√ Cara Mengikuti Ujian SUO UT (Universitas Terbuka) Online - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengikuti Ujian SUO UT (Universitas Terbuka) Online

Cara mendaftar ujian SUO di UT -- Bapak / Ibu Mahasiswa Universitas Terbuka, senang sekali kami selaku admin situs Soal UT bisa menyapa Anda pada artikel kami ini. Kami telah banyak berbagi hal-hal terkait keperluan atau kebutuhan untuk teman-teman Mahasiswa Universitas Terbuka, teruatam kami berfokus menyajikan kumpulan Soal UAS UT yang bisa di pelajari oleh teman-teman Mahasiswa sebagai bahan belajar sebelum UAS dilaksanakan.

Tak terkecuali dengan kegiatan SUO di Universitas Terbuka. Tentunya bagi Anda Mahasiswa Universitas Terbuka tahu betul dengan SUO. SUO adalah Sistem Ujian Online, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti ujian yang jam ujiannya bentrok (ujian salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui SUO) dan  mengikuti UAS di luar jadwal UAS tertulis yang telah ditentukan dalam kalender akademik UT.

Baca : Soal Ujian SUO Universitas Terbuka

Kami rasa Anda sudah paham dari penjelasan di atas apa maksud dari SUO tersebut. Dan sedikit kami berikan tips untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka, bahwa biasanya teman-teman Mahasiswa ini mengikuti SUO karena nilai yang didapat pada semester sebelumnya kecial atau bahkan tidak lulus pada mata kuliah tersebut.

Baca : Cara Melihat Password Ujian SUO UT

Nah saran kami, jika ingin mengikuti SUO, ikutilah pada semester selanjutnya, jangan di tunda-tunda. Misal pada semester ini ada mata kuliah yang tidak tuntas atau tidak lulus, padahal sudah mengikuti tutorial tatap muka ataupun online. Maka dari itu pada semester berikutnya, silahkan iktui SUO, karena nilai tutorial yang Anda sebelumnya masih dihitung.

Cara Mengikuti Ujian SUO UT

Cara Mengikuti Ujian SUO Online di Universitas Terbuka

Dan berikut ini akan kami jelaskan pada Anda bagaimana sih cara untuk mengikuti SUO (Sistem Ujian Online) bagi Mahasiswa Universitas Terbuka.
  • Yang pertama tentunya Anda harus tahu jadwal registrasi SUO itu sendiri, jangan sampai Anda kehabisan kuota untuk mengikuti SUO, karena kuota SUO terbatas. Biasanya SUO mulai dibuka sebelum registrasi semester. Untuk lebih jelasnya, kami saranan Anda melihat Kalendaer Akademik UT atau menanyakan lasung kepada pengurus UT atau UPBJJ UT di daerah Anda.
  • Lihat dan catat mata kuliah apa yang ingin Anda SUO. Jika yang Anda SUO untuk memperbaiki nilai karena tidak tuntas pada semester sebelumnya, kami sarankan juga Anda untuk mengikuti HER UT. Lihat kembali Katalog Anda untuk memastikan jadwal ujian tidak bentrok.
  • Selanjutnya, silahkan Anda buat atau aktivasi akun SRO (Sistem Registrasi Online) Anda. Setiap Mahasiswa yang ingin mengikuti SUO wajib memiliki dan mengaktivasi akun SRO. Nah untuk cara aktivasinya, silahkan Anda ikuti caranya disini : Cara Aktivasi Akun SRO SUO UT.
  • Jika Anda sudah mengaktivasi akun SRO, selanjutnya, silahkan Anda ke pokjar terdekat untuk mendaptarkan mata kuliah yang akan Anda SUO. Setelah mendapatkan Billing pembayaran, lakukan pembayaran segera.
  • Dalam beberapa hari Anda akan mendapatkan Password Ujain SUO, nah untuk melihat Password Ujian SEO, silahkan Anda login ke akun SRO Anda, jika masih bingung silahkan ikuti panduannya disini : Cara Melihat Password Ujian SUO UT.
  • Catat Password ujian SUO Anda, dan bawa pada saat ujian nantinya.

Dari penjelasan di atas kami rasa sudah cukup jelas bukan bagai mana cara mengikuti ujian SUO di Universitas Terbuka. Jika Anda masih binggung, kami sarankan untuk bertanya pada teman-teman Anda yang sudah pernah mengikuti ujian SUO. Mengikuti SUO sangatlah penting untuk memperbaiki nilai mata kuliah pada semester sebelumnya, jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Catat dan segera daftar SUO, jangan sampai Anda kehabisan kuota.

Baca : Cek Nilai UAS Universitas Terbuka

Berikut ini kami berikan Anda beberapa tips agar sukses dalam mengikuti SUO di Universitas Terbuka.

Tips Agar Bisa Lulus Ujian SUO UT

  1. Selalu update dengan melihat jadwal pendaftaran SUO di kalender akademik UT. (SUO biasanya dilasanakan 2 kali, yaitu satu sebelum UAS tertulis dan setelah UAS tertulis, segeralah daftar jika sudah dibuka, supaya kamu enggak kehabisan kuota SUO).
  2. Segeralah bayar billing SUO kamu, jangan bayar diwaktu yang mepet dengan jadwal SUO. (karena disaat saya SUO, ada mahasiswa yang datang ujian dan tidak mendapatkan password, setelah diperiksa oleh staff UPBJJ ternyata dia membayar billing 2 hari menjelang ujian).
  3. Pastikan kamu telah mengetahui password SUO disaat akan ujian. (jangan sampai datang ke UPBJJ niatnya mau ujian tapi malah panik karena belum tahu password, karena itu menggangu peserta ujian lainya ).
  4. Jangan lupa bawa alat tulis seperti pulpen, pensil 2B, penghapus. (karena walaupun judulnya ujian online, tapi waktu SUO kemarin saya mengisi juga LJU tertulis, jadi menjawab 2 kali, di komputer dan di LJU).
  5. Persiapkan dirimu saat ujian. (buat kamu yang berniat mengikuti SUO karena ingin memperbaiki nilai, pastikan kamu telah belajar sebelum ujian. Jangan sampai nilai SUO kamu sama atau lebih rendah dari nilai matkul yang ingin diulang kan rugi waktu dan uang kalo kamu terus ngulang).
  6. Datanglah 15 menit lebih awal dari jadwal ujian. Dan jangan lupa berdoa sebelum ujian dimulai.

Sekian pembahasan kami terkait Cara Mengikuti Ujian SUO UT, kami berharap dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda yang masi kebingungan untuk memulai mengikuti SUO UT. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini ke teman-teman Anda yang lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman contact, terima kasih.