√ Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89 90 91 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89 90 91 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 89, 90, 91 semeseter 1 uji kompetensi - Materi mengenai klasifikasi makhluk hidup terdapat pada pembahasan mata pelajaran IPA kelas 7 untuk semester 1. Dimana materi terdapat pada bagian bab 2. Semuanya membahas mengenai kehidupan makhluk hidup baik flora maupun fauna.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89-91

Terbagi menjadi 3 halaman, dengan variasi soal yang cukup banyak. Namun, untuk pembahasan materi IPA kali ini lebih banyak menjelaskan mengenai materi bersifat teori. Dilengkapi dengan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 89, 90, 91 semeseter 1 yang detail.

Materi klasifikasi makhluk hidup ini menjelaskan seputar takson atau urutan klasifikasi makhluk hidup tersebut, serta sistem klasifikasi yang terbentuk. Semua materi tersebut benar-benar murni mengenai teori klasifikasi.

Berdasarkan soal-soal yang diberikan, siswa akan lebih banyak belajar pemahaman sistem dan urutan klasifikasi makhluk hidup tersebut. Membahas mengenai makhluk hidup memang lebih kepada pemahaman yang mendalam. Dengan harapan, pelatihan bisa membiasakan dan memberikan pemahaman lebih pada semua siswa dengan lebih mandiri.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89-91 Semester 1

Materi klasifikasi makhluk hidup yang dijabarkan dalam 3 halaman tersebut terbagi menjadi beberapa pembahasan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pembahasan lebih dominan pada urutan dan sistem klasifikasi makhluk hidupnya.

Lihat Juga :

Untuk pelatihan uji kompetensi materi ini, terlihat bagaimanan pembahasan soal dari kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 89, 90, 91 semeseter 1. Adapun beberapa contoh soal seperti tujuan dan pengertian dari istilah-istilah seputar materi tersebut.

Mempelajari materi ini memang lebih banyak kepada pengertian dan penyebutan nama. Oleh karena itu, dengan mempelajari beberapa soal yang diberikan mengikuti kunci jawaban siswa bisa lebih cepat mengingat penyebutan nama-nama pada materi ini.

Tidak terlalu banyak yang akan dibahas dalam materi ini, karena memang lebih dominan pada teori yang tidak terlalu menyulitkan. Dengan begitu, bisa dipastikan siswa tidak akan kesulitan mempelajarinya

Untuk memperlancar pembelajaran, sudah pasti harus sering mengisi pelatihan dan melatih pemahaman dengan banyak latihan soal-soal. Dengan sering mengisi soal teori ataupun penjelasan essay, maka siswa bisa lebih terbiasa mengerjakan soal seperti ini pada ujian sebenarnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89 90 91

1. Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan.

Ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama dikarenakan pada hewan tersebut sama-sama memiliki ciri bertulang belakang sehingga dapat di kelompokkan pada filum yang sama. Akan tetapi walaupun hewan tersebut sama-sama filum yang sama yaitu memiliki tulang belakang namun masing-masing hewan tersebut memiliki ciri-ciri spesifik yang berbeda sehingga tidak dapat dikelompokkan pada spesies yang sama.

2. Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut?

Siput Air merupakan jenis hewan yang memiliki tubuh yang lunak, Siput Air ini termasuk dalam filum Mollusca (hewan bertubuh lunak) sedangkan pada cacing planaria hewan ini memiliki tubuh yang berbentuk pipih, hewan cacing planaria ini termasuk dalam filum Platyhelminthes (Cacing pipih).

3. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan.

Ciri umum hewan serangga adalah :

  • Memiliki bentuk tubuh yang beruas-ruas dan terbagi menjadi tiga bagian yaitu : kepala dada dan perut
  • Terdapat 3 (tiga) pasang kaki yang pangkalnya menyatu
  • Terdapat 2 (dua) antena yang sepasang serta mata yang majemuk.

Berdasarkan gambar tersebut jika dikaitkan dengan ciri-ciri serangga maka yang termasuk ke dalam kelas serangga adalah hewan belalang, kupu-kupu, dan capung.

4. Perhatikan gambar berikut.

Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut. Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut.

Persamaan pada hewan Hiu, Lumba-lumba, Paus, dan Pari

  • Persamaan pada hewan Hiu, Lumba-lumba, Paus, dan Pari adalah sama-sama memiliki tulang belakang (Vertebrata), sama-sama hidup di air, dan sama-sama menggunakan sirip sebagai alat geraknya.
  • Perbedaan pada hewan Hiu, Lumba-lumba, Paus, dan Pari
  • Pada Hiu dan Pari memiliki darah dingin, sedangkan pada Paus dan lumba-lumba memiliki darah panas
  • Paus dan lumba-lumba disebut hewan vivipar atau hewan yang melahirkan atau beranak, sedangkan Ikan Hiu dan Ikan Pari disebut hewan ovovivipar yaitu hewan yang bertelur dan beranak
  • Pada Ikan Hiu dan Pari bernafas menggunakan insang sebagai alat pernafasannya, sedangkan pada ikan Paus dan lumba-lumba alat pernafasannya menggunakan paru-paru

Pengelompokannya:

  • Kelompok Pisces (Ikan Hiu dan Ikan Pari)
  • Kelompok Mamalia (Paus dan lumba-lumba)

5. Ida menemukan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida.

Jika kita perhatikan dengan teliti ciri-ciri di atas maka dapat kita simpulkan tumbuhan yang ditemukan Ida adalah tumbuhan Palem.

Contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan yang ditemukan Ida yaitu :

  • Salak
  • Kurma
  • Rotan
  • Kelapa Sawit

Uji Kompetensi

1. Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kamu terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup.

Sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup karena untuk dapat disebut sebagai makhluk hidup itu harus memenuhi semua ciri makhluk hidup misalnya bernapas, sedangkan sepeda motor dan mobil tidak melakukan pernapasan.

2. a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang.

b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang. Ayam Elang

(2. a) Persamaan bentuk pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu sama sama makan dengan paruh, kemudan masuk ke kerongkongan, tembolok, lambung, usus halus, usus besar dan keluar sisa makanan lewat anus.

Perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang yaitu pada jenis makanannya, ayam memakan biji bijian sedangkan elang memakan daging.

(2. b) Hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam yaitu bebek, angsa, dan hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan elang yaitu burung pemakan bangkai.

3. Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya.

Rumah rayap tersebut disebut tidak hidup. Bertambah besarnya rumah rayap ini akibat dari aktivitas rayap yang hidup di dalamnya yang selalu menumpuk material pembangun rumah rayap sehingga rumah rayap tersebut semakin besar.

4. Pada suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya.

Makhluk Hidup, karena setiap benda yg bisa bergerak secara pasif atau aktif bisa tergolong benda hidup. Ukurannya bertambah karena perkembangan hormon yg terdapat ditubuhnya.

Namun tidak bisa bereproduksi itu hal biasa. Seperti cacing ia tidak bisa bereproduksi melainkan dengan cara fragmentasi untuk menghasilkan organisme baru.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89-91

Untuk pemahaman materi lebih lanjut, Anda bisa mengunduh kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 89, 90, 91 semeseter 1 dalam format PDF. Dimana unduhan tersebut bisa berfungsi sebagai bahan pembelajaran siswa seterusnya. Setelah diunduh, siswa bisa jadikan soal dan kunci jawaban sebagai contoh untuk soal yang lain.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 125kb

Pada bagian halaman terakhir dari pembahasan ini hanya sekedar melengkapi materi dengan banyaknya pelatihan soal-soal. Hanya perlu mengandalkan daya ingat yang agak lebih banyak dari materi lainnya.

Lihat Juga :

Latihan uji kompetensi pun bisa dilakukan pada setiap penghabisan materi. Biasanya latihan hanya bersifat mengulang pembahasan sebelumnya, sehingga akan lebih mudah bagi siswa untuk mengerjakannya.

Sedangkan, materi ini pada halaman selanjutnya lebih banyak pada penghapalan nama-nama latin yang berasal dari taksonomi pada makhluk hidup. Semua makhluk hidup memiliki nama ilmiah atau nama latin, baik hewan khususnya tumbuhan tergantung masing-masing spesies.

Penjelasan mengenai makhluk hidupnya sendiri akan lebih dijelaskan secara detail, mulai dari sifat hingga kebiasaanya sehari-hari. Bisa dikatakan, materi ini lebih menjelaskan mengenai makhluk hidup secara lengkap dan jelas.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 89 90 91 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 2 Buku Siswa"