√ Soal Ujian UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking dan Kunci Jawaban - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking dan Kunci Jawaban

Soal UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking dilengkapi dengan kunci jawaban kami share untuk Anda Mahasiswa UT jurusan Ilmu Komunikasi. Pada artikel sebelumnya, kami juga telah berbagi. Pada artikel sebelum ini kami sudah banyak berbagi Soal UT Ilmu Komunikasi Semester 4, terakhir yang kami posting ialah Soal Ujian UT Ilmu Komunikasi SKOM4330 Teknik Mencari dan Menulis Berita yang dapat Anda pelajari juga.

Kami tahu bahwa harapan semua Mahasiswa UT khususnya Mahasiswa UT Akuntansi ingin mendapatkan nilai yang bagus pada UAS nantinya agar bisa lulus dengan predikat baik. Namun kita tahu bersama bahwa kenyataannya setiap tahun ada saja Mahasiswa yang mengeluh karena harus mengulang mata kuliah pada semester sebelumnya. Hal ini tentunya salah satu penyebabnya ialah kurangnya persiapan belajar saat menghadapi UAS.

Perhatian: Perlu teman-teman Mahasiswa ketahui, bahwa disini kami mengacu pada struktur kurikulum UT terbaru. Jadi jika kemungkinan ada mata kuliah yang tidak ada pada semester yang Anda cari, silahkan Anda cari pada semester lainnya. Atau bisa membuka artikel kami Soal Ujian UT Ilmu Komunikasi untuk melihat semua soalnya.

Soal UT Ilmu Komunikasi Semester 4 Lainnya:

Dan tak jarang Soal UT yang kami bagikan ini akan keluar nantinya pada saat UAS. Ini tentunya sudah dibuktikan oleh teman-teman UT sebelumnya, tak jarang dari mereka berhasil mendapatkan nilai yang bagus.

SKOM4312 Public Speaking

Soal UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking

Soal-soal yang kami bagikan ini sangat kami rekomendasikan sekali Anda pelajari. Sambil dipelajari, untuk memperdalam pemahaman, Anda juga harus membuka catatan kuliah dan modul Anda agar materi semakin Anda kuasai. Soal Ilmu Komunikasi ini tentunya disusun oleh Dosen yang memang mengampuh mata kuliah tersebut, dan tentunya sudah di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya. Jadi silahkan Anda pelajari dengan sungguh-sungguh.

Soal UT SKOM4312 Public Speaking

1.  Mengatasi rasa takut ketika harus berbicara di hadapan sejumlah orang serta mampu lebih efektif menyampaikan ide kepada orang lain adalah peran penguasaan keterampilan public speaking dalam hal….
A.  mempengaruhi dunia sekitar
B.  mengembangkan diri pribadi
C.  meningkatkan karir
D.  menjadikan kita orang terkenal
Jawab:
B.  Benar. Dengan kemampuan menyampaikan ide kepada orang lain secara  lebih efektif akan memperbesar kemungkinan ide kita diterima dan diterapkan.

2.  Mempersiapkan diri dengan baik merupakan salah satu strategi yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan kepercayaan diri saat melakukan kegiatan public speaking. Salah satu cara mempersiapkan diri secara baik adalah dengan....
A.  Meyakinkan diri kita bahwa kita pasti bisa melakukan kegiatan public speaking
B.  Mengembangkan formula 5W+1H
C.  Berlatih mengucapkan kata-kata yag sulit
D.  Membayangkan diri kita berada di atas panggung
Jawab:
B.  Benar. Formula 5W+1H bermanfaat untuk memersiapkan siapa audiens kita, apa yang kita sampaikan, kapan, di mana, mengapa kita harus menyampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya.

