√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 107 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 5 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 107 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 5 Buku Siswa

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 107 - Pada mata pelajaran pjok alias pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di halaman 106 sampai dengan 108 ini nantinya akan membahas banyak sekali materi. Hal ini tak lain karena materi yang ada di dalamnya nanti akan mencakup 3 bagian.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106-107

Materi Pertama yaitu tentang kebugaran jasmani yang nantinya akan dibagi lagi menjadi 2 bagian. Bagian yang pertama yaitu unsur-unsur mengenai kebugaran jasmani itu sendiri. Sedangkan yang bagian ke dua menjelaskan tentang faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kebugaran jasmani.

Materi ke duanya sendiri membahas tentang bentuk latihan kebugaran jasmani. Di mana nantinya bentuk latihan kebugaran jasmani ini juga  akan dibagi lagi menjadi beberapa bagian, di antaranya yaitu lompat tali, sit up, push up, back up, lari cepat, dan juga lari bolak-balik.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 Dan 107

Terakhir, materi ke tiga yang akan dibahas yaitu pengukuran tingkat kebugaran jasmani. Di mana nantinya akan ada 4 bagian yang dijabarkan. Beberapa di antaranya yaitu menghitung denyut nadi, menghitung kekuatan, menghitung kelenturan, dan juga mengukur daya tahan. 

Lihat Juga:

Maka dari itu, pembuatan Kunci Jawaban PJOK Kelas 6  Halaman 106, 107, 108  ini sangat penting karena digunakan untuk mempermudah para peserta didik dalam memahami berbagai macam soal yang akan disajikan nantinya.

Di mana nantinya para peserta didik akan dihadapkan pada lembar kerja evaluasi pengetahuan sebagai latihan materi pengulangan pelajaran 5 yang membahas tentang aktivitas kebugaran jasmani itu sendiri. Baik itu mencakup bentuk latihannya maupun pengukuran tingkat kebugaran jasmani.

Sedangkan Materi soal yang akan dimunculkan sendiri nantinya masih berkutat seputar soal aktivitas kebugaran jasmani tentunya. Oleh sebab itu, tujuan dibuatnya pembahasan atau kunci jawaban kali ini diharapkan agar para peserta didik nantinya bisa menjadi lebih jelas lagi dalam memahami soal-soal pada materi pelajaran 5 tentang berbagai aktivitas kebugaran jasmani tersebut.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 Pilihan Ganda

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut....
A. kekuatan
B. kelenturan
C. kecepatan
D. kelincahan
Jawab : A

2. Kemampuan fisik seseorang dalam melakukan tugas sehari-hari ditentukan faktor....
A. daya tahan tubuh
B. tingkat kesehatan tubuh
C. derajat kebugaran jasmani
D. kemampuan otot berkontraksi
Jawab : C

3. Yoga melakukan lari joging di lapangan. Aktivitas fisik yang dilakukan Yoga untuk mengukur....
A. kekuatan
B. kelenturan
C. denyut nadi
D. daya tahan
Jawab : D

4. Dodo melakukan push up selama 60 detik. Gerakan yang dilakukan Dodo bertujuan melatih kekuatan otot....
A. lengan
B. perut
C. dada
D. punggung
Jawab : A

5. Yuni dan Rita melakukan lari berkelok-kelok. Yuni dan Rita berusaha menjadi yang tercepat. Aktivitas yang dilakukan Yuni dan Rita merupakan latihan untuk meningkatkan....
A. kelincahan
B. kecepatan
C. kelenturan
D. kekuatan
Jawab : A

6. Amatilah gambar berikut!
Gerakan pada gambar bertujuan melatih kekuatan otot....
A. dada
B. paha
C. perut
D. punggung
Jawab : A

7. Beni melakukan olahraga lompat tali (skipping). Aktivitas ini dapat melatih kekuatan otot kaki dan....
A. kekuatan
B. kecepatan
C. ketangkasan
D. keseimbangan
Jawab : C

8. Sebelum berolahraga, Sinta melakukan peregangan otot lengan dan tungkai. Aktivitas yang dilakukan Sinta untuk melatih....
A. kekuatan
B. kelenturan
C. kecepatan
D. kelincahan
Jawab : D

9. Kekuatan otot lengan dan dada dapat dilatih dengan aktivitas kebugaran jasmani, yaitu....
A. push up
B. back up
C. skipping
D. sit up
Jawab : A

10. Akbar melakukan latihan berbaring dengan sikap kangkang. Latihan yang dilakukan Akbar untuk mengukur kelenturan....
A. bahu
B. pinggang
C. punggung
D. sendi
Jawab : B

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 107 Isian

B. Jawablah dengan benar!

1. Jelaskan pengertian kebugaran jasmani!

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

2. Kelenturan termasuk salah satu komponen kebugaran jasmani. Bagaimana cara melatih kelenturan?

Dengan cara berlatih Peregangan statis dan dinamis.

3. Aktivitas pemanasan hendaknya dilakukan sebelum berolahraga. Jelaskan pentingnya pemanasan!

Manfaat pemanasan adalah membantu memperlancar aliran darah ke otot untuk mengurangi ketegangan otot atau kram, mengurangi risiko cedera, dan tak jarang meningkatkan performa.

4. Doni dan Yudi melakukan push up di halaman sekolah. Deskripsikan gerakan push up!

Pertama posisi tengkurap di atas lantai. Kedua angkat tubuh menggunakan lengan. Ketiga turunkan tubuh ke lantai, hingga siku membentuk sudut 90 derajat. Kelima angkatlah tubuh dengan gerakan mendorong lantai. Keenam ulangi menurunkan dan mengangkat tubuh dengan kecepatan yang tetap.

5. Reni berlatih lari cepat 50 meter. Apa manfaat lari 50 meter?

Manfaat nya adalah akan meningkatkan kecepatan berlari, Pernafasan teratur, Tidak mudah lelah dan Tubuh menjadi bugar.

Download Soal PJOK Kelas 6 Halaman 106-107

Nah, apabila anda hendak mengunduh Kunci Jawaban PJOK Kelas 6  Halaman 106, 107, 108 ini, maka anda bisa mencari filenya dengan format pdf. Hal tersebut disebabkan karena akan mempermudah anda nantinya dalam membuka file dengan format pdf. Alasannya kurang lebih karena anda bisa dengan mudah membukanya di mana saja dan kapan saja tanpa bantuan koneksi internet.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 150kb

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kumpulan soal yang terdapat di dalam mata pelajaran pjok untuk para peserta didik kelas 4 tentang kebugaran jasmani, bentuk latihan kebugaran jasmani, dan juga pengukuran tingkat kebugaran jasmani ini telah dirangkum menjadi satu kesatuan.

Lihat Juga:

Di mana nantinya soal-soal yang ada di dalam evaluasi pengetahuan hanya membahas mengenai berbagai macam hal yang masih berhubungan dengan kebugaran jasmani, bentuk latihan kebugaran jasmani, dan juga pengukuran tingkat kebugaran jasmani.

Dengan begitu, Kunci Jawaban PJOK Kelas 6  Halaman 106, 107, 108 ini pun nantinya  juga akan membahas tentang soal-soal yang berhubungan dengan kebugaran jasmani, bentuk latihan kebugaran jasmani, dan juga pengukuran tingkat kebugaran jasmani.

Selain digunakan untuk mempermudah para peserta didik dalam mengerjakan soal, pembuatan kunci jawaban ini nantinya diharapkan juga mampu menjadi buku pedoman atau pegangan bagi orang tua, wali, maupun guru dalam membahas soal-soal yang ada di dalamnya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 106 107 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 5 Buku Siswa"