√ Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157 158 159 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157 158 159 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 157 158 159 semester 1 - Menelaah tentang materi ipa kelas 9 menjadi sangat tertantang, sementara siswa bisa lebih baik dalam memperoleh pengetahuan di dalam materi. Kelas 9 sudah mendekati hendak dilakukannya masa transisi dari smp ke sma. Pada masa transisi ini, siswa akan melewati apa yang dinamakan ujian kelulusan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157-159

Saat siswa tidak mampu mencapai standar kompetensi, maka ia dinyatakan tidak lulus atau gagal. Siswa yang tidak lulus, tentunya akan mengulang ujian tahun depan. Untuk mengatasi agar kalian tidak mengalami hal yang demikian rupa, harus berupaya dengan sungguh-sungguh, khususnya untuk belajar, latihan soal, membaca buku dan disisi lain perlu mengkaji tentang mapel yang diujikan.

Pada mapel ipa, kalian bisa mencari kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 157, 158, 159 semester 1 untuk tambahan. Pada mapel yang akan diujikan, kalian bisa mempelajari mapel wajib, ada ipa, matematika, ips, bahasa inggris dan masih ada beberapa mapel penting.

Saat diujikan, kalian akan bertemu dengan semua mapel, sementara kalian bisa mengupayakan semua mapel bisa dikerjakan dengan baik. Mapel-mapel yang tersedia bisa kalian kerjakan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157-159 Semester 1

Sebagai seorang siswa ipa, kalian harus memperhatikan teman-teman sekelilingnya, karena ipa identik dengan siswa yang cerdas. Siswa ipa dikategorikan sebagai siswa yang berfikir cerdas dan disiplin. Pada saat ada kendala di kelas, kalian harus banyak bertanya kepada teman.

Lihat Juga :

Tetapi di era pandemi ini kalian harus menemukan model pembelajaran baru yang memudahkan dan memberikan pemahaman siswa. Disisi lain, kalian bisa mengupayakan banyak agar proses belajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Disamping itu, kalian bisa memilih media online sebagai alternatif pembelajaran, misalnya kalian bisa memilih youtube untuk proses belajar. Dengan youtube kalian bisa memilih tutorial latihan soal agar mudah untuk mengingatnya. Kalian akan memperoleh gambaran untuk memahami materi ipa.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157 158 159

Pilihan Ganda

1. D. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel
2. B. 12 buah
3. D. gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet
4. C. kkHh
5. C. 2, 5
6. C. dari ayah dan ibunya
7. C. sel gamet
8. A. membandingkan gen mereka
9. C. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat dari ayah dan ibunya
10. A. perkawinan silang

Essai

1. Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong.
a. Apabila kedua buah tersebut disilangkan, tentukanlah kombinasi gen antara buah 1 dan buah 2 menggunakan tabel Punnet!
b. Apabila gen B dominan terhadap gen b, maka tentukan fenotipe dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan!

a) Jawaban:

b) Semua anakan atau filial 1 berbentuk bulat

2. Seorang perempuan dengan genotipe XhX pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotipe XhY. Tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!

Genotipe Parental : ♀ XhX x ♂ XhY
Fenotipe : wanita pembawa x pria hemofilia
Gamet : Xh dan X x Xh dan Y

Filial
Xh . Xh → Xhxh ⇒ Wanita , Hemofilia , Mati
Xh . X → XhX ⇒ Wanita , pembawa sifat ( carrier ) , Hidup
Xh . Y → XhY ⇒ Pria , Hemofilia , Hidup
X . Y → XY ⇒ Pria , Normal , Hidup

Rasio perbandingan F₁
[ XhXh ; XhX ; XhY ; XY ] = 1 : 1 : 1 : 1
Jadi, Perbandingan Anak yang hidup dan mati : 3 : 1

3. Kacang biji bulat warna kuning dengan genotipe BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotipe bbkk, jika bulat – kuning dominan terhadap lonjong – hijau tentukan:
a. F1
b. F2, jika F1 disilangkan sesamanya

a) Diagram Persilangan F1
Genotipe Parental : BBKK x bbkk
Fenotipe parental : biji bulat warna kuning x biji lonjong warna hijau
Gamet 1 : BK bk
Filial 1 : BbKk
Fenotipe F1 : Bulat kuning (heterozigot)

b) Diagram Persilangan F2
Persilangan F1 : BbKk x BbKk
Gamet 2 : BK, Bk, bK, bk x BK, Bk, bK, bk
Filial :

bulat kuning = 9 : bulat hijau = 3 : keriput kuning = 3 : keriput hijau = 1

4. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk menyiapkan bibit tanaman unggul. Apa saja tujuan dari penyiapan bibit tanaman unggul?

Tujuan dari penyiapan bibit yaitu:

  • Agar tanaman lebih tahan terhadap lahan yang kering atau kondisi lain.
  • Lebih tahan terhadap hama.
  • Kualitas hasil panen lebih bagus.
  • Jumlah hasil panen lebih banyak.
  • Waktu panen menjadi lebih cepat.

5. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia. Ketika masih muda ada seseorang yang diambil ginjalnya karena suatu penyakit. Kemudian orang tersebut mempunyai anak.
a. Berapakah jumlah ginjal yang dimiliki anaknya saat dilahirkan?
b. Jelaskan jawabanmu!

a) Anak dari orang tua tersebut tetap memiliki dua ginjal.

b) Karena, meskipun ginjal seseorang diambil dari tubuhnya, susunan genetik dalam tubuhnya tetap, termasuk gen-gen pengode pembentukan ginjal pada sel-sel sperma maupun sel ovum.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157-159

Banyak cara yang bisa kalian lakukan dalam proses pembelajaran. Kalian bisa melakukan belajar dengan rajin memecahkan soal. Menelaah mapel ipa dibutuhkan ketelitian agar proses pembelajaran menjadi sangat menarik. Kalian bisa belajar mengenai uji kompetensi (bab 3 pewarisan sifat pada makhluk hidup agar menambah wawasan mapel ipa. Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat ya!

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 479kb

Dengan begitu, kalian akan memperoleh banyak sekali materi-materi yang menarik, selanjutnya kalian bisa memperdalam materi-materi itu untuk bekal menghadapi ujian. Upaya untuk melakukan latihan soal dan download kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 157, 158, 159 semester 1 bisa kalian lakukan untuk menambah bahan latihan.

Lihat Juga:

Dalam melakukan akses pada soal-soal yang ada, kalian bisa membuka google dan bisa kalian manfaatkan untuk mencari berbagai macam soal yang ada. Dalam memilih soal-soal ipa, kalian perlu perhatikan apakah beserta dengan kuncinya atau tidak, jika belum kalian bisa mencari contoh soal beserta kuncinya.

Adapun kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 157, 158, 159 semester 1 bisa kalian akses dengan mudah dengan menggunakan hp android. Disisi lain, kalian bisa mencari contoh sial lain yang lebih lengkap dengan materi pewarisan sifat pada makhluk hidup. Kalian yang belum mengetahuinya, bisa mencoba mencari materi-materi ipa yang terkait dalam buku dan internet.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157 158 159 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa"