√ Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 81 82 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 81 82 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa

Kawan-kawan, siapa dari kalian yang suka belajar IPS? Kali ini kita belajar mengenai kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 80, 81, 82, uji kompetensi bab 1. Belajar itu memang penting untuk menambah pengetahuan kalian dan juga sebagai bekal untuk nanti kalian dewasa. Sebenarnya semua mata pelajaran kalau disukai pasti akan menarik buat kalian semua.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80-82

Memang ada beberapa anak yang lebih suka belajar ilmu pasti seperti matematika, fisika, kimia, dan yang lainnya. Tetapi, belajar IPS atau ilmu pengetahuan sosial juga tidak kalah menarik loh. Kedepannya pilihan karir untuk orang yang mempelajari IPS juga tidak kalah beragam. Maka dari itu pengetahuan sosial juga bisa jadi sangat menarik.

Kalian bisa menjadi seorang antropolog, sosiolog, ekonom, sejarahwan, ahli politik, ahli tata negara, ahli hubungan internasional, dan masih banyak lagi. Jangan kira IPS hanya pelajaran menghapal yang tidak membutuhkan nalar dan logika. Terkadang, dalam menemukan suatu hubungan antara manusia dan hubungan sosialnya juga perlu sebuah analisis.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 Sampai 82

Kalian sebagai seorang siswa pasti dihadapkan dengan berbagai soal baik itu dalam ujian sekolah, ujian tengah semester, ujian akhir semester kelulusan, dan lain sebagainya. Nah disini akan dibahas mengenai kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 80, 81, 82, uji kompetensi bab 1 yang banyak akan membahas tentang manusia, tempat, dan lingkungan.

Lihat Juga:

Berlatih soal itu sangat penting untuk mengasah kemampuan kalian dalam menjawab berbagai soal dan pertanyaan yang muncul. Disini kalian akan mengetahui tipe-tipe soal yang dikeluarkan. Misalnya apakah soal berupa teori dan hapalan, soal berupa analisis lebih lanjut, dan banyak tipe soal lainnya yang perlu kalian pelajari.

Belum lagi jika waktu yang diberikan sangat terbatas. Itu akan menyulitkan kalian yang harus berpikir dan mengambil keputusan jawaban yang benar secara cepat dan tepat. Akan tetapi dengan adanya latihan soal dan kunci jawabannya tentu akan memudahkan kalian untuk belajar. Siapa tahu soal yang keluar tersebut persis sama dengan yang dibahas saat ini.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 81 82

A. Pilihan Ganda

1. C. kesempatan antara (intervening opportunity)
2. A. Kalimantan
3. B. suhu udara tinggi
4. A. Januari
5. D. umumnya, bagian barat pulau curah hujannya lebih tinggi dari bagian timur
6. B. Pulau Jawa sangat subur
7. C. Honai
8. C. sebagai tempat hidup berbagai makhluk hidup
9. A. daerah tujuan wisata
10. D. banyak lahan pertanian berubah menjadi permukiman

B. Esai
Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian?

Karena sumber daya manusia di Indonesia saat ini masih belum baik, hal ini disebabkan pendidikan yang tidak merata di seluruh daerah. Sehingga menyebabkan Indonesia masih belum dapat untuk mengoptimalkan sumber daya alamnya.

2. Persebaran penduduk Indonesia belum merata. Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa. Bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?

Penyebab menumpuknya penduduk di pulau jawa ialah karena pulah jawa adalah pusat pemerintahan selain itu karena pembangunan di pulau jawa sangat maju, hal ini berbeda dengan pembangunan diwilayah lain yang tidak merata. Cara mengatasinya ialah dengan melakukan pembangunan besar-besaran di seluruh daerah di Indonesia.

3. Mengapa keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi?

Karena Indonesia merupakan wilayah beriklim tropis. Iklim tropis merupakan tempat yg bagus bagi makhluk hidup untuk tinggal. Selain itu Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan lautan yang luas.

4. Mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam?

Keanekaragaman budaya di Indonesia disebabkan Indonesia merupakan negara yang majemuk dan memiliki beragam suku, agama, dan adat istiadat. Hal ini lah yang menyebabkan masing-masing daerah di Indonesia memiliki budayanya masing masing.

5. Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian!

Di daerah tempat tinggal saya banyak lahan pertanian yang berubah menjadi pemukiman warga hal ini disebabkan tingkat kepadatan penduduk yang terus meningkat di daerah saya.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80-82

Untuk membuat latihan soal yang kalian lakukan lebih efektif maka materi ini bisa di download dalam versi pdf. Soal tentang bab 1 manusia, tempat, dan lingkungan akan lebih mudah dipelajari apabila kalian memiliki versi pdfnya. Kalian bisa mencetak agar lebih mudah dibaca atau jika lebih nyaman dalam versi digital juga bisa disimpan dalam folder.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 95kb

Belajar dan latihan soal IPS bukanlah suatu hal yang menakutkan karena berkutat dengan hapalan yang sangat banyak. Akan tetapi belajar ilmu sosial lebih kepada bagaimana kalian mengerti tentang hubungan sekitar antara manusia, lingkungan sosial, dan juga lingkungan alam. Interaksi semuanya harus selalu terjaga agar tercipta keseimbangan.

Lihat Juga:

Berlatih soal akan meningkatkan kemampuan kalian dalam memahami dari segala materi yang diberikan. Menjawab soal dengan baik saat ujian akan membuat kalian mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga juga berkontribusi pada nilai akhir saat akhir semester maupun kelulusan.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 81 82 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa"