√ Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44 45 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44 45 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 10 halaman 44 46 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 3 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini semata-mata hanya untuk membantu teman-teman siswa yang kesulitan dalam menjawab sebagian soal pada tugas sekolah.

Seperti yang kita semua tahu, bahwa tugas sekolah memang menjadi bagian dalam kegiatan belajar di sekolah. Setiap akhir penyampaian materi pelajaran biasanya guru akan memberikan tugas-tugas yang berupa soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran siswa.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44-45

Dan tugas-tugas ini biasanya tugas individu yang langsung dikerjakan di sekolah atau dijadikan guru sebagai tugas rumah untuk nantinya siswa kerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali. Dan sudah menjadi tanggung jawab siswa untuk mengerjakan tugas tersebut dan mengumpulkannya kembali kepada guru.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terkadang siswa dihadapkan dengan soa-soal yang sulit, yang jawabannya belum ditemukan di buku pelajaran. Sehingga siswa tersebut harus mencari jawaban diluar buku pelajaran, seperti internet atau dibuku pendidikan lainnya.

Maka tak heran jika sekarang ini banyak siswa yang mencari jawaban di internet untuk membantu mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Hal inilah yang mendorong kami untuk turut serta dalam menyediakan apa yang sekarang ini teman-teman siswa perlukan.

Diharapkan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 10 halaman 44 45 ini bisa membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang sulit pada tugas sekolah. Sehingga dengan begitu teman-teman bisa menyelesaikan tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44-45

Mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini memang cukup membantu para siswa. Namun kami selalu mengingatkan teman-teman agar tetap berusaha sendiri mencari jawabannya di buku pelajaran. Kalaupun ternyata belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka barulah alternatif jawaban seperti ini dimanfaatkan.

Mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan bisa mendapatkan nilai yang bagus merupakan sebuah prestasi yang baik sekali untuk teman-teman siswa. Nilai dari tugas-tugas sekolah akan sangat membantu teman-teman siswa dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Maka dari itu, kami selalu mengingatkan dan memotivasi teman-teman siswa untuk selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Manfaatkan dengan maksimal semua jawaban yang kami sediakan ini, kerjakan soal-soal yang teman-teman anggap sulit.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan manfaatkan dengan bijak kunci jawaban PAI kelas 10 halaman 44-45. Semoga dengan adanya jawaban ini, bisa menjadi jalan teman-teman dalam meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44 Isian

Evaluasi
A. Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan kejujuran lengkap dengan artinya.

Ayat-ayat yang berhubungan dengan kejujuran beserta artinya yaitu :

1) Q.S. al-Ahzab/33 ayat 70
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah Swt. dan ucapkanlah perkataan yang benar.”

2) Q.S. as-Saff/61 ayat 2-3
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apaapa yang tidak kamu kerjakan.”

3) Q.S. at-Taubah/9 ayat 119
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah SWT, dan hendaklah bersama orang-orang yang benar.”

2. Tulislah salah satu hadis tentang perilaku jujur lengkap dengan artinya.

Salah satu hadis tentang perilaku jujur beserta artinya:
Hadis dari Abdullah bin Mas’ud ra.

Artinya:
Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud ra., Rasulullah saw. bersabda, “Hendaklah kamu berlaku jujur karena kejujuran menuntunmu pada kebenaran, dan kebenaran menuntunmu ke surga. Dan sesantiasa seseorang berlaku jujur dan selalu jujur sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah olehmu berlaku dusta karena kedustaan menuntunmu pada kejahatan, dan kejahatan menuntunmu ke neraka. Dan seseorang senantiasa berlaku dusta dan selalu dusta sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai pendusta.” (H.R. Muslim)

3. Tuliskan beberapa keuntungan di dunia sebagai buah dari perilaku jujur.

Jujur adalah kesesuaian antara perkataan, perbuatan dan hati kita
Manfaat atau hikmah, keuntungan perilaku jujur, diantaranya:

  • Dalam menjani kehidupan sehari-hari tidak merasa terbebani apapun
  • Menimbulkan sikap positif, tidak ada suap menyuap dalam kehidupan
  • Bisa timbul rasa percaya diri dalam diri kita
  • Mempunyai rasa optimis dalam kehidupan dan saat melakukan sesuatu tanpa ada keraguan dalam benak dengan dasar-dasar yang kuat
  • Sikap jujur dalam keluarga tentunya membuat anggota keuarga tersebut menjadi nyaman. Karena antara keluarga dapat berinteraasi tanpa beban dan saling membantu bila salah satu keluarganya dalam keadaan kesusahan.
  • Dengan sikap jujur pada seorang pelajar dapat menimbulkan semua tugas atau pekerjaannya cepat selesai dan mudah dalam mengerjaan. Dan tidak ada masalah yang menghadang.
  • Kejujuran membawa pelakunya bersikpa berani, dengan pendirian berani karena benar
  • Dapat kepercayaan dari siapapun (orang tua, guru, atasan, bawahan, teman, lawan)

