√ Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 39 40 Ayo Berlatih Bab 2 Semester 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 39 40 Ayo Berlatih Bab 2 Semester 1 Buku Siswa

Berikut ini kami sediakan untuk teman-teman siswa kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 9 halaman 38 39 40 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 2 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi terbaru. Jawaban ini kami sediakan sebagai alternatif bagi teman-teman siswa yang kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Tak bisa dipungkiri, jika kunci jawaban seperti ini masih sangat diperlukan oleh sebagian besar siswa. Kunci jawaban banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terutama dalam menjawab soal-soal yang sulit yang menjadi tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38-40

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, memang terkadang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang sulit, yang terkadang jawabannyapun tidak ada di buku pelajaran. Sehingga mengharuskan siswa untuk mencari jawabannya diluar buku, seperti internet dan lainnya.

Jika seperti itu, sudah pasti siswa banyak mencari jawaban di internet, karena memang internet menjadi sumber referensi utama siswa dalam mencari materi belajarnya. Kalaupun saat ini kita coba mencari kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran siswa, maka akan kita dapati banyak sekali blog pendidikan yang menyediakannya.

Inilah yang menjadi alasan kami untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 9 halaman 38 39 40 ini. Kami yakin teman-teman siswa sangat memerlukan jawaban seperti ini untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah, sehingga nantinya tugas tersebut dapat segera dikumpulkan kepada guru.

Namun meskipun begitu, kami selalu menyarankan, agar teman-teman tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban, namun kami selalu mengingatkan, agar teman-teman periksa terlebih dahulu jawabannya sebelum disalin ke buku tugas.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 Sampai 40

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi kegiatan rutin teman-teman selama kegiatan belajar. Meskipun tidak setiap hari, namun guru akan memberikan tugas berupa soal-soal latihan pada akhir penyampaikan materi pelajaran. Dengan tugas sekolah, guru dapat mengukur kemampuan siswanya, apakah sudah memahami materi yang disampaikan, atau malah sebaliknya.

Dan nilai-nilai yang teman-teman dapatkan dari tugas-tugas sekolah cukuplah penting. Karena dalam menentukan nilai akhir di raport semester, salah satu nilai yang diperhitungkan adalah nilai dari tugas-tugas harian. Maka dari itu, jangan pernah menganggap reme tugas-tugas sekolah, apalagi sampai tidak mengerjakannya.

Selain mengerjakan tugas sekolah, teman-teman juga tentunya harus rajin belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan lainnya, seperti penilaian harian, akhir semester dan penilaian akhir tahun. Kegiatan-kegiatan tersebut sangatlah penting bagi teman-teman. Maka dari itu giatlah belajar dari sekarang, dan manfaatkan juga soal-soal ini sebagai bahan belajar di rumah.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak kunci jawaban yang telah kami sediakan. Lihat dan teliti setiap kunci jawabannya. Kalaupun ragu dengan jawabannya, maka kami sarankan untuk mencari jawaban lain saja. Dan semoga dengan jawaban ini teman-teman bisa meraih nilai terbaik.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 39 Soal Pilihan Ganda

Ayo Berlatih
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d sesuai jawaban yang paling tepat!

1. Sifat orang yang berkata sesuai dengan kenyataan disebut...
a. rajin
b. malu
c. jujur
d. santun
Jawab : C

2. Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda...
a. munafik
b. tamak
c. ceroboh
d. takabur
Jawab :  A

3. Menurut Q.S. ²li ‘Imrān/3 ayat 77 bahwa orang-orang yang melanggar janji dan sumpah kepada Allah Swt. akan mendapat...
a. balasan yang setimpal
b. ampunan dari Allah Swt.
c. keringanan hukuman dari Allah Swt.
d. azab yang pedih dari Allah Swt. di akhirat kelak
Jawab : D

4. Di bawah ini yang merupakan salah satu manfaat jujur adalah...
a. mendapat tantangan dari orang lain
b. hidupnya susah
c. dipercaya orang lain
d. mudah diperalat oleh orang lain
Jawab : C

5. Q.S. al-A¥zāb/33 ayat 70 menegaskan bahwa Allah Swt. menyeru orang beriman untuk...
a. Bertakwa dan berbuat kebaikan
b. bertakwa dan berkata benar
c. berkata benar dan rendah hati
d. beriman dan bertakwa
Jawab : B

6. Ucapan seseorang kepada orang lain yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat disebut...
a. motivasi
b. nasihat
c. janji
d. optimis
Jawab : C

7. Seseorang yang ingkar janji berarti memiliki sifat...
a. takabur
b. riya’
c. hasud
d. munafik
Jawab : D

8. Berikut ini merupakan salah satu akibat ingkar janji bagi diri sendiri adalah...
a. berdosa besar
b. pertengkaran
c. permusuhan
d. muncul kebencian
Jawab : A

9. Menurut hadis riwayat Bukhari, orang yang terbaik di antara kita adalah...
a. orang yang tidak punya janji
b. orang yang selalu ingat janjinya
c. orang yang paling cepat menunaikan janji
d. orang yang paling baik menunaikan janji
Jawab : D

10. Apabila berjanji sebaiknya mengucapkan...
a. subhanallah
b. insyaAllah
c. astaghfirullah
d. lailaha illallah
Jawab : B

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 40 Isian

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Jelaskan pengertian jujur!

Jujur merupakan sebuah perilaku yang mencerminkan adanya keserasian dan kesesuaian antara perketaaan, hati, dan perbuatan. Seseorang dapat dikatakan jujur apabila yang diniatkan di hatinya, dilisankan atau diucapkan oleh mulutnya, serta apa yang diperbuatnya berbanding lurus atau memiliki kesesuaian. Jujur adalah sifat yang baik dan menjadi salah satu sifat dasar manusia. Pengetian jujur dari segi bahasa berarti berkata, mengakui, atau memberi tahu sebuah informasi yang sesuai dengan kenyataannya atau yang benar-benar terjadi.

2. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang teman berbohong kepada orang lain?

Pendapat kakak, apabila ada teman kita yang berbohong kepada orang lain, kita tidak boleh langsung bersuudzon / berprasangka buruk. Bisa saja teman kita terpaksa berbohong karena guna mengikuti Sunnah Rasulullah SAW. Namun apabila berbohongnya teman kita dalam hal keburukan, sudah kewajiban kita untuk mengingatkannya dan menegurnya. Apabila nasihat kita tidak diindahkannya, maka sudah bukan kewajiban kita lagi untuk menasehatinya. Kita hanya tinggal bisa berdoa kepada Allah agar teman kita diberikan pemikiran dan hidayah yang lurus.

3. Berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain!

Contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain :

  • Kita mengatakan yang sebenarnya, meski kenyataan itu pahit.
  • Kita tidak mengambil barang yang bukan milik kita.
  • Kita menjalankan tanggung jawab kita seperti yang dipercayakan orang lain pada kita.
  • Kita tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  • Kita tidak melakukan suap.

4. Jelaskan bahaya jika seseorang mengingkari janji!

Ingkar janji ini adalah sifat yang tercela dan mendatangkan sejumlah bahaya atau kerugian antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan dosa dari Allah SWT
  • Tidak lagi dipercaya oleh sesama manusia
  • Mereka yang gemar ingkar janji dekat dengan kemunafikan
  • Merusak hubungan persaudaraan atau pertemanan dengan sesama manusia
  • Hati tidak tenang dan hidup tidak tentram sebab dikejar dosa dan rasa bersalah

5. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang pemimpin yang mengingkar janji!

Berikut beberapa pendapat tentang pemimpi  yang ingkar janji

  • Pemimpin yang ingkar janji merupakan pemimpin yang buruk dan tidak perlu dipilih lagi pada pemilihan pemimpin selanjutnya
  • Pemimpin yang ingkar janji tidak akan sukses dalam memimpin dan lebih banyak memberi dampak negatif
  • Pemimpin yang ingkar janji akan mendaapt adzab dari Allah, karena setiap pemimpin itu akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di hari kiamat

C. Tugas

  1. Lakukanlah wawancara dengan ustaz atau gurumu untuk mengetahui hikmah perilaku jujur dan menepati janji!
  2. Salah satu teman sekelasmu mengingkari janji untuk mengembalikan buku pinjaman. Padahal, buku itu akan kamu gunakan untuk belajar sebagai persiapan menghadapi ulangan. Sebagai teman, apa yang akan kamu lakukan?
  3. Carilah di internet atau koran tentang peristiwa-peristiwa atau kisah yang menggambarkan kejujuran dan menepati janji, kemudian susunlah menjadi sebuah kliping!

Jawaban soal pertama : Hikamt berperilaku jujur dan menepati janji antara lain adalah

  • Membuat orang mudah percaya kepada kita
  • Menghindar permusuhan karena menyakiti perasaan orang lain
  • Mendapat rahmat dan kasih sayang dari  Allah
  • Mudah dalam mencari rezeki
  • Hidup bahagia dan tentram

Jawaban soal kedua : Hal yang kita lakukan apabila ada teman yang mengingkari janji untuk mengem  buku pinjaman, Padahal buku itu akan kita  gunakan untuk  sebagai persiapan menghadapi ulangan adalah meminta ia mengembaikan buku tersebut dan menjelaskan dampak dari ingkar janji. Apabila ia tetap ingkar janji maka kita berdo'a kepada Allah semoga Allah memberikan hidayah dan ampunan kepadanya. Kemudian kita mempersiapkan unjian dari bahan bacaan lainnya

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38-40

Untuk membantu teman-teman dalam belajar di rumah, kami sengaja menyediakan soal-soal diatas dalam format file dokumen PDF yang nantinya bisa teman-teman simpan atau cetak untuk kemudian dipelajari kembali. Karena belajar juga bisa teman-teman lakukan dengan cara mempelajari soal-soal seperti ini, dan itu cukup efektif sekali. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 162kb

Kami menyadari akan kebutuhan teman-teman siswa terhadap kunci jawaban seperti ini. Karena kita semua tahu bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, terkadang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang sulitm yang terkadang jawabannya tidak ada dibuku pelajaran.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 57 58 59

Atau terkadang ada soal yang harus dijawab dengan pemahaman sendiri atau melakukan pengamatan lapangan langsung sehingga siswa belum bisa menjawab soal-soalnya. Dan bagi sebagian siswa terkadang harus mencari alternatif jawaban, baik di buku pelajaran lainnya atau di internet. dengan begitu soal-soal tersebut dapat dijawab.

Dan kita semua tahu bahwa sekarang ini internet menjadi tujuan banyak siswa. Banyak sekali referensi yang tersedia di internet sehingga memudahkan para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tidak terkecuali dengan kunci jawaban untuk soal-soal latihan di buku pelajaran.

Jikapun kita coba untuk mencari kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku pelajaran di internet, maka kita akan menemukan banyak sekali blog pendidikan yang menyediakannya. Maka tentu hal ini akan sangat membantu siswa. Siswa sangat dimudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah dan bisa menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu.

Begitupun dengan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 9 halaman 38 39 40 ini. Kami berharap jawaban ini bisa teman-teman manfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang masih belum selesai. Sehingga nantinya teman-teman tidak terlambat mengumpulkan tugas kepada guru.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 38 39 40 Ayo Berlatih Bab 2 Semester 1 Buku Siswa"