√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 70 71 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 3 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 70 71 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 3 Buku Siswa

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 70 71 - PJOK yang merupakan singkatan dari Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, pastinya memiliki manfaat yang baik dalam sisi kebugaran tubuh untuk murid. Jadi tidak heran apabila pembelajaran ini sangat penting. PJOK terdiri dari materi-materi gerakan dasar seperti jalan, lari, lompat dan juga lempar yang biasa ada di dalam olahraga. Orang akan lebih paham materi ini memuat hal-hal untuk kesehatan jasmani.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69-71

Olahraga juga bisa membuat suasana hati senang melalui gerakan-gerakan, jadi murid perlu mendapat materi PJOK dari guru untuk gerakan dasar apa saja yang biasa ada di dalam olahraga. Murid pun bisa mempraktekan gerakan ini di rumah supaya lebih paham mengenai materi yang diajarkan. Maka dari itu, pelajaran ini penting tidak hanya untuk akademik saja, melainkan untuk hal-hal kesehatan.

Supaya murid bisa mempelajari materi lebih dalam, maka kunci jawaban ini bisa digunakan dengan cara mendownloadnya. Di dalam artikel ini pula murid bisa mendownload soal dan kunci jawaban melalui HP android dengan mudah.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 Sampai 71

PJOK memiliki banyak hal baik apabila dipelajari oleh murid karena inti utama dari mata pelajaran ini adalah kesehatan. Bila guru ingin muridnya tetap sehat, maka olahraga lah salah satu cara yang bisa dilakukan. Pastinya hal ini sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh murid di masa yang akan datang. 

Lihat Juga:

Kunci jawaban sebagai salah satu hal yang bisa membantu murid, di mana hal tersebut akan menjadikan murid lebih siap dalam menghadapi tugas dan juga ujian semester. PJOK adalah salah satu mata pelajaran yang nantinya akan diujikan di sekolah. Maka dari itu, PJOK perlu murid pelajari dengan matang. Bagi seorang murid, pelajaran PJOK ini memiliki segudang dampak baik untuk kesehatan tubuh karena terdiri dari gerakan dasar seperti jalan dan berlari

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 70 Pilihan Ganda

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Dewi dan teman-temannya melakukan lari sprint relay. Dalam aktivitas ini, variasi dan kombinasi gerak dasar yang dilakukan, yaitu....
A. jalan maju dan mundur dengan lari
B. jalan maju dan mundur dengan lompat
C. jalan maju dan mundur dengan lempar
D. jalan cepat dan lari dengan lompat,
Jawab : A

2. Siswa kelas VI berlari melompati palang. Aktivitas ini dilakukan dengan variasi dan kombinasi gerak dasar....
A. jalan, lari, lompat, dan melayang
B. jalan, lari, lompat, dan mendarat
C. jalan, lari, tolak, dan melayang
D. jalan, lari, tolak, dan lompat
Jawab : B

3. Dewi melakukan permainan lompat kijang bersama teman. Dalam permainan ini, terdapat variasi dan kombinasi gerak dasar, yaitu ....
A. jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi lempar
B. jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi lompat
C. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi lompat
D. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi lempar
Jawab : C

4. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan seorang anak berlatih variasi gerak dasar lari dan lompat melewati rintangan. Bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar yang tepat adalah....
A. jalan di tempat dan jalan pelan, melompat, dan melayang
B. jalan pelan dan jalan cepat, melompat, dan mendarat
C. jalan cepat dan lari cepat, dan menolak
D. jalan cepat dan lari cepat, dan mendarat
Jawab : B

5. Saat melakukan lari melewati palang, gerak dasar yang harus diperhatikan adalah....
A. lari dan lompat
B. lari dan loncat
C. jalan dan ayunan
D. lompat dan pendaratan
Jawab : A

6. Yoyok dan teman-temannya melakukan lempar roket. Sikap awalan dalam aktivitas lempar roket, ialah berjalan cepat dikombinasikan dengan....
A. berlari
B. menarik lengan
C. mendorong badan
D. meliukkan badan
Jawab : A

7. Tiwi melakukan variasi lari pelan dan lari cepat sejauh 10 meter sebagai awalan. Saat berada pada balok tumpuan, Tiwi menumpu dengan kaki terkuat dan melompat sejauh-jauhnya. Pernyataan ini menunjukkan Tiwi melakukan aktivitas....
A. lempar roket
B. lompat jauh
C. tolak peluru
D. lompat galah
Jawab : B

8. Nadia dan teman-temannya melakukan aktivitas short run-up long jump di lapangan. Aktivitas short run-up long jump dilakukan dengan....
A. jalan, menolak, dan melompat
B. jalan cepat, lari sprint, dan melompat
C. jalan, lari jarak pendek dan melompat
D. jalan cepat, melompat, dan mendarat
Jawab : C

9. Beni melakukan lompat jauh di halaman sekolah. Variasi dan kombinasi gerak dasar yang dilakukan Beni adalah....
A. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi melompat dan mendarat
B. jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi menolak dan melompat
C. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi menolak dan mendarat
D. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi mengayun dan melempar
Jawab : A

10. Andik melakukan aktivitas lempar roket. Variasi dan kombinasi gerak dasar yang dilakukan Andik adalah....
A. jalan pelan dan jalan cepat dengan kombinasi lompat
B. lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi lempar
C. jalan di tempat dan jalan cepat dengan kombinasi
D. lari di tempat dan lari cepat dengan kombinasi menolak
Jawab : B

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 71 Isian

B. Jawablah dengan benar!

1. Bagaimana variasi jalan dengan kombinasi lari dalam sprint relay?

Variasi gerak dasar berjalan maju dan mundur ke papan segitiga kemudian kombinsi berlari menuju garis finish dan kembali ke pos peralihan.

Sprint relay dilakukan secara berkelompok, pemain akan berkumpul pada pos peralihan kemudian di depannya terdapat beberapa papan segitiga dan tiang satu lagi sebagai garis finish. Pelari akan berjalan cepat maju dan mundur dari papan ke papan, kemudian berlari ke garis finish dan kembali lagi ke tiang peralihan.

Yang berrarti varisi gerak berupa berjalan maju dan mundur sedangkan kombinasi berupa berlari menuju ke tiang bendera.

2. Jelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lari dan lompat melewati palang!

Lari pelan dan lari cepat dengan kombinasi melompat melewati palang. Cara melakukan variasi dan kombinasi gerakan melompat melewati palang adalah:

  • Posisi awal, anggota kelompok berkumpul di belakang garis start.
  • Pelari pertama berlari pelan dan berlari cepat dengan kombinasi melompati halang rintang berupa palang.

Setelah pelari pertama berhasil sampai di garis finis, kemudian pelari kedua berlari seperti pelari pertama sampai ke garis finis, begitu seterusnya.

3. Jelaskan variasi dan kombinasi jalan, lari, dan lompat melalui lompat jauh!

Variasi dan kombinasi keterampilan gerak lompat jauh adalah perpaduan gerakan-gerakan dasar dalam teknik lompat jauh. Pada aktivitas gerak tahap pertama, lakukan lompatan berturut-turut dengan bertolak dan mendarat dengan kaki yang lain, lalu melangkah dan bertolak lagi. Sedangkan pada tahap kedua, sama seperti tahap pertama namun dengan tambahan fase lari di antara tolakan.

4. Danu dan teman-temannya berlatih variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, dan lompat melewati rintangan peralon. Bagaimana gerakannya?

Berjalan kemudian berlari cepat dan ketika sudah dekat dengan paralon kemudian melompat dengan satu kaki dan mendarat dengan kaki terkuat.

Untuk pad dasarnya gerakan melompat melewati rintangan berupa palang, paralon, ban dan lain sebagainya dilakukan dengan kombinasi melompat. Nah, agar dapat melompati dengan baik maka diperlukan awalan sebelum melakukan lompatan tersebut.

Makany variasi dilakukan dengan berjalan kemudian berlari sebagai ancang-ancang dalam melakukan lompatan agar memperoleh kecepatan, dan kekuatan ketika akan melompat. Sehingga lompatan bisa dilakukan dengan tepat.

5. Lempar roket merupakan usaha melempar roket dengan satu tangan untuk mencapai jarak tertentu. Deskripsikan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, dan lempar roket!

Lari merupakan gerak awalan dalam lempar roket. Lari awalan dilakukan untuk mengumpulkan energi sebelum melepaskan roket. Pada gerakan ini, mengombinasikan gerak dasar jalan dan lari. Awalan berlari sambil membawa turbo di atas kepala dengan lengan ditekuk,sikut menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap atas. Posisi turbo berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah.

Download Soal PJOK Kelas 6 Halaman 69-71

Mudahnya materi pembelajaran PJOK membuat murid menyukainya. Apalagi dengan gerakan-gerakan dasar di dalam olahraga yang membuat suasana hati murid menjadi riang. Setelah mengerjakan soal dengan kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 69, 70, 71, 72 murid juga bisa mempraktekan setiap gerakan dasarnya seperti berjalan, berlari, melompat, dan juga melempar.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 150kb

Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapat selama mempelajari pelajaran PJOK ini. Karena mengandung nilai-nilai kesehatan yang baik untuk tubuh, materi ini bisa dipraktekan langsung oleh murid. Contohnya seperti gerakan dasar berjalan, hal tersebut bisa membantu memperkuat tulang. Selanjutnya berlari dan melompat membantu mengokohkan otot-otot pada sendi tulang.

Lihat Juga:

Kunci keberhasilan mata pelajaran PJOK yaitu ketika murid rajin membaca berbagai macam sumber informasi dan mempraktekannya. Salah satunya dengan mendownload kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 69, 70, 71, 72 yang bisa murid lakukan dengan mudah.

Mata pelajaran PJOK bisa murid pahami dengan banyak membaca modul referensi dan juga buku ajar yang lainnya, materi yang tersedia akan membantu murid lebih paham dengan baik. Namun murid juga bisa mencari referensi bahan ajar dengan media visual seperti video-video materi PJOK yang ada di internet.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 69 70 71 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 3 Buku Siswa"