekolah. Nilai yang nantinya diperoleh dari tugas-tugas sekolah akan guru catat pada buku nilai. Dan pada akhir semester, nilai dari tugas harian akan guru rekap dan ambil beberapa persen untuk dimasukkan kedalam nilai akhir pada raport semester.

Nilai dari tugas sekolah tentu cukup penting bagi teman-teman, namun teman-teman juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti penilaian dan tugas peraktek. Maka mulai dari sekarang persiapkanlah diri teman-teman dengan memperbanyak belajar di rumah.

Karena dalam mengikuti kegiatan penilaian, baik itu penilaian harian, akhir semester dan juga penilaian akhir tahun, teman-teman harus bisa memahami materinya, teman-teman harus menjawab dan mengerjakan soal-soalnya sendiri. Maka mulailah serius dalam belajar, manfaatkan juga soal-soal ini sebagai bahan belajar teman-teman.

Demikianlah ulasan kami untuk kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 12, 13, 14, 15 ini. Kerjakan dengan sungguh-sungguh tugas sekolah tersebut. Cek dan periksa kembali jawabannya sebelum disalin ke buku tugas. Dan semoga jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12 13 14 15 Ayo Berlatih Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"