√ Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 106 107 Ayo Berlatih Bab 7 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 106 107 Ayo Berlatih Bab 7 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 103 104 105 106 107 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ayo berlatih bab 7 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan teman-teman siswa dapat segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru.

Kami menyadari, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa mendapati soal-soal yang sulit, yang jawabannya belum bisa siswa temukan pada buku pelajaran. Atau memang ada sebagian soal yang harus dijawab sesuai pemahaman masing-masing siswa, sehingga sebagian siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 106 107

Dalam situasi belajar seperti saat ini, dimana kegiatan belajar dilaksanakan secara daring, tentu hal ini juga akan berdampak kepada siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas individu oleh gurunya untuk nantinya dikerjakan di rumah dan harus segera dikumpulkan kepada guru.

Banyaknya tugas sekolah yang harus siswa kerjakan, membuat sebagian siswa memilih mencari alternatif jawaban di internet. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang tersedia di internet, siswa dengan mudah bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya, meskipun tugasnya banyak dan soal-soalnyapun sulit.

Namun tentu hal seperti ini kurang bagus untuk siswa, karena tidak berusaha dulu mencari jawabannya di buku pelajaran. Itulah kenapa kami sering mengingatkan kepada teman-teman siswa, meskipun kami disini menyediakan jawaban lengkap untuk semua soal-soal latihan pada buku pelajaran, namun setidaknya teman-teman bisa berusaha dulu mencari jawabannya.

Jikapun nantinya masih ada soal-soal yang sulit yang belum bisa teman-teman jawab sendiri, barulah teman-teman memanfaatkan kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 103 104 105 106 107 yang kami sediakan ini agar tugas sekolah bisa diselesaikan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 Sampai 107

Sudah menjadi tanggung jawab setiap siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang guru berikan, sekalipun tugas tersebut banyak dan soal-soalnya sulit. Karena siswa perlu mendapatkan nilai tugas harian, dan nilai tugas harian cukup penting bagi setiap siswa nantinya.

Dalam menentukan nilai akhir pada raport semester, nilai tugas harian menjadi salah satu nilai yang diperhitungkan oleh guru. Biasanya pada akhir semester, guru akan merekap keseluruhan nilai yang diperoleh siswa dan mengambil beberapa persen dari nilai tugas harian untuk dimasukkan kedalam nilai raport semester.

Maka dari itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan. Dan manfaatkand engan bijak jawaban yang kami sediakan ini. Dan selalu teliti dan mengecek jawaban sebelum nantinya disalin ke buku tugas teman-teman.

Semoga jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan bagi teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
I. Penerapan

Isilah kolom di bawah ini dengan contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt. yang dapat dilihat dengan menyertakan alasannya!

Contoh perilaku  beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT dalam kehidupan ialah :

  • Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Contoh perilaku : Menyampaikan sesuatu sesuai yang diamanahkan kepadanya.
  • Malaikat Mikail bertugas menurunkan hujan dan menyampaikan rezeki kepada seluruh ciptaan Allah SWT. Contoh perilaku : Bekerja giat, tidak boleh malas, untuk mencari rezeki Allah SWT.
  • Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala. Contoh perilaku : suatu hari akan datang hari kiamat , maka yang perlu dipersiapkan selama hidup ialah beribadah dan taat kepada Allah SWT dan RasulNya
  • Malaikat Izrail : bertugas untuk mencabut nyawa. Contoh perilaku : setiap manusia tidak ada yang tau kapan malaikat Izrail mencabut nyawanya maka hendaklah perbanyak mohon ampun kepada Allah SWT dan mensyukuri atas ni'mat yang telah diberi
  • Malaikat munkar dan nakir bertugas untuk menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur. Contoh perilaku yang bisa diambil ialah selalu memperbanyak mengingat Allah SWT, mengingat tentang kematian, berdzikir, mambaca al-qur'an
  • Malaikat Raqib dan atid bertugas mencatat amal baik dan buruk Manusia. Contoh perilaku yang dapat diambil ialah diamanapun berada hendaklah berperilaku baik sesuai syariat Islam, dan jangan berperilaku maksiat, karena setiap Manusia tidak pernah lepas dari pengawasan Allah SWT.
  • Malaikat Malik Bertugas menjaga pintu neraka. Contoh perilaku yang dapat diterapkan ialah selalu menjaga perbuatan sesuai dengan al-qur'an dan hadits, karena apabila melakukan perbuatan melanggar ajaran Islam maka akan mendapat siksa di masukkan dalam api neraka
  • Malaikat Ridwan bertugas menjaga Syurga. Contoh perilaku yang yang dapat diterapkan ialah perbanyak shalat, zakat, infaq, shadaqah, menyantuni fakir miskin dan hal-hal baik lainnya sehingga mendapat Syurganya Allah SWT.

II. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tand silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

1. Makhluk Allah Swt, yang gaib, terbuat dari nur atau cahaya, dengan wujud dan sifat-sifat tertentu adalah ...
A. Manusia
B. Jin
C. Malaikat
D. Setan
Jawab : C

2. Sifat-sifat malaikat di antaranya ...
A. Selalu menentang perintah Allah Swt.
B. Patuh dan taat kepada Allah Swt.
C. Selalu makan dan minum
D. Mempunyai hawa nafsu
Jawab : B

3. Fenomena hancurnya alam semesta merupakan gambaran terjadinya hari kiamat. Allah Swt. menugasi malaikat peniup sangkakala yang dapat menghancurkan alam semesta ini. Malaikat tersebut adalah ...
A. Jibril
B. Mikail
C. Israfil
D. Izrail
Jawab : C

4. Setia perbuatan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat? Semua itu akan dicatat oleh malaikat ...
A. Jibril
B. Munkar dan Nakir
C. Raqib dan Atid
D. Malik dan Ridwan
Jawab : C

5. Berikut ini yang bukan merupakan perbedaan antara malaikat dengan manusia adalah ...
A. Manusia memiliki hawa nafsu, sedang malaikat tidak.
B. Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat dari api.
C. Malaikat patuh kepada Allah Swt. sedangkan manusia tidak.
D. Malaikat memiliki tugas yang berbeda dan manusia tidak.
Jawab : A

6. Berikut ini adalah hikmah dari beriman kepada Allah Swt. Antara lain ...
A. Memberi semangat kepada orang yang beriman agar menjadi muslim sejati.
B. Kurang hati-hati dalam berbicara dan berbuat.
C. Kurang bersemangat dan rajin beribadah kepada Allah Swt.
D. Tidak hafal nama dan tugas para malaikat.
Jawab : A

7. Zaid mengerjakan soal ujian tanpa mencontek, walaupun banyak kesempatan dan tidak ada pengawas di ruangan. Sikap tersebut menunjukkan bahwa ia beriman kepada malaikat ...
A. Jibril
B. Mikail
C. Raqib dan Atid
D. Israfil
Jawab : C

8. Salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama ...
A. Berjenis kelamin
B. Makhluk gaib
C. Berkembang biak
D. Memiliki nafsu
Jawab : B

9. Sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah ...
A. Memiliki nafsu
B. Makan dan minum
C. Kemampuan ilmunya
D. Kentudukkan dan kepatuhan
Jawab : A

10. Kita harus selalu melaksanakan semau perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Agar dapat surganya, kita harus ...
A. Iman kepada malaikat Ridwan
B. Iman kepada malaikat Malik
C. Iman kepada malaikat Munkar Nakir
D. Iman kepada malaikat Raqib dan Atid
Jawab : A

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 105 106 107 Uraian,  Tugas Individu & Kelompok

III. Uraian
Jawablah soal-soal berikut sesuai dengan pernyataan!

1. Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?

Malaikat selalu ta'at kepada Allah,karena Malaikat diciptakan tanpa diberi syahwat ( nafsu) sehingga dapat fokus pada perintah Allah untuk beribadah kepada-Nya. Artinya:"Dan Malaikat-Malaikat di sisi-Nya,mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.

