√ Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 Soal Evaluasi Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 Soal Evaluasi Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban evaluasi PAI kelas 11 halaman 14, 15, 16, 17 bab 1 semester 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada buku siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi alternatif bagi teman-teman siswa dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah, terutama menjawab soal-soal yang dianggap sulit.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, setiap siswa tentunya memiliki pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka wajar, jika tidak semua siswa mampu untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Pasti akan ada sebagian siswa yang kesulitan menjawab soal-soalnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14-15

Meskipun sebelumnya siswa tersebut sudah berusaha membaca materi pada buku pelajaran untuk menjawab soal-soalnya, namun juga menemukan jawaban yang tepat. Jika demikian, maka tentunya siswa harus mencari alternatif jawaban, baik itu di buku pendidikan lainnya atau di internet agar dapat menjawab soal-soalnya sehingga tugas sekolah bisa diselesaikan.

Kami mendapati sebuah fakta, bahwa memang akhir-akhir ini ada peningkatan jumlah pencarian di internet terkait dengan kunci jawaban. Sekarang ini memang cukup banyak siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban di internet untuk membantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Melihat hal tersebut, kamipun tergerak untuk turut serta dalam menyediakan apa yang sekarang ini teman-teman siswa perlukan. Dalam hal ini, kami menyediakan kunci jawaban PAI kelas 11 halaman 14-15, yang kami harapkan, jawaban ini bisa teman-teman siswa manfaatkan dengan baik untuk menyelesaiakn tugas-tugas sekolah.

Dengan adanya alternatif jawaban ini, teman-teman tentunya akan sangat terbantu dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Namun kami menyarankan agar teman-teman tidak sepenuhnya bergantung pada kunci jawaban seperti ini.

Teman-teman harusnya juga berusaha dulu, untuk mencari jawabannya di buku pelajaran. Dengan membaca materi yang ada pada buku siswa, kami yakin teman-teman bisa menjawab soal-soalnya. Kalaupun ternyata ada soal-soal yang teman-teman anggap itu sulit, maka barulah memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14-15

Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah, teman-teman tentunya harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat dan benar. Dengan memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, mudah-mudahan teman-teman bisa meraih nilai terbaik.

Namun kami juga harus mengingatkan teman-teman, bahwa kami disini hanya menyediakan jawaban yang kami anggap terpat. Namun bukan berarti kami menjanjikan semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat ketika guru teman-teman mengoreksinya.

Mungkin saja ada jawaban-jawaban yang dianggap kurang tepat oleh guru teman-teman. Maka dari itu, sebelum teman-teman menulis dan menyalinnya ke buku tugas. Periksa atau cek terlebih dahulu jawabannya, dan sesuaikan dengan soalnya, baru kemudian jika teman-teman rasa sudah tepat, disalin ke buku tugas.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak semua jawaban yang sudah kami sediakan. Kalaupun ada jawaban yang teman-teman anggap salah atau ragu untuk menuliskannya, maka kami sarankan cari jawaban lain saja, atau sampaikan pada kami.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 Pilihan Ganda

Evaluasi
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini yang termasuk perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang diturunkan Allah Swt. kepada para nabi-Nya adalah ....
a. hanya meyakini satu kitab suci saja.
b. berlomba-lomba untuk mempertahankan kebenaran masing-masing .
c. selalu menjalankan ajaran semua kitab suci yang diturunkan Allah Swt.
d. menyeleksi isinya kemudian menjalankan yang dianggap mudah untuk diamalkan.
e. mengimani keberadaan semua kitab suci, tetapi hanya menjalankan isi kitab suci yang diyakininya saja.
Jawab : E

2. Nabi Muhammad saw. menjelaskan bahwa tidak akan tersesat orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dan sunah, maksudnya adalah...
a. bagi orang yang selalu membawanya ke mana saja ia pergi.
b. bagi orang yang selalu mengamalkannya di mana saja ia berada.
c. bagi orang yang selalu mengkajinya siang dan malam.
d. bagi orang yang selalu berdakwah untuk kebenaran al-Qur’an.
e. bagi orang yang meyakini dalam hatinya.
Jawab : B

3. Ketika terjadi perdebatan tentang kebenaran masing-masing kitab suci, sikap yang harus diperlihatkan oleh seorang muslim adalah...
a. membiarkan perbedaan tersebut karena merupakan rahmat Allah Swt.
b. memancing suasana agar makin ramai perdebatannya.
c. mencari solusi dengan cara meminta penjelasan rekan sejawat.
d. mencari akar masalah dan menggali sumber kebenaran kepada ahlinya.
e. mengembalikan permasalahan tersebut kepada al-Qur’an dan hadis.
Jawab : E

4. Cara menjaga al-Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali...
a. mempelajari al-Qur’an dengan sungguh-sungguh.
b. mengamalkan al-Qur’an di tempat tertutup.
c. menghafal semua ayat al-Qur’an dengan baik.
d. mengkaji isinya dengan seluas-luasnya.
e. mengamalkan isinya.
Jawab : B

5. Yang tidak termasuk nama lain al-Qur’an adalah...
a. al-Huda
b. al-Furqan
c. al-Mizan
d. al-Kitab
e. asy-Syifa'
Jawab : C

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 15 Soal Isian

B. Jawablah soal-soal berikut dengan tepat!

1. Kemukakan beberapa pendapat kamu tentang kitab-kitab Allah Swt. sebelum al-Qur’an!

Sebagai umat Islam, kita harus meyakini tentang keberadaan kitab sebelum Al Qur'an, karena di dalam Al Qur'an itu sendiri dijelaskan dengan rinci tentang perintah untuk mengimani kitab sebelumnya, yaitu  QS. An-Nisa ayat 136
Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya”. (QS An Nisa : 136)
Ada beberapa kitab yang diturunkan sebelum Al Qur'an yaitu:
  • Zabur diturunkan kepada kaum nabi Daud. as
  • Taurat diturunkan kepada kaum nabi Musa. as
  • Injil diturunkan kepada kaum nabi Isa. as
Namun kita tidak boleh mengikuti isi ajarannya lagi, karena semua telah disempurnahkan oleh Al Qur'an.