3.  Salah satu cara yag bisa dilakukan dalam mengurangi kecemasan dalam melakukan kegiatan public speaking  adalah....
A.  Mengonsumsi teh hangat sebelum tampil
B.  Mengenakan pakaian baru
C.  Melakukan kontak mata dengan audiens
D.  Memaksimalkan alat bantu visual
Jawab:
C.  Benar. Melakukan kontak mata dengan audiens, bisa mengurangi rasa cemas, selain itu bisa menunjukkan rasa penghargaan kita kepada audiens.

4.  Aplikasi retorika sebagai cikal bakal public speaking di bidang politik pada zaman Yunani Kuno terlihat pada....
A.  Pihak-pihak yang bertikai saling beradu argumentasi untuk mempengaruhi keputusan hakim dan juri untuk memenangkan mereka
B.  Berbagai puisi indah yang dihasilkan oleh kaum sofis
C.  Pengajaran secara profesional tentang cara beretorika
D.  Rapat-rapat besar yang dihadiri oleh para warga polis yang berpengaruh
Jawab:
D.  Benar. Rapat besar kerap diadakan di tempat-tempat terbuka yang hanya boleh dihadiri oleh warga kelas atas untuk bisa berargumentasi yang akan menghasilkan keputtusan yang bersifat politis.

5.  Retorika akan memiliki daya untuk bisa menggerakkan publik bila mampu menggugah emosi publik. Menurut Aristoteles, hal tersebut merupakan salah satu pembuktian retorika yang dikenal dengan istilah....
A.  Ethos
B.  Pathos
C.  Logos
D.  Nomos
Jawab:
B.  Benar. Pathos adalah kemampuan seorang pembicara dalam menggugah emosi pendengar.

6.  Tahapan dalam retorika di mana pembicara merancang isi argumen, mempertimbangkan pro-kontra dalam topik-topik yang ia bawakan, serta menyesuaikan argumen dengan situasi publik, merupakan salah satu hukum retorika yang disebut....
A. Inventio
B.  Dispositio
C.  Elucutio
D.  Memoria
Jawab:
A.  Benar. Tahap ini berhubungan erat dengan konsep logika (logos) dalam tiga pembuktian retorika, di mana pembicara menyusun berbagai argumen yang mendukung materi yang disampaikan.

7.  Aristoteles berpendapat bahwa publik adalah elemen terpenting dari public speaking, hal ini disebabkan karena publik yang menentukan ….
A.  Pembicara dalam kegiatan public speaking
B.  kesuksesan sebuah public speaking
C.  isi/materi public speaking
D.  tempat dan waktu kegiatan public speaking
Jawab:
B.  Benar. Publik akan menentukan apakah sebuah kegiatan ps sukses atau tidak, terutama jika pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh publik dan pembicara berhasil menggugah emosi publik.

8.  Keuntungan utama yang kita peroleh dengan kemampuan “mendengarkan” dalam kegiatan publik speaking  adalah kita dapat....
A.  mengantisipasi keinginan publik
B.  mempersiapkan materi dengan lebih detail
C.  bersikap memberikan perhatian pada publik
D.  mengetahui apa umpan balik yang diberikan publik
Jawab:
D.  Benar. Dengan mendengarkan, kita akan tahu apa sebenarnya reaksi publik terhadap pesan kita dan apa yang menjadi keinginan mereka.

9.  Nilai kejujuran menjadi salah satu poin penting etika dalam publik speaking. Jika seorang pembicara ragu akan informasi yang ia miliki, maka yang sebainya ia lakukan adalah....
A.  Tetap menyampaikan informasi tersebut agar publik menjadi puas
B.  Memanipulasi informasi tersebut
C.  Tidak menyampaikan informasi tersebut
D.  Meminta publik memastikan kebenaran informasi tersebut
Jawab:
C.  Benar. Sebaiknya informasi yang meragukan tidak disampaikan agar tidak menimbulkan kekisruhan.


