Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79 80 Ayo Berlatih Pelajaran 9 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79 80 - Untuk materi selanjutnya bagi mata pelajaran agama Islam kelas 5 kali ini memasuki bab 9 dengan judul materi Indahnya Salat Tarawih dan Tadaris Al-Quran. Sudah pasti pemaparan materi akan terbagi menjadi dua pembahasan mengikuti dua halaman yang tersedia.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79-80

Pada halaman yang dimaksud adalah halaman 79 dan 80. Pembahasan materi pertama adalah belajar salat Tarawih, dan semua yang berhubungan dengan salat Tarawih tersebut. Diikuti dengan pelatihan soal-soal mengenai Tarawih, yang dilengkapi dengan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 79, 80.

Begitupun untuk tahapan pembahasan materi berikutnya, yaitu belajar tadarus Al-Quran yang dilengkapi dengan surat-suratnya. Masih sama dengan pelatihan yang mengasah kemampuan beserya kunci jawaban.

Semua urutan harus diikuti dengan benar dan sesuai, tidak masalah materi mana dulu yang akan dimulai untuk dipelajari. Yang terpenting adalah, cara mempelajari dengan menjadi dua tahap pembahasan agar siswa tidak bingung jika mempelajari sekaligus satu bab secara bersamaan.dan pelatihan yang berada ditengah antara keduanya sebagai jeda pembatas dua materi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79 dan 80

Sekarang pembahasan materi pada halam pertama bisa dimulai, yaitu salat Tarawih. Dimana isi pembahasan adalah mengenai tata cara salat tarawih lengkap dengan doa dan bacaannya. Semua yang terkit tentang tarawih dijelaskan pada halaman pertama bab 9 ini.

Lihat Juga:

Setelah lengkap mempelajari mengenai salat tarawih, maka siswa akan diberi soal latihan yang berhubungan dengan materi pertama tadi. Siswa mengerjakan semua soal tersebut sebagai percobaan apakah siswa tersebut sudah mengetahui semua yang diajarkan.

Jika semua soal berhasil dikerjakan, lanjutkan dengan mengecek hasil jawaban pada kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 79, 80. Bukan sekedar memeriksa jawaban saja, tetapi juga sekaligus mempelajari arahan dan panduan mengenai soal yang diberikan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79

Ayo Berlatih
A. Buatlah kelompok kerja sebanyak lima kelompok, sesuai jumlah kawanmu di kelas. Hasil kerja kelompok ditulis dan dipresentasikan di depan kelas. Hasilnya dikumpulkan sebagai portofolio.

1. Kelompok satu membahas tentang ketentuan tarawih.

Shalat Tarawih adalah salat sunah yang dilaksanakan selepas isya hingga waktu tertentu di malam bulan Ramadhan. Shalat Tarawih ini hukumnya adalah Sunah Muakkad, yakni salat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Adapun beberapa ketentuan dari salat Tarawih ini adalah sebagai berikut:

  • Shalat ini dilaksanakan hanya pada malam bulan Ramadhan
  • Shalat ini dilaksanakan biasanya berjamaah namun bisa pula secara munfarid
  • Jumlah rakaatnya bervariasi, ada yang melaksanakan 8 rakaat saja namun ada pula yang melaksanakan 20 hingga 36 rakaat
  • Jumlah salam pada shalat tarawih ini juga bervariasi. Ada yang melakukan salam mengakhiri shalat pada setiap dua rakaat dan banyak pula yang mengakhiri shalat dengan salam pada setiap 4 rakaat.
  • Shalat tarawih ini hendaknya ditutup dengan shalat witir dengan rakaat ganjil, umumnya jumlah rakaat witir yang dipraktekkan adalah 3.dan lain sebagainya.

2. Kelompok dua membahas tentang manfaat tarawih.

Manfaat shalat taerawih antara lain adalah;

  • Dapat menambah ketaatan kepada Allah Swt.
  • Allah Swt. mengampuni dosa-dosanya.
  • Pahala ibadat ditulis seperti salat satu malam penuh.
  • Mempererat silaturahmi sesama kaum muslimin.

3. Kelompok tiga membahas tentang tadarus.

Tadarus berasal dari kata “darasa“ yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, dan mengambil pelajaran. Tadarus al-Qur’an berarti mempelajari al-Qur’an. Tadarus dapat dilakukan sendirian atau bersama-sama, baik di rumah, musala atau masjid. Kegiatan tadarus al-Qur’an umumnya dilakukan di masjid atau musala setelah salat tarawih. Di sekolah, biasanya dilakukan pada pagi atau siang hari setelah kegiatan salat duha. Semua pelajar yang beragama Islam beramai-ramai melaksanakan tadarus al-Qur’an dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu, kemuliaan, dan ampunan.

