√ Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39 40 41 Pelajaran 4 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39 40 41 Pelajaran 4 Semester 1 Buku Siswa

Kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 39 40 41 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pelajaran 4 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Dengan adanya alternatif jawaban ini, kami berharap siswa yang memang saat ini sedang kesulitan menyelesaikan tugas sekolahnya dapat terbantu.

Karena seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa memang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak semua siswa mampu menjawab sendiri soal-soalnya. Dalam mengerjakan tugas, tak jarang siswa menjumpai soal-soal yang sulit yang jawabannya tidak ditemukan di buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39 40 41

Jika sudah seperti itu, tentu siswa harus mencari alternatif jawaban diluar buku pelajaran. Dan kita semua tahu, bahwa internet menjadi tujuan banyak siswa dalam mencari apa yang sedang mereka perlukan, terutama dalam mengerjakan tugas sekolah. Jikapun kita melihat sekarang ini, maka akan kita temukan, banyak sekali blog Pendidikan yang menyediakan apa yang siswa perlukan.

Hal ini tentunya akan sangat memudahkan siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi kita tahu, dalam masa pembelajaran seperti saat ini, guru akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya untuk dikerjakan di rumah. Maka tentu siswa akan sangat disibukkan dengan tugas-tugas sekolah.

Kami menyediakan kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 39 40 41 ini dengan harapan, semoga siswa yang kesulitan bisa terbantu dan tugas-tugas sekolah dapat dikumpulkan segera kepada gurunya. Dan tak hanya itu saja, semoga jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jalan bagi siswa dalam meraih nilai yang lebih baik lagi.

Namun meskipun jawaban ini akan mempermudah teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah, kami selalu mengingatkan agar teman-teman memanfaatkan jawaban ini sebijak mungkin. Teman-teman harus tetap berusaha terlebih dahulu untuk mencari sendiri jawabannya di buku pelajaran. Jikapun ada soal yang tidak bisa dijawab sendiri, maka barulah memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39 Sampai 41

Mengerjakan tugas sekolah, dan mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi harapan setiap siswa. Namun untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal, siswa harus bisa menjawab soal-saolnya dengan jawaban yang tepat dan benar. Dan kami berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa mewujudkan harapan teman-teman semua.

Nilai dari tugas sekolah tentu sangat penting bagi teman-teman. Karena biasanya nilai dari tugas sekolah akan diperhitungkan oleh guru dalam menentukan nilai akhir pada raport semester nantinya. Maka dari itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan kepada teman-teman.

Selain itu, tak lupa juga kami ingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajarnya. Manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah. Karena belajar dengan memanfaatkan soal-soal latihan jug akan sangat efektif sekali.

Nah berikut ini silahkan teman-teman lihat kunci jawbana yang telah kami sediakan. Cari jawaban yang diperlukan. Dan selesaikan semua tugas sekolah yang masih belum bisa teman-teman selesaikan sendiri. Kumpulkan segera tugas tersebut kepada guru agar bisa dikoreksi dan diberi nilai.

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39

Ayo Berdiskusi
Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4-5 orang.
  2. Pilihlah ketua kelompok secara demokratis.
  3. Waktu berdiskusi 30 menit.
  4. Bacalah naskah di bawah ini dengan teliti, kemudian diskusikan.
  5. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Materi Diskusi:

”Pak Somad memiliki 4 orang anak. Anak tertuanya duduk di bangku kelas VII SMP dan tiga adiknya masih duduk di bangku SD. Pada bulan Ramadan yang akan datang, Pak Somad dan keluarganya bermaksud membayar zakat fitrah kepada amil zakat di mesjid terdekat. Namun, anak tertua Pak Somad ingin membayar zakat fitrah di sekolah saja. Harga beras sekarang di pasar Rp8.000,-/liter. Untuk urusan zakat fitrah, Pak Somad mempercayakan kepadanya. Namun, Pak Somad kesulitan menghitung berapa jumlah uang atau beras yang akan mereka bayarkan.

Anak-anak, bantulah Pak Somad menghitung berapa liter beras yang harus mereka bayarkan untuk zakat fitrah seluruh keluarganya? Berapa rupiah yang dibayarkan anak tertua Pak Somad untuk membayar zakat fitrah di sekolah? Juga, jangan lupa hitung berapa rupiah untuk zakat fitrah seluruh keluarga.

Pembahasan:
Jumlah zakat yang harus dibayarkan Pak Somad ke amil zakat mesjid terdekat adalah : (6 - 1)  x 3,5 liter = 17,5 liter x Rp.8.000 = Rp140.000

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 40

Ayo, Berlatih
A. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar dan tepat!

1. Jelaskan makna zakat menurut bahasa dan zakat menurut istilah!

Zakat menurut bahasa berarti tumbuh, berkembang, memperkaya atau berkembang menurut bahasanya. sedangkan menurut istilah, "zakat" mengacu pada sejumlah harta benda yang harus dikeluarkan dan diberikan Allah kepada penerimanya berdasarkan hukum Islam.

2. Apa yang dimaksud dengan zakat fitrah?

Zakat fitrah merupakan zakat yang harus dibayarkan oleh muzakki yang harus memiliki kemampuan untuk menunaikannya . Zakat fitrah merupakan zakat wajib dan harus dikeluarkan setahun sekali, pada saat Ramadhan menjelang Idul Fitri.

3. Mengapa umat Islam perlu membayar zakat māl?

Umat Islam perlu membayar zakat mal, karena zakat adalah kewajiban umat Islam, itu tertulis di rukun Islam, dan sebagai pembersih harta kita dengan membayar sebagian harta kita ke asnaf zakat.

4. Jelaskan jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya!

Jenis harta yang wajib di keluarkan zakatnya:

  • Zakat emas dan perak, Nisab emas adalah ketika sudah mencapai 85 gram (20 dinar) dan telah dimiliki selama satu tahun atau lebih.
  • Zakat pertanian, zakat harta dari hasil pertanian dan perkebunan, nisab dari harta pertanian adalah 5 wassaq atau setara dengan 653 kg.
  • Zakat pertambangan (ma'din), setiap barang hasil dari penambangan yang dilakukan dan berlaku jika hasilnya mencapai nisab emas (85 gram) atau perak (595 gram).
  • Zakat perniagaan, termasuk harta yang digunakan untuk keperluan jual beli.
  • Zakat hasil laut, Ada pendapat bahwa hasil laut wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah sampai satu nisab. ada pula yang berpendapat bahwa kekayaan hasil laut zakatnya 20% (1/5).
  • Zakat hasil ternak, yaitu wajib seseorang yang memiliki binatang ternak untuk mengeluarkan zakat apabila telah mencapai nisab dan haulnya.
  • Zakat harta temuan, tidak terikat haul maupun nisab dan kadar zakatnya adalah sebesar seperlima atau 20% dari jumlah harta yang ditemukan tersebut.

5. Jelaskan golongan orang yang berhak menerima zakat!

Golongan orang yang berhak menerima zakat:

  • Fakir, orang yg memiliki harta namun sangat sedikit
  • Miskin
  • Amil, orang² yang mengurus zakat
  • Mualaf, orang yang baru masuk Islam
  • Budak
  • Gharim, orang yang memiliki hutang
  • Sabilillah, orang yang berjuang di jalan Allah
  • Ibnu Sabil/Musaffir, orang yang sedang melakukan perjalanan jauh

Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 41

B. Tanggapilah pernyataan di bawah ini dengan jujur dan bertanggung jawab

  1. Aku siap menyerahkan sendiri zakat fitrah kepada amil zakat = Setuju
  2. Aku percaya zakat fitrah dapat menggembirakan hati pemulung tua itu = Setuju
  3. Aku percaya membayar zakat dapat menjadikan jiwa bersih = Setuju
  4. Aku peduli kepada orang yang ada di sekitarku = Setuju
  5. Aku percaya amil zakat akan menyalurkan hasil perolehan zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya = Setuju

C. Isilah/lengkapilah pernyataan dalam kolom–kolom di bawah.

Kerjakan secara individu.

  • Berzakat dengan menggunakan beras disebut Zakat Fitrah
  • Zakat fitrah dikeluarkan sebanyak 2,5 kg beras
  • Ibadah zakat terdapat didalam Rukun Islam ke-3
  • Zakat fitrah anak dibayarkan oleh Orang Tua
  • Hukum membayar zakat adalah Wajib, wajib dikeluarkan setiap umat Muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.
  • Zakat sapi digolongkan sebagai Zakat Hasil Ternak
  • Berzakat dengan menggunakan gandum disebut Zakat Pertanian
  • Amil Zakat bertugas Mengumpulkan dan membagikan zakat juga termasuk golongan yang berhak menerima zakat.
  • Mualaf adalah Orang orang yang baru masuk Islam.
  • Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.
  • Jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, yaitu Emas dan perak

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39-41

Soal-soal diatas yang sudah dilengkapi dengan jawabannya juga kami sediakan dalam file PDF. Hal in kami maksudkan, supaya teman-teman dimudahkan dalam belajar, karena soal-soal seperti inipun bagus untuk menjadi bahan belajar. Nah berikut ini silahkan teman-teman unduh filenya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 156kb

Tak bisa dipungkiri, jika sekarang ini banyak siswa memanfaatkan alternatif jawaban yang tersedia di internet. Karena kamipun tahu, bahwa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tak jarang siswa harus mengerjakan soal-soal yang sulit, yang terkadang jawabannya tidak ditemukan di buku pelajaran.

Lihat Juga :Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 50 51 52

Mengerjakan tugas-tugas sekolah tentunya sangat penting. Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa nilai dari tugas-tugas sekolah juga akan sangat berperan dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester, untuk itu kerjakan dengan maksimal tugas-tugas yang guru berikan.

Namun tentunya tugas-tugas sekolah bukanlah satu-satunya hal yang penting, karena ada beberapa kegiatan lainnya yang juga perlu teman-teman persiapan, seperti kegiatan penilaian harian, akhir semester dan penilaian akhir tahun. Semua kegiatan tersebut sangatlah penting bagi teman-teman.

Semoga dengan kami sediakan kunci jawaban PAI kelas 6 halaman 39 40 41 ini, teman-teman dapat terbantu, dan bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah, terutama dalam menjawab soal-soal yang dianggap sulit yang belum bisa dikerjakan sendiri.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 39 40 41 Pelajaran 4 Semester 1 Buku Siswa"