4. Sebutkan sikap yang harus ditunjukkan agar terhindar dari perilaku dusta.

Untuk menghindari prilaku dusta ini, seseorang harus menguatkan beberapa sikap berikut ini:

  • Meyakinkan diri bahwa Allah dan malaikatNya selalu menyaksikan perbuatan baik juga perbuatan buruk yang kita lakukan. Semua tak luput dari pengawasan Allah SWT. Dengan menyadari hal ini kita bisa mengontrol perbuatan termasuk prilaku dusta.
  • Membiasakan diri dalam berkata jujur. Berbuat kebaikan pun harus dibiasakan termasuk berkata yang sebenarnya agar hati terbiasa dan tercipta kontrol alami yang mencegah dusta.
  • Membiasakan diri untuk tak banyak bicara apalagi hal yang tak perlu. Pembicaran  yang tak perlu bisa menyesatkan orang dalam dusta.
  • Terus memperkuat keimanan karena tak ada sifat dusta di dalam jiwa seorang mukmin yang beriman.
  • Memperkuat rasa percaya diri agar terbebas dari kemungkinan dusta.
  • Meyakini bahwa melakukan perbuatan tercela seperti dusta sebenarnya adalah perbuatan aniaya terhadap diri sendiri karena ganjaran dusta adalah dosa.

5. Tuliskan 3 (tiga) dampak negatif akibat perilaku dusta yang dilakukan.

Tiga dampak negatif dari dusta yaitu :

  • Dusta membuat menjadi dosa
  • Menjadi tidak dipercaya lagi oleh orang- orang
  • Dikucilkan di dalam pergaulan dan lingkungan

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 45 Refleksi

B. Refleksi
Berilah tanda checklist (✔) yang sesuai dengan dorongan hatimu untuk menanggapi pernyataan-pernyataan berikut ini.

Pernyataan :

  1. Meminta jawaban kepada teman ketika mengikuti ulangan di sekolah. = Jarang
  2. Mengembalikan barang yang dipinjam kepada pemiliknya. = Selalu
  3. Merahasiakan kecurangan teman agar tidak dimusuhinya. = Jarang
  4. Membicarakan kecurangan orang lain kepada semua orang. = Jarang
  5. Menjawab pertanyaan orang lain sesuai dengan apa yang diketahuinya. = Selalu
  6. Membaca istigfar ketika terlanjur berkata dusta. = Selalu
  7. Menyadari dan menyesali perkataan dusta yang dilakukan. = Selalu
  8. Berteman dengan teman yang sering berdusta. = Jarang
  9. Ada perasaan khawatir dan waswas ketika berbuat dusta. = Selalu
  10. Merasakan kesulitan yang sangat besar ketika berkata jujur. = Tidak Pernah

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44-45

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa pada setiap soal-soal yang kami sediakan, kami juga menyediakan file dokumen PDF untuk soal-soal tersebut. Yang nantinya bisa teman-teman simpan atau cetak untuk kemudian dipelajari kembali. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 287kb

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terkadang siswa menemukan soal-soal yang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran. Maka tentu bagi sebagian siswa yang ragu untuk menjawab sendiri soal-soal tersebut, akan mencari alternatif jawabannya, dan sudah pasti internet menjadi tujuannya.

Lihat Juga : Kunci Jawaban Evaluasi PAI Kelas 10 Halaman 62 63

Kami berharap kunci jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi solusi dan memberikan jawaban yang terbaik untuk teman-teman semua, sehingga soal-soal yang dianggap sulit tersebut dapat dijawab, dan tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga tugas sekolah dapat dikumpulkan.

Dan kami tahu, bahwa setiap siswa pasti berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas sekolah yang dikerjakan. Namun kita semua tahu bahwa untuk mewujudkan harapan tersebut, teman-teman harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat.

Kami cukup yakin, jika jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban yang benar. Karena seperti yang sering kami sampaikan bahwa, jawaban yang kami sediakan ini bersumber dari berbagai blog pendidikan. Kami mencari dan memilih jawaban terbaik, untuk kemudian kami sajikan dalam satu artikel lengkap seperti ini.

Selain mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak lupa kami juga ingatkan teman-teman, untuk selalu giat dalam belajarnya. Persiapkan diri teman-teman untuk mengikuti kegiatan penilaian, baik penilaian harian, akhir semester dan penilaian akhir tahun. Dan manfaatkan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 44 46 ini sebagai bahan belajar di rumah.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 44 45 Evaluasi Bab 3 Semester 1 Buku Siswa"