√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73 74 Ayo Berlatih Pelajaran 8 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73 74 Ayo Berlatih Pelajaran 8 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73 74 - Mata pelajaran Pendidikan Agama islam kelas 5 pada bab 8 akan memberikan materi mengenai ‘Mari hidup sederhana dan Ikhlas’. Dari judul tersebut akan ada beberapa pembagian materi didalamnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73-74

Terdapat dua halaman yaitu 73 dan 74, dalam dua halaman tersebut akan terbagi menjadi beberapa pemaparan yang dibagi dalam dua tahap. Diantaranya adalah bagian pertama penjelasn mengenai cara hidup sederhana, semua yang berkaitan dengan penerapan hidup sederhana.

Setelah itu akan memasuki bagian kedua, yaitu mater pembahasan mengenai pengajaran untuk melakukan beramal yang ikhlas. Barulah dalam setiap tahap pembahasan akan diselipkan beberapa soal pelatihan, untuk melatih kemampuan mengingat dalam pendalaman materi.

Setiap pelatihan soal akan ada kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 73, 74 lengkap dengan pembahasan soal tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73 dan 74

Seperti yang sudah dijelaska, bahwa tahap pertama dalam pembahasan materi akan membahas mengenai cara hidup sederhana. Banyak poin-poin yang akan dibahas, diantaranya adalah pola hidup sederhana, cara berpikir hidup sederhana dan bertindak dalam menerapkan hidup sederhana tersebut.

Beberapa poin tadi akan terbentuk menjadi soal pelatihan yang akan dikerjakan oleh siswa setelah pembahsan materi. Siswa masih bisa mengandalkan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 73, 74 sebagai panduan.

Lihat Juga:

Penambahan materi hidup sederhana juga bisa dihubungkan dengan materi sebelumnya, seperti cara hidup sederhana versi Rasulullah SAW. Serta penerapan hidup sederhana tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Mencoba melakukan pelatihan yang tersedia pada uji kompetensi, juga akan dilengkapi dengan kunci jawaban. Jika sudah mengetahui hasilnya, maka siswa akan tahu kemampuan memahami pelajaran tersebut. Siswa bisa memperkirakan seberapa besar kemampuannya dan dimana kesalahannya.

Bahkan, setelah melihat hasilnya melalui kunci jawaban maka siswa bisa mendapatkan pengarahan dan panduan terhadap bagian yang belum dimengerti secara teori. Jika sudah, diharapkan siswa memperdalam materi lagi pada bagian yang tidak dikuasai tadi menjadi bahan pembelajaran berikutnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73

Ayo Berlatih
A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini! Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.

Zaid dan Zaki adalah murid kelas V di suatu sekolah. Zaid tergolong anak yang berkecukupan, karena orang tua Zaid adalah pengusaha di suatu perusahaan, sedangkan Zaki adalah tergolong anak yang biasa-biasa saja hidupnya. Orang tua Zaki bekerja Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 73 sebagai buruh pabrik di daerah tersebut. Zaid di sekolah terlihat selalu menggunakan perlengkapan belajar yang mahal. Berbeda dengan perlengkapan Zaki yang terkesan seadanya. Walaupun begitu Zaki selalu meraih prestasi dalam belajar. Lain halnya dengan Zaid yang prestasi belajarnya selalu rendah. Orang tua Zaid selalu datang ke sekolah guna menyelesaikan masalah prestasi belajar anaknya. Ternyata prestasi belajar tidak hanya bergantung pada peralatan belajar mewah, tetapi sikap kesederhanaan yang didukung dengan kesungguhan hati dapat mengantarkan pada prestasi.

Kita harus selalu bersyukur dengan pemberian Allah SWT. dan tetap bekerja keras, rajin dan tekun dalam mengejar prestasi walau dalam kondisi keterbatasan.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Jelaskanlah cara hidup sederhana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.

Cara hidup sederhana yang dicontohkan Rasulullah SAW adalah hidup yang bersahaja, tidak boros dan bermewah-mewah namun tidak lantas pula menjadi bakhil atau kikir. Rasulullah melarang kita boros dan menyia-nyiakan harta namun melarang keras mereka yang jadi kikir bagi orang lain juga bagi dirinya sendiri.

