√ Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129 130 131 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129 130 131 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 129,130, 131 semester 1 - Membahas mengenai klasifikasi materi dan perubahannya dalam mata pelajaran IPA kelas 7 ini tidak terlalu sulit. Materi ini ada pada bab 3 semester 1, dimana isinya terdapat pembahasan mengenai zat dan berbagai jenisnya serta segala sesuatu yang berhubungan dengan zat tersebut.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129-131

Kali ini, penjelasan materi dilengkapi dengan soal-soal yang berhubungan, memiliki kunci jawaban yang juga sangat lengkap. Sehingga, memudahkan siswa mempelajari meskipun dalam bentuk soal langsung.

Terutama pada saat siswa mencoba mengerjakan pelatihan uji kompetensi, akan tersedia semua jenis soal yang mengarah pada pembahasan klasifikasi materi tersebut. Jenis materi untuk topik pembahasan kali ini sangat bersifat teoritis. Sehingga, akan sangat sedikit pembahasaan dan pengerjaan soal mengenai soal hitungan.

Yang sangat membutuhkan banyak waktu adalah penguasaan nama-nama unsur dan senyawa yang juga terdapat pada pembahasan materi kali ini. Selain pemberian materi dan soal, juga terdapat tabel untuk memperlancar mengingat semua jenis dan nama-nama unsur dan senyawa tersebut.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129-131 Semester 1

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pembahasan dan pengerjaan uji kompetensi pada topik klasifikasi materi ini akan mengarah pada penjelasan sifat-sifat zat. Dimana hal tersebut masih dominan dengan soal teori.

Lihat Juga :

Walaupun begitu, soal-soal ini juga masih dilengkapi dengan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 129,130, 131 semester 1 yang bisa dimanfaatkan untuk makin memperdalam topik pembahasan.

Dengan semua penjelasan dan soal-soal yang ada, siswa bisa menguasai mata pelajaran IPA yang satu ini secara langsung melalui uji kompetensi tadi.

Sehingga, cara belajar lebih efektif yang langsung diterapkan pada penyelesaian soal. Dua halaman awal membahas mengenai berbagai macam materi, zat dan massanya.

Selanjutnya, juga membahas mengenai penerapan pada contoh soal dan contoh kasus yang ada. Karena bab ini lebih banyak pembahasan teori maka penerapan contoh soal dan contoh kasus tersebut juga berbentuk teoritis.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129 130 131

1. Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

Berikut penggolongan zat-zat tersebut:

2. Di rumahmu ditemukan berbagai jenis larutan. Contohnya sirop, cuka dapur, sabun cair, dan sampo. Bagaimana kamu dapat menentukan larutan tersebut masuk ke dalam larutan asam atau basa?

Untuk dapat menentukan larutan tersebut masuk ke dalam larutan asam atau basa dengan cara mencelupkan kertas lakmus biru ke dalam masing-masing larutan tersebut. Jika kertas lakmus tersebut warnanya berubah menjadi merah maka larutan tersebut adalah larutan asam, sedangkan apabila warnanya tetap biru maka larutan tersebut adalah larutan basa.

3. Lakukan identifikasi lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu.

Kunci Jawaban :

  • Campuran homogen untuk diminum contohnya sirup
  • Campuran homogen untuk dikonsumsi contohnya gula
  • Campuran homogen, untuk perasa makanan contohnya cuka
  • Campuran homogen, untuk membius contohnya alkohol
  • Campuran homogen untuk perasa makanan contohnya garam

4. Jelaskanlah proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan distilasi.

Kunci Jawaban :

  • Penyaringan : metode pemisahan padatan berdasarkan ukuran partikel menggunakan alat penyaring
  • Sentrifugasi : metode pemisahan campuran dengan memutar tabung reaksi berisi campuran dengan alat sentrifugasi sehingga timbul gaya sentrifugal yang menyebabkan padatan menjadi terpisah
  • Sublimasi : metode pemisahan dengan salah satu campuran bisa menyublim (padat ke gas)
  • Kromatografi : metode pemisahan dengan kertas khusus untuk mengetahui zat atau senyawa yang dikandung
  • Distilasi : metode pemisahan cairan berdasarkan titik didih dan yang mendidih dahulu akan menguap dahulu

5. Sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut.

Kunci Jawaban :

  • Air murni dari air laut : Membran
  • Garam dari campuran garam dan pasir : Dilarutkan dan disaring
  • Minyak kelapa dari santan : Elektrokonduktimetri

6. Buatlah daftar aplikasi (percobaan) dari metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kegiatan industri. Kamu dapat mencatatnya pada Tabel 3.11 berikut.

Kunci Jawaban :

7. Mengapa suatu campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia? Jelaskan.

Suatu campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia dikarenakan zat penyusun suatu campuran dipisahkan berdasarkan sifat fisiknya.

8. Air adalah senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan campuran antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi.

a)
Persamaan:
Sama-sama berbentuk cairan, sama-sama untuk diminum
Perbedaan:
Pada warna, kejernihan, bau dan rasa

b)
Proses penyulingan/ destilasi
Proses pemisahan campuran yang prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat yang bercampur.

9. Jelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat. Tetapi sebelumnya isilah Tabel 3.12 di bawah ini.

Kunci Jawaban :

10. Kelompokkan peristiwa di bawah ini ke dalam tabel menjadi kelompok perubahan fisika atau kimia.

Perubahan Fisika :
a. Kayu dibuat menjadi meja dan kursi.
b. Batu dipotong menjadi kerikil.
d. Kapur barus menyublim.
i. Pembakaran kembang api.

Perubahan Kimia :
c. Nasi menjadi basi.
f. Singkong difermentasi menjadi tapai.
g. Kertas dibakar menjadi abu.
h. Lilin meleleh ketika dipanaskan.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129-131

Siapkan untuk mengunduh lampiran kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 129,130, 131 semester 1 dengan format PDF. Karena, dengan mengunduh kunci jawaban siswa bisa lebih mudah mempelajari setiap hari tanpa harus selalu membuka sumber asli dari materi dan soal-soal tersebut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 475kb

Satu halaman terakhir membahas mengenai kemagnetan dan sifat-sifatnya. Ditambah lagi dengan materi zat murni pada unsur dan senyawa. Bicara mengenai senyawa, akan banyak jenis senyawa yang akan dibahas disini termasuk nama-namanya.

Lihat Juga :

Oleh karena itu, pembahasan materi kali ini memang benar-benar membahas mengenai teori sebagai permulaan untuk soal-soal hitungan pada bab selanjutnya. Membahas satu persatu nama-nama senyawa akan sangat butuh banyak perhatian. Bukan pemahaman secara praktek, tapi lebih mengarah pada ilm teori.

Namun, kelanjutan pembahasan ini akan ada di bab berikutnya yang justru lebih banyak membahas untuk versi hitungannya. Maka bisa dikatakan pembahasan dan pengerjaan soal untuk materi pada bab ini lebih mengandalkan daya ingat dan penguasaan dari pemahaman materi itu sendiri.

Seringlah mengulangi latihan dengan tidak mengandalkan kunci jawaban sebelumnya, jika sudah terbiasa dengan soal-soal teori tersebut pasti setelah ini Anda tidak membutuhkan kunci jawaban untuk menjawab soal uji kompetensinya nanti.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 129 130 131 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 3 Buku Siswa"