√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19 20 21 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19 20 21 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 19, 20, 21 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti soal pelajaran 2 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan kunci jawaban ini semata-mata hanya untuk membantu teman-teman siswa yang sekarang ini memang tengah membutuhkan jawaban untuk menjawab soal-soal yang sulit pada tugas sekolah.

Seperti yang sering kami sampaikan kepada teman-teman, bahwa memang dalam mengerjakan tugas sekolah, kunci jawaban cukup membantu, terutama bagi teman-teman siswa yang memang kesulitan menjawab sebagian soal pada tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19-21

Meskipun mungkin siswa tersebut sebelum sudah berusaha maksimal, membaca materi pada buku pelajaran untuk mencari jawaban yang tepat, namun belum juga bisa menjawab soal-soalnya. Atau memang terkadang ada soal-soal yang harus dijawab dengan pendapat dan pemahaman sendiri. Maka ada sebagian siswa yang kurang bisa menjawab soal-soalnya.

Kita semua pasti setuju, jika setiap siswa pasti memiliki pemahaman dan pengetahuan yang berbeda-beda. Sama halnya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pasti akan ada siswa yang kurang mengerti dalam menjawab soal-soalnya. Sehingga siswa tersebut harus mencari alternatif jawaban.

Jika kita berkaca pada hal tersebut, maka wajar jika sekarang ini kunci jawaban masih cukup banyak dicari oleh siswa di internet untuk dimanfaatkan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Hal inilah yang juga menjadi dorongan kami untuk turut berbagi kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 19, 20, 21 ini.

Kami berharap jawaban ini bisa menjadi solusi bagi siswa-siswa yang memang membutuhkan alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal yang sulit, agar tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan, lalu bisa dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19-21

Namun meskipun demikian, kami tetap menyarankan pada setiap siswa yang berkunjung ke blog ini, agar terlebih dahulu tetap berusaha mencari jawabannya sendiri. Dengan membaca materi di buku pelajaran dan memahaminya, kami yakin teman-teman siswa juga pasti bisa menjawab soal-soalnya.

Kalaupun nantinya ada soal-soal yang sulit yang belum bisa teman-teman jawab sendiri, atau jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, maka barulah teman-teman cari alternatif jawaban seperti ini dan dimanfaatkan untuk menjawab soal-soal tersebut. Dengan begitu, setidaknya teman-teman tidak sepenuhnya bergantung dengan kunci jawaban.

Meskipun kami sudah menyediakan alternatif jawaban ini, namun teman-teman harus selalu teliti dan mengecek setiap jawaban yang ada, sebelum teman-teman salin ke buku tugas. Karena kami disini tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat.

Mungkin saja ada sebagian jawaban yang keliru sehingga kurang tepat. Untuk itu selalu utamakan ketelitian. Kalaupun ada jawaban yang meragukan, maka silahkan teman-teman upayakan untuk mencari jawaban lain saja. Atau bisa sampaikan kepada kami agar kami bisa mengecek jawabannya.

Nah berikut ini, silahkan lihat jawaban yang sudah kami sediakan. Manfaatkan dengan baik untuk menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah teman-teman. Semoga dengan jawaban ini, teman-teman bisa mendapatkan nilai tugas yang lebih baik lagi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19

Tugasku
Insya Allah aku bisa menceritakan isi kitab Allah Swt. yang membawa ajaran terpuji berikut ini:

1. Contoh ajaran terpuji kepada Allah Swt.

Contoh ajaran terpuji kepada Allah Swt. Yaitu:

  • Salat lima waktu tepat waktu.
  • Hanya memohon kepada Allah Swt. saja.
  • Berpuasa pada bulan Ramadhan.
  • Membaca Al-Qur'an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bertasbih dengan memuji nama-nama baik Allah Swt.

2. Contoh ajaran terpuji kepada sesama manusia.

Contoh ajaran terpuji kepada sesam manusia yaitu:

  • Berbuat baik antar sesama
  • Saling tolong menolong dalam kebaikan
  • Toleransi antar beragama

3. Contoh ajaran terpuji kepada hewan, tanaman, dan alam sekitar.

Contoh ajaran terpuji kepada hewan, tanaman dan alam sekitar yaitu:

  • Memberi pupuk tanaman
  • Menyiram dan merawatnya
  • Memberih lingkungan alam sekitar agar tetap terjaga

4. Contoh ajaran terpuji kepada diri sendiri.

Contoh ajaran terpuji kepada diri sendiri yaitu:

  • Tidak sombong
  • Tidak membanggakan diri sendiri
  • Bersikap sopan
  • Menghargai antar sesama
  • Bersedekah

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 20

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas! Setelah membaca materi pelajaran 2 di atas, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Jelaskan pengertian mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’u al-Husnā.

