√ Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29 30 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29 30 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 29, 30 semeseter 1 - Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memiliki objek dan pengamatannya. Oleh karena itu, pada bab 1 semester 1 pada kelas 7 terdapat pembahasan tersebut. Setelah mengerjakan soal-soal latihan dari materi tersebut, pastinya akan pelatihan ujian untuk semua materi yang sudah diajarkan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29-30

Isi dari pembahasan materi tersebut antara lain seperti pengukuran, data yang didapat dari pengukuran tersebut dan banyak lagi. Dengan mengikuti kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 29, 30 semeseter 1, soal-soal yang diberikan akan dengan mudah dimengerti.

Dalam uji kompetensi untuk materi yang satu ini, dibutuhkan pemahaman saat membaca isi materi hingga membaca jenis-jenis soalnya. Setelah menggunakan kunci jawaban, pastiya siswa akan makin mengerti bagian-bagian yang tidak dimengerti pada soal dan ditemukan pada penjelasan materi.

Berbagai soal yang berhubungan dengan pembahasan akan diterapkan pada soal-soal yang tersedia.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29-30 Semester 1

Pada halaman pertama mengenai pembahasan objek dan pengamatan IPA ini ada pada halaman 29, dimana materi pertama ini menjelaskan semua data pengukuran tadi sebagai kompetensi dasar.

Lihat Juga :

Sama halnya dengan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 29, 30 semester 1, akan makin memperjelas penyelesaian bagian soal dalam bentuk apapun. Dengan menjadikan kunci jawaban sebagai patokan, maka siswa sudah bisa menguasai materi yag satu ini.

Selain itu, ada juga materi mengenai penyelidikan IPA, besaran pokok dan besaran turunan. Semua itu memiliki pemahaman dan cara penyelesaian soal yang berbeda-beda. Sehingga, siswa harus menguasai arah penjelasan materi agar mengerti jenis soal yang diberikan.

Bahkan, pemahaman materi dan penguasaan dalam mengerjakan soal bisa bermanfaat bagi siswa untuk menyelesaikan soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi lagi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29 30

1. Apa yang menjadi objek pengamatan IPA?

Dalam melakukan pengamatan IPA, yang menjadi objek pengamatan adalah segala sesuatu yang ada di alam semesta yang dijadikan sasaran untuk diamati sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan. Objek pengamatan IPA dibagi menjadi 2, antara lain :

Pengamatan kualitatif :
Pengamatan ini merupakan pengamatan yang hanya melibatkan pancaindra tanpa adanya standar tertentu.

Pengamatan kuantitatif:
Pengamatan ini merupakan pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur dan memiliki standar satuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku?

Pada dunia IPA menggunakan satuan pengukuran yang baku dikarenakan dalam melakukan pengamatan IPA harus didapatkan data yang valid. Data yang valid ini maksudnya data kualitatif yang dapat di uji kebenaran dan ketepatannya. Data yang valid berdasarkan satuannya ini juga sudah disetujui dan di tetapkan oleh internasional yaitu SI.

3. Jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain. Dapatkah satuan massa dan volume diubah dengan cara yang sama? Berikan penjelasanmu.

Satuan panjang memiliki Satuan Internasional (SI) meter dan sentimeter. Cara mengubah satuan panjang dari satu SI ke satuan SI yang lain yaitu:

1 m = 100 cm (di x 100)
1 cm = 0,01 m (di : 100)

Satuan Internasional (SI) massa adalah kilogram dan gram. Kita dapat mengubahnya dengan cara yang sama dengan cara di atas, yaitu dibagi atau dikali.
1 kg = 1000 g (di x 1.000)
1 g = 0,001 kg (di : 1.000)

Sedangkan pada Satuan Internasional (SI) volume, caranya sama yaitu dibagi atau dikali, namun ada Jika panjang satuannya m = pangkat 1, maka volume satuannya m3 = pangkat 3, Sehingga :
1 m3 = 1.000.000 (di x 100 pangkat 3 / sejuta)
1 cm3 = 0,000001 (di : 100 pangkat 3 / sejuta)

4. Lakukanlah pengubahan satuan di bawah ini.

a. 2.500 mililiter = ... liter
b. 4 kilometer = ... sentimeter
c. 2 kilogram = ... miligram

a. 2.500 mililiter = ... liter
1000 mililiter = 1 liter
2.500 mililiter = 2500 / 1000 x 1
2.500 mililiter = 2,5 liter

b. 4 kilometer = ... sentimeter
1 kilometer = 100.000 sentimeter
4 kilometer = 4 / 1 x 100.000 sentimeter
4 kilometer = 400.000 sentimeter

c. 2 kilogram = ... miligram
1 kilogram = 1.000.000 miligram
2 kilogram = 2 / 1 x 1.000.000 miligram
2 kilogram = 2.000.000 miligram

5. Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran benda-benda di bawah ini.

a. Tebal kertas
b. Lebar ruangan kelas
c. Jarak antara dua kota
d. Jarak antara Bumi dan Pluto

a) Milimeter
b) Meter
c) Kilometer
d) Juta tahun cahaya

Penerapan

Kerjakan soal-soal berikut dengan tepat.

1. Rumuskan besaran yang dapat digunakan untuk membedakan denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu.

a. Berdasarkan rumusanmu, lakukan pengukuran terhadap denyut nadimu dan denyut nadi beberapa temanmu. Kemudian bandingkan.

Rumus besaran yang dapat digunakan untuk mengukur denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu adalah dengan menghitung denyut nadi dalam waktu berapa detik, Rumus yang di gunakan untuk mengukur denyut nadi dengan melibatkan besaran waktu antar alin sebagai berikut:

Kecepatan denyut = Jumlah denyutan / waktu

Misalkan :
Hasil pengukuran antara siswa A dan siswa B

Siswa A
Jumlah denyut nadi selama 15 detik = 6 ketukan
Jadi denyut nadinya adalah 15 x 6 = 90 kali per menit

Siswa B
Jumlah denyut nadi selama 15 detik = 8 ketukan
Jadi denyut nadinya adalah 15 x 8 = 120 kali per menit

b. Misalnya kamu berlari-lari (jogging), kemudian kamu duduk santai di bangku taman. Dari tiga kemungkinan sketsa grafik denyut nadi berikut terhadap aktivitas tersebut, manakah yang paling sesuai? Beri penjelasan.

Rata-rata denyut nadi per menit akan berbanding lurus dengan aktivitas manusia. Semakin berat aktivitas yang dilakukan maka semakin meningkatnya denyut nadi manusia. Pada beberapa grafik tersebut, Grafik a adalah grafik yang paling sesuai. Karena hanya grafik a yang menunjukkan deyut nadi manusia akan semakin menurun jika aktivitas dikurangi.

2. Jika kamu membuat larutan gula dengan cara memasukkan 20 gram gula ke dalam segelas air (125 mL), berapakah konsentrasi larutan gula tersebut dalam satuan g/L?

Diketahui :
m = 20 gr
v = 125 ml = (125/1000) = 0,15 l

Ditanya:
Konstentrasi Larutan (K) ?

Penyelesaian:
Konsentrasi Larutan = Massa Pelarut / Volume zat pelarut
K = m / v
K = 20 / 0,125
K = 160 g/ml
Jadi konsentrasi larutan gula tersebut adalah 160 gram/liter

3. Kefas menanam jagung. Pada awal pengukuran, tinggi jagung dari permukaan tanah 10 cm. Selang 2 minggu kemudian, ternyata tingginya menjadi 17 cm. Berapakah laju pertumbuhan jagung tersebut? (dalam satuan cm)

Diketahui :
Tinggi awal (h₁) = 10 cm
Tinggi akhir (h₂) = 17 cm
Selang waktu (t) = 2 minggu = 14 hari

Ditanyakan :
Laju pertumbuhan tanaman jagung (v) ?
Penyelesaian:
Laju pertumbuhan = Pertambahan tinggi / selang waktu
v = (h₂ - h₁) / t
v = 17 - 10 / 14
v = 7/14
v = 1/2 cm/hr
v = 0,5 cm/hr
Jadi laju pertumbuhan pada tanaman jagung tersebut adalah 0,5 cm/hr

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29-30

Jika Anda ingin mencoba sendiri beberapa soal tidak secara langsung, maka Anda harus mengunduh terlebih dulu soal kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 29. 30 semester 1 ini. Hasil unduhan dapat berupa format PDF, yang bisa Anda buka dengan mudah. Oleh karena itu, segera mengunduh untuk bisa melatih kemampuan mata pelajaran ini.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 161kb

Selain materi pengukuran dan data pengukurannya serta penyelidikan IPA di halaman awal, dilanjutkan untuk besaran pokok dan besaran turunan pada halaman 30 ini. Berbagai jenis besaran pokok dan turunan dan satuannya dijelaskan disini.

Lihat Juga :

Untuk latihannya, diberikan pada pelatihan uji kompetensi yang berisi semua materi termasuk materi awal tadi. Sehingga, siswa melakukan pengulangan dalam mempelajari materi awal sekaligus yang berikutnya.

Diharapkan semua siswa bisa lebih mengerti dengan adanya uji kompetensi ini sebagai latihan dasar sebelum masuk dalam ujian pelatihan untuk semua materi IPA semester 1 secara keseluruhan.

Dengan begitu, pada saat siswa akan menghadapi ujian umum, sudah bisa melatih diri dengan beberapa latihan ujian dalam uji kompetensi tersebut. Fungsinya, agar terbiasa dengan soal-soal yang diberikan dan sudah sangat menguasai pada saat mengerjakan soal pada ujian sesungguhnya nanti.

Walaupun bentuk soal akan mengalami perubahan sedikit, pada dasarnya konsep dari pertanyaan soal hampir sama. Jika siswa menguasai dengan benar pengerjaan soal dan penyelesaian jawaban, pasti akan mengerti bentuk soal dengan versi apapun dan mengerjakan sesuai dengan cara pada kunci jawaban.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 29 30 Semester 1 Uji Kompetensi Bab 1 Buku Siswa"