2. Apa keuntungan orang yang hidup sederhana? Jelaskan.

Berikut keuntungan orang yang hidup sederhana antara lain seperti berikut.

  • Orang yang hidup sederhana berarti telah mengamalkan ajaran agama atau perintah
  • Allah Swt., dan orang tersebut mendapat pahala.
  • Orang yang hidup sederhana berarti telah mampu melawan godaan setan yang mendorong hidup boros.
  • Orang yang hidup sederhana biasanya rendah hati, dan disenangi banyak orang.
  • Orang yang hidup sederhana tidak akan ditimpa penyakit resah-gelisah
  • Orang yang hidup sederhana tidak akan pernah mengambil harta orang lain.

3. Mengapa Allah Swt. menyatakan bahwa orang pemboros adalah saudara setan? Jelaskan.

Alasan mengapa Allah SWT menyatakan bahwa orang pemboros adalah saudara setan karena pemboros dan setan merupakan orang yang sama-sama mengingkari nikmat-nikmat Allah SWT. 

4. Apa ciri-ciri orang yang hidup sederhana? Jelaskan.

Ciri-ciri orang yang hidup sederhana antara lain tidak bermewah-mewah namun tidak pula kikir, mementingkan kebutuhan hidup dari keinginan hidup, tidak gemar menyia-nyiakan harta berdasarkan hawa nafsu semata.

5. Apa ciri-ciri orang yang ikhlas beramal?

Ciri –Ciri orang yang ikhlas antara lain sebagai berikut.

  • Beramal dengan sungguh-sungguh tanpa mengharapkan pujian dari manusia. Pujianbukan harapan kita meskipun ada orang yang memuji.
  • Beramal dengan tekun dan rajin semata-mata karena tindakan itu adalah perintah Allah Swt. Tentu ada yang memuji, tetapi pujian bukan tujuan.
  • Tidak memamerkan dan menceritakan amalnya kepada orang lain.
  • Tidak pernah mengeluh dalam melaksanakan tugas.

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 74

Tugas Kelompok
Bersama temanmu, diskusikan keuntungan hidup sederhana dan ikhlas. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Berikut adalah keuntungan hidup sederhana:

  • Mendapatkan pahala dan kemuliaan di sisi Allah SWT
  • Dijauhkan dari kesombongan, sifat boros dan mubadzir
  • Memiliki tabungan sehingga bisa dipergunakan di masa depan atau untuk berinfak di jalan Allah SWT
  • Tidak diperbudak hawa nafsu sehingga hati lebih tenang hidup lebih tentram.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73-74

Pengeunduhan materi bagi siswa untuk menjadi bahan pelajaran bisa dilakukan pada aplikasi bagian bawah. Untuk bisa mendapatkan materi, soal pelaatihan dan uji kompetensi lengkap dengan kunxi jawaban PAI kelas Halaman 73, 74 dengan format PDF.

Diharapkan bagi siswa yang ketinggalan pembahasan ataupun masih kurang paham bisa mengikuti melalui hasil unduhan tersebut, dan mempelajarinya dengan menjadikan kunci jawaban sebagai panduan.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 162kb

Selanjutnya adalah pembahasan materi kedua yaitu beramal dengan ikhlas. Dimana siswa aknn diajakan mengenai pentingnya beramal termasuk penjelasan beramal di dalam Islam. Semua yang saling terkait dengan kegiatan beramal ini akan menjadi topic utama dalam pemeparan materi.

Lihat Juga:

Selesai pembahasan materinya, pastinya akan diikuti dengan soal-soal pelatihan. Untuk pelatihan pertama adalah dalam pelatihan ‘Ayo Beralatih’ yang berfokus hanya untuk materi ini saja, Setelah selesai, dan dicocokan dengan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 73, 74 ini, maka siswa dipastikan untuk melanjutkan pada tahapan pelatihan berikutnya, Uji kompetensi.

Cara yang sama pada latihan-latihan sebelumnya, bahwa siswa akan melakukan tes pelatihan pada uji kompetensi tersebut, untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami bab tersebut. Karena tes pelatihan itu berkaitan dengan keseluruhan tema dalam 1 bab, yaitu bab 8 ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 73 74 Ayo Berlatih Pelajaran 8 Buku Siswa"