2. Tuliskan sebuah ayat beserta terjemahannya yang menegaskan bahwa malaikat tidak merasa letih untuk taat kepada Allah!

Sebuah ayat beserta terjemahannya yang menegaskan bahwa malaikat tidak merasa letih untuk taat kepada Allah! terdapat pada surat Al-Anbiya' ayat 19 dan 20.

Ayat yang menyatakan bahwa malaikat tidak merasa letih untuk taat kepada Allah dapat disimak di ↓

Firman Allah Surat Al-Anbiya' ayat 19
وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ
Artinya : Dan kepunyaan-Nya-lah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.

Firman Allah Surat Al-Anbiya' ayat 20
يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ
Artinya : Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.

Malaikat adalah Mahluq Allah yang paling taat kepada Allah, selalu bertasbih siang malam tiada henti"nya, dan tiada pernah letih semua itu karena malaikat tidak memiliki nafsu, sehingga dapat konsentrasi penuh pada ibadah.

3. Sebutkan sifat-sifat malaikat!

Sifat-sifat Malaikat :
  • Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
  • Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
  • Selalu takut dan taat kepada Allah.
  • Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.

4. Jelaskan perbedaan malaikat dengan manusia dan makhluk gaib lain (jin dan setan/iblis)!

Malaikat tidak diberi kehendak atau hawa nafsu sementara manusia, jin dan iblis memiliki hawa nafsu. Malaikat, jin dan iblis adalah makhluk ghaib adapun manusia adalah makhluk syahadah (alam nyata)

5. Sebutkan (minimal 5) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat!

Contoh pengalaman iman kepada Malaikat:
  • Selalu taat beribadah kpd Allah SWT.
  • Selalu berhati2 di setiap perbuatan & tindakan
  • Senantiasa melakukan hal terbaik
  • Mensyukuri rezeki sekecil apapun
  • Senantiasa ramah kpd sesama manusia ( hablumminannas)

6. Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.?

Alasan kenapa kita harus beriman kepada malaikat-malaikat Allah adalah karena malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang selalu ta'at kepada Allah. Selain itu juga terdapat dalil naqli dari al qur'an dan hadist nabi muhammad untuk beriman kepada malaikat.

7. Sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat?

Perilaku-perilaku orang yang beriman kepada Malaikat:
  • Taat pada perintah Allah dan Rasul.
  • Menghindari perbuatan dosa.
  • Selalu mendoakan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Menyempurnakan ibadah.
  • Rajin sedekah.
  • Memperbanyak shalawat.
  • Menjenguk orang yang sakit.

8. Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!

Hikmah beriman kepada Malaikat:
  • Meningkatkan iman kita kepada Allah,
  • Berhati" dalam bertindak.
  • Yakin akan pertolongan Allah.
  • Memunculkan rasa syukur kepada Allah, karena melalui malaikat-malaikat-Nya, manusia memperoleh banyak karunia

9. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Izrail?

Yang dilakukan orang beriman terhadap adanya malaikat Izrail, diantaranya, Mempersiapkan diri, jika suatu waktu malaikat Izrail menjemput kita (nyawa kita), karena kita tidak tau kapan waktunya malaikat Izrail menjemput kita. Memperbanyak Amal Ibadah sebagai bekal jika malaikat Izrail menjemput kita

10. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Jibril?

Yang dilakukan org yang beriman kpd malaikat jibril adalah rajin membaca al-qur'an , karena percaya bahwa al-qur'an benar" diturunkan Allah melalui malaikat jibril. Yang dilakukan orang beriman terhadap adanya malaikat Izrail, diantaranya, Memperbanyak Amal Ibadah sebagai bekal jika malaikat Izrail menjemput kita.

IV. Tugas Individu

Setelah kalian mempelajari iman kepada malaikat, amatilah perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat tersebut di lingkungan kalian tinggal!