10. Tujuan pembicara harus mengetahui orang penting (VIP) yang akan hadir di acara tersebut adalah agar....
A.  Ia bisa menyapa sang tamu VIP pada saat pembukaan pembicaraannya sebagai bentuk penghormatan
B.  Ia mendapat posisi yang sama dengan tamu kehormatan tersebut
C.  Ia dapat kredit lebih karena sudah berbicara di hadapan orang penting
D.  Ia mendapat imbalan materi yang sesuai
Jawab:
A.  Benar. Orang penting yang hadir pada suatu acara, harus menapat kehormatan disapa secara khusus pada saat seorang pembicara mengawali pembicaraannya.

11. Mengawali sebuah kegiatan publik speaking, memerlukan cara yang cerdik, antara lain pembicara melakukan icebreaking dengan cara....
A.  Menyajikan argumentasi yang akurat
B.  Memuji diri sendiri
C.  Mengevaluasi pakaian yang dikenakan audiens
D.  Menyampaikan cerita lucu
Jawab:
D.  Benar. Memulai pembicaraan dengan menyampaikan cerita lucu akan mencairkan suasana dan menjembatani gap yang mungkin ada antara pembicara dan audiens.

12. Membaca atau menghafal naskah public speaking bukanlah cara yang dianjurkan bagi seorang pemula. Cara terbaik adalah dengan....
A.  Mengomunikasikan pesan kita
B.  Menjelaskan pesan kita
C.  Menyampaikan pesan kita
D.  Mengarahkan pesan kita
Jawab:
A.  Benar. Dengan mengomunikasikan pesan kita, kita bisa secara natural menyampaikan pesan dan memperhatikan feedback yang diberikan audiens.

13. Bagi seorang pemula, pemilihan topik pembicaraan sebaiknya adalah....
A.  Hal yang sedang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat
B.  Sesuai dengan saran yang diberikan oleh penyelenggara
C.  Hal yang disukai atau dikuasai pembicara
D.  Sesuai permintaan audiens
Jawab:
C.  Benar. Mengungkapkan sesuatu yang kita sukai dan atau kuasai, misalnya tentang hobi kita, tentang pengalaman kita, akan lebih mudah dan lebih natural disampaikan oleh seorang pemula.

14. Brainstorming adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk menggali topik pembicaraan dengan cara....
A.  mengungkapkan pengalaman pribadi
B.  melakukan pengelompokkan topik
C.  melakukan pencarian topik melalui referensi
D.  melakukan pencarian melaui internet
Jawab:
B. Benar. Meode brainstorming dilakukan dengan cara membuat pengelompokkan topik yang dibuat di dalam tabel-tabel.

15. Menjadi diri sendiri adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan seoramg pembicara untuk bisa membina hubungan baik dengan publik. Hal ini dilakukan dengan cara....
A.  menyampaikan fakta kepada audiens
B.  tampil apa adanya
C.  semangat ketika menyampaikan topik presentasi
D.  menyampaikan secara tulus apresiasi kita kepada audiens
Jawab:
B.  Benar. Tampil apa adaya menunjukkan bahwa kita berani tampil sebagai diri  sendiri tanpa dibayangi-bayangi oleh sosok siapapun.

16. Untuk memudahkan pembicara dalam memilih topik dan sub-topik, termasuk contoh dan ilustrasi, maka analisis publik dilakukan dari aspek....
A.  strata ekonomi
B.  gender
C.  usia
D.  status sosia
Jawab:
C.  Benar. Topik yang dipilih akan dipengaruhi oleh usia audiens, apakah kaum muda atau orang tua yang juga akan mempengaruhi gaya berbicara pembicara.

17. Bila presentasi membutuhkan diskusi di antara publik, maka pengaturan ruang dibuat....
A.  Theater style
B.  Class room
C.  U shape
D.Herring bone
Jawab:
C.  Benar. Pengaturan tempat presentasi dengan U shape akan memudahkan audiens dalam melakukan diskusi sepanjang acara presentasi.

18. Cara menarik minat publik dengan katagori subordinate adalah dengan....
A.  Menyampaikan presentasi dengan gaya ringan
B.  Menyampaikan presentasi dengan cara yang energik dan semangat
C.  Menjelaskan informasi dan mengajak berdiskusi
D.  Menyampaikan materi dengan sistematis, singkat, padat, dan jelas.
Jawab:
B.  Benar. Bagi audiens yang berkatagori subordinate, mereka perlu diberi instruksi dan dimotivasi agar bekerja lebih baik. Untuk itu, pembicara perlu berbicara dengan cara yang energik dan semangat.

19. Cara menjawab pertanyaan publik yang tidak mengerti atau kurang paham dengan materi presentasi kita adalah dengan....
A.  mengulang kembali apa yang sudah kita sampaikan sebelumnya dengan cara bicara lebih perlahan dari sebelumnya
B.  menjawab secara lengkap sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh publik dan sebatas maksimal yang menurut kita boleh diketahui publik
C.  Ucapkan terima kasih atas komentarnya dan jawablah secara wajar dan tidak perlu berlebihan
D.  Bersikaplah tenang dan jawablah dengan benar dan tunjukkan antusias kita untuk menjawab
Jawab:
A.  Benar. Cara ini dilakukan agar audiens lebih memahami materi yang sudah kita sampaikan sebelumnya.

20. Bila pertanyaan yang diajukan publik tidak sesuai dengan materi yang sedang disampaikan, maka yang sebaiknya dilakukan pembicara adalah….
A.  Alihkan perhatian public dengan mengembalikan pada topic yang sedang dibicarakan.
B.  Menjelaskan secara detail pertanyaan public meskipun itu di luar topic pembicaraan.
C.  Jika pembicara tidak mengetahui jawabannya karena memang pertanyaan tidak relevan dengan materi yang sedang disampaikan, maka minta maaflah kepada publik karena kita tidak bisa menjawab pertanyaannya.
D.  Meminta publik untuk bertanya kepada pembicara lain yang lebih berkompeten.
Jawab:
C.  Benar. Jika pembicara memang tidak dapat menjawab pertanyaan publik, sebaiknya meminta maaf dan menjelaskan bahwa materi yang ditanyakan di luar topik pembicaraan.

21. Jika seorang pembicara akan menggunakan internet sebagai sumber data materi presentasi, maka yang harus dikritisi adalah....
A.  Kredibiltas penulis
B.  Subjektivitas informasi
C.  Data yang paling sering diakses.
D.  Data yang masih belum banyak diacu.
Jawab:
A.  Benar. Kredibiltas penulis bisa dijadikan indikator validitas data yang kita gunakan sebagai sumber, misalnya artikel di jurnal yang telah melewati proses seleksi yang ketat.

22. Tujuan memberikan contoh pada kegiatan public speaking adalah untuk....
A.  Menunjukkan kredilitas pembicara
B.  Memperjelas ide pembicara
C.  Mempengaruhi publik
D.  Memperlihatkan kualitas pembicara
Jawab:
B.  Benar. Dengan pemberian contoh, publik bisa lebih memahami materi yang disampaikan pembicara.

23. Dalam menggunakan data statistik untuk menunjang materi dalam kegiatan public speaking, pembicara harus memastikan bahwa data diperoleh secara random/acak yang bertujuan agar....
A.  penelitian menjadi bagus
B.  tidak ada kecemburuan di antara seluruh anggota populasi.
C.  pembicara dapat berbicara mewakili populasi.
D.  setiap anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk diteliti.
Jawab:
D.  Benar. Jika setiap setiap anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk diteliti, maka data yang diperoleh semakin valid dan mewakili kondisi populasi.

24. Kesaksian seseorang bisa menjadi salah satu cara untuk menggambarkan suatu kondisi dan kita gunakan dalam kegiatan public speaking. Kesaksian dari pihak yang memiliki pengetahuan dan otoritas tertentu sehubungan dengan topik PS yang kita sampaikan diperoleh dari saksi....
A.  biasa
B.  umum
C.  ahli
D.  awam
Jawab:
C.  Benar. Saksi ahli merupakan kesaksian dari pihak yang memiliki pengetahuan dan otoritas tertentu sehubungan dengan topik PS yang kita sampaikan diperoleh dari saksi ahli.

25. John Townsend dalam bukunya The Business Presenter’s memberikan tip untuk mengorganisasikan presentasi dengan struktur BOMBER ‘B’ yang merupakan singkatan dari: “Bang! – Opening – Message – Bridge – Examples – Recap – Bang!”.
“Bang!” yang pertama mengandung makna bahwa pembicara sebaiknya mengawali pembicaraan dengan pernyataan yang….
A.  Dramatis atau provokatif
B.  Menyejukkan
C.  Humoris
D.  Menenangkan
Jawab:
A.  Benar. Pernyataan yang dramatis atau provokatif akan memusatkan perhatian dan ketertarikan audiens ke topik pembicaraan

26. Saat akan memberikan salam pembuka, apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang pembicara?
A.  Melakukan tes mikrofon
B.  Meminta audiens untuk tenang
C.  Memastikan kesiapan isi materi pembicaraan
D.  Diam sejenak dan menyebar pandangan ke seluruh audiens
Jawab:
D.  Benar. Dengan diam dan menyebar pandangan, pembicara seakan-akan memberitahukan kepada seluruh public bahwa acara akan dimulai dan meminta perhatian mereka

27. Jika pembicara diminta oleh pihak pengundang untuk menyampaikan presentasi dengan topik/judul yang telah ditetapkan, pembicara dapat mengatakan....
A.  Saya rasa Anda semua sudah mengetahui topik yang akan saya bicarakan siang ini
B.  Saya diminta untuk menyampaikan materi tentang ”Cara belajar yang efektif bagai mahasiswa pendidikan jarak jauh”
C.  Saya akan menyampaikan materi sesuai dengan yang diminta oleh panitia
D.  Mudah-mudahan materi yang akan saya sampaikan sesuai dengan yang ditetapkan panitia
Jawab:
B.  Benar. Ini adalah cara untuk menyampaikan topik/judul presentasi sesuai dengan permintaan panitia.

28. Menyampaikan humor bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan ice breaking (mencairkan suasana agar tidak kaku) pada awal presentasi. Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat menyampaikan humor adalah....
A.  Isi humor berkaitan dengan materi presentasi
B.  Tidak mengandung unsur SARA
C.  Harus mampu membuat audiens tertawa terpingkal-pingkal
D.  Humor perlu disesuaikan dengan selera humor audiens.
Jawab:
C.  Benar. Humor yang disampaikan tidak harus sampai membuat audiens tertawa terpingkal-pingkal.

29. Metode presentasi yang diorganisasikan mengikuti pola arah, misalnya dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan, dari dalam ke luar, dari kanan ke kiri, atau arah lainnya, disebut dengan metode….
A.  Kronologis
B.  Spatial
C.  Sebab – akibat
D.  Masalah – solusi
Jawab:
B.  Benar. Pada metode spatial, presentasi diorganisasikan mengikuti pola arah, misalnya dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan, dari dalam ke luar, dari kanan ke kiri, atau arah lainnya.


30. ‘Tidak ada kata terlambat untuk merubah kebiasaan, lakukan sekarang atau kita menyesal dikemudian hari’.
Ungkapan penutup presentasi di atas adalah penutup dengan strategi....
A.  meringkas main points dan mengulangnya kembali
B.  mempersuasi publik
C.  menyampaikan harapan
D.  memberi reward and punishment
Jawab:
C.  Benar. Ungkapan tersebut merupakan bentuk penyampaian harapan dengan pernyataan positif.

