√ Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 93 94 95 Ayo Berlatih Bab 5 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 93 94 95 Ayo Berlatih Bab 5 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 92 93 94 95 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti soal latihan ayo berlatih bab 5 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi, lengkap untuk soal pilihan ganda dan soal isian. Diharapkan jawaban yang kami sediakan ini akan membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kami menyadari, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa harus berhadapan dengan soal-soal yang sulit. Soal-soal ini dianggap sulit oleh siswa, terkadang memang karena jawabannya tidak ada di buku pelajaran, siswa belum memahami materinya, atau memang soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92-95

Hal seperti ini umum terjadi dan sangat wajar sekali. Namun tentu tidak semua siswa kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Ada siswa yang memang tidak mengalami kendala sama sekali dan bisa menyelesaikan semua tugas sekolah, namun ada juga sebagian siswa yang masih belum bisa menyelesaikan tugas sekolah karena belum menemukan jawaban yang tepat.

Kita semua tahu, meskipun sebagian siswa menganggap sulit soal-soal pada tugas sekolah, sehingga belum bisa menyelesaikannya. Namun tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak mengerjakan dan mengumpulakn tugas-tugas sekolah. Sebanyak apapun tugas sekolah dan sesulit apapun soal-soal pada tugas tersebut, sudah menjadi kewajiban siswa menyelesaikannya.

Nah untuk bisa menjawab soal-soal yang dianggap sulit tersebut, sebagian siswa akan memilih mencari alternatif jawaban. Dan alternatif jawaban ini tentu dicari diluar buku pelajaran. Dan kita semua tahu jika internet menjadi tujuan utama para siswa dalam mencari segala hal yang mereka perlukan dalam kegiatan persekolahan.

Tak terkecuali dengan kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 92 93 94 95 ini. Dengan adanya kunci jawaban ini, kami berharap teman-teman siswa tidak lagi kesulitan dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Dan bisa tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 Sampai 95

Dalam mengerjakan tugas sekolah, siswa akan sangat terbantu dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Sebanyak apapun tugas sekolah, dan sesulit apapun soal-soalnya, tentu semua itu tidak masalah bagis siswa. Semua bisa diselesaikan tepat waktu dan tugas bisa segera dikumpulkan.

Namun demikian, memanfaatkan kunci jawaban seperti ini tentu kurang bagus untuk teman-teman siswa. Apalagi jika semua tugas sekolah dikerjakan dengan memanfaatkan kunci jawaban yang tersedia di internet. Maka dari itu, kami selalu berpesan, agar teman-teman bijak dalam memanfaatkan kunci jawaban ini.

Pastikan sebelumnya teman-teman tetap berusaha mencari jawabannya di buku pelajaran. Kalaupun ternyata teman-teman tidak juga menemukan jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soalnya, barulah kemudian teman-teman memanfaatkan alternatif jawaban yang tersedia di internet.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan manfaatkan dengan bijak kunci jawaban yang kami sediakan. Silahkan piliha jawaban yang diperlukan, apakalah jawaban untuk soal-soal pilihan ganda atau soal-soal uraian.

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 93 94 Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Amin sedang melaksanakan salat berjema’ah di masjid. Pada rakaat kedua Amin mendengarkan bacaan ayat sajdah yang dibaca oleh imamnya. Setelah ayat sajdah selesai dibacakan Amin melakukan sujud....
a. syukur
b. tilawah
c. sahwi
d. sajdah
Jawab : B

2. Perhatikan ayat- ayat al-Qur’ān berikut :
1) Q.S. al-A’rāf/7 ayat 206
2) Q.S. ar-Ra’du/13 ayat 25
3) Q.S. an-Nahl/16 ayat 49
4) Q.S. Al-Isrā’/17 ayat 119
5) Q.S. al-Hajj/22 ayat 18
6) Q.S. Maryam/19 ayat 58
yang termasuk ayat-ayat sajdah adalah....
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 2, 3, 4 dan 5
c. 1, 3, 5 dan 6
d. 3, 4, 5 dan 6
Jawab : C

3. Hukum melakukan sujud tilawah yaitu....
a. sunnah
b. wajib
c. fardu kifayah
d. jaiz
Jawab : A

4. Hasim sedang mengerjakan śalat, tiba-tiba teringat bahwa bilangan rakaat yang dikerjakannya lebih, sebaiknya Hasim melaksanakan sujud sahwi....
a. sebelum salam
b. setelah salam
c. sebelum takbir
d. setelah takbir
Jawab : A