Maksud mengenal Allah melalui Al Asma’ul Husna ialah meyakini ke 99 Sifat Allah SWT, dimana Allah SWT merupakan Maha diatas segala-galanya. Sebab, dengan mengenal Allah melalui Al Asma’ul Husnanya, terdapat berbagai manfaat yang bisa kita peroleh, diantaranya Menambah kecintaan hamba kepada Rabb-nya, dimudahkan segala permintaanya, lebih berhati-hati dalam bertindak, serta menambah pahala dan keimanan kita.

2. Apa yang dimaksud dengan al-Mumit? Jelaskan.

Al Mummit berarti yang Maha Menghidupkan dan Mematikan, maksudnya bahwa Allah sangat berkuasa atas kehidupan dan kematian seluruh makhluknya yang ada di dunia maupun di langit.

3. Apa yang dimaksud dengan al-Hayyu? Jelaskan.

Al Hayyu berarti yang Maha Hidup, maksudnya bahwa Allah merupakan satu-satunya dzat yang dapat hidup dengan sempurna.

4. Apa yang dimaksud dengan al-Qayyūm? Jelaskan.

Al Qayyum berarti Maha Mandiri, maksudnya bahwa Allah merupakan satu-satunya dzat yang dapat ada tanpa tergantung oleh keberadaan makhluk lainnya/hambanya.

5. Apa yang dimaksud dengan al-Ahad? Jelaskan.

Al Ahad berarti Maha Esa, maksudnya bahwa Allah merupakan satu-satunya dzat yang tunggal, yang tidak mempunyai anak/pendahulunya, yang tidak beranak dan diperanakan.

B. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan Keyakinanmu

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 21

Tugas Kelompok
Bersama temanmu, diskusikan tentang perilaku manusia kepada Allah Swt., manusia, dan alam sekitar. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Perilaku manusia kepada Allah Swt.
Perilaku atau akhlak kepada Allah SWT dapat diartikan sebagai sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh manusia sebagai makhluk, kepada Allah sebagai khaliq. Ada empat alasan mengapa manusia perlu berakhlak kepada Allah SWT:
  • Pertama, karena Allah SWT –lah yang menciptakan manusia.
  • Kedua, karena Allah SWT–lah yang telah memperlengkapkan panca indera, berupa pendengaran, penglihatan, akal fikiran dan hati, serta anggota badan yang kokoh dan sempurna kepada manusia.
  • Ketiga, karena Allah SWT–lah yang menyediakan berbagai bahan dan sarana yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.
  • Keempat,  Allah SWT–lah yang memuliakan manusia dengan diberikannya kemampuan daratan dan lautan.

Perilaku manusia kepada alam sekitar
Beberapa perilaku yang bisa kita lakukan terhadap alam:
  • Selalu menjaga, merawat, melindungi, dan memperbaiki alam baik yang ada di darat maupun di laut
  • Tidak membuang sampah di tempat seharusnya air mengalir (sungai, selokan dan lainnya) karena itu akan merusak alam.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19-21

Untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman di rumah, kami sudah menyiapkan soal-soal dan kunci jawaban diatas dalam file dokumen PDF. Mempelajari soal-soal yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya tentu sangat efektif. Teman-teman dapat mengunduh filennya melalui link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 226kb

Kami berharap kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah, terutama untuk soal-soal yang sulit, yang belum bisa teman-teman jawab sendiri. Sehingga nantinya tugas-tugas sekolah tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Mengerjakan tugas sekolah memang menjadi kegiatan rutin teman-teman siswa. Biasanya pada akhir penyampaikan materi, guru akan diberikan tugas berupa soal-soal latihan dari buku pelajaran siswa terkait dengan materi yang telah diajarkan.

Tugas yang guru berikan biasanya dikerjakan oleh siswa di sekolah atau juga bisa guru jadikan sebagai tugas rumah. Soal-soal tersebut harus segera dikerjakan untuk kemudian dikumpulkan kembali kepada guru. Dan nilai yang teman-teman peroleh dari tugas-tugas sekolah akan guru catat pada buku nilai.

Tentu nilai dari tugas sekolah cukup penting bagi teman-teman, karena nantinya nilai-nilai tersebut akan guru rekap pada akhir semester dan dimasukkan kedalam nilai akhir pada raport semester. Maka dari itu kerjakan tugas-tugas yang guru berikan dengan sungguh-sungguh dan raih nilai terbaik dari tugas tersebut.

Tak lupa juga kami ingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajarnya, karena selain tugas-tugas sekolah, teman-teman juga harus mengikuti beberapa kegiatan lainnya, seperti penilaian dan kegiatan peraktek. Maka mulai sekarang giatlah untuk belajar, pelajari materi-materi yang belum teman-teman pahami.

Demikian ulasan kami pada kesempatan ini, semoga kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 19, 20, 21 ini dapat membantu teman-teman siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan dengan jawaban ini, semoga bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang bagus.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 19 20 21 Pelajaran 2 Semester 1 Buku Siswa"