√ Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88 89 90 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 4 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88 89 90 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 4 Buku Siswa

Bagi murid yang memerlukan kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 88, 89, 90, 91 untuk menjawab soal tentunya bisa mendownloadnya melalui gawai android dan juga laptop. Untuk melakukan download pun dibutuhkan sinyal yang stabil agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88-90

Dikarenakan jaman semakin canggih, teknologi sangat diperlukan khususnya mencari materi sekolah. Pembelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari karena di dalam materi dibahas apa saja variasi gerakan yang membuat badan menjadi sehat dan kuat. Gerakan pada seni bela diri pencak silat ini memiliki manfaat yang baik untuk tulang dan otot, selain itu gerakan-gerakan yang bervariasi itu bisa dipraktekan untuk melindungi diri dari bahaya.

Dalam pembelajaran PJOK, materi-materi yang dibahas sangat penting didalami oleh murid. Murid pun bisa paham apa saja 4 variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor pada pencak silat.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88 Sampai 90

Dalam materi PJOK yang berkaitan dengan seni bela diri pencak silat ini, variasi gerak lokomotor diantaranya berupa sikap kuda-kuda, pukulan lurus, tendangan, tangkis atas, dan juga tangkis bawah. Sementara itu, variasi gerakan non lokomotor terdiri dari sikap sikap pasang, sikap kuda-kuda, tangkisan, pukulan, elakan, dan juga sikap pasang.

Lihat Juga:

Sehubungan dengan materi pelajaran PJOK, murid dapat mempelajarinya dengan kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 88, 89, 90, 91 supaya bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih lengkap. Sebagai murid kelas 6 SD, pastinya memerlukan aktivitas belajar yang lebih inten untuk menghadapi ujian yang lebih siap. Maksudnya, mendapat nilai yang terbaik. Murid bisa memahami dengan belajar secara otodidak maupun dengan pengawas yang lebih paham.

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88 89 Pilihan Ganda

Evaluasi Pengetahuan
A. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Lina melakukan variasi kuda-kuda depan dan kuda-kuda samping dengan kombinasi serangan tangan. Lina mengarahkan dua telapak tangan ke depan. Gerakan yang dilakukan Lina disebut . . . .
A. dorongan
B. bandulan
C. tusukan
D. meninju
Jawab : A

2. Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu . . . .
A. sikap tegak dan sikap langkah dengan kombinasi dorongan
B. sikap kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi hindaran
C. pola gerak langkah lurus dan berkelok-kelok dengan kombinasi tendangan
D. sikap kuda-kuda depan dan kuda-kuda samping dengan kombinasi pukulan melangkah lurus
Jawab : B

3. Dandi melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi elakan. Cara melakukan kuda-kuda tengah dengan menggeserkan kaki kanan ke arah . . . .
A. depan
B. belakang
C. samping kiri
D. samping kanan
Jawab : B

4. Dewi melakukan variasi kuda-kuda dengan kombinasi pukulan. Posisi awal Dewi berdiri di pusat arah mata angin. Dewi menggeser kaki kanan ke depan. Kaki depan ditekuk. Kemudian, Dewi menekuk tungkai kaki belakang. Kaki depan lurus. Dilihat dari gerakannya, Dewi melakukan variasi . . . .
A. kuda-kuda tengah dan kuda-kuda depan
B. kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping
C. kuda-kuda depan dan kuda-kuda belakang
D. kuda-kuda samping dan kuda-kuda belakang
Jawab : B

5. Perhatikan gambar variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat di samping!
Gambar tersebut menunjukkan gerakan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi . . . .
A. kombinasi pukulan
B. kombinasi tendangan
C. kombinasi elakan
D. tangkisan
Jawab : B

6. Meliana dan Nina berlatih variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat. Mereka melakukan variasi pola gerak langkah. Selanjutnya, Meliana melakukan gerakan menghindari pukulan Nina. Dari latihan tersebut, Meliana melakukan kombinasi gerak . . . .
A. tangkisan
B. pukulan
C. elakan
D. tendangan
Jawab : C

7. Siswa kelas VI berlatih variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat. Faisal melakukan variasi pola gerak langkah.
Gerakan ini dikombinasikan dengan menolak serangan lawan menggunakan tangan. Dalam pencak silat, gerakan yang dilakukan Faisal disebut . . . .
A. tangkisan
B. serangan
C. pukulan
D. elakan
Jawab : A

8. Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi tangkisan. Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri . . . .
A. di pusat mata angin
B. dalam posisi istirahat
C. dengan kaki depan ditekuk
D. dengan kaki belakang di tekuk
Jawab : D

9. Memindahkan posisi pijakan kaki saat mendapatkan serangan dari lawan disebut . . . .
A. tangkisan
B. tendangan
C. pukulan
D. elakan
Jawab : B

10. Ninda melakukan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi tangkisan. Saat menangkis, Ninda menyilangkan tangan di depan kepala. Gerakan yang dilakukan Ninda disebut tangkisan . . . .
A. satu tangan
B. dua tangan
C. siku dalam
D. siku luar
Jawab : B

Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 90 Isian

B. Jawablah dengan benar!

1. Deskripsikan variasi kuda-kuda depan dan kuda-kuda belakang dengan kombinasi pukulan!

Posisi berdiri tegak, lalu lakukan kuda-kuda depan dengan cara kaki kanan dilangkahkan ke depan kemudian ditekuk, sedangkan kaki belakang lurus, kemudian lakukan kuda-kuda belakang dengan cara menekuk kaki belakang sedangkan kaki depan lurus, setelah itu lakukan kombinasi pukulan lurus ke depan disertai melangkahkan kaki belakang ke depan.

Posisi awal ketika akan melakukan sikap kuda-kuda adalah siap sedia, dengan berdiri tegak di tengah pusat mata angin.

Kemudian, karena akan melakukan kuda-kuda depan, maka salah satu kaki dilangkah kan ke depan dan ditekuk, sedangkan kaki belakang lurus. Dengan demikian, titik berat badan ada pada kaki yang menekuk (depan), makanya disebut kuda-kuda depan.

2. Pipit melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi hindaran. Bagaimana cara melakukannya?

Pelaksanaan Variasi Gerak Dasar Kuda-Kuda, Pukulan Depan Dan Tendangan.

Dalam melakukan pelaksanaan variasi gerak dasar kuda-kuda, pukulan ke depan dan tendangan, mula-mula kaki kanan dilangkahkan ke kanan bersamaan dengan memukulkan tangan kanan, lengan lurus ke depan, disikukan ke belakang dan kembali dipukul ke depan.

3. Yoga melakukan variasi sikap pasang dan kuda-kuda dapat dikombinasikan dengan tendangan. Bagaimana cara Yoga melakukan variasi dan kombinasi gerakan tersebut?

Lakukan sikap pasang, kemudian lakukan kuda-kuda samping kanan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kaki kanan menekuk sedangkan kaki kiri lurus, lalu lakukan kuda-kuda samping kiri dengan cara menekuk kaki kiri dan meluruskan kaki kanan, kemudian lakukan kombinasi tendangan T / ke samping dan melangkahkan kaki ke samping.

Sikap pasang, adalah sikap awal melakukan serangan dengan posisi kedua tangan besiap dan kaki melakukan kuda-kuda.

Untuk melakukan sikap pasang dan kuda-kuda dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada posisi lawan, dan situasi.

Pada contoh ini, posisi lawan berada di samping sehingga melakukan kuda-kuda samping kemudian dikombinasi dengan tendangan T ke samping.

4. Jelaskan cara melakukan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi elakan!

Sikap pasang kuda-kuda depan, kemudian lakukan pola gerak langkah lurus dengan melangkahkan kaki belakang ke depan, kemudian kombinsikan dengan elakan atas: melompat menggunakan kedua kaki, dan mendarat tanpa berpindah tempat.

Pola gerak langkah adalah gerakan melangkahkan kaki yang mementuk suatu pola. Misalnya lurus, maka melangkah lurus, segitiga maka langkah segitiga, segi empat hingga bentuk U. Pola ini digunakan untuk bergerak dalam melakukan serangan maupun pemebelaan.

Pada contoh di atas, pola yang digunakan adalah melangkah lurus, namun kemudian karena diserang oleh lawan dengan tendangan bawah, maka kita melakukan elakan atas, dengan melompat.

5. Apakah tujuan variasi pola gerak langkah dengan kombinasi tangkisan?

Untuk menolak serangan lawan sehingga tidak mengenai badan.

Pola gerak langkah adalah pola gerak melangkah kaki ke berbagai arah penjuru mata, angin tujuannya tentu saja untuk menyerang maupun bertahan, agar pesilat berada dalam posisi yang menguntungkan untuk melakukan suatu gerakan.

Dalam soal ini, pola langkah dilakukan dengan dikombinasikan menangkis berarti tujuan melakukan gerakan tersebut adalah untuk menolak serangan lawan.

Misalnya nih; pola melangkahkan kaki lurus dan menangkis ke luar dengan satu tangan, atau bisa juga pola langkah berkelok-kelok dengan tangkisan tangan.

Pada intinya pola langkah membantu dalam bergerak baik untuk melakukan pemebelaan ataupun serangan. Nah karena pada soal ini pola langkah dilakukan untuk melakukan gerakan tangksian maka bertujan untuk menolak serangan yang dilancarakan lawan.

Download Soal PJOK Kelas 6 Halaman 88-90

Sebagaimana murid memahami mata pelajaran PJOK ini dengan baik, maka mereka akan semakin mengerti tentang variasi gerakan lokomotor dan non lokomotor. Namun pastinya akan lebih baik lagi jika belajar dari soal-soal beserta kunci jawaban PJOK kelas 6 halaman 88, 89, 90, 91 yang bisa didownload langsung pada artikel ini. Murid bisa menjawab dan mencari tahu jawaban yang benar dari soal-soal yang ada di materi.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 150kb

Supaya materinya lebih terserap dan dipahami dengan baik, ada baiknya murid mempelajarinya sendiri dengan materi yang ada. Sumber materi yang bisa digunakan seperti buku pedoman, PDF, dan sumber lainnya dari internet. Pastinya hal tersebut bisa membuat murid lebih baik memahami. Murid pun boleh melakukan berbagai cara agar proses belajar PJOK ini lebih menyenangkan.

Lihat Juga:

Nilai dalam mata pelajaran PJOK diharapkan maksimal, karena akan membantu murid juga mengenal gerakan apa saja yang bisa melindungi dirinya dengan variasi gerakan lokomotor dan non lokomotor. Sudah pasti yang pertama diperlukan dalam memahami materi tersebut adalah ketekunan. Lebih lanjut, murid boleh mencari guru atau orang yang lebih paham di bidangnya.

Bermacam-macam kendala yang dialami pada saat belajar bisa didiskusikan kepada guru atau orang yang lebih tahu mengenai materi PJOK seni bela diri pencak silat ini. Jika diperlukan, murid juga bisa mencari contoh-contoh gerakan dasar lokomotor dan non lokomotor yang ada di seni bela diri pencak silat melalui video di Youtube.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PJOK Kelas 6 Halaman 88 89 90 Evaluasi Pengetahuan Pelajaran 4 Buku Siswa"