√ Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa

Dalam mata pelajaran IPA, salah satunya membahas mengenai materi suhu. Pada pelatihan kali ini ada beberapa halaman soal yang mendukung untuk melatih siswa memahami materi. Kali ini akan ada sejumlah soal dalam bentuk uji kompetensi, untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi tersebut.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154-155

Tentunya dengan menggunakan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 154,155 semeseter 1 sebagai pedoman. Pada uji kompetensi akan dibahas mengenai semua materi yang bersangkutan. Siswa bisa mengerjakan soal sambil mengulang semua topik pelajaran, baik itu yang mudah maupun yang sulit.

Soal uji kompetensi ini melatih siswa setelah sebelumnya berlatih soal-soal permateri dengan urutan yang teratur, tapi kini soal dibuat dengan acak.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154-155 Semester 1

Pada Bab ini akan dibahas semua yang berhubungan dengan suhu dan berbagai perubahannya. Sebagai informasi, hal pertama yang dibahas adalah mengenai jenis suhu terlebih dulu. Sebagai contoh kasus, akan dibuat terlebih dulu ringkasan mengenai materi suhu ini.

Lihat Juga :

Setelah itu, barulah diberikan beberapa pertanyaan awal yang diikuti dengan kunci jawaban. Materi ini lebih banyak cenderung pada soal teori untuk pembahasan awal. Sehingga, diperlukan daya ingat yang kuat bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal latihannya.

Pembahasannya antara lain mengenai zat-zat, termometer dan jenis-jenis termometer. Bahkan, juga akan dibahas mengenai beberapa skala termometer. Karena, semua materi awal ini memang akan membahas lebih pada alat ukur suhu tersebut.

Jika siswa sudah menguasai dengan mengetahui dengan lengkap semua jenis yang berkaitan dengan suhu seperti alat ukur dan skalanya, artinya siswa sudah siap untuk ke pembahasan suhu yang selanjutnya yang mungkin akan ada soal hitungan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154 155

1. Jelaskan pengertian suhu!

Suhu merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti suhunya tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti suhunya rendah.

2. Bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair?

Termometer tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika benda (volume, panjang benda, dan warna benda) yang berubah karena kenaikan suhu.

3. Buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama. Mengapa hal itu dilakukan?

Untuk mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga bisa beraktivitas karena buaya adalah hewan berdarah dingin.

4. Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

Bimetal berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengkungan pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka (terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal, sehingga rangkaian listrik tertutup dan setrika menjadi panas kembali.

5. Konversikan:

a. 77 °F = ....... °C = ...... °R = ....... K
b. 333 K = ....... °C = ...... °R = ........ F
a) 25°C = 20°R = 298 K
b) 60°C = 48°R = 140°F

6. Sebatang tembaga (koefisien muai panjangnya ada pada Tabel 7.1) pada suhu 28°C panjangnya 80 m. Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78°C?

ΔL= Lo x α x (Tt-To)
= 80 x 0,000017 x (78-28)
= 80 x 0,000017 x 50
= 0,068 cm
Jadi, pertambahan panjang tembaga tersebut adalah 0,068 cm.

7. Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya

a) α = 0,18 = 0,00002/°c
b) Berdasarkan hasil perhitungan, kemungkinan besar jenis logam tersebut adalah kuningan.

8. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.

a) Rumusan masalah : Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan?

b) Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zat dinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154-155

Apapun yang terdapat pada soal dan jawaban yang diberikan mengenai materi ini bisa Anda download pada masing-masing halaman materi. Dimana hasi download menggunakan format PDF. Dengan dilampirkan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 154, 155 semester 1 semoga bisa membantu siswa untuk makin memperjelas semua jenis soal dan jawaban.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 155kb

Untuk pembahasan selanjutnya adalah mengenai perubahan yang terdapat pada suhu, yang akan tampil pada halaman selanjutnya. Untuk pembahasan kali ini akan lebih banyak menggunakan angka dan hitungan, karena perubahan suhu tersebut sudah memasukkan besaran angka dari suhu tersebut.

Lihat Juga :

Pada dasarnya, pembahasan kedua untuk materi ini berbicara mengenai perubahan suhu. Dimana perubahan tersebut akan dijelaskan dalam bentuk angka. Oleh karena itu, akan banyak soal hitungan.

Beberapa jenis skala pada termometer saja sudah menggunakan angka, karena ada beberapa jenis skala yang memiliki perbedaan. Dalam soal akan diterapkan perubahan suhu dengan penetapan skala tertentu. Jika soal terdapat perbedaan skala, harus disamakan terlebih dulu.

Untuk dapat mengerjakan soal tersebut, siswa akan dijelaskan memakai kunci jawaban ini. Sehingga, siswa bisa melihat contoh soal pada kunci jawaban tersebut. Dengan begitu, siswa tidak perlu khawatir akan bingung mengerjakan soal-soal bercerita seperti itu.

Selain itu, soal-soal ini memang diterapkan melalui soal-soal cerita dengan berbagai macam kasus mengenai perubahan suhu tersebut. Semakin besar penguasaan siswa mengenai teori awal, akan semakin lancar siswa mengerjakan soal perubahan suhu ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa"