√ Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 122 Uji Pemahaman Materi Bab 2 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 122 Uji Pemahaman Materi Bab 2 Buku Siswa

Pada pembahasan materi mata pelajaran IPS kelas 7 akan dijabarkan mengenai interaksi sosial. Dimana siswa akan dijelaskan mengenai interaksi sosial dan lembaga sosial. Semua materi tersebut membahas mengenai pemahaman hubungan sosial.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121-122

Terdapat uji pemahaman materi yang terdapat pada bab 2, yang diberikan setelah pemahaman materi berupa penjelasan sedikit seputar dua topik tersebut. Sedangkan, untuk soal-soal bisa dipelajari dengan mempelajari kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 121,122 semeseter 1 sebagai patokan.

Pelajaran IPS memang lebih banyak membahas kehidupan sosial manusia dengan sesama manusia, yang terbentuk dalam interaksi sosial tersebut. Namun, untuk keseluruhan materi dibagi menjadi dua tahap pembahasan yaitu interaksi sosial dan lembaga sosial.

Akan lebih mudah untuk siswa mempelajari tahap pertahap pembahasan. Mulai dari yang umum hingga yang khusus. Bagian ini tidak dibutuhkan perhitungan dan juga penghapalan dan daya ingat, tapi lebih kepada pemahaman situasi yang dibuat oleh masyarakat atau manusia sebagai pelakunya.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 Sampai 122

Pembahasan pertama untuk bab ini adalah interaksi sosial, yaitu materi yang membahas mengenai jenis-jenis dari interaksi sosial antara manusia serta nama-nama istilah dari berbagai interaksi sosial tersebut.

Lihat Juga:

Pemahaman materi mungkin lebih dominan pada soal-soal yang bisa memberikan contoh situasi dari interaksi sosial tersebut. Mengerjakan soal-soal bisa dipelajari dengan melihat lembar kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 121,122 semeseter 1 tersebut.

Selain itu, pembahasan interaksi sosial lebih kepada bagaimana cara berpikir seseorang terhadap interaksi dengan orang lain dalam melakukan sesuatu hal. Oleh karena itu, siswa lebih belajar memahami kondisi dalam mempelajari mata pelajaran ini.

Interaksi sosial memang kegiatan kehidupan berbudaya yang tidak bisa diperkirakan secara pasti seperti soal hitungan. Tetapi lebih banyak menggunakan pertimbangan dan pemikiran. Itulah mengapa dianjurkan agar siswa lebih banyak mempelajari melalui pelatihan soal-soal.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 122

A. Pilihan Ganda

1. C. interaksi sosial
2. C. kontak dan komunikasi
3. B. orang perorangan
4. A. dua orang anak saling bersalaman dan saling berbicara
5. D. asimilasi
6. B. imitasi
7. A. gotong royong
8. B. keluarga
9. C. ekonomi
10. D. pendidikan berlangsung di keluarga

B. Esai

1. Jelaskan pengertian interaksi sosial !

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang terjadi antara orang dengan perorangan, antara kelompok dengan kelompok lainnya ataupun antara orang dengan suatu kelompok.

2. Jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial !

Syarat terjadinya interaksi sosial adalah dengan melalui kontak sehingga seseorang akan memberikan tafsiran pada perilaku orang lain atau perasaa yang ingin disampaikan kepada orang lain.

3. Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial !

Syarat terjadinya interaksi social diantaranya:

Kontak Sosial
Yaitu hubungan masing-masing pihak yang tidak hanya dilakukan secara langsung tetapi juga dapat dilakukan tanpa hubungan secara fisik seperti menggunakan smartphone maupun sarana komunikasi lainnya.

Komunikasi
Yaitu proses penyampaian pesan atau ide dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun dengan alat bantu sehingga memungkinkan terjadinya tanggapan dari orang lain.

4. Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial ?

Karena tanpa adanya interaksi sosial yang dinamis dan saling mempengaruhi maka tidak mungkin ada kehidupan bersama. Karena interaksi sosial merupakan syarat terjadinya aktivitas-aktivitas sosial.

5. Jelaskan perbedaan antara proses sosial yang asosiatif dengan proses sosial yang disosiatif !

Asosiatif
adalah hubungan yang dilakukan untuk menyatukan antara individu maupun kelompok di suatu interaksi sosial.

Disosiatif
adalah hubungan yang dilakukan untuk menyebabkan perpecahan diantara indivitu atau kelompok di suatu interaksi sosial.

6. Bagaimanakah pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial ?

Pengaruh dari interaksi sosial ini adalah terbentuknya kerjasama untuk membentuk suatu kesatuan yang dapat menyadarkan diri terhadap lingkungan sekitar.

7. Jelaskan pengertian lembaga sosial !

Lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

8. Jelaskan perbedaan antara kebiasaan dengan tata kelakuan dilihat dari kekuatan sanksinya!

Kebiasaan adalah suatu hal yang sering dilakukan secara umum. Sedangkan Tata Kelakuan adalah aturan atau hukum yang bersifat tertulis. Dilihat dari kekuatan sanksinya tata kelakuan lebih bersifat mengikat, dan bagi yang melanggar akan dicemooh, diasingkan dan di jauhi oleh masyarakat.

9. Jelaskan jenis-jenis lembaga sosial ?

Jenis-jenis Lembaga social yaitu:

  • Lembaga Keluarga yaitu unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anaknya.
  • Lembaga Agama yaitu sistem keyakinan dan praktek keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan.
  • Lembaga Ekonomi yaitu bagian dari lembaga sosial yang mengatur tata hubungan antar manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Lembaga Pendidikan yaitu lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik.
  • Lembaga Politik yaitu lembaga yang mengatur pelaksanaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat

10. Bagaimanakah fungsi lembaga sosial secara umum ?

Fungsi lembaga social yaitu:

  • Pemberi pedoman bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai jenis masalah kehidupan
  • Mengatur berbagai aktivitas masyarakat, sehingga terwujud kehidupan yang serasi, harmonis, dan terciptanya integrasi dalam masyarakat
  • Kontrol sosial untuk pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121-122

Download soal dan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 121, 122 semeseter 1 dalam format PDF, pada bagian bawah. Hasil download berfungsi untuk mengarahkan siswa untuk mempelajari lebih dalam mengenai contoh-contoh soal pada ujian dengan bentuk pelatihan soal. Dengan begitu, siswa akan lebih mengenali jenis soal pada materi ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 122kb

Untuk materi selanjutnya pada bab ini adalah mengenai lembaga sosial. Dimana setelah Anda mengetahui mengenai semua jenis interaksi sosial dan contoh-contohnya, maka Anda akan diarahkan pada lembaga-lembaga tertentu yang menangani berbagai interaksi sosial secara khusus.

Lihat Juga:

Pembahasannya meliputi lembaga sosial yang dibuat untuk masyarakat guna memenuhi semua kebutuhan hidup manusia di segala bidang. Masing-masing bidang ada jenis lembaganya.

Bidang kehidupan tersebut terdiri dari bidang sosial, politik ataupun budaya yang memang melingkupi masalah kehidupan dan interaksi sosial tersebut. Mulai dari pembahasan tingkat masyarakat terkecil yaitu keluarga, hingga pembahasan mengenai Negara Indonesia.

Banyak lembaga sosial yang bisa dibahas berkaitan dengan interaksi sosial tadi, bsa terlihat jelas dari soal-soal ujian pemahaman materi tadi.

Adapun semua itu tarangkum dalam berbagai soal yang tersedia lengkap dengan kunci jawaban mata pelajaran IPS ini. Oleh karena itu, diharapkan siswa lebih banyak memahami dari soal-soal dibandingkan pemahaman materinya langsung. Karena, untuk lebih memahami materi ini memang lebih baik langsug diterapkan pada soal-soal.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 122 Uji Pemahaman Materi Bab 2 Buku Siswa"