Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP] Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 91 92 93 Ayo Berlatih Bab 6 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 90 91 92 93 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ayo berlatih bab 6 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Jawaban ini akan membantu teman-teman siswa yang kesulitan dalam menjawab sebagian soal pada tugas sekolah, dengan begitu tugas sekolah dapat teman-teman selesaikan.

Dalam mengerjakan tugas sekolah, tak jarang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang jawabannya tidak ada di buku pelajaran, sehingga siswa menganggap soal tersebut sulit dan belum bisa dijawab sendiri. Jika seperti ini tentu siswa akan mencari alternatif jawaban agar tugas sekolah bisa diselesaikan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90-93

Terkait tugas sekolah, teman-teman tentunya tahu bahwa sebagian besar tugas yang guru berikan kepada siswanya diambil dari soal-soal latihan pada buku pelajaran yang terkait dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Dan tugas-tugas yang guru berikan biasanya adalah tugas individu yang harus siswa kerjakan di rumah.

Dalam masa pembelajaran seperti sekarang ini, tentu siswa akan lebih setring diberikan tugas oleh gurunya. Maka tak heran jika kami dapati ada siswa yang mengeluh karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan. Namun demikian, sudah menjadi tanggung jawab setiap siswa mengerjakan tugas yang gurunya berikan.

Kami berharap kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 90 91 92 93 yang kami sediakan ini bisa turut andil dalam membantu teman-teman siswa, khususnya yang memang memerlukan alternatif jawaban untuk menjawab sebagian soal-soal yang sulit pada tugas sekolah. Dengan begitu tugas sekolah bisa diselesaikan dan bisa dikumpulkan kepada guru.

Jawaban yang kami sediakan ini kami ambil dari berbagai sumber, baik dari situs pendidikan, buku pelajaran maupun pemahaman kami sendiri. Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami siapkan untuk teman-teman ini. Semoga saja jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam mendapatkan nilai terbaik.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 Sampai 93

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa memang jawaban menjadi hal penentu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tinggi atau rendahanya nilai yang teman-teman dapatkan dari tugas sekolah, tergantung dari jawaban yang nantinya teman-teman tulis.

Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban, namun kami selalu mengingatkan teman-teman untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya dan selalu mengecek jawaban yang kami sediakan sebelum disalin ke buku tugas.

Tak lupa kami juga ingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajar, karena selain mengerjakan tugas sekolah masih ada beberapa kegiatan penting lainnya yang harus teman-teman persiapan, seperti kegiatan penilaian, dan kegiatan peraktek.

Semoga dengan adanya kunci jawaban ini, teman-teman semua bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan tidak terlambat dalam mengumpulkan tugas kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 91 92 Pilihan Ganda

II. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tand silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

1. Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi...
A. Bahan untuk dipelajari
B. Kitab yang selalu dibaca
C. Rujukan dalam kehidupan
D. Sumber hukum bernegara
Jawab : C

2. Kalimat memiliki arti...
A. Wahai sekalian manusia
B. Wahai orang-orang yang beriman
C. Wahai orang-orang yang beruntung
D. Wahai seluruh isi alam
Jawab : B

3. Di dalam ayat (ayat dapat dilihat pada buku) tersebut terdapat bacaan "Al" qamariyah sebanyak ... tempat
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab : B

4. Di dalam ayat (ayat dapat dilihat pada buku) tersebut terdapat bacaan "Al" syamsiyah sebanyak .... tempat
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
Jawab : C

5. Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan tentang...
A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua
B. Kewajiban menuntut ilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt.
D. Kewajiban mengerjakan salat
Jawab : C

6. Kata yang tepat untuk melengkapi penggalan ayat (ayat dapat dilihat pada buku) tersebut adalah...
A. (ayat dapat dilihat pada buku)
B. (ayat dapat dilihat pada buku)
C. (ayat dapat dilihat pada buku)
D. (ayat dapat dilihat pada buku)
Jawab : C

7. Pada kata aamanu mengandung bacaan mad, penyebab dibaca mad adalah...
A. fathah berhadapan dengan huruf ya sukun
B. kasroh berhadapan dengan huruf ya sukun
C. domah berhadapan dengan huruf waw sukun
D. fathah berhadapan dengan huruf dal sukun
Jawab : C

8. Yang membedakan manusia dengan hewan adalah karena manusia...
A. Memiliki insting dan perasaan
B. Dapat menikmati berbagai manakan.
C. Memiliki akal untuk berpikir
D. Mempunyai indera yang lebih tajam
Jawab : C

9. Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu, kecuali...
A. Akan diangkat derajatnya
B. Mampu menyelesaikan masalah
C. Akan beriman dengan sempurna
D. Boleh melakukan apa saja
Jawab : D

10. Q.S. al-Mujadalah/58:11 menjelaskan tentang...
A. Perintah berbuat baik kepada orang tua
B. Derajat orang yang beriman dan berilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah
D. Kewajiban mengerjakan salat
Jawab : B

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 92 93 Uraian, Tugas Individu & Kelompok

III. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33!

