√ Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 84 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 84 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 84 - Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir apabila tidak bisa menjawab setiap soal tentang mapel ips. Karena sudah ada kunci jawaban yang bisa Anda lihat di internet kapanpun dan dimanapun bahkan ketika anda sedang berada di mobil sekalipun karena pastinya dimana-mana akan selalu membawa handphone.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83-84

Baik itu materi tentang hubungan antar negara asia ataupun dengan negara lainnya. Beberapa lembar soal biasanya berisi tentang pertanyaan seputar materi yang sedang disampaikan dalam hal ini uji kompetensi 1 yang ada pada latihan bab 1, dimana para siswa akan diberikan berbagai lembar kerja yang harus dikerjakan.

Para siswa tidak perlu khawatir mengerjakan uji kompetensi yang diberikan guru. Hal ini dilakukan agar siswa tidak lupa dengan materi yang sudah dipelajari dan bisa selalu ingat tentang soal latihan yang ada untuk menyelesaikan berbagai macam pembahasan.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 Sampai 84

Pada kunci jawaban ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam gambar dan penjelasan yang lengkap. Apalagi tentang bab 1 interaksi antarnegara asia dan negara lainnya, dapat mempermudah para siswanya.

Lihat Juga:

Ada beberapa soal yang bisa Anda temui dari kunci jawaban IPS kelas 9 Hal 83, 84 uji kompetensi bab 1. Semua soal ini pastinya memiliki tantangan yang berbeda dan tidak semuanya sulit.

Akan ada beberapa penjabaran yang bisa Anda dapatkan misalnya soal pilihan ganda dari nomor 1 hingga nomor 30. Untuk soal uraiannya dari nomor 1 hingga 10.

Para siswa pastinya akan mendapatkan kunci jawaban agar bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Ada juga beberapa gambar dan penjelasan yang akan membuat Anda lebih paham dan mengerti.

Apabila Anda menggunakan kunci jawaban, agar lebih fokus dalam belajar dan pastinya rajin lagi membahasnya. Untuk mempelajari soal-soal tersebut, Anda pasti menganggap IPS terasa lebih sulit dan tetap harus bekerja keras untuk mengerjakan.

Walaupun Anda sudah mencobanya pasti akan mempelajari tentang perubahan sosial dan globalisasi yang dimulai dari awal. Selain itu, Anda bisa melihat tutorial video, dengan mencari kunci jawaban yang telah disediakan dan bisa mencari teman yang akan membantu berlatih soal.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 84

A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Benua terluas di permukaan bumi adalah....
a. Afrika
b. Amerika
c. Asia
d. Eropa
Jawaban : C

2. Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, namun kemudian masing-masing dianggap sebagai sebuah benua. Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah....
a. perbedaan bentuk muka bumi
b. perbedaan iklim
c. perbedaan budaya
d. perbedaan flora dan fauna
Jawaban : C

3. Selat Dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara....
a. Afrika dan Eropa
b. Afrika dan Asia
c. Asia dan Eropa
d. Eropa Barat dan Eropa Utara
Jawaban : C

4. Jepang mengalami penurunan jumlah penduduk. Hal tersebut terjadi karena....
a. adanya peraturan yang membatasi jumlah anak
b. penduduk Jepang sangat sibuk sehingga mengurangi keinginan memiliki anak
c. penduduk Jepang memiliki tingkat kesuburan yang rendah
d. penduduk Jepang sering melakukan aborsi
Jawaban : B

5. Pohon ek atau oak banyak dijumpai dan tumbuh dengan baik di negara....
a. Kongo
b. Inggris
c. Thailand
d. Brazil
Jawaban : B

6. Keberadaan gurun di Australia terjadi karena...
a. Australia merupakan benua berusia tua
b. Australia merupakan pusat tekanan udara rendah saat angin muson
c. Australia terletak pada wilayah turunnya massa udara
d. Australia dikelilingi oleh lautan yang arusnya hangat
Jawaban : D

7. Penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang Sungai Nil dan delta atau muaranya. Alasan dari sebaran penduduk tersebut adalah...
a. memiliki akses ke laut yang lebih mudah
b. bagian pedalaman Mesir tidak aman
c. bagian pedalaman Mesir sering dilanda badai pasir dari gurun
d. curah hujan dan kesuburannya lebih tinggi dibanding daerah lainnya
Jawaban : D

8. Lokasi berikut berada di Australia dan berada pada zona iklim sedang. Lokasi tersebut adalah....
a. Sydney
b. Canberra
c. Adelaide
d. Darwin
Jawaban : C

9. Di antara benua yang ada di bumi, angka kelahiran terendah terdapat di....
a. Afrika
b. Asia
c. Eropa
d. Amerika
Jawaban : C

10. Benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk adalah...
a. Australia
b. Asia
c. Afrika
d. Amerika
Jawaban : D

B. Esai
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?

Wilayah bagian pedalaman benua biasanya memiliki iklim yang kering karena mendapatkan sedikit curah hujan dan juga jalur transportasinya sangat sulit karena berada didaerah pegunungan yang berbukit. Sedangkan pada bagian pesisir memiliki iklim yang cenderung sejuk dan bercurah hujan tinggi sehingga nyaman untuk ditinggali. Selain itu, daerah pesisir dapat memudahkan transportasi barang melalui jalur laut.

