√ Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76 77 78 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76 77 78 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 76 77 78 Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti kegiatan ayo berlatih bab 4 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Kami berharap alternatif jawaban ini bisa teman-teman siswa manfaatkan dengan baik untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah, terlebih untuk soal-soal yang dianggap sulit.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang sulit. Soal-soal ini dianggap sulit karena terkadang jawabannya belum ditemukan di buku pelajaran, atau memang soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri sehingga siswa kesulitan menjawabnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76-78

Namun tentu tidak semua siswa kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah, namun yang kami maksudkan adalah sebagian dari siswa. Karena kita semua pasti setuju, bahwa setiap siswa memiliki pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda, tak terkecuali dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Sesulit apapun soal-soal pada tugas sekolah, tidak bisa menjadi alasan bagi siswa untuk tidak mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Karena sudah menjadi tanggung jawab siswa mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal tersebut, sehingga tugas sekolah dapat dikumpulkan kepada guru.

Dan kita semua tahu, bagi siswa yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah, pasti akan mencari solusi dan alternatif jawaban agar soal-soal tersebut dapat dijawab dan tugas sekolah bisa diselesaikan. Dan sudah pasti siswa akan mencari jawaban diluar buku pelajaran. Dan pastinya internet menjadi tujuan utama siswa dalam mencari jawaban.

Melihat antusias siswa dalam mencari kunci jawaban di internet, menjadi dorongan kami untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 76 77 78 ini. Kami berharap dengan jawaban ini teman-teman siswa yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah dapat terbantu, sehingga tugas sekolah bisa dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76 Sampai 78

Mengerjakan tugas sekolah sudah menjadi rutinitas siswa selama kegiatan persekolahan berlangsung. Setiap kali pembelajaran dilaksanakan, dan guru menyampaikan materi pembelajaran. Pada akhir penyampaian, biasanya guru akan memberikan tugas berupa soal-soal latihan.

Dan kita tahu bahwa sebagian besar soal-soal latihan yang guru berikan kepada siswa untuk dijadikan tugas, biasanya diambil dari soal-soal latihan pada buku pelajaran. Maka dari itu, tidak heran jika sekarang ini ada banyak blog pendidikan yang menyediakan kunci jawaban dari soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Dengan adanya kunci jawaban ini, teman-teman siswa pastinya akan sangat terbantu sekali dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Sebanyak apapun tugas sekolah dan sesulit apapun soal-soal pada tugas sekolah, semua itu bisa diselesaikan dengan memanfaatkan kunci jawaban.

Namun kami selalu menyarankan teman-teman untuk tetap berusaha dulu sebelum memanfaatkan alternatif jawaban ini. Pastikan teman-teman tetap berusaha dengan maksimal mencari jawabannya, kalaupun ternyata belum menemukan jawaban yang tepat, maka barulah teman-teman memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76 77 Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Hukum melaksanakan śalat sunnah rawatib qabliyah Subuh adalah...
a. sunnah grairu mu’akad
b. sunnah mu’akad
c. fardu kifayah
d. fardu ‘ain
Jawab : B

2. Śalat sunnah rawatib yang dilaksanakan sebelum śalat Isya’
dinamakan...
a. qabliyah Magrib
b. qabliyah Isya
c. ba’diyah Isya
d. ba’diyah Subuh
Jawab : B

3. Śalat tahiyatul masjid dilaksanakan secara...
a. berjemaah lebih utama
b. munfarīd lebih utama
c. munfarīd atau sendiri
d. berjemaah atau munfarīd
Jawab : C

4. Śalat witir dilaksanakan setelah śalat Isya. Jumlah bilangan rakaatnya paling banyak adalah ... rakaat
a. tiga
b. lima
c. sembilan
d. sebelas
Jawab : D

5. Perhatikan śalat sunnah berikut ini !
1) Śalat idain
2) Tarawih
3) Witir
4) Tasbih
5) Tahiyatul masjid
Śalat sunnah yang dapat dilaksanakan secara munfarīd atau berjema’ah adalah...
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 3, 4 dan 5
d. 1, 3 dan 4
Jawab : B

6. Memahami dan menghargai perbedaan jumlah bilangan rakaat dalam pelaksanaan śalat tarawih, merupakan salah satu wujud akhlak mulia umat Islam yang dinamakan...
a. tawadu
b. qanaah
c. tawakal
d. tasamuh
Jawab : D

7. Śalat sunnah yang tujuannya untuk meminta hujan akibat kemarau panjang adalah śalat...
a. kusūf
b. khusūf
c. istisqā
d. tahajjud
Jawab : C

8. Śalat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari tanggal...
a. 10 Zulhijjah
b. 11 Zulhijjah
c. 12 Zulhijjah
d. 13 Zulhijjah
Jawab : A

9. Śalat rawatib yang hukumnya sunnah muakkad adalah...
a. dua rakaat sebelum śalat Zuhur
b. dua rakaat sebelum śalat Asar
c. empat rakaat sebelum śalat Zuhur
d. empat rakaat sebelum śalat Asar
Jawab : A

10. Pada waktu melaksanakan śalat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah...
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
Jawab : B

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 78 Isian

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini!
1. Apakah perbedaan śalat sunnah mu’akkad dan gairu mu’akkad?

Terdapat perbedaan antara shalat sunnah muakkad dan shalat sunnah ghairu muakkad. Shalat sunnah muakkad adalah shalat yang dianjurkan dilaksanakan dengan penekanan sehingga hampir-hampir mendekati hukum wajib. Contohnya shalat sunnah sebelum shalat subuh sebanyak dua rakaat. Adapun yang dimaksud dengan shalat sunnah ghairu muakkad adalah shalat yang dianjurkan dilaksanakan namun tanpa penekanan. Contoh shalat sunnah ghairu muakkad adalah shalat 2 rakaat setelah shalat dzuhur.

2. Sebutkan tiga macam śalat sunnah yang dilaksanakan secara berjema’ah!

Contoh shalat sunnah yang dilaksanakan dengan berjamaah antara lain adalah shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, Shalat Gerhana Matahari (Kusuf), Shalat Gerhana Bulan (Khusuf), Shalat Istisqa’.

3. Tuliskan bacaan niat śalat tahajjud beserta artinya!

Niat shalat tahajjud:
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
(Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.)
Artinya : Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala.

4. Sebutkan hikmah melaksanakan śalat sunnah!

Hikmah melaksanakan shalat sunnah adalah mendapatkan pahala dan kemuliaan di sisi Allah SWT. Pahala shalat sunnah ini menjadi penyempurna pahala shalat wajib, menjadikan hati lebih tenang, mendapat ridha’ Allah SWT, sebagai sarana dikabulaknnya keinginan atau doa, mendapat nikmat kesehatan dan lain sebagainya.

5. Bagaimana cara melaksanaan śalat sunnah istisqā?

Shalat Istisqa adalah shalat meminta hujan kepada Allah SWT. Shalat ini dilaksanakan secara berjamaah di wilayah yang lapang dengan jumlah rakaat sebanyak dua dan diikuti dengan khutbah sebanyak dua kali pula.

C. Tugas

  1. Carilah dalil-dalil naqli yang terkait dengan pelaksanaan śalat sunnah!
  2. Pak Mardiansyah merupakan salah seorang tokoh masyarakat. Ia sangat rajin melaksanakan śalat Idul Fitri dan śalat Idul Adha. Bagi Pak Mardiansyah, kedua śalat hari raya itu sudah dianggap sebagai kewajiban karena dapat meningkatkan rasa hormat masyarakat kepadanya. Namun, di sisi yang lain dia malas dalam melaksanakan śalat far«u. Pak Mardiansyah menganggap bahwa śalat hari raya lebih berarti dan lebih penting dibandingkan śalat far«u. Pendirian beliau sudah tentu tidak benar. Bagaimana cara menjelaskan dan memberi pengertian kepadanya? Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing! (jawaban minimal terdiri dari dua cara alternatif)
  3. Carilah data dan informasi dari teman-teman sekelasmu mengenai śalat sunnah yang sering dilaksanakan. Kemukakan juga alasan-alasannya! Laporkan dan paparkan hasil penelusuran yang kamu lakukan baik secara individu atau kelompok!

Pembahasan:

  1. Dalil-dalil naqli yang terkait dengan pelaksanaan salat sunnah ada dalam HR. Al-Bukhari, kitab al-Iimaan bab az-Zakaati minal Islaam, (hadits no. 46) dan HR. Abu Dawud, kitab ash-Shalaah, bab Qaulin-Nabiy: Kullu Shalaatin laa Yutimmuha Shaahibuha Tutammu min Tathaw-wu’ih, (hadits no. 864). Sholat sunnah adalah sholat-sholat yang dicontohkan Rasulullah diluar sholat fardhu 5 waktu.
  2. Sholat fardhu lebih banyak mendapat bila di laksanakan dan akan mendapat dosa bila tidak d laksanakan sholat idul fitri & idul adha itu sunah bila d laksanakan mendapat pahala bila tidak tak apa-apa.
  3. Sholat tahajud, karena selain banyak pahalanya tetapi juga doa yang diucapkan mudah - mudahan dikabulkan.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76-78

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa soal-soal latihan yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya juga bisa teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar di rumah untuk memperdalam pemahaman teman-teman. Nah berikut ini kami sudah menyiapkan file dokumen PDF untuk soal-soal diatas. Silahkan unduh pada link berikut ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 184kb

Kita semua pasti setuju, bahwa setiap siswa yang mengerjakan tugas-tugas sekolah pasti berharap bisa mendapatkan nilai atau hasil yang bagus. Sehingga dengan nilai-nilai tersebut, para siswa bisa meningkatkan nilai akhir di raport semester. Karena guru akan memperhitungkan nilai-nilai yang siswa peroleh dari tugas-tugas sekolah.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 93 94 95

Namun dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, jawaban menjadi hal yang sangat penting. Jika siswa ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka ia harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat, sehingga pada saat guru mengoreksi tugas tersebut, soal-soalnya banyak yang benar.

Kami memang tidak bisa menjamin, bahwa semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat. Akan tetapi kami cukup yakin dengan jawabna yang kami sediakan ini, karena memang kami mencari jawaban dari berbagai sumber, baik buku dan internet, dan kami memilih jawaban terbaik yang kami anggap tepat dan benar.

Namun meskipun demikian, kami selalu memperingati teman-teman semua, untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Pastikan untuk selalu mengecek setiap jawaban yang kami sediakan ini sebelum nantinya teman-teman salin ke buku tugas.

Semoga kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 76 77 78 yang kami sediakan ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman untuk meraih nilai yang lebih bagus lagi dari nilai tugas sebelumnya. Dengan begitu, teman-teman bisa memperbaiki dan meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 76 77 78 Ayo Berlatih Bab 4 Semester 1 Buku Siswa"