Pembahasan :
  • Ria Rajin ibadah karena ia tidak tau kapan malaikat Izrail mengambil nyawanya
  • Emma menyedekahkan uang jajannya kepada pengemis di jalan karena ia tau bahwa malaikat Ratid akan mencatat amalnya
  • Niko selalu jujur, walau ia berbuat kesalahan ia selalu mengakuinya karna ia tau Malaikat Atid dan Ratid selalu mencatat amal perbuatannya

V. Tugas Kelompok

1. Buatlah kelompok sesuai jumlah peserta didik di kelas (Maksimal 5 orang per kelompok)!

2. Masing-masing kelompok membuat tugas tentang satu atau dua malaikat:

  • Carilah dalil yang menegaskan malaikat tersebut baik al-Qur’an maupun hadis!
  • Buatlah contoh perilaku orang yang beriman kepada malaikat tersebut!

3. Presentasikan hasil kerja kelompokmu, kelompok lain menanggapinya!

Pembahasan :
Dalil yang menegaskan malaikat tersebut baik al-Qur’an maupun hadis :

  • Q.s. al-baqarah ayat 30 
  • Q.s. al-baqarah ayat 98 
  • Q.s. an-nisa' ayat 172

Contoh perilaku beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah

  • Melakukan perbuatan yang Allah perintahkan dan menjauhi perbuatan yang allah larang karena yakin semua perbuatan manusia selalu di catat oleh malaikat raqib dan atib
  • Mempersiapkan bekal agar dapat menjawab pertanyaan malaikat mungkar dan nakir di dalam kubur kelak
  • Selalu berkata atau berbicara dengan jujur
  • Selalu taat beribadah kepada Allah
  • Tidak menyombongkan diri kepada sesama makluk apalagi kepada Allah
  • Berubasaha mencari rezeki yang halal karena meyaki bahwa Allah memberikan rezeki kepada hambanya melalui malaikat mikail
  • Mensyukuri nikmat yang Allah berikan
  • Tidak melalukan perbuatan yang tergolong operbuatan maksiat kepada Allah
  • Memperisapkan bekal untuk kehidupan di akhirat kelak

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103-107

Untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman di rumah, kami juga sudah menyediakan soal-soal diatas dalam bentuk file dokuemn PDF yang nantinya bisa teman-teman simpan pada ponsel atau diprint, untuk kemudian dipelajari kembali, sebagai persiapan dalam menghadapi kegiatan penilaian. Untuk menyimpan soal-soal tersebut, silahkan teman-teman unduh pada link berikut ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 192kb

Kami menyadari akan pentingnya alternatif jawaban seperti ini bagi sebagian siswa dalam menjawab sebagian soal-soal pada tugas sekolah, terkhusus untuk soal-soal yang dianggap sulit. Karena kami tahu bahwa tidak semua siswa mampu menjawab semua soal-soalnya dengan mudah.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah pasti sebagian siswa akan mendapati soal-soal yang dianggap sulit yang mungkin jawabannya tidak ditemukan di buku pelajaran. Atau memang soal-soal tersebut harud dijawab dengan pemahaman dan pengetahuan sendiri, sehingga sebagian siswa terkendalam menyelesaikan soal-soalnya.

Kami berharap teman-teman siswa bisa memanfaatkan jawaban ini dengan bijak, sehingga tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan. Mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini tentu akan sangat dimudahkan. Namun kami berharap teman-teman siswa bisa menggunakan jawaban ini seperlunya saja.

Tak lupa kami juga merekomendasikan kepada teman-teman, untuk memanfaatkan soal-soal latihan seperti ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena mempelajari soal-soalk yang telah dilengkapi kunci jawaban dan pembahasannya juga akan sangat efektif.

Demikian ulasan kami kali ini untuk kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 103 104 105 106 107. Manfaatkan dengan bijak jawaban yang telah kami sediakan ini, isi dan jawab soal-soal yang belum selesai yang teman-teman anggap sulit. Dan semoga jawaban ini bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang lebih baik lagi dari nilai tugas sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 103 104 105 106 107 Ayo Berlatih Bab 7 Semester 1 Buku Siswa"