5. Di salah satu wilayah terjadi musibah banjir. Kebetulan salah seorang saudara Bu Anita tinggal di wilayah tersebut. Dia mendapat kabar bahwa saudaranya selamat dari musibah tersebut. Bu Anita kemudian melakukan sujud....
a. rukun
b. sahwi
c. tilawah
d. syukur
Jawab : D

6. Perhatikan pernyataan berikut :
1) Lupa kelebihan rakaat śalat
2) Mendapatkan nikmat yang luar biasa
3) Mendengarkan ayat-ayat sajdah
4) Lupa tidak melaksanakan salah satu dari rukun śalat
5) Lupa kekurangan jumlah rakaat śalat
6) Terhindar dari musibah
Pernyataan yang merupakan penyebab untuk melaksanakan sujud sahwi adalah....
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 4 dan 5
d. 4, 5 dan 6
Jawab : C

7. Ayat dapat dilihat pada buku!
Lafal tersebut merupakan bacaan dari sujud....
a. sahwi
b. tilawah
c. syukur
d. sajdah
Jawab : A

8. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud syukur sebanyak ... kali.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawab : A

9. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud sahwi sebanyak ... kali.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawab : B

10. Berikut adalah ketentuan sujud syukur kecuali....
a. dilakukan di luar śalat
b. dilakukan seorang diri
c. harus menghadap kiblat
d. tidak harus bersih dari hadas dan najis
Jawab : D

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 94 95 Isian

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini !
1. Jelaskan perbedaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi!

Perbedaan sujud syukur, tilawah dan sahwi adalah terletak pada alasan pelaksanaannya. Sujud tilawah dilaksanakan karena membaca ataupun mendengar ayat-ayat sajdah. Sujud syukur dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur, misalnya karena mendapat berkah, keinginan terkabul dan lain sebagainya. Adapun sujud sahwi adalah jenis sujud yang dilaksanakan di dalam shalat akibat lupa ataukah ragu terkait pelaksanaan shalat.

2. Mengapa kita harus melakukan sujud syukur?

Penggunaan kata HARUS keliru sebab harus sepadan maknanya dengan WAJIB padahal hukum sujud syukur adalah SUNNAH, yang artinya dianjurkan untuk dilakukan sebab mendapat pahala namun tidak mengapa ditinggalkan sebab tidak mendapat dosa.

3. Sebutkan tata cara melaksanakan sujud tilawah!

Tata cara pelaksanaan sujud tilawah berbeda ketika dilakukan di dalam shalat dan di luar shalat. KETIKA SHALAT, sujud tilawah dilaksanakan dengan mengangkat tangan seperti takbis kemudian melaksanakan sujud satu kali setelah ayat sajadah dibacakan. Setelah itu, bangun dari sujud dan melanjutkan shalat. DI LUAR SHALAT, sujud tilawah dilaksanakan dengan berdiri terlebih dahulu atau pun tidak, menghadapkan diri pada kiblat lalu melakukan takbiratul ihram dengan kedua tangan diangkat, lalu berhenti sejenak dan kemudian bertakbir lagi tanpa mengangkat tangan dan langsung bersujud. Setelahnya bangun dari sujud dan duduk sejenak dan kemudian diakhiri dengan jalan membaca salam.

4. Jelaskan hikmah sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari?

Hikmah pelaksanaan sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadikan kita paham dan sadar betul bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa, oleh sebab itu tidak pantas bagi manusia menyombongkan diri terlebih di hadapan Allah SWT. Hikmah lainnya adalah ketika lupa dan salah maka segera memperbaiki dan memohon ampun pada Allah SWT.

5. Sebutkan 15 ayat sajdah!

Berikut adalah 15 ayat sajdah:
Surah Al-A’raf ayat 296, Ar-Ra’d ayat 15, An-Nahl ayat 50, Al-Isra’ ayat 109, Maryam ayat 58, Al-Hajj ayat 18, Al-Hajj ayat 77, Al-Furqan ayat 60, An-Naml ayat 26, As-Sajdah ayat 15, Fussilat ayat 38, An-Najm ayat 62, Al-Alaq ayat 19 dan Sad ayat 24.