Surat Ar-Rahman ayat 33 memiliki isi kandungan tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengetahui benda-benda langit. Dalam ilmu pengetahuan,manusia dapat menjelajahi angkasa raya.Dengan ilmu pengetahuan, manusia mampu menembus sekat-sekat yang selama ini belum terkuak.

2. Jelaskan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!

Surah al-Mujadalah/58 ayat 11 menjelaskan keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan. Maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.

3. Salinlah hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah yang terdapat pada dua ayat tersebut!

Hukum alif lam syamsyiah pada surah Ar rahman ayat 33 adalah السَّمَاوَاتِ. Hukum alif lam syamsyiah pada surah Al mujadallah aat 11 adalah الَّذِينَ, اللَّهُ الَّذِينَ , dan وَالَّذِينَ. Hukum alif lam qamariyyah pada surah Ar rahman ayat 33 adalah الْجِنِّ , الْإِنْسِ dan وَالْأَرْضِ. Hukum alif lam qamariya pada surah Al mujadallah aat 11 adalah الْمَجَالِسِ.

4. Q.S. ar-Rahman/55: 33!

Surah Ar-Rahman 33 adalah ayat yang membicarakan mengenai keutamaa dalam menuntut ilmu. Pada ayat tersebut Allah SWT menegaskan bahwa jamaah manusia maupun jin tak akan bisa melintasi langit dan bumi apabila tak memiliki kekuatan. Kekuatan dalam hal ini ditafsirkan ulama sebagai ilmu pengetahuan.

Berikut bunyi dari surah Ar-Rahman ayat 33:
يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Adapun terjemahnnya sebagai berikut:
Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

5. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan kandungan

Contoh perilaku yang mencerminkan isi kandungan surah ar rahman ayat 33 adalah Menyakini bahwa kekuasaan Allah tidak dapat ditandingi oleh gabungan kekuatan manusia dan jin. Selalu mempelajari hal-hal yang ada di bumi dan di langi sebagai bahan renungan untuk menambahkan keimanan kepada Allah

6. Q.S. al-Mujadalah/58: 11!

Lafadz surah al mujadillah ayat ke 11 adalah :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Terjemahan dari surah al mujadillah ayat 11 adalah Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.

7. Mengapa manusia wajib menuntut ilmu?

Setiap manusia baik yang beriman maupun tidak beriman, diwajibkan untuk senantiasa menuntut ilmu dari ia lahir hingga meninggal. Hal ini disebabkan orang yang berilmu akan mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akhirat terutama bagi kaum muslimin. Hal ini didasari dari hadits "Siapa yang menghendaki kebahagiaan hidup dunia, harus dengan ilmu, dan siapa yang menghendaki kebahagiaan akhirat harus dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan keduanya (dunia dan akhirat) juga harus dengan ilmu". (HR. Tabrani). Selain itu bagi manusia yang senantiasa menuntut ilmu terutama ilmu agama, hidupnya akan senantiasa diridhai oleh Allah SWT, serta mempermudah jalannya untuk mencapai Jannah-Nya.

8. Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil?

Cara menuntut ilmu supaya berhasil yaitu dengan menuntut ilmu sesuai dengan ajaran Al-Quran dan As-Sunnah. Maksudnya, menuntut ilmu memang wajib hukumnya bagi setiap insan manusia, namun ilmu yang ditekankan untuk dipelajari merupakan ilmu yang tidak bertentangan dengan ajaran – ajaran yang telah tertuang dalam Al-Quran, selain itu sangat diperlukannya sikap – sikap mulia ketika menuntut ilmu seperti mengikhlaskan niat menuntut ilmu hanya karena Allah SWT (Qs. Al-Bayinnah : 5), mendengarkan pelajaran dengan sungguh – sungguh dan dengan sebaik – baiknya (Qs. Az-Zumar : 17-18), tidak ikut berbicara / usahakan diam ketika guru mengajar ( Qs. Al-A’raf : 204).

9. Mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya?

Alasan mengapa manusia harus berilmu untuk kelangsungan hidupnya, kurang lebih sama dengan jawaban nomor 1, yaitu untuk menuai kebahagian sesuai dalil Hadits Riwayat Tabrani. Selain itu dengan menjadikan diri sebagai insan manusia yang berilmu, kelangsungan hidupnya akan lebih terjamin, sebab manusia yang berilmu dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya maupun orang lain.

10. Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?

Pembahasan :

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Artinya : “Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.” (Qs. Ar-Rahman : 33). Dari surah ini, dapat dijelaskan bahwa manusia tidak dapat menembus / melintasi langit kecuali dengan kekuatan. Kekuatan disini memiliki makna bisa dengan upaya dan usaha, namun upaya dan usaha saja tidak cukup, masih diperlukan ilmu dan ketakwaan kepada Allah SWT agar manusia mampu menembus langit.

11. Mengapa orang yang berilmu harus pula beriman?

Orang yang beriman juga berilmu, akan menjadikan keimanannya sebagai patokannya dalam menuntut ilmu, sedangkan orang yang berilmu namun tidak beriman, akan menjadikan kepintarannya diatas segalanya tanpa memiliki pondasi iman. Dengan kata lain, orang yang berilmu namun tidak beriman ia akan lebih mudah terjerumus kedalam kesesatan, sedangkan orang yang berilmu serta beriman, akan menjadikan dirinya semakin dekat dan lurus di Jalan kebenaran, maka dari itu manusia yang berilmu hendaknya juga beriman.

12. Jelaskan perbedaan orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu!

Secara garis besar, perbedaan antara orang berilmu dan orang tidak berilmu ialah Allah SWT lebih meridhoi orang yang berilmu, sebab orang yang berilmu merupakan orang yang menjalankan kewajiban yang telah diberikan oleh Allah SWT. Secara lebih rinci, beberapa perbedaan antara orang yang berilmu dan tidak berilmu antara lain :
  • Orang yang berilmu luas pemikiran dan wawasan, orang tidak berilmu sebaliknya.
  • Memiliki sikap yang tenang, toleransi yang tinggi, serta lebih mudah menerima hidayah. Orang tidak berilmu memiliki sikap yang tergesa – gesa, intoleran, serta lebih mudah menolak hidayah.
  • Memiliki sikap yang rasional, percaya diri, serta idealis, sedangkan orang tidak berilmu memiliki sikap yang emosional, sering minder, serta materialis.

IV. Tugas Individu

Setelah kalian mempelajari ayat dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu, amatilah perilaku-perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. al-Mujadalah/58: 11 di lingkungan sekolah dan di tempat tinggalmu!

Beberapa contoh perilaku yang mencerminkan Surah Ar-Rahman ayat 33, antara lain :
  • Gemar mencari ilmu-ilmu pengetahuan baru sebagai bukti nyata cinta ilmu pengetahuan dunia dan akhirat.
  • Senantiasa mencari jawaban akan keagungan alam semesta yang telah diciptakan Allah SWT.
  • Senantiasa menggali ilmu pengetahuan baik melalui pendidikan formal maupun non formal.
  • Tidak pernah merasa sombong atas ilmu yang ia miliki.
  • Selalu menyandarkan ilmu yang dimilikinya kepada Allah SWT.

Al-Mujadillah ayat 11!

Beberapa contoh perilak yang mencerminkan surah Al-Mujadillah ayat 11, antara lain :

  • Menuntut ilmu tidak hanya ilmu duniawi melainkan juga ilmu akhirat, baik melalui majelis dan sejenisnya.
  • Saling bahu membahu serta memberikan kemudahan terhadap orang lain guna menimba ilmu yang serupa.
  • Tidak sombong, patuh, dan taat terhadap setiap perintah yang diberikan oleh guru.
  • Memiliki perasaan selalu merasa butuh terhadap ilmu dunia dan akhirat agar bisa selamat melalui kehidupan yang fana ini.
  • Menyeimbangkan Ilmu dunia dan Ilmu agama.

V. Tugas Kelompok

  1. Buatlah kelompok sesuai jumlah peserta didik di kelas (Maksimal 5 orang per kelompok)!
  2. Buatlah kaligrafi dari salah satu ayat-ayat tentang semangat mencari ilmu!
  3. Karya dibingkai dengan rapi dengan ukuran minimal 50 cm x 30 cm!

Salah satunnya Q.S. al- Mujadalah ayat 11 :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya: … niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90-93

Soal-soal latihan seperti ini juga bisa teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar, untuk memperdalam pemahaman teman-teman terkait materi-materi pada buku pelajaran. Maka dari itu, kami juga menyediakan soal-soal diatas dalam file dokumen PDF yang bisa teman-teman simpan atau di print untuk kemudian dipelajari kembali. Berikut ini, silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 175kb

Kami berharap kunci jawaban yang kami sediakan ini bisa teman-teman manfaatkan sebaik mungkin, sehingga tugas-tugas sekolah bisa diselesaikan. Dan semoga jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman untuk meraih nilai yang lebih baik lagi dari nilai tugas sebelumnya.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 106 107

Karena nilai tugas juga sangat membantu teman-teman dalam memperbaiki atau meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Karena dalam menentukan nilai akhir pada raport semester, guru juga akan mengambil beberpaa persen dari nilai-nilai tugas harian, maka dari itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan.

Namun selain tugas sekolah, tentunya teman-teman juga akan mengikuti berbagai kegiatan penting lainnya, seperti kegiatan penilaian harian, akhir semester, penilaian akhir tahun dan kegiatan peraktek. Teman-teman sangat perlu persiapan untuk mengikuti kegiatan-kegaiatn tersebut.

Maka dari itu, kami selalu menganjurkan, agar teman-teman memanfaatkan soal-soal latihan seperti ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena bisa saja soal-soal ini nantinya muncul pada soal penilaian. Dan yang pastinya materi-materi yang ada pada soal-soal ini pasti akan keluar pada soal-soal penilaian.

Demikian ulasan kami untuk kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 90 91 92 93 ini. Kami yakin teman-teman bisa dengan bijak memanfaatkan jawaban ini, sehingga tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan. Dan semoga jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam meraih nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "[LENGKAP] Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 91 92 93 Ayo Berlatih Bab 6 Semester 1 Buku Siswa"