Pada masa Nabi Muhammad saw. kegiatan tadarus al-Qur’an dilakukan dengan berbagai cara. Ada sekadar membaca hingga khatam, ada yang menghafalnya, dan ada pula yang mempelajari isi kandungannya. Setiap bulan Ramadan malaikat Jibril selalu turun untuk menyimak tadarus nabi dan memperbaiki bila ada kesalahan.

4. Kelompok empat membahas tentang ketentuan tadarus.

Membaca al-Qur’an tidak sama seperti membaca kitab ataupun buku lainnya. Membaca al-Qur’an hendaklah memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut.

  • Ketika akan membaca al-Qur’an hendaklah berwudu lebih dahulu.
  • Mengawalinya dengan membaca ta’awuż dan basmalah.
  • Di tempat yang bersih.
  • Berbusana bersih dan menutup aurat dengan rapi.
  • Dianjurkan menghadap kiblat.
  • Membaca al-Qur’an dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
  • Membaca dengan suara sedang.
  • Tidak berbicara dan bersenda gurau (bercanda).
  • Tadarus al-Qur’an sebaiknya dibimbing oleh orang yang sudah mahir membaca al-Qur’an, supaya bacaannya dapat ditingkatkan melalui bimbingannya.

5. Kelompok lima membahas tentang manfaat tadarus.

Tadarus al-Qur’an mengandung banyak manfaat, antara lain seperti di bawah ini.

  • Menumbuhkan kecintaan kepada al-Qur’an.
  • Memperlancar membaca al-Qur’an.
  • Terlatih membaca dan mencintai al-Qur’an.
  • Mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt.
  • Memperoleh ilmu tentang al-Qur’an .
  • Memperoleh kasih sayang dan kebaikan dari Allah Swt.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 80

B. Bacalah secara cermat cerita singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.

Rido dan Iwan sekelas di sekolah. Di bulan Ramadan, Rido dan Iwan sangat rajin melaksanakan salat tarawih di masjid dekat rumahnya. Setelah tarawih keduanya mengikuti tadarus al-Qur’an. Mereka berdua selalu saja berada dalam satu kelompok. Mereka terlihat saling belajar dan mengajari dalam tadarus. Minat belajar al-Qur’annya cukup bagus, karena mereka selalu bertanya kepada pak guru/bu guru bila ada yang kurang dipahami.

Dengan selalu rajin melaksanakan salat tarawih, tadarus, saling membantu, dan tidak malu untuk bertanya maka akan mudah memperoleh ilmu tentang al-Qur’an serta dapat mempererat silaturahmi sesama kaum muslimin.

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79-80

Manfaatkan soal, materi dan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 79, 80 dengan mengunduhnya pada aplikasi bagian bawah. Bertujuan agar siswa bisa lebih mahir memahami materi dan soal dengan cara yang sangat efektif. Hasil unduhan dapat dilihat dalam format PDF. Dengan begitu, siswa bisa lebih mandiri dan makin pintar memahami materi.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 193kb

Berikutnya siswa akan membahas materi kedua dari bab ini, yaitu mengenai taddarus Al-Quran. Pada materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya solat tarawih, dimana pada bulan Ramadan semua muslim mengerjakan salat Tarawih beserta taddarus Al-Quran. Pada awal materi sudah dijelaskan mengenai tarawih,, maka sekarang dilanjutkan dengan taddarus.

Lihat Juga:

Materi kali ini mengajak siswa untuk belajar mengaji pada taddarus Al-Quran, dengan beberapa surat pendek yang bisa dibaca atau hanya sekedar membaca Al-Quran. Jika materi sudah selesai semua, saatnya siswa mencoba melakukan latihan soal berikutnya lagi.

Dimana latihan soal kali ini mungkin akan berisi mengenai semua surat-surat di Al-Quran, pemahaman surat-surat. Jika begitu, siswa harus sedikit menghapal sebagin surat-surat tersebut beserta arti dan maknanya.

Setelah itu, siswa bisa mengecek kembali pada kunci jawaban PAI Kelas 5 Halanan 79, 80. Untuk lebih mengetahui pemahaman arti pada sebuah surat. Perbanyak mempelajari surat di Al-Quran dan maknanya, maka Anda akan siap untuk menjalani soal-soal di uji kompetensi.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 79 80 Ayo Berlatih Pelajaran 9 Buku Siswa"