√ Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62 63 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62 63 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 10 halaman 62 63 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 4 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini agar teman-teman siswa yang sekarang ini kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah dapat terbantu dan bisa segera menyelesaikan tugas sekolah tersebut.

Kami memahami, bahwa dalam mengerjakan tugas sekolah, pasti akan didapati soal-soal yang sulit. Yang terkadang jawabannyapun tidak ada pada buku pelajaran dan harus dijawab dengan pemahaman sendiri atau mencari jawabannya diluar buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62-63

Maka sudah pasti sebagian siswa akan memilih mencari jawabannya diluar buku pelajaran. Dan kita tahu bahwa tujuan utama para siswa sudah pasti internet. Dengan adanya internet, memang para siswa sangat terbantu sekali dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Sebanyak apapun tugas yang harus mereka kerjakan dan sesulit apapun soalnya, pasti semua dapat diselesaikan dengan memanfaatkan alternatif jawaban di internet. Jikapun kita coba untuk mencari kunci jawaban di internet, maka akan kita dapati banyak sekali blog pendidikan yang menyediakannya.

Begitupun dengan kami, kami berharap kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 62 63 ini bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Sehingga tugas sekolah tersebut dapat diselesaikan dan dikumpulkan kepada guru.

Dalam situasi seperti sekarang ini, dimana kita semua tahu kalau kegiatan belajar tatap muka belum sepenuhnya diterapkan. Maka sudah pasti siswa akan lebih banyak diberikan tugas-tugas oleh gurunya untuk dikerjakan di rumah, kemudian tugas-tugas tersebut harus dikumpulkan kembali kepada guru untuk dikoreksi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62-63

Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini dapat teman-teman manfaatkan dengan baik. Dan juga bisa teman-teman jadikan sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami pemahaman terhadap materinya guna untuk bekal dan persiapan dalam mengikuti kegiatan penilaian nantinya.

Memgerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini memang akan sangat dimudahkan. Namun kami selalu mengingatkan teman-teman, agar tetap berusaha dulu menjawab soal-soalnya dengan mencari jawabannya dibuku pelajaran.

Kalaupun sebelumnya teman-teman sudah berusaha dengan maksimal mencari jawaban di buku pelajaran, namun belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan jawaban ini dengan bijak, agar tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan.

Nah berikut ini silahkan teman-teman lihat dan manfaatkan dengan bijak jawaban yang telah kami sediakan. Kerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal dan raih nilai terbaik dari setiap tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62 Isian

Evaluasi
A. Uji Pemahaman

Jelaskan pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Jelaskan istilah tentang pengertian al-Qur’ān dan hadis.

Al-Qur'an berasal dari kata qara'a - yaqra'u - qira'atan - qur'anan yang artinya bacaan atau sesuatu yang dibaca.

Secara istilah Al-Qur'an adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dalam bahasa arab yang sampai kepada kita secara mutawattir, ditulis dalam mushaf.

Hadits berarti perkataan atau ucapan. Secara istilah hadits adalah segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan yang dilakulan oleh Nabi Muhammad Saw.

2. Apakah yang dimaksud dengan hadis mutawatir, hadis masyhur, dan hadis aḥad?

Yang dimakdud dengan hadis mutawatir, hadis masyhur, dan hadis aḥad yaitu:

  • Hadist mutawatir adalah nadist yang diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang adat, mustahil mereka sepakat untuk berdusta , mulai awal sampai akhir mata rantai sanad , pada setiap tabaqat atau generasi.
  • Hadist masyhur adalah jumlah perawi dalam tiap-tiap genarasi tidak harus sama atau seimbang.
  • Hadist ahad adalah hadist yang di riwayat kan oleh seorang atau dua orang perawi sahaja , dan termasuk tingkat para sahabat.

3. Jelaskan syarat-syarat berijtihād menurut Yusuf al-Qaradawi.

Menurut syeikh yusuf qardhawi yang saya baca di dalam buku fiqh soaial ada beberapa syarat untuk berijtihad. diantaranya:

  • Menguasai bahasa arab.
  • Menguasai kitabulloh dan hadis.
  • Mengetahui macam-macam ijma' yang diyakini.
  • Menguasai usul fiqh.menguasai metode qiyas.
  • Faham dalam mengistimbath hukum.
  • Menguasai maksud-maksud syariat dan menguasai kaedah-kaedahnya yang menyeluruh.
  • Mempunyai kapasitas mengistimbathkan hukum.
  • Adil dan tsiqoh.
  • Hanya mencari kebenaran yang hakiki.

4. Sebutkan dan jelaskan macam-macam hukum taklifi.

Berikut adalah macam-macam bentuk hukm taklifi :

  • Al-Ijab atau wajib yang dimana adalah berupa tuntutan pasti maupun sebuah perintah yang haruslah segera untuk dikerjakan.
  • An-Nadb atau sunnah yang dimana adalah berupa tuntutan yang dimana bertugas untuk melaksanakan terhadap sebuah perbuata, akan tetapi dari hal tersebut tidaklah harus dikerjakan dan apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala.
  • Al-Ibahah atau yang dimana adalah mubah bertujuan untuk mealkukan penetapan dari Allah yang terkandung kebolahan dari melakukan pemilihan diantara elakukan maupun meninggalkan
  • Karahah atau Makruh yang merupakan sebuah tuntutan untuk melakukan peninggalan terhadap sebuah perbuatan dan tidak memiliki sifat pasti.
  • Tahrim atau Haram yang merupakan sebuah perintah yang memiliki sifat pasti untuk harus ditinggalkan.

5. Perlukah ijtihād dilakukan saat ini? Jelaskan dengan alasan yang tepat.

Perlu, Ijtihad sangat diperlukan apabila akan menentukan hukum suatu perkara yang tidak dijelaskan dalam Al-Quran maupun Hadits agar tidak menimbulkan kemudharatan bagi umat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62 63 Refleksi

B. Refleksi
Berilah tanda checklist (✔) yang sesuai dengan dorongan hatimu dalam menanggapi pernyataan-pernyataan berikut ini.

Pernyataan :

  1. Setiap selesai śalat Magrib saya membaca al-Qur’ān. = Selalu
  2. Saya berusaha mengetahui arti ayat-ayat al-Qur’ān yang saya baca. = Selalu
  3. Saya berusaha memahami ayatayat al-Qur’ān yang saya baca. = Selalu
  4. Saya berusaha mengamalkan kandungan ayat-ayat al-Qur’ān yang telah saya pahami. = Selalu
  5. Saya berusaha membaca al- Qur’ān sesuai dengan kaidah tajwid. = Selalu
  6. Saya berusaha mempelajari hadis-hadis yang menjelaskan tentang tata cara śalat. = Selalu
  7. Saya berusaha mengetahui arti hadis-hadis yang menjelaskan tentang tata cara śalat. = Selalu
  8. Saat berusaha menghafal hadishadis yang menjelaskan tentang tata cara śalat. = Selalu
  9. Saya berusaha menyesuaikan perbuatan saya dengan pedoman dan tuntunan al- Qur’ān dan hadis yang telah saya pelajari. = Selalu
  10. Saya berusaha bertanya kepada guru dan ustaż tentang dalil dari amalan agama yang saya laksanakan. = Selalu

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62-63

Soal-soal diatas juga dapat teman-teman manfaatkan untuk bahan belajar di rumah. Tentu mempelajari soal-soal latihan yang sudah dilengkapi dengan jawabannya sangat efektif. Kami sudah menyediakan soal-soal tersebut dalam file PDF yang bisa teman-teman simpan atau cetak untuk dipelajari kembali. Berikut ini silahkan teman-tema unduh langsung filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 174kb

Mengerjakan tugas sekolah memang terkadang ada malasnya. Apalagi jika tugas yang dikerjakan ada banyak dan soal-soal pada tugas tersebut cukup sulit. Namun teman-teman tidak bisa menjadikan alasan untuk tidak mengerjakan tugas sekolah.

Lihat Juga : Kunci Jawaban Evaluasi PAI Kelas 10 Halaman 86 87

Karena sesulit apapun, atau sebanyak apapun tugas yang harus dikerjakan, sudah menjadi kewajiban teman-teman selaku siswa untuk menyelesaikannya. Dengan begitu teman-teman bisa mendapatkan nilai dari tugas-tugas harian atau tugas sekolah.

Dan nilai yang teman-teman peroleh dari tugas-tugas sekolah sangatlah penting. Karena dalam perhitungan nilai akhir di raport semester, nilai dari tugas sekolah menjadi salah satu nilai yang diperhitungkan. Maka dari itu, setiap ada tugas sekolah, kerjakanlah dengan maksimal.

Dan manfaatkan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 10 halaman 62 63 ini dengan baik untuk menyelesaikan soal-soal pada tugas sekolah, terutama untuk soal-soal yang sulit yang belum teman-teman temukan jawabannya di buku pelajaran.

Dan seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, selain tugas sekolah, teman-teman juga akan mengikuti beberapa kegiatan lainnya yang juga sangat penting. Maka persiapkan diri teman-teman dengan memperbanyak belajar di rumah. Pelajari materi yang belum teman-teman pahami, serta manfaatkan soal-soal latihan seperti ini sebagai bahan belajar di rumah.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 62 63 Evaluasi Bab 4 Semester 1 Buku Siswa"