Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62 63 64 Pelajaran 6 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 62 63 64 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pelajaran 6 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Jawaban ini kami sediakan dengan maksud untuk mempermudah teman-teman siswa, khususnya yang sekarang ini memang benar-benar kesulitan dalam menjawab sebagian soal pada tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62 63 64

Kami menyadari, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa harus dihadapkan dengan soal-soal yang sulit. Soal-soal ini dianggap sulit oleh sebagian siswa, karena mungkin memang siswanya belum memahami materi, atau memang jawabannya tidak terdapat pada buku pelajaran sehingga mengharuskan siswa mencarinya diluar buku pelajaran.

Hal semacam ini tentu wajar dan umum terjadi, karena kita semua pasti setuju, bahwa setiap siwa memiliki pemahaman yang berbeda-beda, tidak terkecuali dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Maka jika sudah seperti ini, siswa tentu akan mencari alternatif jawaban. Dan biasnaya siwa lebih memilih internet menjadi tempat referensinya dalam mencari apapun yang diperlukan.

Kita semua tahu bahwa internet memang sangat mempermudah para siswa, teruatama dalam mencari sesuatu yang mereka perlukan. Dan tidak terkecuali dengan kunci jawaban. Sekarang ini sudah cukup banyak blog-blog Pendidikan yang menyediakan alternatif jawaban atau kunci jawaban untuk soal-soal pada buku pelaajran siswa.

Dan kamipun disini turut andil dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 62 63 64. Karena kami yakin teman-teman siswa akan memerlukan jawaban ini untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Dan kami juga berharap dengan jawaban ini teman-teman siswa bisa meraih nilai yang lebih baik lagi.

Namun meskipun demikian, kami selalu mengingatkan teman-teman agar memanfaatkan jawaban ini sebijak mungkin. Kami tetap menyarankan agar teman-teman tetap berusaha terlebih dahulu untuk menjawab soal-soalnya dan mencari jawabannya di buku pelajaran. Jikapun nantinya masih terdapat beberapa soal-soal yang sulit, maka barulah memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62 Sampai 64

Kami berusaha semaksimal mungkin, mencari jawaban terbaik dari berbagai sumber, baik buku pelajaran maupun beberapa situs Pendidikan lainnya. Kami memilih jawaban yang kami anggap tepat, lalu kemudian kami kumpulkan dan jadikan dalam sebuah artikel lengkap seperti ini yang akan membantu teman-teman mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, namun begitu kami tentu tidak bisa menjamin semua jawaban ini pasti benar dan tepat. Maka dari itu kami sering mengingatkan kepada teman-teman untuk tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan untuk selalu mengecek jawaban yang kami sediakan sebelum disalin ke buku tugas.

Jikapun nantinya teman-teman mendapati ada jawaban yang kurang tepat atau keliru, maka saran kami silahkan teman-teman cari saja jawaban lainnya yang lebih tepat dan benar. Dengan begitu setidaknya teman-teman akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Dan manfaatkan pula soal-soal ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah. Karena selain mengerjakan tugas sekolah, teman-teman juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti beberapa kegiatan penilaian lainnya yang sangat penting dan menentukan kelulusan teman-teman nantinya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62

Ayo, Berdiskusi!

Panduan diskusi:
1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4-5 orang.
2. Pilihlah pimpinan kelompok secara demokratis.
3. Artikan penggalan dari Q.S. al-Ma'idah/5:2 berikut ini.

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebijakan dan ketakwaan. Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.

4. Carilah 5 contoh amal kebaikan dan contoh 5 perbuatan dosa bersama temanteman dalam satu kelompok!

Amal kebaikan:

  • membantu orang tua
  • bersedekah
  • menolong teman
  • suka memberi
  • rajin beribadah

Perbuatan dosa:

  • mencuri
  • menyontek saat ujian
  • membantah orang tua
  • menganggu teman
  • berbohong

5. Setelah selesai berdiskusi dan mengerjakan soal, tiap kelompok mempresentasikan di muka kelas.

Materi Diskusi:
Ati belum paham arti penggalan ayat 2 dari Q.S. al-Ma'idah berikut ini:
Surah dapat dilihat pada buku pelajaran siswa!

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.
Ati belum juga paham perbuatan baik apa saja yang harus dibantu di sekolah dan di rumah. Ati belum paham perbuatan buruk apa saja yang dilarang untuk saling membantu. Nah, anak-anak, silakan bantu Ati untuk menanggulangi masalahnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 63

Ayo, Berlatih

A. Membaca
Bacalah Q.S. al-Ma'idah/5:2 berulang-ulang hingga bacaan benar dan lancar (benar makhrajnya, benar panjang dan pendeknya, dan benar adabnya).

Surat Al-Maidah ayat 2:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 64

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Apa arti penggalan Q.S. al-Maidah/5:2 ini?

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ
Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebijakan dan ketakwaan.

2. Apa arti penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini?

وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
Artinya : Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.

3. Sebutkan satu contoh perbuatan dosa yang harus kita hindari di rumah!

Berikut adalah contoh-contoh perbuatan dosa yang harus kita hindari saat ada di rumah:

  • Melewatkan shalat wajib.
  • Berbohong pada ayah dan ibu.
  • Menceritakan keburukan teman sekolah pada ayah, ibu ataupun saudara.
  • Mengambil uang atau barang ayah dan ibu tanpa ijin, walau nilainya sedikit sekalipun tetap dinamakan mencuri.
  • Tidak patuh pada perintah dan larangan orangtua yang baik dan tidak bertentangan dengan agama.

4. Sebutkan satu contoh perbuatan baik yang harus kita lakukan di rumah!

Berikut ini adalah beberapa contoh perbuatan baik yang harus kita lakukan di rumah:

  • Membantu meringankan pekerjaan ayah dan ibu di rumah seperti menyapu, bersih-bersih, mencuci piring
  • Mengajarkan adik cara mengaji yang benar
  • Membimbing adik mengerjakan PR

5. Dalam Q.S. al-Ma'idah/5:2 dijelaskan, bahwa yang beriman tidak boleh mengganggu hewan kurban. Sebutkan 2 nama binatang yang digunakan untuk kurban di Indonesia!

Hewan yang biasanya digunakan untuk berkurban di indonesia adalah Kambing, Domba dan Sapi.

6. Tulislah lafal Q.S. al-Ma'idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurāt/49:12-13 dengan benar!

Berikut penjelasan penulisan lafadz dan juga terjemahan  surah al hujurat ayat 13

Lafadz ayat:
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Berikut penjelasan penulisan lafadz dan juga terjemahan surah Al maidah ayat 2.

Lafadz ayat:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

7. Tunjukkan hafalan lafal Q.S. al-Ma'idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurāt/49:12-13 di depan teman-temanmu!

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62-64

Soal-soal diatas juga dapat teman-teman manfaatkan sebagai bahan belajar di rumah. Sebagai persiapan untuk mengikuti berbagai kegiatan penilaian yang akan sekolah adakan. Mempelajari soal-soal seperti ini tentunya cukup efektif buat teman-teman. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh soalnya melalui link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 223kb

Kami menyadari akan perlu alternatif jawaban seperti ini bagi teman-teman siswa. Karena untuk bisa menyelesaikan tugas sekolah yang masih terdapat soal-soal yang belum terjawab karena dianggap sulit, maka pastinya alternatif jawaban yang tersedia di internet menjadi pilihan.

Apalagi dalam masa pembelajaran jarak jauh atau online seperti saat ini, dimana tugas-tugas sekolah lebih banyak guru berikan kepada siswa. Tentu hal ini akan sangat menyibukkan siswa karena tugas-tugas yang guru berikan harus segera dikerjakan untuk nantinya dapat dikumpulkan lagi.

Selain itu, tak lupa pula kami ingatkan kepada teman-teman semua, bahwa selain tugas sekolah, teman-teman juga haruslah mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Karena ada beberapa kegiatan lainnya yang harus diikuti dan sangat penting bagi teman-teman.

Apalagi kalau bukan kegiatan penilaian, baik itu penilaian harian, akhir semester, dan akhir tahun serta kegiatan peraktek. Kami berharap kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 62 63 64 yang kami sediakan ini bisa teman-teman manfaatkan dengan baik.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 62 63 64 Pelajaran 6 Semester 1 Buku Siswa"