31. Alat bantu presentasi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara penggunaan, manfaat, dan bentuk suatu objek disebut dengan….
A.  Table-top flip chart
B.  Hand-outs
C.  Kostum
D.  Models (barang contoh)
Jawab:
D.  Benar. Alat bantu presentasi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara penggunaan, manfaat, dan bentuk suatu objek.

32. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan slide presentasi adalah….
A.  Gunakan tata bahasa yang baik, pilih kata-kata yang tepat dan dapat dimengerti publik
B.  Maksimalkan penggunaan singkatan
C.  Minimalkan penggunaan gambar
D.  Penuli slide dengan kata-kata
Jawab:
A.  Benar. Dalam slide gunakan tata bahasa yang baik, pilih kata-kata yang tepat dan dapat dimengerti publik

33. Salah satu poin yang harus diperhatikan saat melakukan presentasikan dengan alat bantu visual adalah “Berbicaralah dengan publik”. Hal ini berarti pembicara harus….
A.  Melakukan kontak mata dengan seluruh audiens
B.  Berbicara dengan sebagian audiens
C.  Berkonsentrasi pada audiens yang masuk katagori VIP
D.  Berkonsentrasi pada materi di alat bantu
Jawab:
A.  Benar. Pembicara harus tetap menjaga pandangan dan melakukan kontak mata dengan seluruh audiens meskipun presentasi menggunakan alat bantu visual.

34. Manakah di antara ungkapan verbal berikut ini yang sesuai dengan rambu-rambu penggunaan bahasa verbal dalam public speaking?
A.  Sebelum memulai presentasi, saya mohon maaf kalau saya nanti membuat kesalahan-kesalahan.
B.  Selamat pagi Ibu dan Bapak, senang sekali saya, Putri Laksmi dapat memperkenalkan perusahaan kami, PT. Komputindo, yang akan menjadi partner perusahaan Ibu dan Bapak dalam melakukan perawatan fasilitas computer di sini.
C.  Perusahaan kita akan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan Ibu dan Bapak semaksimal mungkin.
D.  Baik Ibu dan Bapak, akan aku perkenalkan teman-temanku yang pagi ini hadir untuk memberikan penjelasan tentang produk perusahaan kita.
Jawab:
B.  Benar. Kalimat pembukaan disampaikan secara meyakinkan menunjukkan rasa percaya diri pembicara.

35. Kontak mata yang benar yang harus dilakukan seorang pembicara adalah….
A.  Memandang bagian dahi atau bagian atas mata audiens.
B.  Memandang audiens yang dikenal untuk mengurangi rasa grogi.
C.  Menjaga pandangan pada orang-orang penting yang hadir.
D.  Memandang tepat mata audiens.
Jawab:
D.  Benar. Pembicara harus mampu melakukan kontak mata dengan audiens. Jika grogi, kemampuian ini harus terus dilatih.

36. Penampilan adalah faktor penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan kegiatan public speaking. Jika seseorang akan melakukan presentasi pagi atau siang hari, busana yang sebaiknya dihindari adalah yang….
A.  Berwarna gelap
B.  Beraksesoris maksimal
C.  Tidak mengkilat
D.  Selalu formal
Jawab:
C.  Benar. Warna mengkilat tidak tepat dikenakan pada pagi atau siang hari.

37. Adakalanya  public speaking disampaikan dengan membaca naskah. Naskah public speaking harus dibuat dengan menggunakan simbol-simbol khusus untuk membacanya. Untuk membaca dengan nada suara/pitch meninggi diberi simbol….
A.  panah melengkung
B.  garis miring
C.  garis tegak dua sejajar
D.  titik-titik
Jawab:
A.  Benar. Simbol panah melengkung adalah simbol nada suara meninggi

38. Untuk membentuk suara yang baik, seorang pembicara harus memperhatikan irama suaranya yang disebut dengan istilah….
A.  pitch
B.  artikulasi
C.  intonasi
D.  volume
Jawab:
C.  Benar. Intonasi adalah irama suara

39. Dalam menyampaikan public speaking yang bertujuan untuk memberikan informasi, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dihindari pembicara, kecuali….
A.  Memberi materi yang bersifat abstrak
B.  Menyampaikan cerita yang mendramatisasi materi
C.  Menggunakan bahasa teknis
D.  Menyampaikan materi secara sederhana
Jawab:
D.  Benar. Materi harus disampaikan secara sederhana agar mudah dipahami audiens.

40. Pembicaraan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk, salah satunya adalah menginformasikan hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berbentuk maupun tidak berbentuk, yang disebut dengan klasifikasi….
A.  Proses
B.  Peristiwa
C.  Konsep
D.  Objek
Jawab:
D.  Benar. Menginformasikan hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berbentuk maupun tidak berbentuk, seperti: manusia, tempat, binatang, sesuatu yang bergerak, disebut klasifikasi objek.

41. Bagaimana publik menilai kecakapan pembicara, pengalamannya dan pengetahuannya terhadap subjek adalah Faktor yang mempengaruhi kredibilitas seorang pembicara di mata publik dari aspek….
A.  Kompetensi
B.  Karakter
C.  Itikad
D.  Penampilan
Jawab:
A Benar. kecakapan pembicara, pengalamannya dan pengetahuannya terhadap subjek adalah factor kompetensi yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens.

42. Bukti bisa digunakan sebagai bahan pendukung argumentasi kita dalam public speaking. Bukti yang sebaiknya diberikan kepada audiens adalah bukti yang….
A.  popular
B.  fenomenal
C.  spesifik
D.  umum
Jawab:
C.  Benar. Bukti-bukti yang spesifik lebih mempersuasi daripada bukti yang bersifat umum.

43. “Apakah Anda mau di usia 40 tahun nanti jantung Anda digerogoti kanker yang berasal dari rokok yang Anda hisap puluhan tahun?”
Contoh kalimat di atas adalah strategi mempersuasi publik dengan menggunakan emosi, tepatnya rasa….
A.  takut
B.  bangga
C.  belas kasihan
D.  marah
Jawab:
A.  Benar. Audiens dipancing rasa takutnya dengan pernyataan akan bahaya rokok agar mereka menjauhi rokok.

44. Jika kita diminta untuk memperkenalkan seorang pembicara kepada publik, maka hal-hal yang sebaiknya kita informasikan terutama pada acara formal adalah….
A.  Nama lengkap dengan gelar
B.  Status pernikahan
C.  Usia
D.  Nomor telepon selular
Jawab:
A.  Benar. Pada acara formal, penyebutan gelar secara lengkap akan menambah kredibilitas pembicara.

45. Hal-hal yang bisa disampaikan pembicara pada penutup pidato adalah….
A.  meringkas poin utama yang sudah disampaikan
B.  menambah pernyataan yang bisa memperkuat isi
C.  menyampaikan kata-kata yang membuat publik mengingat dan terkesan dengan presentasi kita
D.  meminta maaf karena presentasi kita tidak sempurna
Jawab:
D.  Benar. Meminta maaf karena presentasi kita tidak sempurna bisa menurunkan kredibilitas pembicara.

Download Soal UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking

Untuk memudahkan Anda menyiampan soal-soal di atas, kami sudah menyiapkan dalam bentuk dokumen pdf yang mana filenya bisa Anda unduh melalui link berikut ini.


Sekian artikel terkait Soal Ujian UT Ilmu Komunikasi SKOM4312 Public Speaking dan Kunci Jawaban. Jika harapan Anda ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka belajarlah yang giat. Ayo saling berbagi pada yang lainnya, dengan cara share artikel ini ke media sosial Anda dan group UT. Pertanyaan dan saran silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.