√ Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 113 114 115 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 113 114 115 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa

Halo sobat semuanya, sekarang mari kita belajar dan berlatih soal IPA. Kali ini akan khusus membahas tentang kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 112, 113, 114, 115 semester 1. Dalam materi IPA ini akan terdapat banyak cabang ilmu seperti kimia, fisika, biologi. Banyak dari teman-teman yang pasti kurang suka belajar IPA.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112-115

Eits sebelum kalian memutuskan untuk tidak menyukai mata pelajaran ini, ayo kita lihat dulu sebenarnya IPA itu apa sih? IPA adalah kependekan dari ilmu pengetahuan alam. Dimana yang dibahas disini adalah seputar pengetahuan tentang alam dan lingkungan juga termasuk dalam sains atau ilmu pasti.

Apa yang menarik dari IPA? Kalian mesti tahu ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita akan bersentuhan langsung dengan tubuh dan organ-organnya. Membentuk tubuh yang sehat dan bugar juga dapat dipelajari dari IPA lho yakni dalam cabang ilmu biologi. Disini kalian akan banyak belajar mengenai hewan, tumbuhan, manusia, dan lain sebagainya.

Ada lagi cabang ilmu IPA yang mempelajari tentang benda-benda langit misalnya. Itu termasuk dalam pelajaran fisika. Kalian akan mengerti bagaimana proses terjadinya gerhana bulan, mengapa air laut pasang saat bulan purnama, dan lain sebagainya. Hal ini dapat dipelajari dalam cang ilmu fisika.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112-115 Semester 1

Seorang ahli pengetahuan alam juga dapat bekerja dalam bidang sains seperti menjadi seorang peneliti biologi, dokter, pilot, astronot, apoteker, insinyur, dan lain sebagainya. Bahkan IPA ini menjadi salah satu mata pelajaran favorit karena dapat memberikan lapangan kerja yang sangat banyak.

Lihat Juga :

Belajar IPA akan sangat membutuhkan kemampuan logika dan analisis, kemampuan menghitung, dan juga sekaligus kemampuan menghapal. Berbagai macam skill dibutuhkan dalam belajar ilmu eksak. Nah sebagai seorang siswa, dalam belajar IPA pastinya akan membutuhkan banyak latihan soal untuk menguji seberapa jauh pemahaman kalian.

Utamanya adalah pemahaman materi yang sudah diajarkan oleh guru. Selain itu belajar latihan soal lengkap dengan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 112, 113, 114, 115 semester 1 juga tersedia disini. Bahasannya tentang perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Adanya kunci jawaban ini tentunya akan memudahkan kalian untuk mengetahui jawaban yang benar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 113 114 115

Pilihan Ganda

1. Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembangbiakan secara ....
A. alami
B. seksual
C. generatif
D. vegetatif
Jawaban : D

2. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan ....
A. merunduk, setek, dan cangkok
B. merunduk, enten, dan umbi lapis
C. okulasi, stolon, dan tunas adventif
D. rhizoma, enten, dan tunas adventif
Jawaban : A

3. Berikut menunjukkan seekor kupu-kupu hinggap pada tanaman bunga A lalu membawa serbuk sari dari tanaman bunga A ke tanaman bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah ....
A. keturunan dari tanaman bunga A akan terlihat seperti tanaman bunga B
B. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A
C. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A dan tanaman bunga B
D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda
Jawaban : D

4. Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….
A. 2, 1, 3, 4
B. 2, 1, 4, 3
C. 3, 2, 1, 4
D. 4, 2, 3, 1
Jawaban : B

5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu tumbuh berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak tumbuh. Penyebab tidak tumbuhnya biji kacang milik Siti adalah ....
A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara
B. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak cahaya
C. Siti tidak menaruh piring di tempat yang cukup hangat
D. Siti seharusnya menggunakan jenis biji kacang yang berbeda
Jawaban : A

6. Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah ....
A. pembelahan sel telur
B. perkembangan embrio
C. produksi sel sperma dan sel telur
D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur
Jawaban : D

7. Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk ....
A. menghasilkan spesies baru serangga
B. meningkatkan jumlah serangga betina
C. mengurangi jumlah populasi serangga
D. mencegah serangga melakukan fertilisasi
Jawaban : C

8. Untuk mencari tahu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang kita dapat melakukan kegiatan ....
A. meletakkan biji di tempat gelap dan hangat
B. meletakkan biji di tempat hangat dan terang
C. meletakkan biji tersebut di tempat terang dingin dan gelap dingin
D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
Jawaban : C

9. Ketika ulat menjadi dewasa, bentuknya akan menjadi ....
A. Kupu-kupu
B. Belalang
C. Laba-laba
D. Kecoa
Jawaban : A

10. Anak ayam tumbuh di dalam telur selama 21 hari sebelum menetas. Cadangan makanan anak ayam sebelum menetas adalah ....
A. makanan dari induk betina
B. kuning telur yang ada pada telur
C. putih telur yang mengandung protein albumin
D. kuning telur dan putih telur yang terdapat di dalam telur
Jawaban : B

Esai

1. Jelaskan bagaimana cara reproduksi tumbuhan secara seksual!

Cara reproduksi tumbuhan secara seksual antara lain dengan cara : Penyerbukan yaitu proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik. dan dengan cara Fertilisasi di mana inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot (calon individu baru), dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji.

2. Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!

Pada saat bunga dihinggapi kupu-kupu, serbuk sari dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Pada saat kupu-kupu tersebut hinggap di bunga lain maka serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan dapat menempel pada putik bunga lain yang membuat terjadi proses penyerbukan.

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya?

Pada tanaman anakan yang ditanam dari hasil mencangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induknya serta dapat berbuah lebih cepat. Berbeda dengan tanaman anakan dari biji dimana tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi karena sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji.

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnya mengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?

Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita adalah dengan menerapkan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Mulai bisa dilakukan dari menguras bak yang menjadi sarang jentik-jentik nyamuk, menutup lubang ataupun benda-benda lain yang terdapat genangan air, dan menanam atau mengubur barang-barang tidak terpakai yang dapat menampung air hujan.

5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur setiap hari. Telur ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!

Telur ayam petelur tidak dapat berkembang menjadi anak ayam dikarenakan telur yang dihasilkan pada ayam petelur tidak melalui proses pembuahan (fertilisasi) dan tidak terdapat embrio sehingga jika dieram tidak akan menetas.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112-115

Untuk lebih memudahkan kalian dalam mempelajari uji kompetensi (bab 2 sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan) maka kalian dapat mendownload contoh soal dan kunci jawabannya dalam bentuk pdf. Dari versi pdf ini tentunya akan membuat kalian lebih mudah untuk mempelajarinya.

Kalian dapat menyimpannya di perangkat elektronik seperti laptop, tablet, atau penyimpan lainnya. Sehingga apabila ingin mempelajarinya hanya tinggal mengakses di folder penyimpanan.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 104kb

Jangan takut belajar ilmu pasti. Sebenarnya belajar ilmu pasti itu sangat menyenangkan karena kalian akan mengetahui banyak tentang hal-hal yang terjadi di dunia ini berikut alasan logisnya. Maka dari itu ayo belajar IPA.

Lihat Juga:

Kunci dari latihan soal sebenarnya adalah seberapa cepat kalian bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Karena dalam ujian sebenarnya kalian akan diburu oleh waktu yang sempit. Jangan sampai tidak bisa menyelesaikan keseluruhan soal yang diberikan karena kekurangan waktu.

Maka dari itulah latihan soal sangat penting untuk dapat mengasah kemampuan dan juga melatih kecepatan juga ketepatan berpikir.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 113 114 115 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa"