√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 67 Ayo Berlatih Pelajaran 7 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 67 Ayo Berlatih Pelajaran 7 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 67 - Pembahasan bab 7 untuk mata pelajaran Agama Islam kali ini akan membahas ‘Mari Mengenal Rasul Allah’. Dimana untuk materi kali ini merupakan pembahasan mengenai hanya Rasul terakhir Nabi Muhammad SAW.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66-67

Masih dalam dua halaman pembahasan yaitu 66 dan 67, akan dibahas dua tahap pembahasan materi. Diantaranya yang pertama adalah semua yang berkaitan dengan siapa itu Rasul Allah dan apa artinya Rasul Allah. Selain itu, siswa juga akan diperjelas mengenai tugas-tugas dan sifat dari Rasul serta Rasul Ulul Azmi.

Setelah itu adalah penjelasan selanjutnya ,dimana ada materi mengenai teladan Nabi Muhammad sebaga Ulul Azmi dan Rasul ulul azmi. Dengan pengaturan pembagaian materi hanya dibagi dua tahapan pembahasan. Setelah itu, barulah pelatihan soal pada tiap-tiap pembahasan dilakukan lengkap dengan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 66, 67.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 dan 67

Untuk memulai pembahasan materi pertama, maka yang pertama kali akan dibahas adalah mengenai seluk beluk Rasul Allah dari awal hingga penjabaran tugas-tugasnya pada halaman 66. Setelah itu, barulah pelatihan soal untuk pembahasan pertama tadi.

Lihat Juga:

Pembahasan selanjutnya, masih dalam tahap pertama adalah penjelasan mengenai Rasul Ulul Azmi.selanjutnya masih dengan melakukan pelatihan soal dari materi tersebut. Jangan lupa untuk melihat kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 66, 67 sebagai pencocokan Jawaban.

Pemahaman materi pertama tidak terlalu sulit, jika Anda dapat memahami mengenai pengenalan terhadap Rasul Allah tersebut.

Semua materi dan soal pelatihan dilakukan secara urut dan bertahap, agar materi bisa dimengerti satu persatu oleh para siswa. Dengan begitu, tujuan pembelajaran akan tercapai. Jika semua itu sudah selesai, barulah bisa berlanjut menuju ke halaman selanjutnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66

Ayo Berlatih
A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan!

“Apakah kamu sudah tahu sifat-sifat rasul itu Fatimah?” tanya ayah Fatimah. “Insya Allah tahu ayah, yaitu siddiq, amanah, tablig, dan fatanah,” jawab Fatimah. Pertama, rasul itu bersifat siddiq artinya jujur dan benar, tidak pernah berdusta, atau berbohong. Kedua, amanah artinya dapat dipercaya. Ketiga, tablig artinya menyampaikan. Keempat, bersifat fatanah artinya cerdas, pandai, dan bijaksana.

Kita harus meneladani dan mengikuti sifat para Rasul siddiq, amanah, tablig, dan fatanah tersebut agar hidup kita menjadi lebih baik dan mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!

1. Sebutkan arti Ulul ‘Azmi.

Ulul ‘Azmi terdiri dari dua kata, yaitu Ulul dan al-Azmi. Ulul atau Ulu/Uli artinya mempunyai atau memiliki. Al-Azmi artinya teguh atau tekad yang kuat. Ulul ‘Azmi artinya memiliki keteguhan/tekad. Kalau disebut rasul Ulul ‘Azmi, maka artinya rasul yang memiliki keteguhan atau tekad. Para rasul Ulul ‘Azmi memiliki keteguhan, tekad, ketabahan, dan kesabaran yang sangat kuat, serta teguh dalam menjalankan tugasnya, yaitu menyampaikan ajaran-ajaran Allah Swt.

2. Amanah artinya dapat dipercaya. Jelaskan contohnya.

Menyampaikan barang titipan kepada orang yang dituju dengan tepat waktu dan tanpa dikurang sedikit pun.

3. Semua orang ingin cerdas (fatanah)! Bagaimana caranya supaya cerdas. Jelaskan.

Cara supaya cerdas adalah rajin belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh serta tidak lupa berdo'a kepada Allah agar mendapatkan kemudahan untuk mencapainya.

4. Semua rasul membawa ajaran tauhid! Apa arti tauhid? Jelaskan.

Ajaran tauhid adalah ajaran yang mengesahkan Allah.

5. Mengapa Nabi Muhammad saw. disebut rasul terakhir? Jelaskan.

Nabi Muhammad saw. disebut rasul terakhir karena Nabi Muhammad saw. adalah Nabi penutup segala rasul yang berarti tidak ada Nabi dan rasul setelanya, Serta Agama Islam yang dibawahkannya merupakan penyempurnaan agama-agama yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya.

6. Ulul ’Azmi maksudnya teguh hati. Jelaskan contohnya.

Penjelasan dari Ulul 'Azmi maksudnya teguh hati adalah tetap teguh hati, tabah, sabar pada ajaran perintah Allah walau mendapat godaan, hinaan, dan penganiayaan untuk mengingkarinya.

  • Teguh dan sabar dalam belajar,
  • Teguh dan sabar dalam beribadah (salat),
  • Teguh dan sabar dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah,
  • Teguh dan sabar dalam mematuhi orang tua,
  • Teguh dan sabar dalam pergaulan, tidak cepat marah,
  • Teguh dan sabar dalam mematuhi peraturan, baik peraturan di rumah, sekolah, maupun dilingkungan tempat tinggal.

7. Rasul Ulul ’Azmi ada 5 orang. Sebutkan.

Berikut 5 Orang rasul yang mendapatkan gelar Ulul ’Azmi :

  • Nabi Muhammad saw
  • Nabi Ibrahim as
  • Nabi Musa as
  • Nabi Isa as
  • Nabi Nuh as

8. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. di masa muda.

Berikut sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. di masa muda

  • Shidiq artinya benar.
  • Amanah artinya dapat dipercaya.
  • Tabligh artinya menyampaikan segala firman Allah SWT yang ditujukan kepada umat manusia melalui Rasulullah SAW.
  • Fathonah artinya bijaksana.

9. Apa arti musyrik? Jelaskan.

Musyrik artinya mereka atau orang yang menyerikatkan atau menyekutukan Allah SWT dengan sesembahan yang lain.

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 67

Tugas Kelompok
Bersama temanmu, diskusikan tentang bagaimana cara mudah mengenal rasul-rasul Allah Swt. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan temantemanmu yang lain.

Cara mengenal rasul-rasul utusan Allah salah satunya adalah dengan membaca dan memahami kisah-kisah para rasul utusan Allah yang ada di dalam ayat al qur'an. Karena terdapat banyak ayt al qur'an yang menjelaskan tentang rasul-rasul utusan Allah. Al qur'an menjadi salah satu sumber yang tepat untuk mengenal rasul utusan Allah karena hal-hal yang terjelaskan dalam ayat al qur'an sudah pasti kebenarannya.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66-67

Untuk materi yang membutuhkan dalam bentuk cetak beserta soal dan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 66, 67, maka Anda bisa mengunduhnya secara lengsung pada aplikasi. Dan hasil unduhannya dapat dibuka dalam format PDF. Dengan harapan dari hasil unduhan yang bisa juga diakses melalui ponsel ini bisa dipakai oleh para siswa dengan baik.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 167kb

Halaman berikutnya, akan membahas materi Nabi Muhammad sebagai teladan rasul Allah. Serta teladannya sebagai Rasul Ulul Azmi, dengan mengartikan terlebih dulu Ulul Azmi tersebut. Semuanya dijabarkan agar siswa semakin mengenal siapa Rasulnya dan meneladaninya.

Lihat Juga:

Pembahasan materi ini tidak bisa langsung dibahas berbarengan atau dengan cepat, perlu pemahaman lebih karena akan berhubungan dengan soal-soal pelatihan nantinya. Setelah itu, barulah dimulai untuk melakukan pelatihan soal materi per materi. Terutama untuk materi yang terakhir.

Begitu materi terakhir selesai, diikuti pelatihan soal untuk setiap materinya maka saatnya siswa untuk menjalani latihan uji coba soal secara keseluruhan materi. Dengan maksud, agar materi sebelumnya yang emang agak banyak bisa diingat ulang dalam versi soal-soal latihan.

Hanya itulah tahapan dari hampir 5 pembahasan materi secara terpisah namun saling berhubungan. Kalau untuk semua materi ini berhasil diselesaikan mulai dari teori hingga penyelesaian soal, artinya untuk materi bab 7 ini sudah sampai ke bagian akhir. Maka siswa bisa melanjutkan pembelajaran ke materi selanjutnya pada bab yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 67 Ayo Berlatih Pelajaran 7 Buku Siswa"