C. Tugas

1. Buatlah naskah pidato dengan tema :

  • Mensyukuri nikmat Allah Swt.
  • Menjauhi sifat takabur.
  • Kemuliaan ajaran al-Qur’ān.

Untuk tugas ini, kami telah menyediakan satu contoh pidato yang nantinya bisa teman-teman jadikan sebagai rujukan. Silahkan Unduh Disini untuk melihat dan menyimpan pidatonya.

2. Banyak manusia diberikan harta yang melimpah, jabatan yang tinggi, rumah mewah, hidup serba berkecukupan, tetapi mereka tetap kufur kepada Allah Swt. Tidak sedikitpun merasa bersyukur kepada Allah sedangkan orang yang hidup serba pas-pasan dan kadang masih kekurangan, mereka selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan- Nya. Ini merupakan salah satu masalah sosial yang harus dicari jalan keluarnya. Diskusikan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut !

Mengajak dan memperingatkan mereka yang mempunyai harta berlebih untuk tidak kufur,ingat solat,ingat bersedekah. Sebenarnya hidup itu untuk mencari bekal untuk diakhirat bukan untuk mencari harta kekayaan.

3. Carilah data dan informasi dari teman-teman sekelasmu mengenai macam-macam sujud yang pernah mereka lakukan. Data dan informasi itu untuk menjawab masalah-masalah berikut ini?

  • Berapa persen teman di kelasmu yang pernah melakukan sujud syukur?
  • Berapa persen teman di kelasmu yang pernah melakukan sujud sahwi?
  • Berapa persen teman di kelasmu yang pernah melakukan sujud tilawah?
  • Bagi yang pernah melakukan, sujud syukur itu mudah atau sulit caranya?
  • Bagi yang pernah melakukan, sujud sahwi itu mudah atau sulit caranya?
  • Bagi yang pernah melakukan, sujud tilawah itu mudah atau sulit caranya?
  • Bagi yang belum pernah melakukan, carilah alasannya! Laporkan dan paparkan hasil penelusuran yang kamu lakukan baik secara individu atau kelompok.

Untuk tugas pada nomor 3 ini, silahkan teman-teman kerjakan dengan menanyakan langsung kepada teman sekelas. Namun kami disini sudah memberikan gambar jawabannya, sebagai berikut:
  • 20%
  • 60%
  • 10%
  • Mudah
  • Sulit
  • Mudah
  • Karena mereka belum tahu

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92-95

Soal-soal latihan yang sudah dilengkapi dengan jawabannya tentunya dapat teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar. Maka dari itu, untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman, kami sudah menyediakan file dokumen PDF untuk soal-soal diatas. Nah silahkan teman-teman unduh filenya melalui link berikut ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 166kb

Mengerjakan tugas sekolah memang terkadang ada malasnya. Namun teman-teman siswa harus tahu, bahwa mengerjakan tugas sekolah adalah kewajiban bagi setiap siwa. Dan dengan mengerjakan tugas-tugas sekolah, artinya teman-teman sudah melaksanakan kewajiban sebagai seorang murid.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 109 110 111

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa mendapai soal-soal yang sulit, yang terkadang jawabannya tidak ditemukan di buku pelajaran. Atau memang soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri, sehingga membuat sebagian siswa kesulitan menjawabnya.

Teman-teman tahu, bahwa sesulit apapun soal-soal pada tugas sekolah, tidak bisa menjadi alasan teman-teman untuk tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah. Karena semua soal-soal pada tugas sekolah awajib dikerjakan agar tugas tersebut bisa dkumpulkan kepada guru.

Dan bagi sebagian siswa yang kesulitan menjawab beberapa soal pada tugas sekolah, tentu akan mencari alternatif jawaban. Dan sudah pasti tujuan utamanya adalah internet. Kita semua tahu bahwa sekarang ini informasi apapun ada di internet, dan tidak terkecuali dengan kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Kami berharap kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 92 93 94 95 yang kami sediakan ini bisa membantu para siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Sehingga tugas tersebut nantinya tidak terlambat mengumpulkan kepada guru.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 92 93 94 95 Ayo Berlatih Bab 5 Semester 1 Buku Siswa"