√ Cara Registrasi Akun SIA UT (Sistem Informasi Akademik) Untuk Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Akun SIA UT (Sistem Informasi Akademik) Untuk Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama

Cara Daftar Akun SIA UT -- Cara Registrasi Akun SIA, Cara Aktiviasi Akun SIA, Sistem Informasi Akademik, Universitas Terbuka, Akun SIA PGSD, Pendas, Non Pendas, Reset Password.

Halo Bapak/ Ibu Mahasiswa Universitas Terbuka, senang sekali kami bisa menyapa Anda pada psotingan kami ini. Ya pada artikel kali ini, kami akan memberikan Anda panduan Cara Registrasi Akun SIA UT. Bagi Anda yang belum tahu, apa itu Akun SIA akan kami jelaskan secara singkat berikut ini.

Akun SIA atau Sistem Informasi Akademik adalah akun yang di khususkan untuk Mahasiswa Universitas Terbuka, dimana akun ini akan berguna untuk kepentingan Akademik Mahasiswa UT. Mulai dari melihat nilai UAS dan Mengikuti Tuton atau Tutorial Online. Melihat daftar mata kuliah yang sedang di ampuh dan masih banyak lagi lainnya.

Dan hal perlu kami sampaikan yaitu, mulai di tahun 2018, Universitas Terbuka mengarahkan Mahasiswa untuk melihat nilai UAS di akun SIA UT. Jadi Anda tidak bisa melihat nilai UAS seperti cara lama, Anda harus punya akun SIA untuk bisa login dan melihat nilainya.

Baca : Cek Nilai UAS Universitas Terbuka

Akun SIA UT ini bisa di daftar oleh Mahasiswa baru atau calon Mahasiswa akan baru akan berkuliah di UT. Dan atau Mahasiswa lama yang sudah terdaftar dan belum memiliki akun SIA atau belum mengaktifkan akun SIA ini. Nah berikut ini kami paparkan bagaimana cara meregistrasi akun SIA UT terbaru.

Cara Registrasi Akun SIA UT

Cara Registrasi atau Mendaftar Akun SIA UT Online

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuka alamat situs SIA UT Online berikut ini :

Link : https://sia.ut.ac.id/

Setelah itu Anda akan di hadapkan pada tampilan websitenya. Perhatikan gambar berikut ini :

Cara Registrasi Akun SIA UT

Yang perlu Anda ketahui ialah, pada menu yang ada, silahkan Anda pilih sesuai dengan status Anda sekarang ini. Maksudnya apakah Anda seorang Mahasiswa  yang baru akan berkuliah di UT atau Anda Mahasiswa lama yang belum memiliki akun SIA.

Contoh jika Anda calon Mahasiswa UT yang baru akan berkuliah di Universitas Terbuka, silahkan pilih menu pertama (REGISTRASI CALON MAHASISWA UT). Selanjutnya Anda akan di arahkan langsung pada tampilan Form Isian Registrasi. Silahkan isikan sesuai dengan form yang ada, lihat gambar berikut ini.

Cara Daftar Akun SIA UT Online

Setelah selesai mengisi semua form yang ada, selanjutnya klik menu Registrasi dan lalu cek Email  Anda untuk melihat kontak masuk dan mengkonfirmasi pendaftaran tersebut.

Diatas adalah cara Registrasi Akun SIA UT untuk calon Mahasiswa baru. Nah bagi Anda yang berstatus Mahasiswa aktif yang sudah mengikuti semester, namun belum memiliki akun SIA atau belum mengaktifkan akun SIA UT, silahkan ikuti langlah-langkahnya berikut ini.

Langkah pertama, silahkan Anda pilih menu REGISTRASI MAHASISWA UT, selanjutnya Anda akan di arahkan pada form isian registrasi. Silahkan Anda lengkapi data-datanya, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini.

Cara Registrasi Akun SIA UT

Setelah Anda mengisi semua form yang ada, silahkan Anda klik menu Aktifasi Akun. Selanjutnya silahkan Anda buka Email Masuk Anda untuk mengkonfimasi pendaftaran. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar berikut ini ya.

Cara Registrasi Akun SIA UT

Sampai disini (setelah verifikasi) Anda sudah berhasil membuat Akun SIA UT Anda. Selanjutnya Anda bisa Login Akun SIA dan Melihat Nilai UAS UT.

Baca : Cara Reset Password Akun Sia UT

Nah itulah pembahasan kami terkait Cara Registrasi Akun SIA UT Online, kami berharap dengan adanya panduan tersebut bisa membantu Anda yang kesulitan dalam membuat atau login Akun SIA UT. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini ke teman-teman Anda yang lainnya ya. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.