2. Mengapa al-Qur’an disebut kitab yang bersifat universal?

Hal ini dikarenakan isi ajaran islam bersifat umum dan berlaku untuk setiap zaman, setiap umat, setiap kaum dan di negara manapun, siapapun dan sampai kapanpun. Inti ajaran islam mampu menjawab masalah yang ada sejak dahulu, sekarang dan hingga nanti.

3. Bagaimana cara mewujudkan perilaku supaya bisa disebut orang yang beriman kepada al-Qur’an?

Cara mewujudkan perilaku agar bisa disebut orang yang beriman kepada Al-Qur`an yaitu:

  • Dengan mempelajari cara membaca Al Qur'an dengan baik dan benar
  • Mengamalkan segala perintah dan larangan di dalam Al Qur;an
  • Membaca Al Qur'an secara konsisten dan berkesinambungan
  • Mendekatkan diri dengan Al Quran dengan cara menghafalkannya
  • Mendakwahkan isi dari Al Qur'an

4. Mengapa al-Qur’an disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya?

Karena Allah telah menyempurnakan ajaran agama yang terdapat pada kitab sebelumnya, Allah telah menaskh dan memansukh atau menghapuskan ajaran.  Sehingga yang tersisa adalah Al Qur'an dengan kesempurnaan ajarannya.

5. Bagaimana pendapat kamu ketika menyaksikan orang Islam tidak mau membaca dan mengkaji al-Qur’an?

Orang yang demikian masih dipertanyakan apakah ia benar mengimani Al Qur'an, apakah ia benar beragama Islam. Karena bagi pemuluk agama islam, maka ada rukun yang harus ditegakkan yaitu Iman kepada Kitab Allah. Al Qur'an juga menjadi sarana kita untuk dekat kepada Allah dan mengetahui apa yang Allah perintahkan dan dilarang, sehingga bagaimana orang itu mengatakan dia beriman kepada Allah, jika ajarannya saja tidak pernah ia ketahui.

C. Isilah kolom berikut dengan jujur sesuai keadaanmu!

Untuk tugas pada poin C ini, silahkan teman-teman isikan sesuai dengan kondisi yang teman-teman alami sekarang ini!

D. Tugas Kelompok

  1. Buatlah beberapa kelompok dengan beranggotakan lima orang setiap kelompoknya.
  2. Setiap kelompok membuat ringkasan materi tentang isi Taurat, Zabμr, Injil, dan al-Qur’an.
  3. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok yang lain menanggapi.

Untuk tugas kelompok tentang ringkasan materi isi Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran ini kami sediakan dalam bentuk file dokumen, silahkan teman-teman unduh disini.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14-15

Soal-soal dan kunci jawaban yang kami sediakan diatas tentunya dapat teman-teman jadikan sebagai bahan belajar di rumah, sebagai persiapan pembekalan diri untuk mengikuti kegiatan penilaian. Maka dari itu, kami sudah menyediakannya dalam file dokumen PDF yang dapat teman-teman simpan pada ponsel atau dicetak untuk dipelajari. Silahkan unduh pada link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 179kb

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, memang kunci jawaban menjadi hal utama agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan pastinya setiap siswa berkeinginan untuk mendapatkan nilai terbaik pada setiap tugas sekolah yang mereka kerjakan.

Dan seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kunci jawaban yang kami sediakan ini merupakan kunci jawaban pilihan yang kami yakin bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar. Kami mencari jawaban ini dari berbagai sumber, baik dari buku pelajaran, dari situs pendidikan, dan juga dari pemahaman kami.

Namun meskipun demikian, kami selalu menyarankan teman-teman untuk tetap teliti dan selalu mengecek jawabannya sebelum disalin ke buku tugas. Karena bisa saja ada jawaban yang keliru dan tidak sesuai dengan soalnya. Karena kamipun tentunya tidak luput dari kesalahan.

Kalaupun nantinya teman-teman menemukan jawaban yang kurang tepat, sehingga membuat teman-teman ragu untuk menuliskannya, maka saran kami, silahkan teman-teman cari saja jawaban lain, atau bisa sampaikan kepada kami, agar dapat kami tindak lanjut.

Tak lupa juga kami ingatkan juga teman-teman semua untuk terus giat dalam belajarnya. Karena selain tugas-tugas sekolah, akan ada kegiatan lainnya seperti penilaian harian, akhir semester dan juga penilaian akhir tahun. Dan semua kegiatan tersebut sangat penting untuk teman-teman ikuti.

Demikian ulasan kami kali ini terkait dengan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 11 halaman 14 15 16 17 pada bab 1 semester 1. Harapan kami, semoga jawaban ini dapat teman-teman manfaatkan sebaik mungkin untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah, terkhusus untuk menjawab soal-soal yang sulit.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 Soal Evaluasi Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"