2. Mengapa pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya?

Pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya disebabkan oleh letak wilayah barat Inggris berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik yang luas, sehingga apabila angin bergerak ke timur maka wilayah barat paling banyak menerima uap air dari samudera Atlantik sehingga sering terjadi hujan di wilayah tersebut. Serta faktor luas pantai barat Inggris yang lebih luas dari pada wilayah Inggris lainnya.

3. Mengapa Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya?

Karena letak benua Australia terpisah dari daratan lainnya sehingga benua Australia terisolir sejak berjuta tahun sehingga memunculkan tanaman dan fauna khas yang terus berevolusi secara berbeda-beda dengan daratan lainnya di Bumi. Selain itu faktor lingkungan yang sesuai dengan flora dan faunanya seperti :

  • Iklim dan keadaan lingkungan yang sesuai dengan flora dan faunanya.
  • Keadaan tanah yang cocok dengan berbagai macam tanaman sehingga menimbulkan keanekaragaman.

4. Jelaskanlah sebaran penduduk Asia dan faktor yang mempengaruhinya!

Penduduk Asia sebagian besar hidup di daerah pesisir karena lebih dekat dengan pantai dan pelabuhan. Namun tak sedikit juga yang hidup didaerah pegunungan karena memiliki tanah yang subur dan iklim yang sejuk. Sedangkan di daerah gurun lebih sedikit penduduknya karena memiliki tanah yang relatif kering dan curah hujan yang rendah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi:

1.) Iklim
Iklim yang sejuk dan memiliki curah hujan tinggi akan banyak dihuni oleh penduduk, alasannya agar tidak kesulitan dalam mencari air dan memudahkan dalam bercocok tanam.

2.) Kesuburan tanah
Kesuburan tanah yang baik, perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya terutama dalam sektor pertanian.

3.) Letak Geografis
Posisi letak geografis daerah pesisir pantai merupakan daerah yang sangat cocok untuk melakukan transportasi barang melalui jalur laut. Oleh karena itu daerah ini dipilih sebagai daerah penduduk karena dekat dengan jalur laut.

5. Mengapa sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah?

Penyebab angka kelahiran dan kematian yang rendah di negara maju dikarenakan ingin menekan pertumbuhan penduduk. Dengan penduduk yang kecil di negara maju akan menghasilkan pendapatan yang besar.

Rendahnya angka kelahiran dan kematian di negara maju
Dikarenakan anak-anak mudanya banyak yang menunda untuk menikah dan memiliki anak demi kepentingan karirnya. Selain itu biaya hidup di negara maju sangat tinggi, sehingga orang yang masih muda yang ingin berkeluarga dan memiliki anak akan kesulitan secara ekonomi dalam membentuk keluarga. Dengan angka kelahiran yang renda tentu akan berdampak pada angka kematian yang rendah juga selain itu, rendanya angka kematian tersebut di pengaruhi faktor fasilitas berobat dan kemampuan tenaga kesehatan seperti dokter di negara maju lebih baik dan cangkih di bandingkan di nagara berkembang.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83-84

Selain itu, Anda dapat mengupayakan untuk dapat menjadi seorang penemu dan mencari teman yang bisa membantu Anda dalam menjawab semua pertanyaannya, beserta bisa mengupayakan mengerjakan soalnya sendiri.

Semakin banyak Anda mengembangkan ilmu yang sudah ada maka Anda bisa menguasai berbagai macam-macam soal IPS bisa Anda kerjakan dengan baik.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 145kb

Kunci jawaban IPS kelas 9 Hal 83, 84 uji kompetensi Bab 1, memang dibutuhkan oleh semua siswa. Hal ini akan membantu para murid untuk mendapatkan ilmu IPS yang lebih banyak dan dapat mengikuti ujian akhir sekolah dengan baik.

Lihat Juga:

Dengan adanya pelajaran ilmu pengetahuan sosial, para siswa banyak yang tidak suka. Karena ada pelajaran sejarah yang kadang suka menghafal. Ada juga faktor lain yang membuat siswa menjadi tidak suka dan model pembelajaran serta membutuhkan kesabaran.

Anda juga bisa mendapatkan latihan agar lebih rajin mengerjakan latihan dan mendapatkan hasil sertani aki yang bagus dari Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Hal 83, 84 Uji Kompetensi Bab 1.

Para siswa dalam mengerjakan semua soal pasti ada kaitannya dengan bab dan sangat diharapkan ada penjelasannya di atas. Soal tentang bab 1 ini bisa diselesaikan dengan baik dan memang harus dibimbing.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 84 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa"