√ Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 - Harus dipaham bahwa permasalahan sosial selain berhubungan dengan hubungan, interaksi ataupun kegiatannya juga berhubungan denga kehidupan beragamanya. Karenanya, terdapat pelajaran IPS yang bertujuan untuk mempelajari dan memahami keadaan dan kehidupan sosial di masyarakat.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282-284

Pada materi di sesi ini, akan mempelajari mengenai hubungan antara masyarakat dengan agama. Dimana akan terdapat soal-soal dan kunci jawaban yang akan mengarahkan soal berisikan permasalahan tadi.

Mulai dari kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia, agamanya dan juga hubungannya dengan sesama manusia lainnya. Semua terangkum dalam sedikit pembahasan teori dan banyak contoh pertanyaan atau soal yang berhubungan dengan pembahasan tersebut.

Dengan begitu, Anda akan lebih memahami masalah sosial melalui pembahasan materi ini. Bahkan, akan lebih diperjelas dengan pengerjaan beberapa pertanyaan di soal latihan. Lakukan semua tahap dengan sebaik-baiknya, sampai Anda bisa membedakan setiap soal yang diberikan baik dalam latihan maupun uji kompetensi.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 Sampai 284

Untuk pertama dimulai dari kehidupan masyarakat Indonesia, akan menjadi pembahasan awal materi ini. Dimana masayarakat Indonesia sangat banyak sekali penduduknya, dengan beragam suku budaya. Untuk mempelajari semuanya perlu sedikit merangkum secara garis besar.

Lihat Juga:

Setelah itu, Anda akan diberikan sedikit teori lagi mengenai masa prakarsa. Dimana kehidupan masyarakat pada masa itu akan sedikit berbeda dengan masa kini. Kehidupan beragama pun mengalami perubahan dari dulu hingga sekarang. Dengan begitu, melalui pembahasan ini siswa diajarkan untuk menghadapi perubahan tersebut.

Kehidupan masyarakat Islam pada zaman dulu pasti akan berbeda dengan sekarang ini, karena dalam kehidupan masyarakat Islam zaman dulu saja sudah banyak pembahasan terkait materi utama. Penjelasan atau pembahasan tidak perlu terlalu banyak di penjelasan teori, tapi lebih dominan pada penerapan soal.

Penerapan atau penyelesaian soal pun tetap dilengkapi dengan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 282, 283, 284 uji kompetensi bab 4. Pada lembar latihan kali ini akan disediakan pelatihan uji kompetensi mengenai materi tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui sebatas mana pemahaman Anda setelah mencoba beberapa pelatihan dengan tema sejenis.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284

A. Pilihan Ganda

1. C. berkembangnya jenis reptil raksasa
2. D. kala Pleistosen
3. C. kapak persegi - kapak lonjong
4. C. penggunaan bahasa Sanskerta dalam penulisan prasasti
5. D. Arus Balik
6. C. pergantian pemimpin masyarakat berdasarkan atas keturunannya
7. D. bentuk candi yang berundak
8. B. agama Islam disebarluaskan tidak dengan paksaan dan tanpa persyaratan
9. B. nisan makam Sultan Malik al Saleh
10. C. suluk

B. Esai

1. Bagaimanakah tahap- tahap kehidupan manusia pada masa praaksara?

Tahap-tahap kehidupan manusia:

  • Masa berburu dan meramu untuk mengumpulkan makanan dan hidupnya berpindah-pindah (nomaden)
  • Masa bercocok tanam manusia mulai mengenal cocok tanam
  • Masa perundagian sudah mulai tinggal dengan menetap dan menggunakan alat dari logam

2. Bagaimanakah hubungan antara kegiatan perdagangan dengan masuknya hindu-budha dan islam diindonesia?

Masuknya Hindu-Budha maupun Islam rata-rata dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Gujarat India dan Persia, mereka menyebarkan agama tersebut sambil berdagang.

3. Mengapa kerajaan-kerajaan dan kesultanan-kesultanan yang ada di indonesia umumnya terletak didaerah pesisir pantai atau didekat sungai?

Karena pada saat itu daerah pesisir pantai atau didekat sungai merupakan tempat pertemuan antara pedagang dari luar dan dalam negeri, sehingga menyebabkan masayarak tinggal didaerah tersebut.

4. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Hindu Budha dan Islam ?

Pada masa Hindu-Budha dan Islam, masyarakat Indonesia terbagi menjadi tingkatan-tingkatan sosial atau kasta, sedangkan pada masa Islam, tingkatan-tingkatan kasta peninggalan Hindu-Buddha mulai pudar, karena dalam Islam tidak mengenal sistem kasta.

5. Uraikan 3 contoh tradisi hindu-budha dan islam yg masih dilakukan oleh masyarakat indonesia hingga saat ini ?

Hindu :

  • Ngaben atau pembakaran mayat di Bali
  • Pemanggilan arwah nenek moyang
  • Memberikan sesajendi Candi

Budha :

  • Memberikan sesajen di Candi
  • Berdoa kepada Sidharta Gautama
  • Berdoa bersama meminta kesehatan atau rezeki

Agama Islam :

  • Obor keliling saat malam Lebaran
  • Menaruh bunga di makam leluhur
  • Maulid Nabi

Download Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282-284

Pastikan Anda mendownload soal-soal dan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 282, 283, 284 uji kompetensi bab 4 dengan format PDF ini, guna memperlancar dalam menghadapi soal-soal yang ada. Begitu juga lebih memantapkan siswa dalam menghadapi ujian karena sudah terbiasa dengan banyaknya soal yang diberikan.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 115kb

Tidak hanya menyangkut masalah kehidupan masyarakat Indonesia, pada bab 4 ini juga menyangkut kehidupan beragama dan pembahasan agama Islam, Hindu dan Buddha. Dimana agama tersebut menjadi dominan pada saat jaman kerajaan sebelum merdeka dulu.

Lihat Juga:

Oleh karena itu, disebabkan adanya perbedaan kehidupan masyarakatnya maka membuat terbentuknya pembahasan yang masuk dalam materi kurikulum. Pembahasan mengenai masuknya agama Islam pun juga dibahas dalam materi ini.

Diharapkan siswa bisa mencari jenis-jenis soal lainnya dengan berpedoman pada kunci jawaban tersebut. Setelah Anda memahami materi yang hanya diberikan sedikit, perbanyak pengertian melalui materi dari penjelasan yang terdapat pada soal-soal pertanyaan.

Dijamin jika Anda memang rajin berlatih mengisi soal, maka Anda akan terlatih untuk mengisi lembar uji kompetensi ini. Yang menjadi awal melatih diri untuk meghadapi ujian.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 282 283 284 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa"