√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47 48 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47 48 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47 48 - Pembahasan pertama pada bab 5 kali ini akan memasuki materi penjelasan mengenai Rasul-rasul Allah. Dengan judul Bab adalah Rasul Allah Idolaku. Dalam pembahasan ini akan terdapat beberapa pembahasan materi, berdasrkan nama dari Rasul Allah yang dibagi dalam beberapa sesi pemaparan materi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47-48

Dalam bab ini ada 6 pembahasan secara keseluruhan materi. Yang membahas semua kisah teladan para Nabi dan Rasul Allah, diantaranya adalah kisah teladan Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Ilyas AS, Ilyasa AS, dan teladan Nabi Muhammad SAW. Semuanya akan dijelaskan permateri.

Setelah semua materi selesai dibahas, dalam setiap satu materi akan diberi soal pelatihan satu persatu. Barulah Anda bisa mengikuti kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 47,48, untuk mengetahui kecocokan jawabannya. Terakhir adalah uji materi persatu bab utuh, yang juga diikuti dengan kunci jawaban.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47 dan 48

Pembahasan materi mengenai bab yang berjudul Rasul Allah Idolaku, mengarahkan siswa untuk lebih mengenal semua Nabi dan Rasul Allah secara lengkap. Tapi untuk bab ini hanya diberikan 5 Nabi dan Rasul Nya.

Untuk halaman pertama 47 akan dipaparkan langsung 3 materi yaitu, 3 Nabi pertama, Nabi Daud, Nabi Sulaiman dan Nabi Ilyas. Dilanjutkan dengan pelatihan soal-soal mengenai materi yang sudah dijelaskan. Cocokkan soal dengan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 47, 48.

Lihat Juga:

Materi pada halaman pertama ini akan membahas semua kehidupan para Nabi tersebut, keluarganya, kelebihannya sebagai Nabi dan Rasul dan kisah-kisah teladannya yang menjadikannya menjadi idola umat muslim.

Pelatihan pada materi pertama hanya mengenai materi yang sudah dijelaskan saja. Yaitu, antara lain 3 Nabi yang sudah dijelaskan pada materi tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47

Tugasku
Insya Allah aku bisa menjelaskan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Apakah maksud, “Rasul uswatun hasanah”?

Rasul uswatun hasanah adalah rasul merupakan teladan utama bagi umat manusia.

2. Apa yang diberikan Allah Swt. kepada Nabi Daud a.s. sesudah diangkat menjadi rasul?

Setelah ia menjadi Rasul Allah Swt. memberikan karunia yang agung, yaitu kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.

3. Apakah keistimewaan Nabi Sulaiman a.s.?

Keistimewaan Nabi Sulaiman a.s. yg diberikan oleh Allah Swt yaitu dapat memerintah bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada hewan, angin, dan jin.

4. Apakah keistimewaan Nabi Ilyas a.s.?

Keistimewaan Nabi Nabi Ilyas. a.s. senantiasa sabar menghadapi umatnya yang durhaka, dan tidak pernah berhenti mengajak kepada kebaikan.

5. Apakah keistimewaan Nabi Ilyasa a.s.?

Keistimewaan Nabi Nabi Ilyasa. a.s. mampu menciptakan kaumnya hidup rukun, tenteram, dan makmur, karena berbakti dan bertakwa kepada Allah Swt.

6. Mengapa disebut tahun gajah ketika Muhammad saw. lahir?

Karena pada waktu Nabi Muhammad saw lahir bertepatan dengan penyerbuan pasukan abrahah masuk ke mekkah dengan tujuan menghancurkan kabah.

7. Bagaimanakah sikap Nabi Muhammad saw. terhadap orang-orang yang hendak membunuhnya?

Nabi Muhammad saw tetap bersikap baik bahkan rasulullah memberikan makan dan minum kepada orang yang hendak membunuhnya seperti pada kisah Tsumamah bin Itsal.

8. Jelaskan sikap terpuji Muhammad saw. pada masa anak-anak dan pemuda.

Sikap terpuji Nabi Muhammad saw pada masa kanak-kanak adalah anak yang cerdas lincah dan baik. Sedangkan sikap terpuji Nabi Muhammad saw pada masa pemuda ia terkenal tabah, sabar, betanggung jawab, pekerja keras, serta sangat jujur. Dengan kejujurannya nabi Muhammad saw dijulukki al-Amin.

9. Uraikan sifat-sifat utama para rasul?

Sifat siddiq. Siddiq artinya benar baik perkataan maupun perbuatan mencerminkan kebenaran, Sifat amanah. amanah adalah dapat dipercaya dalam segala urusan baik perkataan maupun perbuatan dapat dipercaya, Sifat tablig, tablig adalah penyampaian, penyampaian yang apa adanya tidak di tambah dan dikurang. dan Sifat fatanah. Fatanah arinya certas artinya para rasul memiliki kecerdasan dalam segalah masalah dan berpegang teguh pada Allah.Swt.


Ayo Kita Buktikan
Insya Allah Kita Bisa

Membuat kegiatan rutin yang mencerminkan sifat para rasul, yaitu selalu bertasbih, rendah hati, sabar, hidup rukun, dan jujur! Ajaklah teman-temanmu membuat program mengamalkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan secara klasikal/kelompok.

Kegiatan rutin tersebut seperti:

  • Sholat wajib dan sunnah
  • Selalu meminta ampun kepada Allah Swt
  • Selalu berdzikir
  • Tidak berbohong

Ayo berlatih
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
Setelah membaca materi pelajaran 5 di atas, maka kerjakan beberapa hal berikut.

1. Jelaskanlah kisah teladan Nabi Daud a.s.!

Kisah teladan Nabi Daud a.s. antara lain

  • Nabi Daud a.s. menerima kitab Zabur
  • Nabi Daud a.s. gemar bertasbih kepada Allah Swt.
  • Nabi Daud a.s. pencipta baju besi
  • Nabi Daud a.s. bersuara bagus
  • Nabi Daud a.s. gemar berpuasa

2. Jelaskanlah kisah teladan Nabi Sulaiman a.s.!

Kisah teladan Nabi Sulaimān a.s. antara lain

  • Nabi Sulaiman a.s. dapat memerintah bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada hewan, angin, dan jin.
  • Nabi Sulaiman a.s. mampu mengikat jin-jin kafir untuk mencegah kejahatan mereka.
  • Nabi Sulaiman a.s. rendah hati, patuh dan tunduk pada perintah Allah Swt, walaupun kaya raya dan berkuasa.

3. Jelaskanlah kisah teladan Nabi Ilyas’. a.s.!

Kisah teladan Nabi Ilyas a.s. antara lain

  • Nabi Ilyas. a.s. senantiasa sabar menghadapi umatnya yang durhaka, dan tidak pernah berhenti mengajak kepada kebaikan.
  • Nabi Ilyas a.s. selalu berdoa untuk keselamatan umatnya.
  • Bagi umat manusia yang durhaka, Allah Swt. turunkan malapetaka atau siksaan.

4. Jelaskanlah kisah teladan Nabi Ilyasa’ a.s.!

Kisah teladan Nabi Ilyasa a.s. adalah Nabi Ilyasa’ a.s. mampu menciptakan kaumnya hidup rukun, tenteram, dan makmur, karena berbakti dan bertakwa kepada Allah Swt.

5. Jelaskanlah kisah teladan Nabi Muhammad saw!

Kisah teladan Nabi Muhammad saw antara lain

  • Muhammad saw. terkenal sebagai orang jujur dengan gelar al-Amin
  • Cinta dan sayang kepada anak yatim.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 48

B. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu maaf klo salah

C. Ayo Praktikkan
1. Ayo, buatlah program pembiasaan tentang perilaku/sikap jujur.
2. Ayo, buatlah program pembiasan tentang perilaku/sikap sabar.

Contoh program pembiasaan tersebut ialah:

  • Jika berbuat salah terhada teman jgnlh bohong karna jika bohong itu tidak akan membantu
  • Jika ada temanmu yang mengolok olok jangan dipikirkan karna nantinya kamu tidak dapat teman

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47-48

Dalam mempelajari materi permateri agar makin mendalami, maka Anda perlu mengunduh soal dan kunci jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47, 48 yang ada di bagian bawah. Dengan begitu, siswa bisa semakin memahami semua materi karena bisa dipelajari secara mandiri. Bentuk unduhan dalam format PDF, juga bisa diakses di ponsel Anda.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 207kb

Pada halaman selanjutnya tentunya akan melanjutakan materi berikutnya, mengenai dua Nabi dan Rasul sisanya yang belum dijelaskan. Pembahasan yang sekarang ini, selain membahas dua Nabi tersebut juga membahas lebih banyak mengenai Nabi dan Rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW.

Lihat Juga:

Agar tujuan diadakannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini tercapai, siswa sangat mengenal akan Nabi dan Rasulnya. Setelah penjelasan materi, akan ada soal pelatihan kembali yang menyangkut materi kedua di halaman 48 ini. Jika siswa sudah berhasil mengerjakan pelatihan di setiap materi, maka dilanjutkan dengan pelatihan soal di akhir BAB.

Bertujuan untuk mengulang kembali yang tadi sudah sempat terlewatkan. Ibarat materi PAI ini merupakan sejarah Islam, sehingga harus terus diingatkan melalui soal-soal pelatihan. Dengan begitu, siswa makin mudah untuk mengingat semuanya jika sudah terbiasa melakukan pelatihan soal tersebut.

Untuk uji pelatihan soal pun juga harus dilakukan, dan lakukan dengan cara seperti ujian biasa. Yang terpenting siswa melakukan pelatihan dengan sebaik-baiknya dan berpatokan dengan kunci jawaban yang sudah disediakan. Untuk pemahaman materi pun juga harus diperhatikan pembahasannya, sehingga dalam mengisi soal bisa lancar.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 47 48 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa"